Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Sun, 18 Aug 2019 22:10:07 +0700 Pemkab Muba Gelar Shalat Istisqa Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pemkab-muba-gelar-shalat-istisqa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Selain terus melakukan upaya pemadaman karhutbunlah di Kecamatan Bayung Lencir, Senin (19/8/2019) pagi pukul 07.00 WIB. Pemerintah Kabupaten Muba segenap ASN dan Tenaga Kontrak akan melaksanakan sholat Istisqa untuk meminta turun hujan. 

"Ya, besok (Senin (19/8/2019) pagi pak Bupati Dodi Reza mengajak segenap seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Muba akan melaksanakan sholat Istisqa di halaman kantor Pemkab Muba," ungkap Kabag Kesra, Opi Palupi. 

Lanjutnya, pelaksanaan sholat Istisqa juga diminta Bupati Muba Dodi Reza untuk dilaksanakan di Desa-Desa Kabupaten Muba.

"Khususnya di daerah yang rawan karhutlah," ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza menyebutkan pelaksanaan sholat Istisqa ini dilakukan untuk meminta turun hujan dari sang pencipta. 

"Kita memohon doa agar khususnya di wilayah Muba diberikan turun hujan untuk meredam karhutlah," sebutnya.

Dodi menambahkan, saat ini tim pemadam karhutbunlah terus siaga di beberapa titik lokasi rawan karhubunlah terlebih di daerah lahan gambut. "Kita juga mendoakan agar tim pemadam di lapangan selalu diberikan kesehatan," pungkasnya.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 20:30:00 +0700
Walikota Palembang Meriahkan Berbagai Perlombaan HUT RI PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/walikota-palembang-meriahkan-berbagai-perlombaan-hut-ri.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Pemkot Palembang menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74 bertempat di pelataran BKB,  Minggu (18/8/2019). Perlombaan yang digelar diikuti seluruh OPD di lingkungan Pemkot Palembang dan masyarakat umum.

Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan,  hari ini Pemkot Palembang menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74. "Kami mengajak seluruh OPD dan masyarakat mengikuti berbagai perlombaan diantaranya bakiah,  makan kerupuk,  tarik tambang dan lainnya," ujarnya.

Dia menuturkan,  dalam perlombaan ini terdapat makna perjuangan untuk menjadi juara. Dulu para pahlawan berjuang merebut bangsa ini dari penjajah.  "Ini kita rasakan juga,  artinya tidak mudah.  Pejuang dulu mempertaruhkan harta,  darah bahkan nyawa, " ucapnya.

Saat ini,  lanjut Harnojoyo,  para penerus bangsa mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya.  "Apa yang diwariskan semangat juang kepada kita,  jangan padam. Mari kita berjuang untuk pembangunan,  kesejehtaraan masyarakat , melawan kemiskinan dan melawan narkoba," tandasnya.

Sementara itu,  panitia perlombaan Ninim Maulida Wahyuni menambahkan,  pihaknya menggelar berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT RI. Lomba ini diikuti 56 OPD dan masyarakat umum. Untuk  Tarik tambang hanya untuk  OPD  putra,  tapak cadang putra dan putri.

Untuk perlombaan khusus OPD kategori putri adalah yeye,  hula hop, cek engkleng.  Sedangkan perlombaan khusus putra adalah yoyo,  engrang.  Untuk masyarakat umum adalah lomba makan kerupuk.

"Dengan adanya perlombaan ini,  kita dapat memeriahkan HUT RI ke 74," pungkasnya.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 18:50:00 +0700
Lahir 17 Agustus, Dodi Reza Langsung Cetak Akte dan KIA untuk Empat Bayi Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/lahir-17-agustus-dodi-reza-langsung-cetak-akte-dan-kia-untuk-empat-bayi.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Meski momen perayaan HUT RI ke-74 merupakan hari libur nasional, namun pelayanan publik di Pemkab Musi Banyuasin tetap berjalan. Hal ini dapat terlihat ketika Bupati Muba Dodi Reza bersama Disdukcapil Muba jemput bola mendatangi rumah sakit (RS) untuk langsung melakukan pencetakan akte kelahiran dan KIA bagi bayi yang lahir di tanggal 17 Agustus kemarin.

Adapun bayi di Muba yang lahir pada 17 Agustus kemarin yakni diantaranya Dirga Wijaya, Mutia Bilqis, Muhammad Rafa dan Muhammad Rayyan. Keempatnya langsung disambangi Bupati Muba Dodi Reza untuk dibuatkan akte kelahiran dan KIA.

"Ini juga menjadi momen sosialisasi dan edukasi bagi warga untuk segera mengurus kebutuhan administrasi anak ketika sudah lahir," ungkap Bupati Muba Dodi Reza.

Tidak hanya membuatkan akte kelahiran dan KIA serta KK bagi warga Muba yang lahir di tanggal 17 Agustus, Bupati Muba Dodi Reza juga menyambangi warganya yang berulang tahun dengan usia ke-17 seperti Raja Rakasiswa yang langsung dibuatkan KTP-el oleh Bupati Muba Dodi Reza di usia ke-17.

"Memberikan pelayanan yang membahagiakan kepada masyarakat sudah menjadi tugas dan komitmen Pemkab Muba," pungkasnya.

Kadisdukcapil Muba, Asmarani menuturkan sebelumnya Pemkab Muba dalam hal ini Disdukcapil Muba juga telah meraih penghargaan dari Kementerian PPPA karena cakupan pembuatan akte kelahiran anak yang tinggi.

"Sosialisasi ini terus kita gencarkan, agar seluruh anak di Muba ini memiliki akte kelahiran dan warga Muba tertib administrasi," jelasnya.

Sementara itu, Aswandi orangtua dari Bayi Dirga Wijaya yang mendapatkan pembuatan akte dan KIA langsung dari Bupati Muba Dodi Reza mengaku senang dan terkejut atas kehadiran Bupati Muba Dodi Reza.

"Kami sangat terkejut tadi pak Bupati langsung mendata identitas anak kami dan langsung membuatkan akte kelahiran. Kami sangat salut dan kagum atas perhatian yang diberikan pak Bupati Dodi Reza kepada warganya," ujarnya.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 14:20:00 +0700
Walikota Janjikan Bonus Jika Tim Liga 3 dan Suratin U17 Menang Olahraga http://www.lenterapendidikan.com/berita/olahraga/view/walikota-janjikan-bonus-jika-tim-liga-3-dan-suratin-u17-menang.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Walikota Palembang H Harnojoyo melepas tim Liga 3 dan Suratin U17 bertempat di Plaza BKB, Minggu (18/8/2019). Tim Liga 3 akan bertanding di Sekayu, sedangkan Suratin U17 akan bertanding di Lahat. Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan, hari ini adalah pelapasan Tim Liga 3 dan Suratin U 17.

"Ini tim handal kita. Suratin saat main di Malang masuk 16 besar nasional. Kita motivasi terus official, pelatih dan pemain. Kita suport agar tidak hanya berjaya di daerah, tapi juga di nasional bahkan dunia. Mereka sangat bersemangat, " ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Harnojoyo berpesan agar seluruh tim menjaga nama baik Palembang. "Jaga budaya bersih dan ramah kita, " imbuhnya.

Ketika ditanya soal pembinaan atlit, dia menuturkan, untuk pembinaan masing-masing SKPD terkibat dalam sepak bola ini. Apalagi sepakbola dapat mengharumkan nama Palembang.

"Untuk anggaran khusus tidak diperkenankan, karena anggarannya ada di KONI. Tapi kalau menang, kita kasih bonus untuk pemain, " katanya.

Sementara itu, Manager U17 Adi Saputra Lubis menuturkan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi pertandingan.

"Insya Allah kita siap bermain bagus, semoga kita menang. Kita bertekad juara di Lahat, kita sapu bersih. Termasuk di putaran kedua juga kita sapu bersih hingga tingkat nasional, " bebernya.

"Kita genjot pemaib tiap hari latihan. Untuk strategi khusus itu kita serahkan ke palatih. Kita optimis PS Palembang akan berjaya. Kita membawa 24 pemain untuk pertandingan di Lahat. Potensi pemain kita sudah sangat bagus baik di lapis pertama dan lapis kedua, sama bagusnya, " tambahnya.

Ketika ditanya musuh terberatnya, Adi mengungkapkan, dari zaman dulu adalah Muba. Selain itu, Mura bisa jadi momok menakutkan.

"Karena disini kita adu gengsi. Karena Palembang mengirim tiga tim yaknu PS Musi, Persegrata dan PS Palembang. Di Persimura itu banyak pemain timnas, " paparnya.

Manager Liga 3 Sulaiman Amin menuturkan, PS Palembang ikut Liga 3 di Muba. Sebelum berangkat mereka rutin berlatih, dan bersemangat.

"Besok pagi mereka berangkat ke Sekayu. Cita-cita kita berusaha sekuat tenaga adik-adik kita bisa masuk Liga 2. Suport kita, selalu koodinasi dengan KONI Palembang, dan lainnya. musuh terberat kita Muba. Tapi itu bukan momok bagi kita, " ucapnya.

Ketua KONI Palembang Suparman Romans menambahkan, pihaknya terus memantau terus latihan dua even Liga 3 dan Suratin U17.

"Potensi mereka luar biasa. Mereka punya loyalitas, kesetiaan yang tinggi semangat setia kepada Kota Palembang. Mereka siap bertanding untuk menjadi juara Liga 3 dan Suratin U17," tegasnya.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 14:00:00 +0700
Jamaah Haji Kloter 1 Tiba di Palembang, Satu Orang Meninggal Dunia PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/jamaah-haji-kloter-1-tiba-di-palembang-satu-orang-meninggal-dunia.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang, Sabtu (17/8/2019) malam, menerima kedatangan 447 jamaah haji Kloter 1 asal OKU Timur dan Palembang. Pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV5702 yang membawa jamaah Kloter 1 mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang pukul 23.20 WIB.

Ketua PPIH Debarkasi Palembang HM. Alfajri Zabidi menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, jamaah Kloter 1 berjumlah 448 orang. Namun ada satu jamaah yang meninggal di Arab Saudi dan dua jamaah sakit sehingga harus menjalani perawatan dan belum bisa kembali ke Tanah Air.

“Jamaah yang meninggal dari Kloter 1 adalah Kaminem Matahir Asir (58) asal OKU Timur. Almarhumah meninggal pada 8 Agustus lalu di Mekkah. Sedangkan jamaah yang masih harus dirawat di Arab Saudi adalah Sariyah Mukadi dan M. Nasrudin dari OKU Timur. Namun jamaah yang datang 447 karena ada dua jamaah yang ikut bergabung, yaitu Hanapi Harom dari kloter 18 dan Sarmiati Katiran dari kloter 4,” jelas Fajri.

Fajri menambahkan, hingga saat ini jamaah Debarkasi Palembang yang meninggal dunia di Arab Saudi berjumlah delapan orang. Mereka adalah Hasan Husin (kloter 17), Maisaro Akib (kloter 17), Badri Anang (kloter 15), Bandi Rustandi (kloter 11), Kaminem Matahir Asir (kloter 1), Muhammad Jumli (kloter 8), Syaifullah Muhammad Thohir (kloter 12), dan Lasmijo Karyo (kloter 17).
“Musim haji tahun ini, kita memberangkatkan 8.509 jamaah, dengan rincian Sumsel 7.166 jamaah, Babel 1.248, dan 95 petugas kloter. Delapan di antaranya sudah berpulang ke rahmatullah. Mudah-mudahan tidak bertambah lagi,” tutur Fajri.

Humas PPIH Debarkasi Palembang H. Saefudin menambahkan, terkait proses pemulangan jamaah, saat tiba di bandara mereka akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan melalui Therma Scanner selama sekitar dua jam baru meluncur ke asrama haji. Di gedung serbaguna asrama haji, mereka akan mengikuti sejumlah proses penerimaan seperti laporan resmi petugas kloter kepada Ketua PPIH Debarkasi Palembang, pembagian paspor jamaah, dan pembagian air zam-zam sebanyak 5 liter per jamaah.

“Khusus untuk jamaah haji yang berasal dari selain Kota Palembang, pengambilan air zam-zam dan tas bagasi dikoordinir panitia daerah masing-masing kabupaten/kota. Nama jamaah, rombongan, dan regu akan dicek dengan teliti agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengambilan tas bagasi,” pungkasnya.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 13:30:00 +0700
PTBA Sumbang Dua Unit Kendaraan Armada Damkar Pemkab Muaraenim Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/ptba-sumbang-dua-unit-kendaraan-armada-damkar-pemkab-muaraenim.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Untuk memperkuat armada Damkar Pemkab Muaraenim, PT Bukit Asam Tbk berikan bantuan berupa dua unit truk yakni unit rescue truck dan satu unit kendaraan pemadam kebakaran, di lapangan Merdeka Muaraenim, Sabtu (17/8/2019).

Penyerahan secara simbolis dua unit kendaraan untuk Damkar Muaraenim tersebut dilakukan oleh Direktur Operas dan Produksi PTBA Suryo Eko Hadianto dan diterima langsung oleh Bupati Muaraenim H Ahmad Yani dan Wakil Bupati Muaraenim H Juarsah usai memperingati HUT RI ke-74 di Muaraenim.

Menurut Suryo Eko Hadianto, bantuan dua unit kendaraan tersebut masing-masing bernilai Rp1.387.979.998 untuk kendaraan Damkar dan Rp 1.516.989.998 untuk rescue truck sehingga total bantuan senilai hampir Rp 3 miliar. Bantuan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bukit Asam untuk wilayah ring satu perusahaan.

“Mudah-mudahan dengan semakin diperkuatnya armada, dinas Damkar Muaraenim semakin cepat menanggulangi berbagai kejadian bencana terutama Karhutla,” ujar Eko nama panggilan sehari-hari.

Sementara itu Bupati Muaraenim H Ahmad Yani, mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut dan bisa bermanfaat. Namun saat ini, untuk kendaraan Damkar masih kurang terutama untuk yang diletakkan dikecamatan-kecamatan yang jauh dari dan rawan kebakaran. Apalagi saat ini sedang kemarau panjang, jadi sangat rawan kebakaran baik hutan dan lahan, terutama pemukiman.

"Kedepan minta dibantu kembali, sehingga setiap kecamatan terutama yang jauh telah mempunyai armada Damkar," harap Yani.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 12:05:00 +0700
Tersangka Pelaku Pembobol Indomart Muaraenim Tertangkap Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/tersangka-pelaku-pembobol-indomart-muaraenim-tertangkap.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Setelah buron selama enam bulan akhirnya Rokta Vianus alias Badak (31) wargaDesa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim, berhasil dibekuk karena telah membobol toko Indomart di Desa Panang Jaya, Sabtu (17/8/2019) sekitar pukul 22.30 WIB.

Sebelumnya dua rekannya sudah tertangkap duluan yakni Dodi (32) warga Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim dan Dwi Saputra (23) warga Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim, keduanyabntertangkap pada tanggal 26 Februari 2019.

Kejadian pencurian tersebut terjadi pada pada hari Sabtu tanggal 23 Februari 2019 sekitar pukul 06.30 di Indomart, Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim. Awalnya diketahuinya ketika karyawan Indomart bernama Wahyudi Mardiansyah bersama Darmansyah Soleh dan Ayuni Okta Sari, hendak membuka toko. Setelah membuka pintu roling door toko tersebut, Wahyudi Mardiansyah melihat bahwa plafon toko tersebut sudah jebol dan rusak. Kemudian ia langsung menuju ke tempat kasir dan dan melihat barang-barang yang berada didekat kasir sudah berantakan dan ia memanggil kedua temannya untuk memeriksa. Setelah melakukan pemeriksaan dan pendataan, ia langsung melapor keatasannya, dan akhirnya melapor ke Polsek Gunung Megang.

Usai mendapat laporan, anggota Polsek Gunung Megang langsung melakukan penyelidikan, dan berselang tiga hari kemudian dua pelaku berhasil ditangkap. Dari informasi keduanya, satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri dan menjadi buronan. Setelah enam bulan berlalu, tim Trabazz Polsek Gunung Megang mendapat informasi keberadaan pelaku, dan langsung dilakukan pengejaran yang akhirnya berhasil ditangkap. Namun ketika akan dilakukan penangkapan pelaku sempat melakukan perlawanan sehingga terpaksa ditembak kakinya.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Gunugn Megang AKP Feryantodan Kanit Reskrim Aiptu M Fadhli, tersangka Rokta sudah diamankan bersama barang bukti satu slop rokok Marlboro Merah, satu slop rokok LA Filter Red, satu slop rokok Djisamsoe Super Premium, satu slop rokok Surya Gudang Garam dan lainnya. Sedangkan alat yang digunakannya untuk mencuri yakni satu buah obeng warna Silver gagang karet, satu buah palu terbuat dari besi bergagang kayu, satu buah besi behel, satu buah tali tambang warna Biru, dan satu buah kayu.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 10:55:00 +0700
Polsek Tanjung Agung Gelar Nobar Polmas Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polsek-tanjung-agung-gelar-nobar-polmas.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, Polsek Tanjung Agung menggelar Nonton Bareng Polisi dan Masyarakat (Nobar Polmas) di Rumah Kepala Desa Lebak Budi, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muaraenim, Minggu (18/8/2019).

Adapun personil yang hadir selain Kapolsek Tanjung Agung AKP Arif Mansyur, juga dihadiri oleh Perwira Lalulintas Ipda Hilda bersama dua anggotanya, Ps.Kasi Humas Bripka Hendriyadi, Bhabinkamtibmas Brigadir Irwansyah, anggota Reskrim Bripda Zulfikar dan Bripda Depra, Provost Bripda Sani, Kepala Desa Lebak Budi dan masyarakat Lebak Budi.

Menurut Kapolres Muaraenim melalui Kapolsek Tanjung Agung AKP Arif Mansyur, mengatakan kegiatan Nobar Polmas tersebut tujuannya adalah untuk menjalin silaturahmi dan tukar pikiran serta menggali informasi ditengah-tengah masyarakat sebagai Polisi pengayom masyarakat. Selain itu, untuk memberikan hiburan dan rekreasi kepada masyarakat serta memberikan sosialisasi tentang Karhutla, Lalu Lintas dan Kamtibmas.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 09:50:00 +0700
Dodi Proklamirkan Program Kuliah Gratis Bagi Warga Muba Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/dodi-proklamirkan-program-kuliah-gratis-bagi-warga-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mewuujudkan moment perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Bupati Musi Banyuasin sebagai monumen perjuangan. Ia merealisasikan ide dan cita-cita luhur para pejuang menjadi fakta. Dalam tempo singkat, sah, menyakinkan dan tegas ia menandatangani kerjasama dengan Sampoerna University untuk program kuliah gratis.  Bertahap  warga Muba dengan kepintaran terukur, dan kurang beruntung secara ekonomi ditanggung Pemkab Muba untuk bisa kuliah gratis di kampus bergengsi. 

Pekerjaan luhur ini tertuang dalam kerjasama Pemerintah Kabupaten Muba dengan Universitas Sampoerna, Sabtu (17/8/2019) yang diteken usai  upacara pengibaran Sang Saka di halaman pendopoan Griya Serasan Sekate. Menurut Dodi program kuliah gratis bagi putra-putri Muba  berprestasi dan dari keluarga pra sejahtera bisa memotong rantai kehidupan ekonomi keluarga.  Ini tiket loncatan menuju kondisi yang menggembirakan. Secara bertahap, mulai di bulan kemerdekaan ini,  Pemkab Muba dibawah komando Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mulai menampakkan pembangunan Bumi Manusia Muba. 

"Tahap pertama ini ada 6 putra-putri asli Muba yang kita  kuliahkan gratis di Universitas Sampoerna. Mereka akan menempuh pendidikan tinggi double degree di Sampoerna University dan Arizona University", terang Dodi.

Kuliah gratis ini istimewa. Mahasiswa saat lulus mengantongi dua ijazah sekaligus  Syarat bisa kuliah juga tak mudah. Calon peserta program kuliah gratis  akan menjalani  seleksi ketat. Dalam tahap ini Pemkab Muba tidak ikut cawe-cawe. Seleksi sepenuhnya berada pada  tim Universitas Sampoerna. 

"Program kuliah gratis  merupakan lanjutan dari program sekolah gratis. Jadi ini juga menekan angka putus kuliah bagi mereka yang berprestasi di Muba," sebutnya.

Kandidat Doktor Universitas Padjajaran ini akan menaikkan kuota  peserta kuliah gratis pada setiap tahun berikutnya.  "Kuotanya akan terus ditambah. Tidak hanya kuliah di dalam negeri namun juga di luar negeri menyesuaikan basic keilmuan masing-masing putra-putri berprestasi di Muba. Semua biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung Muba.  Saat sudah selesai kuliah mengabdi  di Muba untuk turut berkontribusi memajukan daerah," jelas Dodi.

Kepada media, Dodi menyebut  implementasi program kuliah gratis bukan saja peningkatan  kualitas pendidikan tetapi sebuah short cut  upaya menekan angka kemiskinan. 

"Saya mau  semua anak-anak di Muba mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas," tegasnya.

Rektor Universitas sampoerna Wahdi Salasi April mendukung penuh kerjasama ini. Rintisan pembangunan manusia yang dilakukan  Bupati Muba menurutnya pas dan tepat mengarhkan kerangka berpikir runut. Muba perintis sekolah gratis dan kini dimantabkan dengan kuliah gratis. Ia pun mengakui sumber daya manusia Muba tergolong istimewa. Enam putra-putri Muba yang lolos seleksi  memiliki kemampuan akademik yang sangat luar biasa. 

"Di tempat dan situasi lain, kami biasa susah mendapatkan calon mahasiswa program double degree ini. Nah di Muba justru berlimpah. Peserta yang lolos kualifikasi di Muba malah melebihi jumlah kuota daerah," ungkapnya.

Wahdi yakin sumber daya manusia unggul Muba ini akan banyak gunanya.  Usai lulus program kuliah gratis mereka tidak hanya berkontribusi bagi ?aerah namun akan mampu  berkiprah di skala nasional maupun internasional. "Kesejahteraan dan kekayaan Muba dapat dimanfaatkan dengan baik setelah mereka kembali menyelesaikan study di universitas," pungkasnya.

Enam penerima program kuliah gratis kali ini meliputi bidang studi komputer, mesin, akuntansi, dan pendidikan. Mereka adalah Sesi Anggraini, Muhammad Ridho Zamzami,  keduanya asal SMU 2 Unggul Sekayu yang lolos program Computer Science. Lalu Nadia Farahdilla Amalia  dan Vira Guspa  keduanya asal SMU 2 Unggul Sekayu masing-masing program Accounting serta industrial engineering. Dua mahasiswa lainnya adalah asal SMU 1 Sekayu yakni, Safitri  dan Nadila Nindyta yang mengambil Computer  Science, dan English Education.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 06:10:00 +0700
Kuyung Mando Bawa Kemenangan U-16 Gothia Cup di China Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/kuyung-mando-bawa-kemenangan-u-16-gothia-cup-di-china.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Rizky Armando atau yang akrab disapa Mando, Atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ini berhasil turut membawa kemenangan Indonesia di ajang Gothia Cup China 9-17 Agustus 2019. 

Ini setelah Pelajar U-16 Indonesia  menang 5 - 0 atas Tim Afrika Selatan di ajang Ghotia Cup China 2019, dimana Mando yang juga merupakan anggota Sekayu Youth Soccer Academy menjadi pemain inti pada klub sepakbola U-16 Indonesia. 

Sebelumnya Mando juga pada ajang tersebut menyumbangkan 1 gol saat pertandingan delapan besar U-16 Indonesia VS Myanmar dengan skor akhir 8-0, kemudian di laga semi final Mando kembali menyumbang gol cantiknya di pertandingan U-16 Indonesia VS China dengan skor akhir 7-0. 

"Alhamdulillah tim Indonesia untuk Pelajar U-16 Ghotia Cup China 2019 menang 5 - 0 atas Tim Afrika Selatan, dan Rizky Armando Atlet PPLPD Muba menjadi salah Satu pemain Inti," ungkap Plt Kadispopar Muba, Muhammad Fariz SSTP MM. 

Sementara itu, Mando menuturkan dirinya sebagai putra daerah Muba merasa bangga bisa turut andil menghantarkan Indonesia menjadi juara di ajang kompetisi sepakbola internasional. 

"Alhamdulillah bisa mewakili Indonesia untuk ikut kejuaraan Gothia Cup China, dan sebagai putera daerah Muba saya bangga atlet Muba bisa turut berkontribusi," ucapnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan selamat kepada Mando karena telah menjadi bagian yang menghantarkan Indonesia menjadi juara di ajang bergengsi. mengapresiasi capaian yang sudah diraih Mando. 

"Jangan cepat puas, kejar terus prestasi dengan sportif dan fokus untuk persiapan di ajang-ajang berikutnya," ucap Dodi.

Penggerak dan Pembina Olahraga Terbaik se-Indonesia ini juga menambahkan, Muba harus terus mencetak atlet-atlet berprestasi dan mampu bertengger di tingkat nasional maupun internasional. 

"Terus pacu prestasi dan kembangkan potensi diri serta selalu membanggakan daerah Muba tercinta, prestasi Mando ini jadikan pemecut semangat bagi atlet lainnya di Muba untuk meraih prestasi," tukasnya.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 05:05:00 +0700
19 Warga Binaan Lapas Sekayu, Menghirup Udara Bebas Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/19-warga-binaan-lapas-sekayu-menghirup-udara-bebas.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 yang diperingati hari, memberikan berkah bagi para warga binaan Lapas Kelas II B Sekayu, total ada 544 orang Napi mendapatkan remisi umumdi Hari Kemerdekaan, bahkan 19 diantaranya langsung menghirup udara bebas.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex yang menyerahkan langsung remisi kepada para napi, dalam kesempatan tersebut mengatakan pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri serta menumbuhkan dan mengembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian nasional.

"melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh warga binaan pemasyarakatan agar selalu patuh dan taat pada hukum/norma yang ada sebagai bentuk tanggungjawab baik kepada Tuhan Maha Pencipta maupun kepada sesama manusia," ujar Dodi yang membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM, di Lapas Kelas II B Sekayu, Sabtu (17/8/2019).

Lebih lanjut ia berpesan kepada jajaran pemasyarakatan agar menjadikan momentum kemerdekaan RI tahun 2019 untuk lebih meningkatkan kinerja, mempercepat, mengubah pola kinerja yang dapat mengikuti perkembangan isu-isu terkait pemasyarakatan, dapat secara tegas memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dalam melaksanakan tugas sehari-hari, meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas dengan penuh integritas, bekerja profesional dan tulus dengan terus berupaya untuk menjadikan lapas dan rutan tetap dalam suasana kondusif aman serta tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak nama baik institusi pemasyarakatan dan Kementerian Hukum dan HAM pada umumnya.

"Kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang pada hari ini mendapatkan remisi, khususnya yang bebas hari ini, Kami mengucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagai landasan saudara dalam menjalani kembali kehidupan di tengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat. Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbudi luhur, serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan," imbuhnya.

Bupati Muba juga mengatakan program revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan sangat sesuai dengan tema perayaan ke 74 hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu "SDM unggul Indonesia Maju," dimana sama-sama memiliki fokus dalam upaya peningkatan kualitas SDM. 

"Revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan yang menjadi pilihan untuk solusi penyelesaian permasalahan-permasalahan pemasyarakatan harus mampu menyentuh berbagai program pembinaan sehingga dapat mengantarkan mereka menjadi manusia yang berkualitas, terampil, dan mandiri sehingga kemudian mereka mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia yang mendukung dan memajukan perekonomian nasional," pungkas Dodi.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas II B Sekayu Ronaldo De Vinci Talesa menuturkan Lapas Kelas II B Sekayu saat ini dihuni oleh 944 warga.

"Kami meminta kepada seluruh warga binaan agar memahami bahwa remisi yang diterima adalah sebuah pencapaian dari perbaikan diri atas segala ketaatan. Sehingga menjadi manusia baru yang lebih disiplin, produktif, dan lebih optimis selama menjalani pidana," tutur Ronaldo.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Ketua DPRD Muba Abusari Burhan, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda Muba, dan Kepala Perangkat Daerah.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 04:05:00 +0700
Diduga Nyabu, Empat Pegawai RSU Pratama Gelumbang Ditangkap Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/diduga-nyabu-empat-pegawai-rsu-pratama-gelumbang-ditangkap.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM- Kelakuan empat karyawan RSU Pratama Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, dan seorang anggota Polres Muaraenim benar-benar tidak patut di contoh. Seharusnya sebagai petugas Kesehatan dan Kepolisian memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat. Ini sebaliknya malah tertangkap karena mengkonsumsi narkoba di RSU Gelumbang.

Dari informasi yang diterima, Sabtu (17/8/2019), bahwa kejadian penangkapan tersebut terjadi pada hari Kamis (15/8) sekitar pukul 00.15. Saat itu, empat orang karyawan RSU Gelumbang yakni berinisial HM dan HR keduanya security rumah sakit, AP perawat rumah sakit dan DH sopir mobil ambulance rumah sakit. Sedangkan satu orang oknum anggota Polri diduga terlibat peggunaan narkoba tersebut berinisial KD adalah anggota Polsek Gelumbang, sedang berada di RSU Gelumbang. Ternyata aksi mereka diduga telah terendus Satnarkoba Polres Muaraenim dan langsung ditangkap serta diamankan di Mapolres Muaraenim.

Meski kebenaran akan kasus ini masih tanda tanya namun kejadian penangkapan tersebut sudah menyebar di kalangan masyarakat Gelumbang seperti di media sosial WhatsApp. Namun ketika dikonfirmasi ke Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono, ia enggan menjawab dan terkesan  masih tertutup bagi awak media.

"Saya kira masalah 17 an, kalau masalah itu nanti ajalah," ujarnya singkat.

Sementara itu dikonfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan Muaraenim Vivi Mariani SSi, MBmd, Apt, berdasarkan laporan dari Kepala RSU Gelumbang, benar adanya karyawan kontrak RSU Gelumbang yang ditangkap gara-gara narkoba. Untuk itu, ia akan laporkan permasalahan tersebut ke Bupati Muaraenim.

"Hari ini, saya akan laporkan ke Bupati Muaraenim. Mengenai sanksinya saya akan minta petunjuk Bupati," pungkasnya usai menghadiri upacara HUT RI ke-74 di Muaraenim.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 02:05:00 +0700
Beni Apresiasi Paskibraka Muba Telah Laksanakan Tugas Dengan Baik Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/beni-apresiasi-paskibraka-muba-telah-laksanakan-tugas-dengan-baik.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Pelaksaan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2019 di Kabupaten Musi Banyuasin berlangsung khidmat dan lancar. Pada Parade Senja di HUT RI ke-74 yang dilaksanakan di Pendopoan Griya Bumi Serasan tersebut Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Wakil Bupati Kabupaten Muba Beni Hernedi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Beni mengapresiasi seluruh Paskibraka Muba dan petugas upacara yang telah sukses melaksanakan penurunan bendera dengan baik.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Paskibra yang telah berpartisipasi dan sukses dalam pelaksanaan kegiatan HUT RI ke-74," ujarnya seusai upacara berlangsung.

Wabup juga mengatakan, bahwa Paskibraka merupakan siswa dan siswi pilihan karena telah melalui seleksi yang ketat.

"Paskibraka adalah anak-anak terbaik dan pilihan, untuk itu teruslah menjadi pemuda yang membanggakan, pemuda yang bertanggungjawab dan selalu berinovasi, sesuai tema HUT RI ke-74 SDM Unggul Indonesia Maju," kata Wabup.

Sementara itu salah satu anggota Paskibraka Muba Leni Lavenia mengaku merasa lega dan terharu karena telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Perasaannya bangga, terharu, pokoknya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata," ucap pembawa baki penurunan bendera merah putih tersebut.

Usai melaksanakan tugasnya, kedepan ia akan terus bersemangat dan semakin giat belajar sebagai siswi di SMA Negeri 1 Sungai Lilin.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Ajun Komisaris Polisi Candra Kirana Putra SIK MSi, dan Perwira Upacara Komisaris Polisi Erwin Syahputra Manik SH SIK.

]]>
Sun, 18 Aug 2019 01:25:00 +0700
Ratusan Warga Palembang Padati Lomba Bidar dan Perahu Motor Hias PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/ratusan-warga-palembang-padati-lomba-bidar-dan-perahu-motor-hias.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Pemerintah Kota Palembang menggelar lomba bidar prestasi dan parade perahu motor hias, Sabtu (17/8/2019).  Lomba bidar dan  perahu motor hias yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 menyedot banyak penonton, baik masyarakat lokal maupun wisatawan. Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, lomba Bidar prestasi dan perahu motor hias ini digelar rutin setiap tahunnya.

"Lomba bidar dan parade perahu motor hias ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun saat peringatan  hari kemerdekaan dan ulang tahun kota Palembang, " ujarnya.

Harnojoyo mengatakan, tujuan dari acara tersebut untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan ke Kota Palembang. Pasalnya, dengan semakin banyak wisatawan yang hadir maka perekonomian masyarakat Palembang semakin maju, dan dampaknya bisa dirasakan baik oleh Pemerintah kota Palembang maupun masyarakat Kota Palembang.

"Kedepan lomba bidar dan perahu kotor hias ini akan terus dikembangkan bahkan mengundang peserta dari luar negeri.  Kita akan mengundang negara-negara sahabat untuk ikut memeriahkan lomba ini, nanti Ampera akan kita tutup sementara untuk wisatawan menyaksikan lomba ini, dan even ini akan masuk kalender pariwisata nasional," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini mengatakan, Lomba Bidar prestasi dan perahu motor hias sendiri dimulai pada pukul 09.00 WIB.

"Babak Finaldilangsungkan pada pukul 14.00 WIB dan dilepas secara langsung oleh Walikota Palembang," bebernya.

Untuk lomba bidar prestasi, ada 13 peserta yang ikut.  Terdiri dari Organisasi OPD, BUMN, BUMD, Kecamatan, Swasta, Ormas, dan diikuti peserta dari luar Provinsi Sumatera Selatan. 

]]>
Sat, 17 Aug 2019 17:25:00 +0700
Semarakan HUT RI ke-74, Warga Antusias Ikuti Berbagai Perlombaan PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/semarakan-hut-ri-ke-74-warga-antusias-ikuti-berbagai-perlombaan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Warga RT 16 Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarame sangat antusias mengikuti berbagai acara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). Berbagai acara digelar oleh Ketua RT 16 Darwis untuk mengajak masyarakat memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Ketua RT 16 Darwis mengatakan,  pihaknya menggelar berbagai kegiatan dalam menyambut HUT RI ke 74 tahun 2019 yakni diawali dengan senam sehat. 

"Senam sehat ini dimulai pukul 07.00 WIB,  walaupun pagi masyarakat sangat antusias mengikuti senam sehat ini, " ujarnya.

Kemudian lanjut Darwis,  acara dilanjutkan dengan perlombaan untuk anak-anak.  Yakni lomba tarik tambang,  makan kerupuk,  kelereng dan balap karung. Selanjutnya,  perlombaan untuk orang dewasa yakni memasukan sembako ke dalam boks,  tarik tambang,  joget balon dan panjat pinang.

"Dengan adanya perlombaan ini,  kita ingin menumbuhkan semangat para penerus bangsa,  agar lebih cinta tanah air, " tandasnya.

Sementara itu,  salah seorang panitia Suharno menambahkan,  peringatan HUT RI ke 74 ini harus disyukuri. "Dengan adanya peringatan HUT RI ini,  mengingatkan kita akan perjuangan para pejuang dahulu,  mempertaruhkan nyawa,  harta demi kemerdekaan Indonesia. Kita harus mensyukuri kemerdekaan ini,  NKRI harga mati, " bebernya.

"Berbagai kegiatan ini terselenggara berkat dukungan warga RT 16 dan para sponsor.  Kita semarakan peringatan HUT RI ini dengan tetap menjaga dan mempertahankan kemerdekaan, " pungkasnya. 

]]>
Sat, 17 Aug 2019 16:50:00 +0700