Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Wed, 16 Jan 2019 19:14:41 +0700 Air Genangi Pemukiman Warga Muaraenim Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/air-genangi-pemukiman-warga-muaraenim.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Diguyur hujan deras semalaman, beberapa pemukiman terendam banjir kiriman. Meskipun tidak ada korban jiwa namun cukup membuat repot dan cemas warga terutama rumahnya yang kemasukan air dan terletak dipinggiran bantaran Sungai Aur, di Muaraenim, Rabu (16/1/2019). Banjir kiriman tersebut biasa terjadi jika memasuki musim hujan yang intensitasnya tinggi. Adapun daerah yang biasa terkena banjir disepanjang sungai Aur terutama yang dataran rendah seperti di kelurahan Pasar II, Kelurahan Air Lintang dan lain-lain.

Menurut Adit salah seorang warga Jl RA Kartini, Kelurahan Pasar II, Muaraenim, banjir tersebut hampir terjadi jika memasuki musim hujan, namun tidak terlalu dalam. Namun tadi pagi cukup besar sekitar satu meter, bahkan air sempat masuk rumah setinggi mata kaki, padahal pondasi rumah sudah tinggi sekitar setengah meter dari halaman rumah. Bahkan banjir pada tahun 2016 lalu, sempat mencapai dua meter dan ia harus mengungsi ke tetangga atas.

Untuk itu, kata Adit, pihaknya mengharapkan kepada instansi terkait untuk menormalisasi sungai Aur dan memperbaiki dam Sungai Aur yang telah rusak sehingga arus sungai Aur bisa lancar. Sebab pihaknya sudah berkali-kali mengajukan perbaikan dan normalisasi sungai Aur, namun sepertinya hanya mimpi.

]]>
Wed, 16 Jan 2019 16:05:00 +0700
Tim Pemenangan Prabowo - Sandi Palembang Gelar Nobar Debat Capres PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/tim-pemenangan-prabowo-sandi-palembang-gelar-nobar-debat-capres.html Lentera-PENDIDIKAN.com, PALEMBANG-Tim pemenangan Calon Presiden RI, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo Sandi) Palembang bakal nonton bareng (nobar) debat Capres. Ketua Berani Sumsel, M Akbar Alfaro mengatakan, nobar tersebut akan digelar di posko Kami Berani Sumsel di rukan Ilir Barat Permai.

"Acara mulai pukul 18.00, akan dihadiri sekitar 400an orang," ujarnya, Rabu (16/1/2019).

Dia menegaskan, dalam nobar ini akan dihadiri para ulama yang tergabung dalam Komando Ulama Pemenangan Prabowo-Sandi (Koppasandi). Selain itu, nobar ini juga terbuka untuk masyarakat ataupun relawan Prabowo-Sandi di Sumsel.

Pada nobar nanti, panitia akan menyiapkan beberapa layar besar hingga kaus yang akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

"Nobar ini juga sudah kita laporkan ke pusat, dan kegiatan ini untuk menggaungkan Prabowo-Sandi seantero Sumsel," ungkapnya.

Akbar menambahkan, selain di posko Kami Berani Sumsel, sejumlah titik juga di pusatkan untuk digelarnya nobar. Bahkan di sejumlah kabupaten/kota yang tersebar di Sumsel.

"Hasil debat nanti tentunya membuat yakin masyarakat terhadap Prabowo-Sandi, kita juga berharap masyarakat antusias datang ke acara nobar," tutupnya.

]]>
Wed, 16 Jan 2019 15:20:00 +0700
FKPKPA Desak Gubernur Pecat Direktur PT JSC PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/fkpkpa-desak-gubernur-pecat-direktur-pt-jsc.html Lentera-PENDIDIKAN.com, PALEMBANG- Forum Komunikasi Pedagang Kecil dan Permainan Anak -Anak (FKPKPA)  Jakabaring Sport City menggelar aksi demo di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (16/1/2018). Mereka meminta agar Gubernur Sumsel memecat Direktur dan seluruh jajaran PT JSC. Koordinator aksi Udin mengungkapkan, para pedagang sudah bermediasi dengan Direktur dan Jajaran PT JSC, tetapi ketika dilapangan hasilnya berbeda.

"Salah satu tuntutan kami masalah parkir, masuknya Alfamart.  Konflik dengan satpam, kami sudah mediasi dengan direktur ternyata dilapangan beda lagi. Kami disuruh lari dan bergeser tapi setelah kami lari ditempatkan Alfamart, ini keberatan kami," ujarnya. 

Udin menjelaskan,  pihaknya juga meminta agar PT JSC dibubarkan. Karena selama hampir dua tahun sangat meresahkan para pedagang.

"Masalah mainan anak-anak ini tadinya diizinkan. Setelah itu tidak boleh, dengan alasan perintah gubernur, Setelah kami turuti ternyata mereka menyewakan mobil listrik," bebernya.

"Sebelum Asian games kami bayar retribusi sesudah Asian games kami tidak diminta. Semenjak adanya sistem auto gate penghasilan kami turun drastis, langkah kedepan kalau tidak ada tanggapan akan kami bakar alfamart," tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas perdagangan provinsi  Sumsel diwakili Kasi Perdagangan, Firosa Rivandy mengatakan, semua keluhan dari para pedagang dan mainan anak-anak akan kita tanggapi dan dikroscek ulang kebenarannya.

"Semua keluhan itu akan kita kaji ulang, karena kita harus profesional tidak bisa satu pihak, mesti kedua belah pihak. Kita akan kroscek, kita panggil dan kita fasilitasi ,  In Sha Allah akan ada jalan keluarnya dan pihak pengelola juga tidak rugi," pungkasnya. 

]]>
Wed, 16 Jan 2019 14:35:00 +0700
Muba Targetkan Turunkan Angka Kemiskinan Dibawah 15 Persen Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/muba-targetkan-turunkan-angka-kemiskinan-dibawah-15-persen.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Pemkab Muba memastikan akan menurunkan angka kemiskinan hingga 15 persen. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, usai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Tahun 2018-2023,  dengan tema penandatanganan kesepakatan bersama menuju kemiskinan satu digit di Hotel Santika Premiere Palembang, Rabu (16/1/2019).  Menurutnya, untuk merealisasikan hal tersebut, Pemkab Muba sudah sejak lama membentuk Tim Koordinasi Pengendalian Kemiskinan dan bekerja dengan maksimal. 

"Hasilnya, sudah sejak 10 tahun belakangan angka kemiskinan di Muba bertahap terus turun, dan berdasarkan survey ekonomi nasional per-Maret tahun 2018 di Kabupaten Muba terjadi penurunan angka kemiskinan dibandingkan tahun 2017 yakni 16,75 persen turun sebesar 0,23 persen menjadi 16,52 persen dengan total jumlah penduduk miskin 105.149 jiwa," ungkap Beni Hernedi.

Dikatakan, OPD dan Tim Koordinasi Pengendalian Kemiskinan sudah bekerja dengan baik. Dari 51,63 persen kepala rumah tangga miskin di Muba lapangan pekerjaannya di sektor perkebunan."Daya beli masyarakat Muba tergantung dengan pendapatannya yang saat ini, terlebih kondisi saat ini harga dunia karet dan sawit cenderung rendah," urainya. 

Dikatakan Beni, kebijakan yang diambil selama ini dinilai tepat sasaran diantaranya memperbaiki infrastruktur jalan, membentuk UPPB/pasar lelang hasil perkebunan. 

"Dengan luasan topografi Muba ini menyebabkan rantai pasok panjang untuk itulah kami gencar membangun infrastruktur ini salah satu tujuannya untuk itu memutuskan rantainya, banyak upaya yang sudah dilakukan termasuk Muba sebagai pilot project peremajaan lahan sawit dan pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet," tambahnya. 

Beni menambahkan, pihak Provinsi harusnya juga memberikan apresiasi terhadap daerah yang konsisten setiap tahun menurunkan angka kemiskinan. "Target kita di tahun ini, angka kemiskinan Muba turun hingga dibawah 15 persen," tegasnya.

Kepala Bappeda Muba, Yusuf Amilin menyebutkan, berdasarkan data dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2018 dalam kurun 11 tahun Pemerintah Musi Banyuasin dapat menurunkan angka kemiskinan sebesar lebih kurang 17 persen.

"Dan bila dilihat dari kinerja pemda merupakan prestasi yang perlu diapresiasi, dan juga Pemda Muba sangat konsen dalam menurunkan angka kemiskinan ini,  ini terbukti dari beberapa program yang dilakukan seperti replanting sawit,  pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan dan peningkatan pelayanan dasar,  membentuk UPPB karet dan kebijakan aspal karet," jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel Herman Deru menyebutkan Pemprov Sumsel terus mendorong Kabupaten/kota untuk terus menurunkan angka kemiskinan di daerah masing-masing. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Muba Beni Hernedi turut didampingi Kepala Bappeda Yusuf Amilin, Plt Kadinsos Muba Muhammad Jaya, Kabag Humas Muba Herryandi Sinulingga AP, dan Kabag Protokol Muhammad Fariz SSTP MSi.

]]>
Wed, 16 Jan 2019 13:50:00 +0700
Gubernur Perintahkan Bupati/Wali Kota Bersama-sama Turunkan Kemiskinan PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/gubernur-perintahkan-bupatiwali-kota-bersama-sama-turunkan-kemiskinan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Gubernur Sumsel, Herman Deru memerintahkan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk bergerak bersama mewujudkan seluruh program Sumsel untuk semua, dalam rangka menurunkan angka kemiskinan. Hal itu dikatakanGubernur Sumsel Herman Deru dalam Musrenbang RPJMD Provinsi Sumsel Tahun 2018-2023 dengan tema bersatu sumsel maju menuju angka kemiskinan satu digit digelar di Hotel Santika Premier,  Rabu (16/1/2019).

“Ini musrenbang pertama bagi saya sebagai Gubernur.  Musrenbang ini merumuskan sasaran,  strategi,  dan target kinerja 5 tahun kedepan.  Hal tersebut berbasis pada kebutuhan  masyarakat dan arah pusat serta janji politik RPJMD 2018-2023,” kata Herman Deru.

Menurut dia, beberapa janji politik saat dia mencalonkan diri, beberapa diantaranya sudah ditepati diantaranya pembangunan rumah tahfiz dan  membentuk P3N.

“Pada 8 November  2018 sudah ditetapkan Pergub 74 tahun 2018 yang melarang angkutan batubara melalui jalan umum," ujarnya. 

Herman Deru menjelaskan, baru kali ini dalam sejarah anggaran perbaikan jalan hampir 3 triliun.  Provinsi Rp 1,5 triliun,  ditambah bantuan khusus kab kota.

“Insya Allah masalah jalan akan tuntas," ucapnya.

Dia menegaskan,   inflasi Sumsel dibawah nasional.  Itu menunjukkan ekonomi di Sumsel mantap. "Untuk angka kesmisikinan Sumsel masih diatad nasional yakni 12,80 persen, sedangkan nasional 9,82 persen. Di Sumsel ada 16 kabupaten dan kota yang angka kemiskinan diatas nasional.  Butuh komitmen bersama menurunkan angka kesmiskinan satu digit. 

“Alhamdulilah kita sudah menandatangani komitmen menurunkan kemiskinan satu digit.  Terima kasih bapati dan walikota, " bebernya.

Untuk IPM Provinsi Sumsel, tambah dia,  masih dibawah nasional yakni  68,86 persen,  sedangkan nasional 70,81 persen.  Masih ada 14 kabupaten dan kota yang IPM dibawah nasional dan harus ada strarategi yang tepat dan  efisien untuk menaikkannya.

"Pembangunan di Sumsel berjalan baik jika mendapat dukungan dari 17 kabupaten dan kota.  Pasalnya,  angka capai kinerja Provinsi adalah akumulasi capaian kabupaten dan kota.  Pembangunan harys sinkron antara kabupaten dan kota,  provinsi dan pusat," paparnya.

“Saya dan pak mawardi  merasakan sangat butuh perhatian Bupati dan Wali Kota se-Sumsel. Dalam penganggaran, fokus tahun ini infrastraktur,  kalo jalan selesai,  sisonyo bagikelah ke Bupati dan Walikota untuk percepatan pembangunan di kabupaten dan kota.  Gunakan anggaran itu sebaik mungkin dan  seefektif mungkin," pungkasnya.  

]]>
Wed, 16 Jan 2019 12:20:00 +0700
TP PKK Sumsel Panen Perdana Jagung di Kebun Agrowisata Jakabaring PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/tp-pkk-sumsel-panen-perdana-jagung-di-kebun-agrowisata-jakabaring.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru melakukan panen perdana jagung di lahan kebun Agrowisata Gelar Teknologi milik TP PKK Sumsel yang  berlokasi di Kitchen Garden Jakabaring Sport City Palembang. Keberadaan kebun yang ditanani jagung dan aneka sayur mayur yang diusahakan Tim Penggerak PKK Sumsel  dibawah binaan Dinas Pertanian Provinsi Sumsel tersebut,  merupakan salah satu pusat percontohan bagi PKK Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan.

Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya  menegaskan, kebun agrowisata  yang mereka kelola merupakan sarana edukasi dan wisata bagi masyarakat  termasuk kalangan pelajar. Mengingat diera saat ini masih banyak anak-anak yang tidak mengetahui jenis buah dan sayuran.

“Dikebun kita ini ada jagung, terong, pare, dan tomat. Ini semua kita tanam tujuannya agar bisa menjadi pusat pembelajaran bagi anak   sekolah. Karena  masih banyak anak-anak kita tidak mengetahui secara langsung. Yang mereka ketahui selama ini hanya dalam bentuk gambar,”  jelasnya Febi Deru.

Dia  berharap kedepan kebun agrowisata yang dikelola TP PKK Sumsel dapat  dicontoh bagi TP PKK Kabupaten/kota di Sumsel,  pusat percontohan bagi masyarakat umum maupun kalangan sekolah-sekolah yang ada di Sumsel. Selain melakukan panen jagung dan sayuran, Hj Febrita dan Hj Fauziah Mawardi saat di kebun agrowisata gelar teknologi, ini juga meninjau  tumbuh kembang  tanaman di  lokasi pembibitan.

“Saya mengajak ibu-ibu, ayo kita kembali galakan penanaman lahan kosong. Selain untuk menambah asupan gizi keluarga juga dapat menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat,” tegasnya.

]]>
Wed, 16 Jan 2019 11:00:00 +0700
5000 Siswa SMA Banjiri Safari Perdana Sumsel Membaca Prestasi http://www.lenterapendidikan.com/berita/prestasi/view/5000-siswa-sma-banjiri-safari-perdana-sumsel-membaca.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LAHAT-Safari perdana Sumsel Mambaca Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leampuri B Bus MBA di Kabupaten Lahat banjir peserta. Acara yang digelar di GOR Bukit Telunjuk Kabupaten Lahat, kemarin dihadiri sekitar 5.000 siswa SMA/SMK se-Kabupaten Lahat. 

Kedatangan sosok Percha Leanpuri sebagai Duta Literasi Sumsel, mampu menarik perhatian siswa SMA/SMK se Kabupaten Lahat. Kehadiran ribuan siswa ini sebagai bukti, minat generasi penerus Kabupaten Lahat terhadap literasi begitu tinggi. Tidak hanya memperoleh wawasan akan literasi, peserta Sumsel Membaca juga membawa berbagai hadiah menarik, berupa tropi dan uang pembinaan. 

Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan doorprize kepada peserta Sumsel Membaca, berupa lima unit sepeda. Sejak dikukuhkan sebagai Duta Literasi, 27 November 2018 lalu, Percha mulai konsen dengan literasi Sumsel. Apalagi Pemprov Sumsel sangat konsisten dengan kegiatan literasi. "Karena dengan tingginya, gemarnya masyarakat Sumsel untuk menggiatkan literasi, akan menjadi tolak ukur pembangunan Sumsel kedepan," tegas Percha, didepan ribuan siswa SMA/SMK se Kabupaten Lahat. 

Literasi bukan sekedar membaca, juga mendengar, menulis dan menyampaikan bagian literasi. Jadi literasi itu sangat komplek. Untuk memiliki pengetahuan luas tentang dunia, makanya harus banyak baca.  Dalam safarinya, yang dikemas dalam berbagai permainan bersama siswa, Percha mengakui, tugasnya sebagai Duta Literasi sangat berat. Karena harus mengenalkan literasi di Sumsel. Apalagi Program Gubernur Sumsel, Herman Deru, akan menyediakan taman baca.

"Satu desa satu taman baca," kata Percha. 

Percha menyadari, berkat kemampuan literasi yang dimilikinya, diusia 21 tahun dirinya sudah dipercaya masyarakat Sumsel untuk duduk sebagai anggota DPD RI dua priode (2009 dan 2014). Sehingga literasi sangat menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat. 

"Mudah-mudahan program taman baca dapat didukung masyarkat, agar dapat memperbaiki SDM. Ayo kita gemar membaca, gemar menulis, pada intinya memperkaya ilmu pengetahuan," ajak Percha. 

Penjabat Sekda Lahat, Masroni menyatakan, semua masyarakat termasuk pelajar tidak bisa mengabaikan perpustakaan. Saat dirinya menjabat Kepala Perpustakaan Daerah Lahat, perna melakukan penelitian, di salah satu sekolah di Kota Lahat. Alhasil, persentase siswa sering keperpustakan, merupakan persentase siswa yang masuk Perguruan Tinggi.

"Sekolah yang perpustakaan kurang memadai, mutuh sekolah pasti kurang. Kalau perpustakaan bagus, Insha Allah sekolah bagus. Itu kuncinya," tegas Masroni, mewakili Bupati Lahat, Cik Ujang SH. 

]]>
Wed, 16 Jan 2019 10:05:00 +0700
Suandri Dilantik Sebagai PAW Kades Bailangu Muba Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/suandri-dilantik-sebagai-paw-kades-bailangu-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com, MUBA-Karena Kepala Desa Bailangu mengundurkan diri untuk mengikuti  pencalonan legislatif, Pemkab Muba melalui camat sekayu Marko Susanto SSTP MM  melantik Suandri AMd sebagai Kepala Desa Bailangu sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW) Selasa, (15/1/2019)

"PAW ini dilakukan supaya di desa Bailangu penyelengaraan pemerintahan desa berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku dan Kades PAW bisa melayani kebutuhan masyarakat bailangu apalagi sebentar lagi kita juga dihadapkan dengan penyelnggaran Pemilu serentak 2019 kiranya kades dapat menyukseskan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada April nanti. Dan menjaga Desa bailangu zero konflik,” ujar Marko Susanto.

Dijelaskan, Marko pelantikan Kades Bailangu tersebut menindaklanjuti Surat Bupati Nomor: 141/60/DPMD-PD/I/2019 tanggal  9 Januari 2019 Perihal : Penunjukan Untuk Melantik dan Memandu Sumpah Jabatan Kepala Desa Bailangu Antar Waktu Periode 2018-2019. "Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar dan berjalan khidmat," jelasnya.

Diceritakan kronologis terjadinya Pelantikan Kades PAW Desa Bailangu yakni berawal dari Pengunduran diri kepala desa Bailangu, Hamzah, SH bulan juli 2018 karena mencalonkan diri menjadi Caleg DPRD kab Muba.

"Selanjutnya diangkat Penjabat Kades Bailangu untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkades Antar Waktu melalui Mekanisme Musyawarah Desa," ulasnya.

Kemudian, Tahapan Pilkades Antar Waktu berdasarkan  Peraturan Bupati No 72 tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan Bupati no 33 tahun 2016 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

"Selanjutnya setelah terbentuknya Panitia Pemilihan Kades Antar Waktu oleh BPD maka dilakukan pemilihan melalui mekanisme Pemungutan Suara dlm Musyawarah desa yg dilaks tgl 29 November 2018 sehingga terpilih saat itu Suandri," jelas Marko.

Marko menambahkan, PAW Kades Bailangu ini dilakukan karena sebelumnya Kades Bailangu yang dijabat Hamzah SH mengundurkan diri karena akan mengikuti pemilihan legislatif. 

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan selamat dan sukses kepada Kepala Desa Bailangu yang baru dilantik dan kepada kepala desa yang mengundurkan diri saya ucapkan terimakasih atas jasa jasanya selama menjadi kepala desa dan selamat berjuang untuk menjadi anggota legislatif DPRD musi Banyuasin.

"Dan kepada kepala desa yang baru dilantik saya berharap kiranya Kades segera bergerak cepat menberikan pelayanan terbaik buat warga desa bailangu, dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai amanat dan ketentuan yang berlaku dan diharapkan dapat menyukseskan pelaksanaan pileg dan pilpres,yang akan dilaksanakan serentak pada 17 april 2019 tahun ini," harapnya.

Dodi Reza Alex Juga berpesan kepada  Kades untuk  pro aktif turun ke masyarakat mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Musi Banyuasin Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Pesta Rakyat. Khususnya pembatasan penyelengaraan pesta dan larangan dilakukan pesta malam. 

"Kita patuhi bersama Perda tersebut, sosialisasikan ke warga-warga di Desa. Dan agenda yang paling dekat tahun, ini Kades harus turut mensukseskan dan menjaga keamanan saat pileg dan pilpres nanti," mempertahankan zero konflik didaerah kita," pungkasnya. 

]]>
Wed, 16 Jan 2019 09:10:00 +0700
Hasil Rekonstruksi, Edo Tewas Karena Tusukan di Leher Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/hasil-rekonstruksi-edo-tewas-karena-tusukan-di-leher.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Hasil rekontruksi kasus pembunuhan terhadap Edo Margiono, warga Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, yang terjadi pada 14 April 2012 lalu, ternyata korban tewas akibta ditusuk dibagian leher. Rekontruksi tersebut dilakukan di halaman Satreskrim Mapolres Muaraenim, Selasa (15/1/2019).

Dalam rekontruksi yang dipimpin langsung Kapolsek Lawang Kidul AKP Imanuhadi, Kanit Reskrim Ipda Edi Rahman, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ester Sihombing, Penasehat Hukum tersangka Edo Pratomo SH dan Ardianto SH serta keluarga korban. 

Pada rekontruksi dengan 15 adegan tersebut terungkap, tersangka Mekiaras dan Skai Riki Ardiansyah bersama temannya bertemu dengan saksi Dicky Setyawan di jalan taman PT BA Tanjungenim. Pada saat itu saksi Dicky Setyawan dan teman temannya sedang kebut-kebutan sambil menggeber suara knalpot sepeda motornya dihadapan tersangka. Melihat hal tersebut, tersangka dan teman temannya tersinggung dengan saksi Dicky Setyawan dan menegurnya untuk tidak kebut-kebutan.

Namun saksi Dicky Setyawan dan teman temannya tidak senang dan marah dengan teman teman tersangka. Sehingga saksi Dicky Setyawan dan teman temannya berkelahi dengan teman teman tersangka dan sempat berobat ke rumah sakit PT BA akibat luka-luka dari perkelahian.

Kemudian pada, Sabtu tanggal 14 April 2012 sekitar pukul 19.00, tersangka bersama teman temannya  pergi menuju Desa Darmo untuk menonton orgen tunggal. Namun ditengah perjalanan, ketika sampai simpang tambang PT MME, ban sepeda motor milik saksi Hariansyah bocor. Lalu saksi Dicky Setyawan mendapat telpon melalui HP teman tersangka, memberitahukan  bahwa ban sepeda motor saksi Hariansyah bocor. Kemudian saksi Dicky Setyawan mengajak saksi Ilham dan korban untuk menemui tersangka yang lagi bersama saksi Hariansyah Selanjutnya, saksi Dicky Setyawan, Ilham Sapratama dan korban  tiba di tempat sepeda motor yang mengalami bocor tersebut.

Lantas saksi Dicky mengajak tersangka dan teman temannya untuk menonton orgen tunggal di Desa Darmo. Lalu saksi Dicky Setyawan menghentikan kendaraan motor tersangka dan sempat memukul tubuh tersangka sehingga terlibat perkelahian. Melihat hal tersebut tersangka spontan mengambil sebilah pisau, membuat saksi Dicky Setyawan berlari dan sempat dikejar tersangka, tetapi tersangka tidak berhasil mengejarnya.

Lalu tersangka mendekati saksi Ilham Sapratama dan korban, tetapi saksi Ilham Sapratama dan korban sempat berupaya berlari namun dikejar oleh tersangka membuat saksi Ilham Sapratama sempat terjatuh dan ditolong korban untuk berdiri. Lalu tersangka memegang tangan korban dan menusuk lehernya menggunakan pisau yang dipegangnya. Setelah menusuk korban, tersangka dan temannya melarikan diri dengan membuang pisau tersebut ke semak semak. Sementara korban dibantu teman temannya membawanya ke rumah sakit PT BA, namun nyawanya tidak tertolong.

Kapolsek Lawang Kidul AKP Imanuhadi dan Kanit Reskrim Ipda Edi Rahman, pada rekontruksi tersebut mengatakan, tersangka dijerat padal 80 ayat 3 UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.  Karena korban pada saat kejadian usianya masih anak anak.

]]>
Wed, 16 Jan 2019 08:00:00 +0700
Tuai Berbagai Prestasi, Pemkab Muba Mengapreasiasi KUD Barokah Jaya Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/tuai-berbagai-prestasi-pemkab-muba-mengapreasiasi-kud-barokah-jaya.html Lentera-PENDIDIKAN.com, MUBA-Pemerintah Kabupaten Muba mengapreasiasi KUD Barokah Jaya Muba, karena menuai berbagai prestasi, bahkan bahkan sudah dua kali memecahkan rekor Muri. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018,  Koperasi Unit Desa (KUD) Barokah Jaya di Halaman Kantor KUD Barokah Jaya, Selasa (15/1/2019). Menurut Beni, KUD Barokah Jaya yang beralamat di Desa Tegal Mulyo Kecamatan Keluang Gelar, sudah sangat layak diapresiasi, bahkan sudah seharusnya jadi contoh bagi warga Muba dan daerah lainnya di Indonesia.

"Prestasi berupa penghargaan yang telah dicapai KUD Barokah Jaya sampai ke tingkat nasional, serta tingkat partisipasi anggota yang terus meningkat, tentunya sangat layak diapresiasi dan patut dicontoh. Dengan produk unggulan anggota KUD Barokah Naya ialah kelapa sawit, tentu ini menjadi sorotan nasional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, "ujar Beni.

Wabup menjelaskan, keberhasilan KUD Barokah Jaya tentunya tidak terlepas berkat kerjasama Kades Tegal Mulyo dan Pengurus KUD Barokah Jaya serta kekompakan masyarakatnya. Perlu diingat manfaat RAT yaitu, dapat menilai dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pengurus. Kemudian memperoleh bahan masukan dari anggota untuk kemajuan koperasi, dan menetapkan rencana kerja belanja dan anggaran tahun berikutnya, serta menambah kepercayaan anggota.

"Banyak koperasi tidak ada RAT nya, mungkin ada yang bingung dan tidak jelas. Disini bisa dilaksanakan, koperasi yang baik pasti RAT nya juga baik karena rencana yang baik ditentukan dari RAT nya. Maka dari itu kita wajib memberikan apresiasi kdpada KUD Barokah Jaya ini yang telah memberikan kejayaan dan existensi yang semakin maju serta hasil dan  kinerja yang baik, "kata Wabup.

Sementara itu laporan Ketua KUD Barokah Jaya, Suparji mengatakan, jumlah Anggota KUD Barokah Jaya sampai saat ini yaitu 286 anggota dengan profesi petani sawit. Terhitung dari tahun 2008 sampai dengan 2018, telah melaksanakan kinerja melalui RAT. Forum RAT merupakan sebuah forum yang disarankan Undang-Undang Koperasi. Dia menambahkan, untuk menilai sebuah koperasi berjalan atau tidak, berdasarkan cara yang cukup sederhana dan mudah. Salah satu indikasi penilaian tersebut, yaitu koperasi dapat melaksanakan RAT seperti yang diamanatkan UU Koperasi.

“Jika koperasi tidak mampu melaksanakan RAT, sebagaimana amanah undang-undang, tentu perlu dipertanyakan lagi eksistensinya”, ujar Suparji.

Pada kesempatan yang sama, pembina KUD Barokah Jaya, Chief Manager Plasma PT Hindoli, Joko Wahyu Priadi mengatakan, KUD Barokah Jaya sangat efektif dalam mengelolanya. Terbukti tansparansi keuangan dan laporan begitu lengkap dan detail.

"Prestasi Rekor Muri yang telah dicapai KUD Barokah Jaya dengan penghargaan di Tingkat Nasional berupa Penghargaan Kebun/Hamparan Terluas nomor satu di Indonesia, kemudian Rekor Muri tahun ini Tandan Terberat 95 kg, merupakan prestasi yang amat luar biasa dan patut dicontoh," ungkapnya.

Acara turut dihadiri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM H Zabidi SE MSi, Plt Dinkominfo Dicky Meirando SSTP MH, Camat Keluang Debby Hermanto SSTP MSi, Perwakilan PU Perkim serta Perwakilan Kabag Humas dan Protokol.

]]>
Tue, 15 Jan 2019 20:10:00 +0700
Ini Rute Arak-arakan Piala Adipura di Muba Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/ini-rute-arak-arakan-piala-adipura-di-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com, Penghargaan Kota Kecil Terbersih yang diterima langsung oleh Bupati Muba  Dodi Reza Alex Noerdin, bakal di sambut dengan arak-arakan Keliling Kota Sekayu. Rencananya arak-arakan tersebut bakal berlangsung jumat, 18 Januari 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba Andi Wijaya Busro melaporkan sebelum melaksanakan arak-arakan penyambutan Piala Adipura akan dilakukan kegiatan jumat bersih berupa gotong royong dikantor masing-masing.  Piala Adipura akan diarak keliling Kota Sekayu pada hari jum'at pagi dengan rute start di Tugu Adipura-Jalan Merdeka-Simpang JM-Simpang Rumah Pintar dan finish di Pendopoan Bupati.

"Di Pendopoan akan dilaksanakan penyerahan Piala dari Bapak Bupati kepada Petugas Kebersihan serta mendengarkan Testimoni Petugas Kebersihan dan sambutan Bupati Muba,” kata Andi Wijaya Busro, dalam Rapat Persiapan Penyambutan Piala Adipura Periode 2017-2018 bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate, Selasa (15/01/2019).

 Dengan diperolehnya piala tersebut, terhitung sejak kepemimpinan H Alex Noerdin sudah 12 buah Piala yang diterima Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Penghargaan tersebut sebagai lambang Keberhasilan Pemkab Muba dalam menciptakan kota yang bersih, nyaman dan asri, pembangunan berkelanjutan dan adanya kerjasama serta peran aktif masyarakat sehingga penghargaan tersebut kembali diterima.

Sekda Muba, Apriyadi menambahkan, dirinya mengapreasiasi kepada seluruh petugas kebersihan dan masyarakat Muba yang telah mendukung, hingga Muba mendapatkan piala Adipura.

"ini berkat usaha dan dukungan semua pihak, saya ucapkan selamat kepada masyarakat khususnya kepada petugas kebersihan yang dengan ikhlas, bekerja keras, memelihara dan menjaga lingkungan sehingga Predikat Kota Kecil Terberssih kita raih kembali", Ujar Apriyadi .

Apriyadi mengatakan, arak-arakan ini akan dibuat meriah namun tidak berlebihan. sebagai momentum dan bagian dari sosialisasi atas kinerja Pemerintah dan kerjasama masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"mudah-mudahan penghargaan ke 12 ini akan terus memicu kita untuk menjaga lingkungan tetap nersih, sehat, asri dan berkelanjutan,” pungkas dia.

]]>
Tue, 15 Jan 2019 19:30:00 +0700
Ini 8 Isu Strategis Palemban Yang Harus Segera Direalisasikan Walikota PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/ini-8-isu-strategis-palemban-yang-harus-segera-direalisasikan-walikota.html Lentera-PENDIDIKAN.com, PALEMBANG- Wali Kota Palembang, Harnojoyo harus merealisasikan delapan isu strategis dalam menjalankan pemerintahan kota Palembang hingga tahun 2023. Yakni pendidikan,  kesehatan,  sampah,  banjir,  patiwisata, kemacetan,  perdagangan,  dan investasi. Hal itu dikatakan Sekretaris Dirjen Bina Pembangunan Daerah  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zanariah dalam rapat RPJMD di Hotel Aryaduta, Selasa (15/1/2019).

"Delapan isu strategis ini yang pasti kita lihat dari RPJMD pimpinan periode sebelumnya yang belum tercapai, ini menjadi PR yang harus diselesaikan oleh pimpinan berikutnya," ujarnya.

Zanariah mengatakan, jika hal tersebut tidak tercapainya dalam lima tahun maka dapat menjadi evaluasi pemerintah pusat. Sebab isu strategis tersebut adalah janji selama lima tahun dan harus di jaga konsistensinya dalam rangka  pembangunan daerah.

"Jadi tim Bappeda harus mengevaluasi RPJM mana yg belum tercapai sebelum dijadikan Perda, Bappeda harus menasukan isu-isu itu dan juga janji-janji walikota ke dalam RPJMD," katanya.

Dia menjelaskan, RPJMD yang saat ini sedang disusun oleh Pemkot Palembang, sesuai undang-undang dan permendagri harus selesai dalam enam bulan setelah pelantikan Walikota dan Wakil Walikota. Dan Paling lambat 18 Maret RPJMD harus selesai di rancang dan di sahkan.

  Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, isu strategis ini harus diatasi 2018-2023 dalam visi misi Kota Palembang yakni mewujudkan pembangunan infrastruktur, masyarakat yang religous melalui budaya integritas didukung pemerintah yang bersih, mewujudkan ekonomi keratif yang inovatif dan berdaya saing dan mewujudkan pariwisata wisata sungai.

"Penyelesiannya sudah dilakukan selama ini dengan gotong royong dan sholat subuh itu muaranya untuk menjawab isu itu. Termasuk 66 titik genangan kita selesaikan dengan restorasi Sungai Sekanak dan Lambidaro juga pompanisasi Sungai Buah," jelasnya.

Menurut Harnojoyo,  lembangunan harus selaras dalam menbahas isu yang strategis. Para OPD dapat bersinergi dengan baik dalam pembangunan. Jadi jika sudah bersinergi tentunya pembangunan akan menjadi baik. Jangan lagi ada dinas yang suka atau tidak mau bekerja sama dalam segalanya.

"Permasalahan masih juga banyak seperti banjir dan kemacetan. Itu juga menjadi isu yang mesti diatasi. Untuk penyelesaian masalah kemacetan pihaknya telah berupaya mengatasinya. Lalulintas yang macet sudah coba diatasi melalui LRT, Transmusi. Warga juga diharapkan jangan selalu memakai kendaraan pribadi," tuturnya.

"Sekali lagi saya berharap agar masyarakat mau memakai kendaraan angkutan umum. Jangan gengsi seperti dikota besar di dunia semua masyarakat suka memakai kendaraan umum. Tentunya pihak kami terus berbenah dalam hal memperbaiki fasilitas umum yang ada," ucapnya.

Sementara itu kepala Bappeda Kota Palembang Harrey Hady mengatakan, merujuk  pada Permendagri  bahwa 6 bulan setelah walikota terpilih harus sudah ada  Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Saat ini sudah masuk tahapan. Setelah proses tahapan uji publik satu dan uji publik 2. Setelah ini masuk Kedewan dan akan di sahkan menjadi Perda maka sudah bisa dilaksanakan sepenuhnya. Pembangunan juga harus sejalan dengan isu Nasional dan Provinsi masuk kedalamnya. Jadi Palembang gabung di dalamnya bukan berlawan dengan kerja dari Provinsi.

"Sampai  tahun 2023 dibutuhkan anggaran sebesar 6 triliun agar semua dapat berjalan dengan baik. Jadi PAD kita di Palembang harus meningkat agar semua itu dapat terlaksana," pungkasnya. 

]]>
Tue, 15 Jan 2019 18:05:00 +0700
DPRD Minta Ketegasan Gubernur Soal Angkutan Batubara Yang Bandel Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/dprd-minta-ketegasan-gubernur-soal-angkutan-batubara-yang-bandel.html Lentera-PENDIDIKAN.com, PALEMBANG-Meski pemerintah Provinsi telah melarang angkutan batubara melintas di jalan nasional, namun masih banyak angkutan batubara yang main bandel dan kucing-kucingan dengan petugas. Karena itu, legislator DPRD Sumsel mengharapkan pemprov harus benar-benar lebih tegas pada truk angkutan batubara.

Hal itu dikatakan  Wakil Ketua DPRD Sumsel, Chairul S Matdiah kepada wartawan, selasa (15/1/2019). Menurutnya, aktivitas tersebut sudah melanggar Perda nomor 5  tahun 2011 dan Pergub nomor 74 tahun 2018 tentang larangan pengangkutan batubara melalui jalan umum.

"Truk batubara yang melintas di jalan negara sudah bertentangan dengan Perda no 5 Tahun 2011. Gubernur harus  bertindak tegas terhadap pelanggaran tersebut karena Gubernur sudah mengeluarkan Pergub untuk memberhentikan angkutan batubara yang melalui jalan negara,"tegas Chairul S Matdiah.

Mengenai adanya surat edaran dari Dishub Sumsel tentang toleransi angkutan batubara jarak pendek, menurut Chairul juga tidak benar.

"Ketika Gubernur sudah mengeluarkan aturan maka aturan tersebut harus dipatuhi, kalau tidak sama saja pelanggaran terhadap Perda dan Pergub," tegas Politisi Demokrat ini. Bahkan dari hasil pantauan masih ada mobil yang mengakut batubara dari kabupaten Lahat menuju kearah Lampung melalui jalan lintas Palembang-Lahat.

Salah satu warga Kepur Merapi, Kabupaten Muara Enim, Mamad (41) juga membenarkan bahwa masih ada angbara yang melintas menuju kearah Lampung.

"Hingga sekarang angkutan batubara masih lewat jalan lintas ini, mulai pukul 18.00 wib hingga pukul 05.00 wib, sebab tidak ada jalan lain yang bisa dilalui angkutan batubara baik menuju stasiun full yang akan diangkut menggunakan kereta api, bahkan ada juga angkutan yang menggunakan mobil dump truck mengakut batubara ke Provinsi Lampung,"ujar Mamad.

Sementara, menurut Ian (40) juga warga Kecamatan Merapi, untuk angkutan batubara menuju stasiun dengan jarak 5 kilo meter hingga 15 kilo meter masih menggunakan jalan negara. Ini diperkuat dengan adanya surat edaran Dishub Sumsel yang memperbolehkan angkutan batubara melintas dengan jarak pendek. Masih menurut Ian, dengan adanya aturan dari Dishub tersebut perusahaan mengakut batu bara menggunakan dam  truk besar  dengan muatan mencapai 35 ton.

"Ini sangat tidak adil, kami yang selama ini mengangkut batubara menggunakan dump truck kecil sudah tidak dipakai lagi oleh perusahaan batubara, sekarang 3000 unit mobil dum truk yang tidak lagi dapat mengangkut batubara," singkatnya.

]]>
Tue, 15 Jan 2019 17:00:00 +0700
Ratusan Prajurit 141/AYJP Baru, Ikuti Latihan Kompi Satlat HANKAM http://www.lenterapendidikan.com/berita/hankam/view/ratusan-prajurit-141ayjp-baru-ikuti-latihan-kompi-satlat.html Lentera-PENDIDIKAN.com, MUARAENIM-Untuk menyatukan semangat, jiwa korsa,  disiplin dan militansi serta memantapkan kemampuan sebagai prajurit baru, Batalyon Infanteri 141/AYJP menggelar  Latihan Kompi Satlat Batalyon Infanteri 141/AYJP tahun 2019 di Markas Batalyon Infanteri 141/AYJP Muaraenim, Selasa(15/1/2019).

"Ini wajib diikuti seluruh prajurit terutama yang baru untuk menyatukan semangat, jiwa korsa,  disiplin dan militansi serta memantapkan kemampuan sebagai prajurit," ujar Komandan Batalyon Infanteri 141/AYJP Letnan Kolonel Inf Aswin Suladi S.E.,M.AK pada saat memimpin upacara penutupan Latihan Kompi Satlat Batalyon Infanteri 141/AYJP tahun 2019.

Menurut Aswain, adapun tujuan dilaksanakan latihan bagi prajurit baru yang masuk satuan ini adalah untuk menyatukan semangat, jiwa korsa,  disiplin dan militansi serta memantapkan kemampuan sebagai prajurit. Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan teknik dan taktik yang telah diperoleh, sebab jika tidak pernah dilatih dan dipelihara akan tidak berarti apa-apa, untuk itu prajurit harus terus kemampuan yang dimiliki.

"Kegiatan Latihan Kompi satlat bagi prajurit baru masuk satuan yonif 141/AYJP yang dikemas dengan penuh jiwa korsa, dedikasi, disiplin dan loyalitas untuk menyiapkan prajurit Yonif 141/AYJP dalam menghadapi tugas-tugas kedepan yang semakin kompleks," tegasnya.

]]>
Tue, 15 Jan 2019 16:45:00 +0700
Sandiaga Uno Bakal Bahas Tegaskan Penegakan Hukum Dan Penguatan KPK POLITIK http://www.lenterapendidikan.com/berita/politik/view/sandiaga-uno-bakal-bahas-tegaskan-penegakan-hukum-dan-penguatan-kpk.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno bakal membahas soal penegakan hukum dan penguatan KPK dalam debat capres yang akan di gelar kamis, 17 Januari mendatang.

"Kita akan sampaikan secara pandangan umum kami bahwa hukum itu tidak boleh pandang bulu, hukum tidak boleh tebang pilih, hukum tidak boleh tajam ke bawah tumpul ke atas, tapi tajam ke bawah, tajam juga ke atas, hukum tidak mengenal teman, keadilan bukan untuk siapa yang membayar, siapa yang punya uang, dan itu menjadi prinsip-prinsip dasar kami," katanya, Selasa (15/01/2019).

"Bahwa kita perangi terorisme, upaya-upaya menebar rasa takut, dan mengancam jiwa dari masyarakat harus kita lawan dengan redikalisasi kontrol radikalisasi dengan pendekatan utamanya kesejahteraan bagaimana mereka mendapat lapangan pekerjaan," terang Sandiaga Uno.

“Dan rasa ketidakadilan yang dirasakan beberapa kelompok masyarakat harus segera di lakukan pendekatan dan satu solusi sehingga rasa ketidakadilan bisa dikontra, kontra narasi, kontra ideologi dan propoganda," pungkasnya

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga mengatakan, pihaknya fokus penguatan KPK dan penanganan korupsi di Indonesia.

"Untuk korupsi kita sangat mendukung penguatan dari KPK, kita ingin penguatan dari kepolisian, penguatan dari kejaksaan dan aparat hukum lainnya untuk menegaskan kita sudah akut masalah korupsi ini, stadium empat, jadi sudah saatnya kita fokus bagaimana kita kuatkan dan pencegahan terutama budaya antikorupsi dikalangan anak muda, kalangan anak muda sudah sangat aware, merasa bahwa budaya anti korupsi harus ditebarkan, anak muda agen perubahan kita, kita akan fokus disana dan dunia usaha harus ikut mendukung dan saya rasa lebih siap, kita dipolitik dan pemerintahan harus menangkap sinyal baik ini dan membuka lembaran baru pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia," tutupnya.

]]>
Tue, 15 Jan 2019 16:05:00 +0700