Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Sun, 03 Mar 2024 21:20:14 +0000 Panen Padi Bisa Tiga Kali Setahun Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/panen-padi-bisa-tiga-kali-setahun.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM -Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama PT Bukit Asam Tbk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim. PLTS tersebut akan menyuplai listrik untuk mengaliri 119 Hektar sawah di Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Minggu (3/3/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Direktur SDM PTBA Suherman, VP Sustainability PTBA Hartono, Pj Bupati Muara Enim, Dr H Ahmad Rizali MA, Komandan Kodim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha dan pejabat terkait lainnya.
Direktur SDM PTBA, Suherman mengatakan bahwa PLTS irigasi ini merupakan dedikasi PTBA untuk pengembangan masyarakat secara berkelanjutan. PLTS di Desa Muara Lawai memiliki panel 413,2 M2 dengan kapasitas 57,5 kilowatt pik yang mampu mengaliri lahan pertanian seluas 119 hektar dan ada sebanyak 268 petani penerima manfaat. PLTS irigasi ini dibangun sejak september 2023 dan selesai 12 januari 2024.

Lanjut Suherman bahwa PLTS Irigasi ini merupakan yang ke tujuh yang sudah dibangun oleh PTBA melalui program CSR, yakni di Kabupaten Muara Enim ada 3 PLTS, Kabupaten Lahat 1 PLTS, Provinsi Lampung 2 PLTS dan di Provinsi Sumatera Barat 1 PLTS. PLTS ini membantu pertanian lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon. Dan pihaknya berharap agar PLTS ini dapat bermanfaat terutama bagi taraf perekonomian masyarakat dan untuk ketahanan pangan.

Sementara itu Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali, mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PTBA untuk masyarakat Kabupaten Muara Enim. Dan sebelumnya sudah ada PLTS Irigasi di Desa Karang Raja dan Desa Tanjung Raja. Untuk itu kepada masyarakat untuk menjaga PLTS ini sebab dana yang digulirkan tidaklah sedikit, dimana untuk PLTS Irigasi Desa Muara Lawai ini menggunakan dana sebesar Rp 2,1Miliar.

"Ini sangat bermanfaat, dari biasanya sekali panen dalam setahun ini bisa paling tidak 2 sampai 3 kali panen dalam setahun," tukasnya.

Kabupaten Muara Enim bukan hanya dikenal sebagai daerah tambang, sambung Rizali, tapi juga sebagai lumbung pertanian dan banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari sana. Dan nanti mudah-mudahan setelah beroperasinya PLTS ini bisa meningkatkan perekonomian para petani di Desa Muara Lawai khususnya dan Kabupaten Muara Enim pada umumnya.

"Kami akan tunggu panen rayanya nanti, kita sebagai wujud syukur kita," harapnya.

]]>
Sun, 03 Mar 2024 18:25:00 +0000
POSE RI: Seperti Tidak Ada Porsonel Lain Yang Kompeten Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/pose-ri-seperti-tidak-ada-porsonel-lain-yang-kompeten.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Mantan Kapolsek Keluang Polres Muba IPTU NH yang dipecat dari jabatannya oleh Kapolda Sumsel pada Januari 2024 lalu, akibat peristiwa kebakaran tempat penyulingan minyak ilegal, kini ditunjuk untuk menjabat sebagai Kapolsek di wilayah hukum Kecamatan Sanga Desa.

Hal itu terungkap dari Surat Telegram bernomor KEP/102/III/2024 tertanggal 1 Maret 2024. Dimana dalam surat tersebut salahsatu pointnya disebutkan bahwa IPTU NH yang sebelumnya menjabat sebagai Pama Yanma Polda Sumsel ditunjuk menjadi Kapolsek Sanga Desa. Sementara Kapolsek Sanga Desa IPTU Nasirin SH MH ditarik dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Batanghari Leko.

Adanya hal ini kemudian mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, salahsatunya datang dari LSM POSE RI. Pasalnya, IPTU NH dinilai bermasalah karena tidak bisa menjaga kondusifitas wilayahnya pasca penertiban kegiatan ilegal refineri oleh Kapolda Sumsel beberapa waktu lalu.

"Dimana logikanya, perwira yang dipecat dari jabatan Kapolsek Keluang karena peristiwa kebakaran tempat penyulingan minyak ilegal, kemudian ditempatkan lagi di Kecamatan Sanga Desa yang notabenenya merupakan wilayah banyak aktivitas minyak," ungkap Ketua Umum LSM POSE RI Desri SH saat konfrensi pers, Minggu (3/3/2024).

Dia pun juga mempertanyakan apakah IPTU NH benar-benar lolos dari pemeriksaan terkait peristiwa kebakaran hebat tempat Penyulingan Minyak Ilegal di daerah Simpang Cawang A7, Kecamatan Keluang yang terjadi di siang bolong sekira pukul 12.15 WIB, Sabtu 13 Januari 2024 lalu.

"Apakah benar tidak ada keterlibatan aparat dalam hal ini Kapolsek Keluang pada peristiwa kebakaran ilegal refineri yang terjadi pada siang bolong tersebut? Lalu apakah tidak ada perwira lain yang lebih kompeten untuk menjabat sebagai Kapolsek Sanga Desa," tuturnya.

Lebih lanjut menurut Desri, berdasarkan informasi yang ia dapat dari sumber terpercaya bahwa penunjukan IPTU NH sebagai Kapolsek Sanga Desa, itu sarat akan kepentingan politis serta disinyalir adanya titipan dari salahsatu lembaga tinggi kepada petinggi Polri.

"Informasi yang kami terima, penunjukan mantan Kapolsek Keluang menjadi Kapolsek Sanga Desa ini terkait adanya unsur politis dan titipan salahsatu lembaga kepada petinggi Polri. Jika informasi tersebut benar, maka Kapolda Sumsel juga patut dipertanyakan integritasnya dalam hal kepemimpinan," imbuhnya.

Dalam waktu dekat menurut Ketua POSE RI, pihaknya akan mendatangi Mabes Polri bersama dengan Gabungan Aktifis se-Sumatera Selatan guna melakukan aksi damai memprotes adanya penunjukan perwira 'bermasalah' sebagai Kapolsek Sanga Desa.

"Jika surat telegram Kapolda Sumsel tersebut tidak ditinjau ulang, maka dalam waktu dekat kami bersama aktifis Sumsel akan aksi ke Mabes Polri meminta Kapolri agar mencopot Kapolda Sumsel dari jabatannya," tegas Desri.

]]>
Sun, 03 Mar 2024 17:45:00 +0000
Jaga Stabilitas Harga, Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/jaga-stabilitas-harga-gelar-rakor-pengendalian-inflasi-daerah.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk menjaga stabilitas harga bahan menjelang Bulan Suci Ramadhan, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali Pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Muara Enim di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda, Sabtu (2/3/2024).

Rakor dihadiri juga oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Muara Enim H Emran Tabrani, Asisten III Bidang Administrasi Umum M Tarmizi Ismail, Kepala Perangkat Daearah lingkup Pemkab Muara Enim, para Camat serta Kabag Setda Kabupaten Muara Enim.

Pj Bupati Muarw Enim Ahmad Rizali mengatakan bahwa beberapa bulan terakhir ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah melakukan berbagai macam upaya dalam menekan laju inflasi di Bumi Serasan Sekundang seperti diantaranya dengan menggelar Pasar Murah, Pangan Murah dan Pasar Ikan Murah yang begitu disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Muara Enim.

"Menurut data dari BPS tingkat inflasi di Kabupaten Muara Enim di awal bulan Maret ini sebesar 4,63 perse sedangkan di tingkat Provinsi Sumatera Selatan berada di 3,15 persen," ungkapnya.

Untuk memastikan Inflasi terkendali, lanjut Rizali, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muara Enim akan menjadwalkan kegiatan Pasar Murah 1 (satu) kali setiap bulan yang mencakup setidaknya 10 desa per Kecamatan. Dan besar harapan kita angka ini dapat turun hingga menyentuh 3perseb untuk itu ini perlu koordinasi kita bersama. Nanti akan kita bentuk tim yang berisikan Kepala OPD dan Camat untuk bertanggung jawab terkait kegiatan pasar murah yang rencananya akan kita mulai pada tanggal 7 Maret nanti hingga akhir bulan desember secara bergilir di 22 Kecamatan.

Adapun beberapa komoditi yang akan menjadi fokus utama dalam pasar murah ini nantinya Cabai Merah dengan stok sebanyak 50 kg dengan subsidi sebesar Rp20.000-, per kg, Cabai Rawit 25 kg dengan subsidi sebesar Rp15.000,- per kg, Telur Ayam Ras 100 Kg subsidi sebesar Rp 5.000,- per kg, dan Daging Ayam sebanyak 100 kg dengan harga Rp5.000,- per kg serta tak ketinggalan berbagai komoditi keperluan rumah tangga lainnya.

]]>
Sun, 03 Mar 2024 16:20:00 +0000
Agus Fatoni: Daya Beli Petani Sumatera Selatan Terus Meningkat Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/agus-fatoni-daya-beli-petani-sumatera-selatan-terus-meningkat.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menjelaskan, memasuki bulan Februari 2024 lalu daya beli petani di daerah ini terus mengalami peningkatan. Hal tersebut berdasarkan rilis terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Jumat (1/3/2024). Dimana grafik data menunjukkan daya beli petani Sumatera Selatan kian melonjak naik.

“Pada bulan Februari 2024, terjadi peningkatan yang signifikan di sektor pertanian Provinsi Sumatera Selatan,” ucap Fatoni, Sabtu (2/3/2024) di Palembang.

Hal itu lanjut dia, tercermin dari pertumbuhan Nilai Tukar Petani (NTP) yang mencatat rekor tertinggi. Pada bulan Februari 2024, NTP Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan sebesar 2,34 persen, dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Angka NTP melonjak dari 109,33 menjadi 111,88.

“Beberapa produk pertanian, seperti karet, kelapa sawit, gabah, kopi, jagung, cabai merah, ayam ras pedaging, terong, kacang panjang, kakao/coklat biji, dan produk pertanian lainnya, turut berkontribusi pada peningkatan NTP tersebut,” lanjutnya.

Dikatakan, nilai NTP dan NTUP Subsektor Tanaman Pangan, Perkebunan dan Perikanan berada pada level di atas 100.

“Ini menunjukan daya beli petani pada tiga Subsektor tersebut cukup baik karena indeks harga yang diterima lebih besar dibandingkan dengan yang dibayarnya,” tandasnya.

Seperti diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali merilis capaian indikator Provinsi Sumsel per 1 Maret 2024.

Sebagaimana diungkapkan Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto dalam rilis resmi BPS Sumsel di digelar di auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (1/3/2024) tersebut mengungkap capaian indikator meliputi Inflasi, Nilai Tukar Petani (NTP), Pariwisata, Transportasi, Ekspor-Impor, Luas Panen dan Produksi Padi tahun 2023.

]]>
Sun, 03 Mar 2024 13:15:00 +0000
Inflasi Melandai, Muara Enim Deflasi -0.93 Persen Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/inflasi-melandai-muara-enim-deflasi-093-persen.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Strategi dan upaya pengendalian inflasi daerah yang gencar dilaksanakan Pemkab Muara Enim ternyata membuahkan hasil. Hal tersebut diketahui dari rilis resmi BPS RI terkait Perkembangan Indeks Harga Konsumen Kabupaten Muara Enim Februari 2024 yang diumumkan Jumat lalu (1/3/2024), bahwa Kabupaten Muara Enim mengalami deflasi atau penurunan harga di pasaran sebesar -0,93 persen sehingga inflasi turun dari sebelumnya 6,31 persen menjadi 4,63 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 106,98.

"Kami mengucapkan rasa syukurnya karena upaya yang telah dilakukanseperti operasi pasar murah, operasi pangan murah, subsidi harga pasar maupun gerakan menanam bawang merah, kentang dan cabai menunjukan tren positif. Namun demikian dirinya mengingatkan jajarannya untuk tidak berpuas diri, bahkan justru harus semakin giat melaksanakan 6 aksi dan 9 upaya konkret dalam pengendalian inflasi daerah sesuai arahan Mendagri sehingga inflasi dapat ditekan lebih signifikan," tegas Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali MA, Minggu (3/3/2024).

Pj. Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, menargetkan pada bulan Maret ini setidaknya tercapai deflasi sama dengan Februari atau bahkan bisa lebih tinggi sehingga inflasi dapat ditekan hingga menjadi 3 persen. Untuk itu, kepada semua stake holder dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung hal tersebut sehingga inflasi bisa ditekan.

Lanjut Rizali, adapun komoditas penyumbang deflasi di Kabupaten Muara Enim yaitu beras, gula pasir, tomat, ikan lele dan ikan nila, sedangkan inflasi, antara lain cabai, telur ayam dan daging ayam. Oleh karena itu dirinya telah menginstruksikan para kepala perangkat daerah, camat dan termasuk Kabag merapatkan barisan agar bekerja lebih ekstra dalam menjalankan aksi konkret yang telah dicanangkan terlebih selama bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri mendatang.

"Saya mengapresiasi dukungan semua pihak, termasuk Kodim, Polres dan Kejari yang turut andil bersama Pemkab. Muara Enim bekerja keras menekan laju inflasi daerah," pungkas Rizali.

]]>
Sun, 03 Mar 2024 10:35:00 +0000
Heri Amalindo Silaturahmi Dengan Masyarakat Desa Pulau Borang Banyuasin POLITIK http://www.lenterapendidikan.com/berita/politik/view/heri-amalindo-silaturahmi-dengan-masyarakat-desa-pulau-borang-banyuasin.html Lentera-PENDIDIKAN.com,BANYUASIN-Kedatangan bakal calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Heri Amalindo Sabtu (2/3/2024) disambut ratusan warga Desa Pulau Borang, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin. 

Masyarakat desa setempat, berharap Penuh kepada Bacagub Heri Amalindo untuk memperjuangkan keluhan masyarakat, yang sudah bertahun-tahun belum tersentuh oleh pemerintah. Salah satunya, infrastruktur jembatan penghubung antara Desa Pulau Borang menuju Merah Mata.

Bastiar, salah seorang warga yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat, mengucapkan terima kasih atas niat baik Bacagub Heri Amalindo datang ke desanya. Dengan harapan dapat memenuhi harapan warga yang sudah lama menderita dengan situasi desa yang tak kunjung maju.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bacagub Heri Amalindo dalam pertemuan ini saya yakin dan sangat antusias, beliau bisa memenuhi harapan masyarakat yang sudah lama menderita selama ini karena banyaknya keterbatasan," ujar Bastiar.

Hari Amalindo mengaku senang bisa bersiraturahmi dan mendengarkan langsung aspirasi masyarakat Desa Pulau borang.

"Saya senang bisa bersilaturrahmi secara langsung dengan masyarakat hingga tokoh-tokoh masyarakatnya dan menampung aspirasi dari mereka. Semakin banyak keluhan masyarakat yang masuk kesaya semakin memotivasi saya untuk memenuhi Harapan dari masyarakat yang akan sama-sama kita perjuangkan nantinya," tandasnya.

Heri Amalindo berjanji, apabila nanti terpilih sebagai Gubernur Sumsel akan menepati janji yang diharapkan masyarakat Desa Pulau Borang sekaligus menunaikan program Sekolah & Berobat Gratis.

]]>
Sun, 03 Mar 2024 08:40:00 +0000
Dinkominfo Muba Raih Kabupaten Terbaik Tiga Kontribusi Konten Audio Visual Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/dinkominfo-muba-raih-kabupaten-terbaik-tiga-kontribusi-konten-audio-visual.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Dinas Komunikasi dan Informatika Musi Banyuasin (Dinkominfo Muba) menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi -Sumatera Selatan yang meraih penghargaan terbaik kontribusi konten audio visual dari Kementerian Kominfo. Penghargaan ini bertajuk Anugerah Media Center (AMC) 2024.

Dinkominfo Muba meraih prestasi Terbaik Tiga untuk wilayah Indonesia Bagian Barat. Penganugerahan prestasi ini akan diberikan pada 5 Maret mendatang. Demikian disampaikan Kadin Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga, Sabtu (02/03/2024).

"Kita menjadi yang terbaik Indonesia Bagian Barat. Saat ini masih di posisi terbaik Tiga. Semoga kedepannya menjadi juara satu. Meski begitu kita tetap semangat dan bangga karena peringkat 1 dan 2 diraih kota di Jawa. Ya, untuk wilayah Sumatera Dinkominfo Muba yang meraih prestasi ini," jelas Sinulingga.

Disebutkan bahwa peringkat 1 diraih Dinkominfo Kota Madiun sedangkan terbaik 2 diduduki Dinas Komunikasi, Statistik dan Persandian Kota Semarang. Menurut Herryandi Sinulingga, AP Pemkab Muba sudah menerima undangan malam puncak penganugerahan tersebut. Undangan ditujukan kepada Sekretaris Daerah Pemkab Muba dan nantinya Pak Pj Sekda Musni Wijaya yang Akan menerima reward dimaksud.

"Ya undangannya sudah kita terima. Sesuai yang kami terima memang undangan ditujukan kepada Sekretaris Daerah seluruh kabupaten/kota. Acaranya digelar 5 Maret di Trans Convention Centre, Bandung, Jawa Barat," ungkap Sinulingga.

Sedangkan terkait penghargaan yang diraih, menurut Herryandi Sinulingga berkat sumbangsih dan kerjasama Tim Publikasi yang dilakukan Dinkominfo Muba dengan Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Jadi ini wujud pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik dan menjalankan fungsi Government Public Relations (GPR). Nah kita memberikan andil, menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan Kementerian melalui produksi bersama, pertukaran konten dan diseminasi informasi program prioritas dan kebijakan pemerintah melalui kanal-kanal media Kominfo Newsroom. Ini yang dinilai dan membawa Dinkominfo meraih nilai tertinggi ke tiga nasional " tandas Sinulingga.

Dalam rangkaian kegiatan ini sejumlah kru Dinkominfo juga ikut dalam beberapa kelas pelatihan Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom). Kelas tersebut adalah Kelas Jurnalisme Data dan Kelas Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO yang nantinya akan diikuti oleh Tim Publikasi Kominfo Muba tutupnya.

]]>
Sat, 02 Mar 2024 23:10:00 +0000
BPPSS Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu di Mesuji OKI Peristiwa http://www.lenterapendidikan.com/berita/peristiwa/view/bppss-temukan-dugaan-pelanggaran-pemilu-di-mesuji-oki.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan (BPPSS) terus memantau seluruh tahapan rekapitulasi perolehan suara di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Dari hasil pantauan tersebut, ditemukan adanya dugaan tidak pidana pemilu dan dugaan pelanggaran pemilu lainnya yang terjadi di kecamatan Mesuji Makmur kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Hal itu dikatakan Dewan Pembina Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan,  Sigit Muhaimin SH.MH, sabtu (2/3/2024). Dalam keterangan persnya, Sigit Muhaimin mengatakan, dugaan tidak pidana pemilu antara lain, adanya dugaan Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Mesuji Makmur kabupaten Ogan Komering Ilir bersekongkol dengan salah satu Calon Legislatif DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil 3 Partai Nasdem Nomor Urut 1 atas Inisial SS.

“Dugaan tersebut sesuai dengan adanya temuan MODEL D. HASIL KECAMATAN-DPRD-Provinsi tidak sesuai dengan MODEL C. HASIL-DPRD-Provinsi dibeberapa TPS di Kecamatan Mesuji Makmur, yang bersifat terstrukur dan massif yang dilakukan oleh Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Mesuji Makmur,” terang Sigit.

Selain itu, ditemukan dugaan adanya penambahan perolehan suara pada Calon Legislatif DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil 3 Partai Nasdem Nomor Urut 1 atas Inisial SS, dan dugaan adanya pengurangan perolehan suara Partai politik dan/atau Calon Legislatif tertentu yang berakibat menguntungkan Calon Legislatif DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil 3 Partai Nasdem dengan Inisial SS yang merugikan salah satu Partai politik dan/atau Calon Legislatif tertentu. 

Berdasarkan dua penjelasannya, Sigit menambahkan, baik ketua ataupun anggota PPK Kecamatan Mesuji Makmur dan/atau Calon Legislatif DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil 3 Partai Nasdem Nomor Urut 1 dengan Inisial SS diduga melakukan tindak pidana pemilu yang melanggar Pasal 532 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Bahwa Setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan yang menyebabkan suara seorang Pemilih menjadi tidak bernilai atau menyebabkan Peserta Pemilu tertentu mendapat tambahan suara atau perolehan suara Peserta Pemilu menjadi berkurang dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak Rp. 48.000.000,00 (empat puluh delapan juta rupiah),” tegas dia.

Sigit menyebut, berdasarkan yang dia sampaikan baik ketua maupun anggota PPK kecamatan Mesuji Makmur diduga melanggar pasal 6 Ayat (3) huruf a.

“Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilihan Umum, menyatakan bahwa berkepastian hukum maknanya dalam penyelengaraan pemilu, penyelenggara pemilu melaksanaan tugas, fungsi dan wewenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Karena itu, tegas Sigit, Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan melaporkan permasalahan ini ke Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dengan Nomor: 017/LP/PL/Prov/06.00/II/2024 pada tanggal 28 Februari 2024. 

Dewan Pembina Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan Sigit Muhaimin SH.MH mencurigai adanya aksi penyelewengan suara yang tersusun masif dan sistematik (TSM) yang mungkin melibatkan okum PPK dan Panwascam serta KPPS dan PPS Mesuji hingga berita ini di rilis hasil rekapitulasi pleno tingkat  kecamatan mesuji makmur belum di bacakan di rekapitulasi terbuka KPU OKI.

“Yang di awal di agendakan Tanggal 1 Maret 2024 hal ini menambahkan dugaan kami terhadap pemilu di kabupaten OKI yang sarat dengan dugaan kecurangan,” kata dia. 

]]>
Sat, 02 Mar 2024 22:50:00 +0000
Kapolres Muara Enim Pimpin Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024 Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/kapolres-muara-enim-pimpin-gelar-operasi-keselamatan-musi-2024.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MM, memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Musi 2024 di Lapangan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sabtu (2/3/2024).

Apel tersebut melibatkan personel dari Polres Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Subdenpom Muara Enim, Satpol-PP Kabupaten Muara Enim, dan Dinas perhubungan Kabupaten Muara Enim, Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Pelajar serta dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Muara Enim. Operasi Keselamatan Musi 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 - 7 Maret 2024 dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama”.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MM, yang memimpin apel dan membacakan amanat Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK, menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Musi 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan dengan mengambil Tema Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama Pelaksanaan Operasi Dengan Sandi Operasi Keselamatan Musi Tahun 2024, dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan berlangsung selama 14 dimulai dari Tanggal 4 Maret 2024 sampai dengan 17 Maret 2024.

Adapun target dari Pelaksanaan Operasi itu sendiri adalah Titik Lokasi Kemacetan Pelanggaran, kecelakaan Lalu lintas dan meningkatkan Kepatuhan Masyarakat dalam rangka Cipta Kondisi Menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H, sesuai dengan karakteristik Wilayah Masing masing dengan sasaran yaitu, pencurian kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, yang menggunakan Knalpot tidak sesuai spesikasi tehnis, penggunaan sirene rotator atau strobo yang bukan peruntukannya serta TNKB yang tidak sesuai dengan spektek, penggunaan helm sni, kendaraan over dimensi dan over load (ODOL), ?Lokasi dan blackspot di wilayah masing masing, Masyarakat teroganisir dan tidak teroganisir kelompok ormas dan kelompok pengemudi angkutan umum maupun online.

Lanjut Kapolres, pada Operasi Keselamatan Musi Tahun 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan yang akan dikedepankan kegiatan melaksanakan deteksi dini lidik Pamgal serta pemetaan lokasi atau tempat yg rawan thd kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan. Kemudian, memberikan bimbingan penyuluhan (Binluh) kepada masyarakat tentang Tertib Berlalu lintas melalui giat sosialisasi dan binluh melalui pemasangan spanduk, banner, baleho, penyebaran leaflet dan stiker melalui Media cetak, elektronik, medsos, melaksanakan patrol, penjagaan pada lokasi rawan macet laka, pelanggaran Lalu lintas dan Penindakan Pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE Statis dan Mobile serta blangko teguran.

Untuk itu, kata Kapolres, laksanakan tugas Operasi dengan penuh rasa tanggung jawab dan didasari denganq niat beribadah dalam setiap kegiatan semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa meridhoi setiap pelaksanaan tugas kita, kedepankan sikap senyum, sapa, salam dalam pelaksanaan penindakan pelanggaran lalu lintas baik yang bersifat teguran maupun penilangan, Jaga Keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak pihak yang berniat melakukan perbuatan negatif terhadap Polri dan Selalu menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun 2024 serta persiapan dari sekarang Operasi ketupat 2024.

]]>
Sat, 02 Mar 2024 17:25:00 +0000
Jokowi Apresiasi Peran Aktif Kader IMM Dalam Menjalankan Agenda Kebangsaan Nasional dan Internasional http://www.lenterapendidikan.com/berita/nasional-dan-internasional/view/jokowi-apresiasi-peran-aktif-kader-imm-dalam-menjalankan-agenda-kebangsaan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024) sore. Jokowi saat membuka kegiatan mengatakan dirinya sengaja hadir dalam kegiatan Muktamar XX, sebab IMM merupakan organisasi yang sangat penting.

“Hari ini saya ada tujuh kegiatan di IKN, Kalimantan Timur dan baru sampe di Palembang ini pukul 17:30 WIB. Mengapa saya capek-capek datang ke sini? Karena IMM adalah organisasi yang sangat penting,” katanya.

Ia mengapresiasi peran aktif seluruh kader IMM dalam menjalankan agenda kebangsaan. Termasuk dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang pemilihnya 56 persen atau 113 juta orang itu generasi milenial dan Z.

“Jadi menurut saya anak muda Indonesia tidak apatis terhadap politik justru generasi muda punya kemauan besar untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” kata Jokowi.

Seusai memberikan kata sambutan Presiden Jokowi memanggil salah satu kader IMM untuk membacakan Pancasila. Setelah membacakan Pancasila, kader IMM itu diberikan Jokowi satu unit sepeda.

Sementara itu, Ketua DPP IMM Abdul Musawir Yahya mengatakan kegiatan Muktamar XX diharapkan dapat menghasilkan ide-ide konstruktif untuk membangun negara yang maju. 

"Muktamar ini bertema "Bersatu Menuju Indonesia". Tema ini dihadirkan sebagai semangat untuk terus memperkuat kontribusi IMM nusa dan bangsa,” tandasnya.

]]>
Sat, 02 Mar 2024 04:50:00 +0000
Pulang Kampung, Warga Muba di Perantauan Dapat Fasilitas Mudik Gratis Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pulang-kampung-warga-muba-di-perantauan-dapat-fasilitas-mudik-gratis.html Lentera-PENDIDIKAN.com,YOGYAKARTA, - Warga Kabupaten Musi Banyuasin yang berada di perantauan seperti di Yogyakarta dan kota-kota lainnya di pulau Jawa mendapatkan fasilitas mudik gratis ke kampung halaman. Program Mudik Gratis ini di sediakan oleh Pemerintah Kabupaten Muba untuk menyambut momen Lebaran 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Pj Sekda Muba Musni Wijaya SSos MSi saat melantik jajaran pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM MUBA) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) di Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta, Jumat (1/3/2024) malam.

"Tahun ini Pak Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi memfasilitasi mudik gratis masyarakat Muba dan Mahasiswa Muba yang ada Pulau Jawa, titik kumpul keberangkatan di Jogja dan akan ada beberapa titik pemberhentian di bandung dan Jakarta," ujar Pj Sekda Muba saat memberi sambutan dalam acara tersebut.

Dikatakan, sedikitnya ada 6 (enam) bus yang disediakan untuk kuota 240 orang. "Tahun kemarin hanya 100 orang, di tahun 2024 ini kita tingkatkan jadi 240 orang, jadi silahkan dimaksimalkan dan didata mulai sekarang untuk program mudik gratis," pungkas Musni Wijaya.

Selanjutnya ia mengucapkan selamat kepada pengurus IKPM yang baru di kukuhkan, dan berharap mahasiswa yang ada di Yogyakarta dapat lebih giat lagi mengikuti proses pembelajaran.

"Organisasi ini salah satu upaya untuk kita melangkah lebih baik. Semoga adik-adik yang belajar di Yogyakarta ini dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik sehingga dapat meneruskan estafet kepemimpinan menggantikan kami di pemerintahan," ucapnya.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba ini menyampaikan bahwa Pemkab Muba sejak tahun 2018 telah menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa baik yang kuliah di dalam maupun diluar daerah. "Insyaallah untuk memacu semangat belajar adik-adik program beasiswa ini akan terus kita anggarkan. Selain dari APBD juga ada dari BAZNAS Muba untuk kita membantu adik-adik di dunia pendidikan ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum IKPM Muba Yogyakarta M Ramadhan mengucapkan terimakasih atas respon cepat Pemkab Muba di bawah kepemimpinan Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi untuk memenuhinya kebutuhan mahasiswa yang tengah menimbah ilmu di Yogyakarta, baik dari fasilitas hingga program beasiswa.

"Kami bersyukur Pemkab Muba sangat peduli dengan kami yang tengah berjuang menuntut ilmu ini. Untuk program beasiswa, ada sebanyak 33 mahasiswa di Yogyakarta yang menerima beasiswa langsung dari Pemda," tuturnya.

Selanjutnya ia siap menjalankan amanah sebagai Ketua Umum IKPM Muba Yogyakarta dengan harapan organisasi tersebut dapat lebih sinergi lagi dengan pemerintah untuk membangun Kabupaten Muba.

"Kita juga lebih semangat lagi membangun organisasi ini, karena telah di beri bantuan fasilitas dari Pemkab Muba seperti alat-alat podcast dan fasilitas lainnya," kata M Ramadhan.

Sementara Pembina IKPM Muba Yogyakarta Yulan Hernedi, mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dalam memfasilitasi warga Muba yang ada di perantauan dengan program mudik gratis serta program beasiswa yang memberi semangat para mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran di bangku kuliah untuk meraih prestasi.

"Tentu kita semua menaruh harapan besar bagi adik-adik mahasiswa yang kelak akan kembali ke daerah dan turut membantu pemerintah membangun Kabupaten Musi Banyuasin, untuk itu manfaatkanlah fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya supaya nanti bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah," pungkasnya.

Terpisah Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan bahwa program Mudik Gratis Tahun 2024 telah dianggarkan melalui Dinas Perhubungan Muba. Untuk pendaftaran mudik gratis ini bisa melalui google form yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan.

"Peserta mudik gratis akan mendapatkan fasilitas makan 2 kali selama perjalanan (buka puasa dan sahur), bus dgn toilet dan keberangkatan direncanakan tanggal 30 maret 2024," ungkapnya.

]]>
Fri, 01 Mar 2024 23:50:00 +0000
Saatnya BKB Dikembalikan Ke Masyarakat Seminar http://www.lenterapendidikan.com/berita/seminar/view/saatnya-bkb-dikembalikan-ke-masyarakat.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Forum Pariwisata dan Kebudayaan (Forwida) Sumsel berkerjasama dengan Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) kota Palembang , Universitas Terbuka (UT) Palembang, Sutan Adil Institute menggelar webinar nasional dengan tema Sejarah dan Kebijakan Publik Penempatan Benteng Kuto Besak (BKB) , Masa Lalu, Kini dan Masa Depan, Kamis (29/2/2024) malam.

Dengan menghadirkan narasumber pengamat politik Sumsel yang juga Direktur UT Palembang Dr. Meita Istianda, S.I.P., M.Si dengan judul makalah Kota Palembang sebagai Heritage (Tinjauan dari Perspektif Politik dan Kekuasaan), HG Sutan Adil selaku Pemerhati & Peneliti Sejarah dari Sutan Adil Institute dengan makalah berjudul Anomali Sejarah Benteng Kuto Besak , dan sejarawan kota Palembang Kemas Ari Panji dengan makalah berjudul DKB Ku Sayang, BKB Ku Malang .

Pengamat politik Sumsel yang juga Direktur UT Palembang Dr. Meita Istianda, S.I.P., M.Si melihat Ketidaksesuai harapan antara sebagian masyarakat dengan elite Pemerintah Kota Palembang dalam konteks Pembangunan Kota Palembang dari perspektif Budaya dan Sejarah.

“Klaim Palembang kota tertua di Indonesia. Palembang sebagai kota tertua di Indonesia yang didirikan pada 16 Juni tahun 683 M (605 Saka) oleh Dapunta Hyang berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit bertulis huruf Pallawa dan berbahasa Melayu kuno merupakan tempat bernaungnya kerajaan Sriwijaya sehingga tentu menyimpan banyak peninggalan budaya dan sejarah. Potensi wisata religi di Kota Palembang pun sangatlah besar. Banyak bangunan atau tempat bersejarah yang memiliki arti khusus bagi umat beragama,” katanya.

Dia mencontohkan bangunan cagar budaya di Palembang yang tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah seperti BKB , Pasar Cinde yang hancur, Bukit Siguntang, Gedung Leideng dan gua Jepang, rumah limas, dan Pulau Kemaro dan sebagainya. Menurut Meita, untuk mewujudkan kota Palembang sesuai dengan heritage dari Palembang itu, dengan cara ayang cepat , memerlukan politicak will yang kuat dari pemimpin dan elite di kota Palembang dan hal ini dapat dilakukan jika civil society dapat masuk menjadi bagian dari pemerintah itu sendiri.

HG Sutan Adil selaku Pemerhati & Peneliti Sejarah dari Sutan Adil Institute menilai seharusnya sudah tidak ada alasan lagi bagi pemerintah pusat untuk tidak menyerahkankan Istana atau Keraton kebanggaan Masyarakat Palembang ini kepada yang lebih berhak, yang mana Istana atau Keraton ini nantinya juga dapat menjadi sebuah situs sejarah yang penting dan akan menjadi salah satu Simbol Pariwisata Besar bagi masyarakat Palembang dan Indonesia pada umumnya.

“Diharapkan ,Anomali BKB ini dapat cepat diselesaikan sehingga bisa mendatangkan manfaat yang jauh lebih besar jika dibandingkan saat ini yang hanya difungsikan terus sebagai sebuah kantor dan Benteng Pertahanan saja,” katanya.

Sejarawan kota Palembang Kemas Ari Panji mengatakan, BKB adalah Kesultanan Palembang Darussalam. Lalu di zaman Keresidenan Palembang (Masa Kolonial Belanda dan Inggris) BKB dikuasai oleh penjajah terutama Belanda (menjadi Markas Militer dan Barak Tentara). Lalu masa pendudukan Jepang dikuasai oleh Jepang dan dijadikan Maskas Militer Jepang.

“Zaman Kemerdekaan (sejak lepasnya kekuasaan kolonial sampai sekarang) BKB di pakai TNI berdasarkan undang-undang darurat dan saat ini sudah saatnya BKB diserahkan kepada pemerintah dan zuriat untuk dikelola bersama Sebagai “Heritage And Tourism” dan sebagai hak ulayat Palembang,” katanya.

Sedangkan Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn mengapresiasi webinar.

“ BKB ini buatan Sultan dan kita sebagai orang Palembang harus tahu sejarahnya dan apa yang akan kita lakukan untuk peninggalan ini, “ katanya sembari mengatakan BKB adalah memori kolektif yang harus diketahui semua orang.

Ketua Umum Forwida Sumsel Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi., MT., CIAP sepakat bagaimana agar BKB kedepan bisa menjadi heritage dan tourism.

“ Kita harus melakukan pendekatan kepada semua pemegang kepentingan di Palembang guna merealisasikan hal ini,” katanya.

]]>
Fri, 01 Mar 2024 23:35:00 +0000
Pj Gubernur dan Mentan Tinjau Kegiatan Upsus Optimalisasi Lahan Rawa di Banyuasin Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/pj-gubernur-dan-mentan-tinjau-kegiatan-upsus-optimalisasi-lahan-rawa-di-banyuasin.html Lentera-PENDIDIKAN.com,BANYUASIN-Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Andi Amran Sulaiman bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Upaya Khusus (Upsus) Optimalisasi Lahan Rawa Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Desa Sumber Hidup, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024).

Dalam tinjauannya kali ini, keduanya melihat dari dekat aktivitas tabur benih padi yang dilakukan petani di lahan sawah seluas 22 ribu hektar. Selain itu, mereka juga memberi bantuan benih kepada petani untuk tiga bulan pertama tahun 2024.

Melalui kesempatan ini, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni berterima kasih kepada Mentan RI yang telah menjadikan Provinsi Sumsel sebagai lokasi program kegiatan nasional. Bahkan Provinsi Sumsel mendapatkan kurang lebih 100.000 hektar perluasan lahan pada semester pertama dan 100.000 hektar selanjutnya pada semester kedua.

“Kami siap untuk menyukseskan program itu. Kami juga akan optimalkan penggarapan lahan yang dikembangkan di Sumsel ini,” ujar Fatoni.

Fatoni menyebut produksi padi Sumsel mengalami peningkatan. Dimana produksi padi pada tahun 2023 sebesar 2.832,77 ribu ton Gabah Kering Giling (GKG) mengalami peningkatan sebanyak 57,70 ribu ton GKG atau 2,08% dibandingkan produksi padi pada tahun 2022 yang sebesar 2.775,07 ton GKG.

"Produksi beras pada 2023 untuk konsumsi pangan penduduk mencapai 1.626,74 ribu ton, mengalami peningkatan sebanyak 33,14 ribu ton atau 2,08% dibandingkan produksi beras pada tahun 2022 yang sebesar 1.593,60 ton,” katanya.

Fatoni optimis dengan perhatian yang diberikan Mentan melalui program Upsus Optimalisasi Lahan Rawa Tahun 2024, kedepannya Sumsel akan menjadi lumbung padi dikarenakan memiliki produksi padi terbesar di Indonesia.

“Kami mohon berkenan Bapak Menteri memberikan arahan kepada kami menambah semangat bagi kami dan juga sekaligus menambah perjuangan kami untuk terus sukses di bidang pertanian,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mentan mengungkapkan Pemerintah akan menambah kuota pupuk menjadi 9,5 juta ton dari anggaran 2024. Penambahan kuota pupuk tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani yang selama ini kerap terkendala.

"Inya Allah petani tidak usah lagi risau dan khawatir tentang pupuk, Pak Presiden sudah memenuhi kebutuhan petani seperti tahun 2014-2018 juga kuantum pupuk 9,55 juta ton,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengatakan Kabupaten Banyuasin menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang masuk sepuluh besar daerah penghasil beras terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, besar harapan pemerintah pusat agar Pemkab Banyuasin mampu meningkatkan lagi produksi beras.

“Bahkan menjadi satu satunya di Pulau Sumatera dengan Produksi Sawah Banyuasin Tahun 2022 (BPS), Produksi GKG 895.260 ton, produksi beras 514.108 ton, luas tanam 228.709 ha, luas panen 177.558 ha, luas baku sawah sementara data ATR BPN 194.240,13 ha,” jelas Rustam.

Sebagai informasi, kegiatan Upsus Optimalisasi Lahan Rawa Tahun 2024 di Sumsel pada semester satu ditargetkan mencapai 98 ribu hektar dengan lokasi di terbagi atas Kabupaten Banyuasin 22 ribu hektar, saat ini sudah diolah 4.400 hektar dengan rata-rata produksi 5,1 ton per hektar padi IP 100 dan IP 200. Kegiatan ini meliputi rehabilitasi saluran, pembangunan saluran irigasi, pembangunan pintu air, penggunaan pompa dan kegiatan olah tanah.

Selain di Kabupaten Banyuasin, program ini juga dialokasikan di Kabupaten OKI sebesar 65 ribu hektar dengan rata-rata produksi 5,7 ton per hektar dan benih IP150-200. Selanjutnya, Kabupaten Muara Enim dengan luas alokasi 2.400 hektar dengan jumlah roduksi 4,3 ton per hektar. Kemudian, Kabupaten Ogan Ilir dengan alokasi oplah rawa 400 hektar, produksi 2-3,5 per hektar dan Kabupaten OKU Timur alokasi oplah rawa 5.000 hektar dengan produksi 3 hingga 5 ton per hektar.

Turut mendampingi Mentan, di antaranya Kepala Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana BNPB Pusat Jarwansyah, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Dida Gardera, Wakil direktur utama PT Pupuk Indonesia dan pejabat penting lainnya.

]]>
Fri, 01 Mar 2024 21:15:00 +0000
DidugaLalai, Truk Ditabrak KA Babaranjang Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/didugalalai-truk-ditabrak-ka-babaranjang.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Diduga sopir lalai, sebuah truk BG 8346 IX ditabrak Kereta Api (KA) Babaranjang. Meski tidak ada korban jiwa, kondisi truk rusak parah di pintu perlintasan rel Kereta Api Simpang Bantaian, Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Jum'at (1/3/2024) sore.

Menurut Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasat Lantas AKP Suwandi, dari informasi para saksi dilokasi kejadian, bahwa bermula mobil truck BG 8346 IX berjalan dari arah Prabumulih menuju Muara Enim. Pada saat tiba di lokasi kejadian diduga kuat pengemudi kurang konsentrasi sehingga mobil tetap berupaya melaju padahal penjaga rel kereta api Bantaian sudah memberikan sinyal bahwa akan ada KA Babaranjang yang hendak melintas.

Dan ketika truk sedang melintas tepatnya berada di tengah rel tiba-tiba mobil tersebut berhenti sehingga tertabrak oleh KA Babaranjang tersebut. Akibat kejadian tersebut mobil truk terseret dan ringsek sedangkan korban berhasil selamat dan menghilang.

"Saat ini pengemudi mobil Truck BG 8346 IX tidak ada di TKP, sedangkan KA sudah melanjutkan perjalanan. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material saja," ujar Kasatlantas.

]]>
Fri, 01 Mar 2024 20:20:00 +0000
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN RF Gelar Confest Labs Universitas http://www.lenterapendidikan.com/berita/universitas/view/fakultas-ekonomi-dan-bisnis-uin-rf-gelar-confest-labs.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) provinsi Sumsel Ir H Amiruddin, M.Si menghadiri dan membuka secara langsung kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Adapun fakultas ini sendiri menyelenggarakan kegiatan Creative Entrepreneurs Economic Festival (CONFEST) dengan Tema “Creative Economy Festival to Explore Our Business Based on Local Wisdom” bekerja sama dengan Lembaga Akuntasi dan Bisnis Syariah (LABS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang bertempat di Atrium Ogan Permata Indah (OPI) Mall Palembang, Jumat (1/3/2024).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel Ir H Amiruddin, M.Si mengatakan, ini merupakan satu agenda tahunan, jangan hanya dilihat agendanya saja, jangan di pandang kegiatan ini rutinitas, begitu-begitu saja. Program kerja kalau memang kita jalani, dan kita maknai insya Allah ini akan bermanfaat, di mana kegiatan ini LABS kami sambut dengan baik, ini membentuk suatu karakter, yakni karakter leadership dan enterprenuership.

“Di sini saya sampaikan ada penekanan pada peserta semua yang hadir di sini sekarang mindset kita sudah berubah, dahulu adik-adik ini merupakan Gen Z jadi mahasiswa, di atasnya millineal, di atasnya lagi yakni Kolonial, dan generasi pertama kali adalah generasi baby boomer,” ujarnya.

Dia menuturkan, ciri khas masing-masing setiap generasi itu, saat ini memasuki digitalisasi, mau tidak mau, suka tidak suka, kalau istilah bahasa Indonesianya yakni suatu keniscayaan digitalisasi.

"Apabila kita tidak mengikuti, kita tidak menerima, dan kita tidak mengubah mindset kita, maka kita akan tertindas oleh digitalisasi. Upaya untuk menyesuaikan, kita ini harus menyesuaikan sekarang ini, dan kita harus mengubah mindset.Dahulu kalau kami ini bagaimana tamat Kuliah bisa bekerja di kantoran, jadi pegawai, sudah terlanjur, sekarang mindsetnya sudah berubah,” ungkapnya.

Dilanjutkannya setiap perguruan tinggi dan Fakultas, ternyata jangan hanya seorang mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya, dia tidak harus terpaku dengan apa yang sudah dipelajari di perguruan tinggi. Seperti hari ini, bagaimana kita membentuk ke depan ini jiwa kewirausahaan sangat penting, karena itulah setelah ini banyak lapangan usaha yang bisa kita manfaatkan ke depan.

"Terpenting bagi adik-adik ini kita harus pertama yang memang di tuntut adalah jiwa kewirausahaan itu, dia selalu berinovasi, kreatif, dan menularkan ilmunya. Kalau adik-adik mahasiswa akan menjelang tamat cari peluang, yakni peluang-peluang bisnis, banyak di kota Palembang.Di mana sumber daya alam cukup melimpah, dan untuk itulah sekali lagi kami sampaikan sudah ada road map untuk adik-adik ke depan, artinya kita ini akan atau bahkan sudah memasuki globalisasi,” katanya.

"Kalau kita tertinggal, kita artinya tidak memanfaatkan, di mana globalisasi ini jangan di nilai suatu hal yang akan menyingkirkan kita tidak, tapi ini justru peluang untuk kita berkembang. Kami selalu memberikan motivasi terhadap adik-adik semua, dan alhamdulillah ini sudah di fasilitasi oleh LABS UIN Raden Fatah Palembang. Terima kasih sekali, artinya pihak perguruan tinggi, bahkan juga ada Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), dan lain sebagainya ikut membantu, dan ini tugas meringankan pemerintah. Makanya kami sangat menyambut baik dengan baik sekali, dan tugas kami dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel ini menjadi ringan. Bagaimana usaha-usaha tumbuhnya wirausaha yang selalu diciptakan di masyarakat itu menjadi bagian daripada kontribusi pembangunan khususnya di bidang perekonomian di provinsi Sumsel,” bebernya.

Masih disampaikannya, pihaknya selama ini sudah bekerja sama dengan Lembaga Akuntansi untuk bagaimana para pelaku UKM, koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) itu agar bisa membuat pembukuan secara akuntan yang baik.

"Ke depan ini terus kita tumbuh kan, dan sekali lagi ucapkan terima kasih baik dari pihak Fakultas Ekonomi, dan LABS khususnya dan pihak-pihak terkait lainnya, dan ini terus bisa bersinergi. Susunlah nanti program yang memang benar-benar mengena nanti, dan apabila kita aplikasikan bisa praktik di lapangan.Kami Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel siap bekerja sama, siap membantu, dan memfasilitasi baik mungkin sarana maupun prasarana, dan terutama kami banyak sekali pelatihan, yakni pelatihan tentang UMKM ini, dan silah kan daftar untuk para adik-adik ini semuanya,“ tandasnya. (Yanti)

]]>
Fri, 01 Mar 2024 19:10:00 +0000