Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Wed, 19 Feb 2020 17:33:15 +0000 Oknum ASN Dan Kontraktor Tertangkap Transaksi Narkoba Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/oknum-asn-dan-kontraktor-tertangkap-transaksi-narkoba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pemkab Muaraenim bersama seorang kontraktor, tertangkap tangan melakukan transaksi Narkoba di dalam rumah di Jl Sultan Mahmud Badarudin II, Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, Selasa (18/2/2020).

Adapun yang ditangkap, Nofriansyah alias Yayan (38) warga Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim dan Hery Bahermansyah (48) warga Desa Teluk Lubuk, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim sebagai kontraktor.

Kejadian tersebut berawal pihak Kepolisian Polres Muaraenim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa dirumah tersebut sering terlihat orang melakukan transaksi narkotika. Atas informasi tersebut anggota Reserse Narkoba Polres Muaraenim langsung melakukan penyelidikan dan pada saat dilakukan penyelidikan anggota Reserse Narkoba Polres Muaraenim melihat ada dua orang laki-laki yang gerak-geriknya mencurigakan. Melihat hal tersebut anggota langsung melakukan pengerebekan dan berhasil mengamankan dua orang bernama Heri dan Nofrian. Dan ketika digeledah dirongga badan dan sekitar lokasi berhasil ditemukan barang bukti berupa enam paket narkotika jenis Shabu didalam kantong celana sebelah kanan pelaku Heri. Kemudian dua paket  narkotika jenis Shabu berhasil ditemukan didalam mobil pelaku Nofriansyah. Setelah dilakukan  introgasi akhirnya pelaku Heri dan Nofriansyah mengakui jika barang bukti yang ditemukan dilokasi adalah milik mereka berdua. Kemudian kedua pelaku beserta barang bukti di bawa ke Satuan Reserse Narkoba Polres Muaraenim untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Kasat Narkoba AKP Putu Suryawan, mengatakan bahwa kedua tersangka sudah diamankan di Mapolres Muaraenim bersama barang bukti delapan paket narkotika jenis Shabu seberat 2,62 gram, satu unit HP merk Nokia, Satu unit HP merk Samsung, Satu unit mobil Toyota Avanza.

"Saat ini, kita masih dalam pengembangan, apakah pengedar atau hanya pemakai karena BB nya cukup banyak senilai Rp 2 juta kalau jika dirupiahkan," tegas Putu.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muaraenim Ilham Yaholi, ketika dikonfirmasi awak media terkait salah satu stafnya ditangkap atas dugaan kasus narkotika jenis sabu-sabu enggan berkomentar banyak.

“Informasinya seperti itu, tapi saya belum tau pasti kebenarannya,” ujar Ilham disela-sela meninjau lokasi longsor di Desa Karang Raja.

]]>
Wed, 19 Feb 2020 07:05:00 +0000
MTQ XXIX, Jaring Putra-putri Terbaik Muba Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/mtq-xxix-jaring-putra-putri-terbaik-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA - Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke-29 tingkat Kabupaten Musi Banyuasin resmi dimulai, dan dibuka secara langsung oleh Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi di Masjid Raya Baitul Makmur Sekayu, Selasa (18/2/2020).

Pada kesempatan tersebut Sekda Muba mengatakan MTQ tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini, merupakan langkah awal bagi Pemerintah Kabupaten Muba untuk menjaring putra putri asli terbaik dari Bumi Serasan Sekate untuk menjadi kafilah mengikuti MTQ ke tingkat lebih tinggi.

"Kalau melihat potensi bahwa Muba tidaklah kalah dengan kabupaten lain untuk menelurkan peserta MTQ terbaik, karena Muba mempunyai Pondok Pesantren sebanyak 52, yang tentunya ini akan menjadi pusat pelatihan pengkaderan calon peserta MTQ, dengan meniadakan peserta dari luar Muba," ujar Apriyadi.

Selain itu Apriyadi berharap melalui kegiatan dapat meningkatkan syiar agama Islam dan mendukung misi Muba Maju Berjaya 2022.

Sementara itu Kabag Kesra Setda Muba H Opi Pahlopi MA selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan MTQ ke-29 tingkat Kabupaten Muba ini dilaksanakan pada tanggal 16-22 Februari 2020, dimana bertujuan untuk mempersiapkan qori'-qori'ah, hafiz-hafizha, mufassir-mufassirah guna mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumsel di Prabumulih pada April 2020 mendatang.

"Pada tahun ini atas instruksi Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex telah dianggarkan dana untuk pembinaan peserta MTQ yang berasal dari Kabupaten Muba sendiri, dan akan kita mulai pada bulan Maret hingga Desember 2020 mendatang," paparnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0401 Muba Letkol Arm M Saifuddin Khoiruzzamani SSos, Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIk, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah Muba, Ketua Dharma Wanita Persatuan Muba Hj Asna Aini Apriyadi, serta para dewan hakim dan peserta MTQ yang berasal dari 15 kecamatan dalam Kabupaten Muba.

]]>
Wed, 19 Feb 2020 06:00:00 +0000
Muaraenim Gelar Pelatihan Ciptakan 1000 Pemuda Desa Berwirausaha Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/muaraenim-gelar-pelatihan-ciptakan-1000-pemuda-desa-berwirausaha.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan SDM menciptakan 1000 Pemuda Desa Berwirausaha, Disnaker Kabupaten Muaraenim menggelar  Pelatihan dan Pendidikan Keterampilan Bagi Calon Pencari Kerja Tahun 2020, di UPTD BLK Disnaker Muaraenim, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH, dan dihadiri Kadisnaker Hj Siti Herawati SH, Asisten II Pemkab Muaraenim H Amrullah Jamaludin SE, para pejabat terkait dan puluhan peserta Pelatihan dan Pendidikan Keterampilan Bagi Calon Pencari Kerja Kejuruan Televisi, Komputer, Aneka Kreatif Sablon, Tata Kecantikan Salon dan Potong/Cukur Rambut Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muaraenim Tahun Anggaran 2020.

"Saya ucapkan selamat datang di Balai Latihan Kerja Disnaker Muaraenim kepada peserta pelatihan semoga bermanfaat bagi masyarakat Muaraenim," kata Plt Bupati Muaraenim H Juarsah.

Menurut Juarsah, urusan ketenagakerjaan sifatnya wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Muaraenim. Hal ini, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim yang salah satunya adalah menciptakan 1000 Pemuda Desa Berwirausaha yang mengutamakan tenaga kerja lokal dan siap pakai. Dengan dukungan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di dalam Kabupaten Muaraenim dilaksanakan dengan dasar pemikiran bahwa para pencari kerja adalah tanggung jawab pemerintah, pihak swasta dan semua pihak. Tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja yang terus bertambah setiap tahunnya seiring tingginya tingkat kelulusan baik Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat hingga Perguruan Tinggi (PT) telah menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Sementara di sisi lain, terbatasnya lowongan pekerjaan dan permintaan pasar kerja yang menginginkan tenaga kerja yang berkompeten menjadikan daya serap tenaga kerja lokal semakin kecil untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Kondisi ini, menuntut pemerintah dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan untuk harus berpikir kreatif menciptakan program-program berbasis kompetensi berbasis perekonomian atau program lain yang dapat menekan angka pengangguran dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yakni para pencari kerja sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja lokal dalam penguasaan dan peningkatan keterampilan yang dapat digunakan sebagai modal mendapat pekerjaan yang layak atau menjadi wirausahawan yang mandiri.

Saat ini, lanjut Juarsah, pemerintah terus berupaya atau menggulirkan program-program baik bersumber dari APBN/APBD ataupun melalui kerjasama dengan pihak swasta untuk mengurangi amgka pengangguran seperti memberikan pelatihan keterampilan kepada pemuda pemudi dalam Kabupaten Muaraenim sehingga siap bersaing di pasar kerja. Kesempatan kerja tidak hanya mencari kerja tetapi bisa juga kita menciptakan lapangan kerja. Dan jika sudah mengikuti pelatihan kerja, diharapkan diimplementasikan dan ditularkan dengan masyarakat lain.

Begitupun ketika berkerja atau berbisnis lakukanlah dengan jujur, profesional, bertanggungjawab dan mengutamakan etika, sebab ketika sudah terjun di dunia usaha jika tidak beretika akan ditinggalkan pelanggan atau pembeli.

Sementara itu Kadisnaker Muaraenim Siti Herawati mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bagi pencari kerja yang berbasis masyarakat sehingga menjadi pencari kerja yang berkompeten dan handal dengan memberdayakan potensi sumber daya lokal yang ada sehingga diharapkan peserta dapat menambah keahlian dan kemampuan sehingga menjadi pencari kerja yang profesional dan memiliki daya saing tinggi.

Ada beberapa jenis kegiatan yakni kegiatan Teknisi Komputer sebanyak 16 orang, Kejuruan Aneka Kreatif Sablon sebanyak 16 orang, Kejuruan Cukur Rambut Pria sebanyak 16 orang dan Kejuruan Tata Kecantikan sebanyak 16 orang. Pendidikan dan Pelatihan tersebut dilaksanakan di UPTD BLK Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muaraenim dimulai pada tanggal 17 Februari - 13 Maret 2020 atau selama 20 hari kerja. Para peserta diasramakan dan diberikan pendidikan, pelatihan, piagam, akomodasi, uang saku dan lain-lain. Untuk jumlah peserta seluruhnya berjumlah 64 orang yang berasal dari beberapa kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim.

]]>
Wed, 19 Feb 2020 05:35:00 +0000
Camat Bersama Lurah dan Kades Sekayu Tandatangani Fakta Integritas Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/camat-bersama-lurah-dan-kades-sekayu-tandatangani-fakta-integritas.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Camat Sekayu Marko Susanto, SSTP MSi bersama Lurah dan Kades di wilayah Kecamatan Sekayu telah menandatangani fakta integritas, Senin (17/2/2020) di kantor camat Sekayu. Dalam rakor ini, Marko mengatakan bahwa sesuai instruksi Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin untuk mengajak seluruh masyarakat Musi Banyuasin melakukan penginputan data Sensus Pendusuk (SP) online mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020 di laman sensus.bps.go.id.

Oleh sebab itu, untuk menindaklanjuti Instruksi Bupati Kabupaten Musi Banyuasin dalam Memvalidasi Data Kependudukan, pihaknya melakukan penandatanganan fakta integritas.

"Fakta integritas ini adalah salah satu upaya kita, dalam rangka mensukseskan Sensus Penduduk 2020, oleh karena itu kami menginstruksikan untuk menyebarkanluaskan informasi mengenai SP 2020 diberbagai kesempatan dan media, diantaranya seperti forum masyarakat dan termasuk Whatsapp Group, dan membantu memasang dan menyebarkan publisitas SP2020 di berbagai tempat, diantaranya banner, poster dan leaflet (bahan untuk Publisitas poster dan leaflet akan disediakan),"ungkapnya.

Marko juga mengajak seluruh warga masyarakat, khususnya masyarakat Sekayu untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk online. Dan membantu petugas sensus pada pelaksanaan sensus penduduk wawancara. Pada kesempatan yang sama, Sunita juga mengatakan bahwa semangat Bupati Dr H Dodi Reza Alex memang patut untuk dicontoh dan ditauladani.

"Semangat pemimpin di Muba ini, patut kita  tauladani dan jadikan spirit buat kerja tim BPS dan Warga Musi Banyuasin untuk mencatatkan diri sebagai Penduduk Indonesia,"Ucapnya.

Ayo sukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan ikut berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online tgl 15 Feb – 31 Maret 2020. 

"Bagi yang terkendala dalam sistem online tidak usah panik tunggu kedatangan Petugas Sensus pada sensus penduduk wawancara tgl 1 – 31 Juli 2020. Data sensus penduduk 2020 menyediakan data jumlah penduduk baik secara de facto maupun de jure, dan juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. Pastikan Anda tercatat sebagai Penduduk Indonesia dalam mewujudkan “Satu data kependudukan indonesia". Tutupnya.

]]>
Wed, 19 Feb 2020 04:40:00 +0000
Terinspirasi dari Lampu Merah, Siswa SMA 6 Palembang Buat Powerbank Kapasitas 88.000 MAH Sekolah http://www.lenterapendidikan.com/berita/sekolah/view/terinspirasi-dari-lampu-merah-siswa-sma-6-palembang-buat-powerbank-kapasitas-88000-mah.html Lentera-PENDIDIKAN.com, PALEMBANG – Berbagai inovasi berbasis teknologi terus diterapkan di kalangan siswa. Salah satu siswa SMA 6 Palembang, Akhtar Fathi Fahrizal mewakili kelas XI MIPA 5 menciptakan Powerbank berkapasitas 88.000 MAH. Ketika ditemui di sekolahnya, Akhtar mengaku, ide pembuatan Powerbank ini terinpirasi dari lampu merah yang mengandalkan tenaga surya untuk menghidupkannya.

Untuk membuat Powerbank berkapasitas besar ini, Akhtar menghabiskan biaya sekitar Rp360ribu serta terdapat panel tenaga surya yang dapat menghasilkan arus listrik sebesar 220 MA (Pada sedikit cahaya), kemudian listrik tersebut dialihkan kembali ke baterai lithium 18650 yang ada di dalam baterai laptop dan ditransfer ke output.

“Jadi, di dalam powerbank ini terdapat lima baterai 18650, 2 pcb, serta kabel-kabel dan diode serta resistor,” Katanya saat dijumpai usai juri memberikan nilai, Kamis (13/02/2020).

Sama seperti powerbank pada umunya. Spesifikasi dari powerbank memiliki kapasitas hingga 88.000 MAH, memiliki dua output sebesar 5V (1A dan 2A), memiliki solar cell untuk mengisi listrik, memiliki lampu LED sebagai Indikator, memiliki lampu LED sebagai penerangan darurat.

“Kalau mati listrik jadinya gampang dong, gak perlu panik lagi, selagi cahaya masih menyala, powerbank tetap bisa mengisi baterai, bisa dibawa kemana mana, dan kapasitasnya juga besar,” ujarnya.

]]>
Wed, 19 Feb 2020 03:40:00 +0000
Jual Motor Hasil Curian di FB, Warga Gedong Air Diringkus Polsek Tanjungkarang Timur Nasional dan Internasional http://www.lenterapendidikan.com/berita/nasional-dan-internasional/view/jual-motor-hasil-curian-di-fb-warga-gedong-air-diringkus-polsek-tanjungkarang-timur.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LAMPUNG- Ini peringatan bagi yang suka jual beli sepeda motor melalui Facebook atau pengelola grup di Facebook. Jika tidak hati-hati, bisa kena tipu atau terseret kasus kriminal, seperti yang dilakukan AN (29). Warga Jalan Imam Bonjol,Gang Benda, Kelurahan Gedong Air ,Tanjungkarang Barat, Bandarlampung ini diringkus polisi karena mencuri sepeda motor. Hasil curiannya kemudian dia jual melakui Facebook.

Kapolsek Tanjung Karang Timur Kompol Irianto menjelaskan bahwa penangkapan pelaku AN (29) berdasarkan informasi yang berikan oleh korban, dimana saat itu korban mengetahui jika sepeda motor miliknya di jual oleh seseorang di media sosial Face Book.

“Mendapat informasi itu, kami bersama korban langsung memancing pelaku AN (29) untuk bertemu (COD) di seputaran Pom Bensin Langkapura,” ujar Kompol Irianto.

Pelaku AN (29) berhasil diamankan pada Kamis, 13 Februari 2020 pukul 19.00 WIB  di SPBU  Langkapura Bandarlampung. Pelaku AN (29) membeli sepeda motor hasil curian tersebut dari Pelaku AS (DPO) dan WD (DPO) seharga Rp.2.600.000.

“Pelaku AS dan WD merupakan pelaku utama, saat ini masih dalam pencarian,” imbuh Kompol Irianto.

Barang bukti yang disita yaitu sepeda motor merk Yamaha V-IXION warna hitam No.Pol BE 6939 BM. (LP/Teraslampung)

]]>
Wed, 19 Feb 2020 02:35:00 +0000
Heboh, Warga Temukan Bunga Bangkai Setinggi 2 Meter Pagar Alam http://www.lenterapendidikan.com/berita/pagar-alam/view/heboh-warga-temukan-bunga-bangkai-setinggi-2-meter.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PAGARALAM – Bunga bangkai setinggi 2 meter yang tumbuh di kawasan wisata Rizal Camping Ground hebohkan warga Desa Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah, Pagaralam. Informasi intens.news, Selasa (18/2/2020), Bunga tersebut pertama kali ditemukan oleh Jerra dan beberapa pekerja di Camping Ground, sekira pukul 10.00 WIB.

Jerra mengatakan, dirinya bersama pekerja lain tak sengaja menemukan bunga bangkai tersebut. Saat itu pihaknya sedang mengecek lokasi Camping Ground Rizal. Namun dari kejauhan tampak ada tumbuhan yang aneh namun saat didekati ternyata bunga bangkai setinggi 2 meter yang menunggu mekar.

“Tak sengaja ketemu pak, memang lokasinya tidak jauh dari lokasi air terjun yang ada di Camping Ground Rizal ini. Saat kami keliling terlihat ada tumbuhan anek terlihat dari jauh. Saat kami dekati ternyata bunga Bangkai ini,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, lokasinya ada disemak-semak, namun saat ini sudah dibersihkan agar tidak menganggu proses mekarnya nanti.

“Saat ini bunganya belum mekar. Jadi agar tidak menganggu proses mekarnya lokasi sudah kami bersihkan. Selian itu agar para wisatawan bisa melihat bunga langka tersebut saat berkunjung ke Camping Ground,” katanya seraya menambahkan pihak Dinas terkait sudah mengecek lokasi penemuan Bunga Bangkai tersebut.

Di tempat yang sama, Rendi salah satu pengelolah Camping Ground Rizal Pelang Kenidai mengatakan, dengan tumbuhnya Bunga Bangkai dikawasan Camping Ground akan menambah keindahan kawasan wisata tersebut.

“Meskipun tidak hidup lama namun jika bunga ini mekar maka akan sangat menarik perhatian. Jadi bagi wisatawan yang ingin melihat langsung Bunga Bangkai ini mekar bisa datang dan Camping di Rizal Camping Ground,” ujarnya.(LP/Intens.news)

]]>
Wed, 19 Feb 2020 01:25:00 +0000
PT Bukit Asam Akan Bangun Pelabuhan Baru di Bandarlampung Ekonomi & Bisnis http://www.lenterapendidikan.com/berita/ekonomi-bisnis/view/pt-bukit-asam-akan-bangun-pelabuhan-baru-di-bandarlampung.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LAMPUNG- PT Bukit Asam (BA) unit Tarahan berencana membangun pelabuhan baru di Bandarlampung.

“Kami mengabarkan serta meminta izin rencananya kami akan membangun pelabuhan batubara dengan kapasitas 20 juta ton pertahun, di dekat kantor kami. Saat ini prosesnya baru mulai perizinan di Pemkot Bandarlampung selanjutnya kami akan ke provinsi juga pusat,” kata General Manager PT Bukit Asam, Biverli Binanga,usai beraudensi dengan Walikota Bandarlampung Herman HN, Selasa, 18 Februari 2020.

Dia menilai pembangunan pelabuhan batubara milik PT BA itu sangat strategis bagi kebutuhan nasional batubara. Sebab, PT BA Salah satu tulang punggung ketahanan energi nasional

“Kami PT BA sebagai tulang punggung ketahanan energi nasional, karena 60 persen batu bara PT BA di kirim ke PLTU-PLTU milik PLN di seluruh Indonesia. Jadi kalau pelabuhan selesai itu sangat strategis untuk meningkatkan ketahanan energi,” katanya.

“Pelabuhan kami yang sekarang kapasitasnya 20 juta ton pertahun ditambah pelabuhan yang baru yang kami perkirakan selesai tahun 2024 dengan kapasitas yang sama. Artinya ketahanan energi kita akan aman,” kata mantan GM PT BA Unit Kertapati itu.(LP/Teraslampung)

]]>
Wed, 19 Feb 2020 00:15:00 +0000
Pabrik Tahu, Nyaris Terkena Longsor Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/pabrik-tahu-nyaris-terkena-longsor.html Lentera-PENDIDIKAN.com, MUARAENIM- Satu unit rumah dan pabrik tahu milik Sutrisno (50) warga Dusun VI, Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, nyaris ambruk terkena longsor akibat digerus hujan dan derasnya arus sungai Enim, Selasa (18/2/2020).

Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH, langsung melakukan peninjauan lokasi longsor di Desa Karang Raja. Tampak sebuah rumah yang bersebelahan pabrik tahu, terlihat nyaris ikut ambruk ke dalam sungai Enim. Bahkan sebuah tangki penampung ampas tahu ikut ambruk ke dalam Sungai, sehingga menyisakan pondasi rumah dari pinggir Sungai Enim.

Menurut pemilik rumah Sutrisno, sebenarnya dahulu ia membangun rumah dan pabrik tahu sekitar 20 meter dari bibir sungai Enim. Namun ternyata setiap tahun tanahnya tergerua sehingga akhirnya mencapai pondasi rumah. Bahkan tahun 2019 lalu, pihak Pemkab Muaraenim sempat membangun beronjong untuk mencegah longsor kembali, namun ternyata tetap longsor akibat pembagunan beronjongnya tidak sesuai dengan yang diinginkannya.

"Sebelumnya saya minta bangun beronjong sepanjang 250 meter. Namun ketika dibangun ternyata hanya 50 meter sehingga tanggung dan percuma saja," jelasnya.

Masih dikatakan Sutrisno, semenjak kejadian tersebut, keluarganya khawatir dan takut tinggal dibelakang karena setiap saat rumahnya bisa ambruk ke dalam sungai Enim. Sementara itu Plt Bupati Muaraenim Juarsah, meminta masyarakat Muaraenim terutama yang tinggal disekitar aliran sungai untuk waspada dan berhati-hati terhadap kejadian alam yang tak terduga. Apalagi saat ini, sedang musim penghujan akan banyak kerawanan-kerawanan yang akan ditimbulkannya seperti tanah longsor, banjir dan sebagainya. Dan ia meminta kepada aparat Kecamatan dan Desa untuk berperan aktif meninjau dan menindaklanjutinya jika terjadi bencana sehingga secepatnya bisa ditanggulangi oleh instansi terkait yakni BPBD Muaraenim.

"Saya minta masyarakat jangan lagi membangun rumah dipinggir sungai terutama yang baru dan akan membangun, demi keselamatan diri sendiri," tegasnya.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 19:50:00 +0000
BNNK Muaraenim Tes Urine 71 Pegawai Lapas Muaraenim Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/bnnk-muaraenim-tes-urine-71-pegawai-lapas-muaraenim.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Untuk memastikan petugas Lapas Kelas IIB Muaraenim bersih dari Narkoba, BNNK Muaraenim  melakukan tes urine terhadap seluruh pegawai Lapas Kelas llB Muaraenim di Lapas Kelas IIB Muaraenim, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan tes urine tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala BNN Muaraenim AKBP H Abdul Rahman ST dan Staf pegawai BNN. Muaraenim yang didampingi Kalapas IIB Muaraenim Hidayat Amd.IP SH MM berserta jajarannya. Sebelum dilaksanakan tes urine anggota BNN Muaraenim memeriksa seluruh anggota pegawai Lapas diperiksa dan diawasi dengan ketat apakah urine tersebut benar miliknya atau orang lain.

Kalapas IIB Muaraenim Hidayat mengucapkan banyak terima kasih kepada BNNK Muaraenim yang telah melakukan tes urine kepada seluruh pegawai Lapas IIB Muaraenim. Ini, merupakan bukti kerjasama dan bentuk keseriusan kami untuk membersihkan pegawai Lapas IIB Muaraenim dalam memberantas peredaran narkoba baik di dalam Lapas maupun diluar Lapas.

"Kita serius untuk memberantas narkoba di Lapas kita mulai dari petugas dulu, nanti kalau ada petugasnya yang positif tentu akan ada sanksi minimal pembinaan," tegas Hidayat.

Oleh karena itu, lanjut Hidayat,  kepada seluruh petugas Lapas IIB Muaraenim tidak usah takut memang kalau kita selaku pengguna, lebih baik jujur sehingga kita bisa melakukan hal-hal langkah-langkah untuk kedepannya, jangan dengan tes urine ini kita berlaku curang menyiapkan air kencing yang lain atau meminta bantuan kepada teman. Kita sudah komitmen akan melakukan tindakan-tindakan pencegahan jangan sampai ditangkap oleh BNN atau Polisi di luar atau berupaya memasukkan narkoba ke dalam Lapas.

"Ini bukti, jika kita serius memberantas Narkoba mulai dari dalam Lapas sendiri," tegasnya.

Sementara itu Kepala BNNK Muaraenim AKBP H Abdul Rahman ST,  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Muaraenim yang dengan kesadaran sendiri mau melaksanakan kegiatan tes urine  bersama. Dan lakukan dengan jujur, sebab jika positif tentu akan kita lakukan pembinaan sehingga hasil yang benar didapat hari ini adalah hasil yang sebenar-benarnya.

Dari hasil tes urine hari ini, kata Rahman, dari 82 orang jumlah pegawai Lapas Kelas IIB Muaraenim yang ikut tes urine sebanyak 71 orang dan satu orang sudah mengikuti tes di Kanwil Palembang, sedangkan 10 orang akan tes langsung ke kantor BNN Muaraenim dengan di antar langsung oleh pegawai Lapas Kelas IIB Muaraenim. Bahkan wartawan yang meliput tidak luput dan dites urine oleh BNN Muaraenim.

"Saya ingin, seluruh pegawai Lapas dan wartawan yang meliput di tes urine, dan hasilnya negatif semua," tegasnya.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 18:05:00 +0000
BPS Muba : Masyarakat kendala Input Data SP Online Cepat Hubungi Petugas Kami Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/bps-muba-masyarakat-kendala-input-data-sp-online-cepat-hubungi-petugas-kami.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Sensus penduduk online telah dilakukan di Kabupaten Musi Banyuasin, sejak 15 Februari tahun 2020. Dan sudah berjalan selama 3 hari pelaksanaan. Dalam pelaksanaan sistem input data mandiri ini, menurut keterangan  salah satu petugas dari BPS Muba  Hery, sejauh ini pelaksanaanya sudah masuk terdata sampai tadi malam yakni hari ke-3 sebanyak 676 keluarga yang telah menginput data di SP online dengan status clean. Dan sebanyak 132 keluarga yang telah menginput namun error dikarenakan isian yang diisi belum lengkap.

"Untuk progres pendataan tidak disajikan secara realtime, mengingat input data yang masuk dari seluruh Indonesia. Progres dan pendataan diupdate setiap harinya dalam sistem setiap pukul 00.00 WIB.

Hery juga menerangkan bahwa sepanjang  pelaksanaan tersebut pihaknya juga telah memprediksi  kendala terkait dengan sinyal jaringan internet khususnya di daerah zona blank spot dan selain itu pengetahuan masyarakat yang belum fasih menggunakan teknologi informasi.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPS Muba Sunita menghimbau bagi masyarakat yang mengalami kendala dalam menginput data di SP online agar segera menghubungi petugas BPS Muba dan tidak usah panik karena tahap lanjutan masih ada yakni kunjungan langsung petugas kami kelapangan pada tanggal 1 sd 31 juli 2020 

"Bagi masyarakat Muba yang mengalami kendala, diharapkan dapat menghubungi petugas kami di setiap kecamatan atau menghubungi pihak BPS Kabupaten Muba langsung,"imbaunya.

Selain dibantu, dirinya juga mengatakan bahwa masyarakat juga akan mendapatkan souvenir menarik apabila berhasil melakukan pengisian SP online dengan status clean.

Terkait kendala sinyal, Lanjutnya, tentunya diharapkan aparatur desa yang telah memiliki akses internet di masing-masing kantor desa dapat memfasilitasi warganya dalam mengisi SP online.

Kepala Dinas Kominfo  Herryandi Sinulingga membenarkan bahwa  Kendala yang dihadapi warga Musi Banyuasin yang mau input data dalam sistem SP 2020 salah satunya adalah daerah blank spot atau  jaringan internet nya tidak ada sama sekali, kendala kedua adalah Manusianya atau warga yang belum paham teknologi informasi atau belum bisa menginput   data kedalam sistem SP 2020. Masalah jaringan internet ini khusus daerah blank spot di negeri ini adalah kedala tetapi kita tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan SP 2020 di Musi Banyuasin .

"Untuk kendala sinyal internet kita telah mendatangi kantor  Telkomsel milik BUMN ini untuk dapat memberikan fasilitas jaringan internet yang lebih luas di Musi Banyuasin guna menuju muba bebas blank spot dan mendukung Pelaksaan SP 2020  dan termasuk vendor vendor lainya kiranya berpartisipasi aktif, yang ketiga kita Membuka Wifi  gratis di kantor kominfo yang dapat digunakan warga untuk menginput data SP 2020, yang keempat memanfatkan  jaringan internet siskeudes di kantor desa bagi warga desa yang tentunya dibantu perangkat Desa untuk memfasilitasi warganya  dan yang kelima saat wawanacara  pada tanggal 1  sd 31 juli 2020 petugas BPS yang datang langsung door to door kerumah penduduk  untuk langsung menginput data warga Musi Banyuasin, untuk itu mari kita  bersama sama untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 Mencatat Muba Mencatat Indonesia Menuju Indonesia Satu Data", pungkas Lingga.

Secara terpisah Kepala Dinas PMD RIchard Cahyadi membenarkan Jaringan Internet desa yang ada dikantor Desa juga dapat dimanfaatkan warga desa selama 1 bulan ini untuk menginput data SP 2020 dikantor desa terdapay  227 desa telah ada jaringan Internet sistem keuangan desa yang dapat dimanfaatkan untuk menginput data warga di Sensus Penduduk Online.  

"Akses internet desa tersebut  yang bisa kita alihkan sementara untuk input data SP 2020 dan dibantu serta di fasilitasi  petugas BPS dan  perangkat desa untuk menginput data warga desa masing masing  untuk kesuksesan sensus penduduk  2020 secara online  dan Saya sudah mengeluarkan Intruksi  Kepada Kepala Desa untuk dapat membantu dan Memanfaatkan jaringan Internet siskeudes untuk input data SP 2020 selama 1 bulan ini sesuai tahapan online SP 2020 mari kita bersama sama mensukseskan Kegiatan Sensus Penduduk tahun 2020 ini dengan sebaik baiknya", pungkasnya.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 17:25:00 +0000
Pihak RSMH Bantah Rawat Pasien Virus Corona Nasional dan Internasional http://www.lenterapendidikan.com/berita/nasional-dan-internasional/view/pihak-rsmh-bantah-rawat-pasien-virus-corona.html Lentera-PENDIDIKAn.com,PALEMBANG-Terkait isu yang sempat viral tentang adanya pasien yang terjangkit virus corona setelah kepulangan dari Malaysia dan melakukan pengobatan di Rumah Sakit Muhamad Hoesin (RSMH) Palembang langsung diperjelas oleh Direktur Utama RSMH Palembang, dr Zubaedah melalui konferensi pers bersama awak Media, Selasa (18/02/2020).

"Tidak ada kriteria yang seperti kita takutkan. Kami ingin menyampaikan informasi yang benar, sebenarnya tak ada pasien dan belum pasti ada pasien terinfeksi virus corona seperti yang beredar," kata dr Zubaedah.

Dijelakannya, dalam hal ini, pihak RSMH sudah banyak menangani pasien dalam kategori tersebut, pihak RSMH juga selalu melakukan perawatan sesuai tahapan prosedur penanganan pasien rujukan pihak rumah sakit awal.

"Selama ini kami merawat pasien seperti ini banyak, pasien pneumonia. Tapi untuk pasien ini, kami pastikan kasus ini belum pasti karena kasus virus corona," ujarnya.

Ia juga memaparkan, bahwa kepastian itu melihat dari kondisi pasien saat tiba di RSMH Palembang. Terutama setelah pasien yang diketahui asal Tanah Mas, KM 14 Banyuasin itu dirujuk dari RS Charitas, Senin (17/2/2020) pukul 16.00 WIB. 

"Kami sudah koordinasikan ini dengan Dinkes Provinsi yang selama ini kita tahu prosedur semua sama. Tentu saja data-data ini kita selaraskan dengan riwayat perjalanan pasien," katanya.

Sementara Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSMH Palembang, dr Zen Ahmad menyebut pihak rumah sakit menerima rujukan. Sehingga sesuai prosedur sang pasien harus langsung ditangani.

"Kemarin kami memang menerima pasien dari RS Charitas seorang laki-laki berumur 62 tahun. Dia didiagnosis infeksi saluran pernafasan akut dan baru melakukan perjalanan dari Malaysia, bukan China," katanya.

"Jika melihat sebenarnya pasien ini tidak memenuhi kriteria virus corona. Namun karena ini sudah infeksi pernafasan akut kami tentu harus observasi, kalau sudah mendapat hasil sampel negatif kita akan lakukan perawatan biasa," katanya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Surveiance Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Yusri mengatakan pasien inisial HT tersebut dipastikan tidak terjangkit virus corona. Sebab dalam riwayat perjalanan tercatat ke Malaysia untuk berobat.

"Pasien ini sakit jantung, sudah 5 tahun lalu berobat jalan ke Malaysia. Jadi saat masuk ke sini juga sebenarnya tidak ada satupun kriteria virus corona, mulai dari demam dan ciri-ciri lainnya," tutupnya.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 16:25:00 +0000
Universitas Taman Siswa Tawarkan Program Belajar S1 dan S2 Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/universitas-taman-siswa-tawarkan-program-belajar-s1-dan-s2.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Untuk meningkatkan SDM dan karir Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Muaraenim, Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, menawarkan kerjasama program belajar bagi ASN yang berkeinginan untuk melanjutkan jenjang pendidikan Strata I dan Strata 2, dalam kegiatan audensi dengan Bupati Muaraenim, diruang kerja Bupati Muaraenim, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan tersebut diterima langsung oleh Plt Bupati Muaraenim H Juarsah dengan didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muaraenim Harson Sunardi, dan Kabag  Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Arie Irawan dan pejabat terkait lainnya.

Menurut staf Pengajar Pasca Sarjana Unitas Muftizar M.Ed LM,. perwakilan dari Universitas Taman Siswa Palembang, bahwa tujuan audiensi ini selain bersilaturahmi, juga  membahas tentang Universitas Taman Siswa Palembang dan Program pembelajarannya yang akan ditawarkan untuk Pemerintah Kabupaten Muaraenim. Dalam program ini, pihaknya memberikan kesempatan kepada para ASN yang berkeinginan untuk melanjutkan jenjang pendidikan Strata I dan strata 2 di Universitas Taman Siswa. Selain itu, untuk penelitian, evaluasi program pembangunan dilingkungan Pemkab Muaraenim dan lain-lain yang bisa dikerjasamakan.

"Terima kasih atas sambutan yang hangat dari Pemkab Muaraenim, semoga pertemuan ini bermanfaat bagi kita semua," ujarnya.

Sementara itu Plt Bupati Muaraenim sangat menyambut baik atas tawaran kerjasama yang diberikan oleh Universitas Taman Siswa Palembang. Saat ini, Pemkab Muaraenim sangat fokus terhadap dunia pendidikan, terkhusus bagi ASN yang ingin meningkatkan ilmu pengetahuan serta pengembangan diri, dengan mengambil jenjang pendidikan yang ditawarkan, apalagi disana sudah ada jurusan Magister Ilmu Pemerintahan, demi menciptakan ASN yang profesional serta berdaya saing.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 15:05:00 +0000
Wagub Apresiasi Rakesnas IMA Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/wagub-apresiasi-rakesnas-ima.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Wakil Gubernur Sumsel Ir H. Mawardi Yahya memberikan apresiasi  Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Palembang yang akan  menggelar kegiatan Rakernas pada tanggal 17-18 April 2020 mendatang. Hal itu dikatakan Wagub Mawardi Yahya saat menerima President IMA Chapter Palembang Handy Soesanto bersama rombongan di Ruang Tamu Wagub Sumsel, Selasa (18/2/2020).

"Pada prinsip, Pemprov Sumsel sangat mendukung IMA dalam Rekernas nantinya, Diapun berharap IMA yang tergabung para manager diperusahaan yang melingkupi akademisi, pemerintahan tentu dituntut profesional untuk melakukan skill ataupun kontribusi yang baik pada Kota Palembang khususnya untuk Provinsi Sumsel," tagas Wagub.

Selain pengukuhan pengurus yang baru dalam Rakernas ini, Wagub berharap melalui Rakernas ini juga kedepan lakukan profesional dengan cara manajer yang baik. Sementara itu, President IMA Chapter Palembang Handy Soesanto mengucapkan terima kasih kepada Wagub Sumsel Mawardi Yahya telah menerima audiensi dengan IMA Chapter Palembang. Dia melaporkan, salah satu kegiatan di Bulan April ini Rakernas, dalam kesempatan itu, lanjutnya nanti masing-masing perusahan akan meyampaikan perkembangan ekonomi yang ada perkenalkan perusahaannya. masing-masing. Dia juga meminta pada Rakernas nanti diharapkan kehadiran Gubernur maupun Wakil Gubernur Sumsel untuk dapat membuka sacara langsung kegiatan tersebut.

"Kami harap pak gubernur ataupun pak Wagub dapat hadir nanti," pungkasnya.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 13:05:00 +0000
Dorong Percepatan DOB KiKim Area, Pemprov Surati Presiden Jokowi Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/dorong-percepatan-dob-kikim-area-pemprov-surati-presiden-jokowi.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya Menerima kedatangan anggota Presedium pembentukan daerah otonomi baru Kikim Area pemekaran dari Kabupaten Lahat, di Ruang Rapat Gubernur, Senin (17/2/2020). 

Dalam rapat yang dihadiri langsung oleh Ketua Presedium Daerah Otonomi Baru Drs. H. Chozali Hanan, Anggota DPRD Kabupaten Lahat Aliman S.Hum dan sejumlah tokoh masyarakat yang hadir, Wagub Mawardi mengatakan Pemprov Sumsel melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi daerah akan segera mengirim surat ke Presiden RI Joko Widodo untuk mendorong dan mempercepat pembentukan daerah otonomi baru Kikim Area. 

“Bagi pemprov Sumsel tidak ada alasan untuk tidak mendorong ini,  Insha Allah nanti Pak Gubernur melalu biro pemerintahan dan Otda untuk mengirim surat ke Presiden agar hal ini dapat mempercepat pembentukan daerah otonomi baru,” ungkapnya 

Menurut Mawardi, hadirnya Kikim Area ini nantinya akan berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lahat, mengingat saat ini Gubernur dan Wakil Gubernur sedang gencar untuk menurunkan angka kemiskinan di Provini Sumsel. 

 “Inilah yang menjadi pemikiran Gubernur bersama Saya, oleh sebab itu tentunya Pemprov sumsel mengucapkan terimaksih atas inisiatif kabupaten Lahat untuk membentuk otonomi baru mudah-mudah nantinya, ini salah satu cara jalan keluar mempercepat pembangunan di kabupaten lahat. Mempercepat lajunya pembangunan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” tambahnya 

Sementara Ketua Presidium Pembentukan DOB Kikim Area, Drs H Chozali Hanan mengatakan pembentukan daerah otonomi baru ini sudah ada Undang-undang Yakni UU No 23 Tahun 2014. Hanya saja, menurutnya Presiden masih belum mengeluarkan dua Peraturan Presiden (PP) lagi. PP Desain Besar Penataan Daerah dan PP Penataan Daerah untuk pembentukan Kabupaten baru ini. 

 “Kikim Area merupakan DOB pecahan dari Kabupaten Lahat. Menurutnya, DOB tersebut terdiri dari 5 Kecamatan di Kabupaten tersebut. Yakni Kecamatan Kikim Barat, Kikim Timur, Kikim Selatan, Kikim Tengah dan Pesiksu. Wacana pembentukan DOB sebenarnya telah bergulir sejak 2013 lalu. Namun, terkendala moratorium yang dikeluarkan pemerintah pusat,” katanya 

Oleh sebab itu pula Ia mengharapkan dukungan dari Pemprov Sumsel untuk segera mendorong Presiden mencabut  moratorium tersebut. 

 “Kikim Area memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah. Diantaranya kandungan batubara di dalam wilayah yang mencapai  2355 juta ton. Belum lagi hasil dari minyak dan gas bumi. Bahkan, Chozali mengklaim DBH Migas yang diterima kabupaten Lahat sebagian besar merupakan hasil eksplorasi di kawasan Kikim. "Kami berharap Pemprov bisa mengakomodir keinginan masyarakat ini," pungkasnya.

]]>
Tue, 18 Feb 2020 10:35:00 +0000