Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Mon, 25 Sep 2023 15:23:46 +0000 Tingkatkan Produksi Minyak dan Atasi Illegal Drilling, Pertamina Hidupkan Kembali Sumur Tua Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/tingkatkan-produksi-minyak-dan-atasi-illegal-drilling-pertamina-hidupkan-kembali-sumur-tua.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM- Dalam upaya meningkatkan produksi minyak dan mengatasi illegal drilling, PT Pertamina Hulu Rokan, Zona 4, Regional 1 Prabumulih melakukan kerjasama dengan Koperasi Jasa (Kharisma Jaya Global Service Oil & Gas.

Kerjasama tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dalam Rangka Peresmian Pembukaan Perdana Produksi Minyak Bumi pada Sumur Tua di jalan Triton, Kampung Minyak Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Senin (25/9/2023).

Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Selatan memiliki sumber daya alam yang bervariasi dalam jumlah yang melimpah. Anugerah tersebut tak hanya wajib disyukuri, namun kita wajib mengelolanya dengan bijak. Karena kekayaan itu adalah titipan untuk anak cucu yang harus dijaga kelestariannya sehingga bermanfaat sebesar-besarnya untuk rakyat dalam jangka waktu panjang.

"Pengelolaan sumur tua ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan illegal drilling," bebernya.

Saat ini, lanjut HD, Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 01 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi Pada Sumur Tua memberikan kesempatan kepada KUD/BUMD untuk memproduksi minyak bumi pada sumur tua. Sampai dengan saat ini baru ada dua KUD/BUMD yang telah mendapatkan persetujuan Menteri ESDM RI untuk memproduksi minyak bumi pada sumur tua di Provinsi Sumatera Selatan dan ini merupakan KUD yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan yang mendapatkan persetujuan Menteri ESDM RI.

Adapun BUMD dan KUD tersebut PT Pertomuba di Lapangan Babat dan Kukui yang mengelola 565 Sumur Minyak sejak tahun 2020 dan Koperasi Jasa Kharisma Jaya Global Service Oil & Gas pada Struktur Kampung Minyak dengan total 41 Sumur Minyak terhitung tahun 2023.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mengapresiasi SKK MIGAS - PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 yang telah menjalin kerjasama dengan KUD/BUMD untuk memproduksi minyak bumi pada sumur tua. Semoga nantinya akan ada KKKS lain yang dapat berkerjasama dengan KUD/BUMD untuk memproduksi minyak bumi pada sumur tua di Provinsi Sumatera Selatan, pungkasnya.

Berdasarkan data yang sudah dihimpun dari OPD Teknis Pemprov Sumsel, lanjut Gubernur, di Kabupaten Muara Enim terdapat hampir 2000 titik sumur minyak dan gas, baik yang berproduksi maupun tidak berproduksi. Apalagi di Provinsi Sumatera Selatan sumur minyak tersebut sangat banyak sekali namun apabila di eksploitasi oleh KKKS dapat dikatakan kurang ekonomis, hal ini dikarenakan kegiatan produksi minyak telah berlangsung sejak tahun 1914 sampai dengan sekarang. Melihat situasi ini, akibat sumur- sumur minyak diatas tidak efisien untuk diusahakan, maka perusahaan migas untuk sementara membiarkan sumur-sumur minyak tersebut sampai berpuluh-puluh tahun, dan ketika ditemukan suatu metode dan teknologi yang efektif sehingga kegiatan produksi migas pada sumur-sumur tersebut bisa bernilai ekonomis. Akibat dari “pembiaran” sumur-sumur migas di wilayah kerja perusahaan tersebut, hal ini yang sebenarnya membuat masyarakat untuk melakukan kegiatan pengusahaan migas secara illegal. Hal tersebut akibat tuntutan ekonomi masyarakat terutam yang berada di ring 1 lokasi perusahaan sektor migas beroperasi, serta masih sedikitnya pemberdayaan masyarakat setempat untuk diikutsertakan dalam kegiatan sektor migas yang berada di lokasi mereka.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyadari, sambung Gubernur, bahwa hal yang dilakukan masyarakat ini sangat bertentangan dengan hukum. Namun tindakan-tindakan yang dilakukan masyarakat setempat yang melakukan kegiatan pengusahaan migas secara illegal ini sangat berbahaya baik dari segi keselamatan juga merusak dari sisi lingkungan. Kegiatan illegal ini sangat merugikan dari sisi Pendapatan Daerah. Akan tetapi perlu juga diberikan solusi bagi masyarakat lokal atau setempat sehingga kegiatan-kegiatan pengusahaan migas illegal yang mereka lakukan dapat menjadi legal.

Sementara itu Field manager Pertamina Hulu Rokan Zona 4, Dadang Soewargono mengatakan di Sumatera Selatan produksi minyak sekitar 26 ribu barel perhari dan 455 mmscfd gas. Sedangkan kontribusi untuk Pertamina adalah 30 persen untuk secara nasional kurang lebih Sumsel menyumbang 7 persen.

Pihaknya bersyukur bahwa Sumsel berkontribusi untuk ketahanan energi nasional. Dan Kampung minyak ini adalah yang pertama kali dimana sumur-sumurnya dibuat sekitar tahun 1.900an dan saat ini memang fase decline, salah satu usaha meningkatkan produksi adalah dengan melakukan partnership yang saat ini dilakukan dengan Koperasi Jasa (Kharisma Jaya Global Service Oil & Gas.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 19:35:00 +0000
Forum BKK - IDUKA Gelar Job Fair Akbar Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/forum-bkk-iduka-gelar-job-fair-akbar.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Job Fair Akbar Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Provinsi Sumatera Selatan dengan tema"Membentuk Tim Kreatif Dalam Lingkungan Bisnis Kompetitif digelar di SMKN 2 Palembang pada 22-23 September 2023. Job Fair Akbar ini kerjasama antara Forum BKK Sumsel dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja atau disingkat IDUKA.

Ketua MKKS Kota Palembang yang juga Kepala SMKN 2 Palembang, Suparman, SPd, MSi mengatakan, Forum BKK SMK Provinsi Sumsel mengadakan Job Fair Akbar Tahun 2023. Tuan rumahnya adalah di Kota Palembang tepatnya di SMK Negeri 2 Palembang.

"Awalnya direncanakan akan menggandeng 70 perusahaan yang kami libatkan untuk job fair ini. Namun yang hadir ada 35 perusahaan. Insya Allah, setiap perusahaan itu paling tidak merekrut sekitar 20 orang. Jadi ada sekitar 700-an yang akan direkrut dari Job Fair, ini tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku," ujarnya saat diwawancarai Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut Suparman menuturkan, untuk kegiatan Job Fair Akbar itu Kemarin itu diikuti seluruh alumni yang umurnya hingga 25 tahun. Namun ada juga beberapa alumni termasuk kelas 12 tidak menutup kemungkinan mereka ikut serta juga salah satu contoh PT Advantage, selain merekrut alumni juga merekrut kelas 12 untuk disiapkan untuk mengisi bagian teknisi untuk mesin ATM. Selain itu ada dari perusahaan Kobelco dan banyak perusahaan lainnya.

"Dengan adanya Job Fair Akbar ini sesuai misi dari Gubernur Sumsel Bapak Herman Deru untuk mengurangi angka pengangguran. Selain itu juga memberikan fasilitas kepada siswa. Jadi tidak seperti dulu melamar kerjanya datang sendiri ke perusahaan. Tapi sekarang perusahaannya kita hadirkan," tuturnya.

Suparman mengungkapkan, ini tentu mempermudah siswa mencari pekerjaan dan juga mereka bisa memilih. Karena kemarin itu satu orang itu bisa melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan. Untuk kriteria itu dari perusahaan pasti ada. Pihaknya hanya memfasilitasi tempatnya. Tapi untuk ketentuan kami serahkan kepada pihak perusahaan masing-masing.

"Alhamdulillah kegiatan dibuka oleh Bapak Kadis Pendidikan dan Kabid SMK. Insya Allah ke depan ini akan terus berjalan. Untuk siswa yang baru lulus itu sudah punya identifikasi perusahaan. Selama ini kan kita harus mencari harus tapi kalau sekarang ini kita hadirkan dan pewawancara juga dari pihak perusahaan, Karen tidak ada intervensi dari Forum BKK," katanya.

Sementara itu, Ketua Forum BKK SMK Sumsel Lisparida, M.Pd mengatakan, Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Sumsel ini terdiri dari pengurus Forum BKK kabupaten dan kota. Jadi berdasarkan Permennaker nomor 39 tahun 2016 menyatakan SMK ada Bursa Kerja Khusus (BKK). Kemudian dari masing-masing kabupaten dan kota mereka membentuk Forum BKK kabupaten dan kota.

"Forum BKK dari 17 kabupaten dan kota ini membantu Forum BKK Provinsi yang itu dibentuk pada bulan November tahun 2020 dan dikukuhkan langsung oleh pak Gubernur pada Mei tahun 2021 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional di Swarna Dwipa dan ini satu-satunya forum BKK di Indonesia yang dikukuhkan oleh Bapak Gubernur," katanya.

Dia menjelaskan, salah satu misi Forum BKK SMK ini yaitu membantu misi Bapak Gubernur Sumsel untuk mengurangi angka pengangguran di jenjang SMK. Setelah dikukuhkan oleh Gubernur Sumsel, maka Forum BKK SMK ini menunjukkan kinerjanya. Artinya mereka menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan baik yang perusahaan di Sumsel maupun perusahaan yang tingkat skala nasional dan juga luar negeri.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 17:10:00 +0000
Pemkab Muba Terus Kendalikan Inflasi & Stabilkan Pasokan Pangan Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pemkab-muba-terus-kendalikan-inflasi-stabilkan-pasokan-pangan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Musi Banyuasin kembali mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor DKP Kabupaten Muba, Senin (25/9/2023). Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum.

Pada kesempatan ini, Andi Wijaya mengapresiasi karena kembali terselenggaranya kegiatan Gerakan Pangan Murah yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan peternakan Provinsi Sumsel. Sebagai upaya untuk mengoptimalkan stabilitas pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi tahun 2023.

Lanjutnya, di tengah meningkatnya aktivitas dan mobilitas masyarakat dalam menghadapi inflasi tahun 2023, sinergitas TPID dengan pihak terkait juga sangat diperlukan khususnya dalam upaya stabilitas harga, pengolahan permintaan menjaga kelancaran distribusi serta menjamin kesediaan yang sejalan dengan program 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi efektif)

"Target Pemkab Muba, lanjutnya mengendalikan inflasi berkaitan kemungkinan lonjakan harga pada beberapa komoditas. Untuk itu, diharapkan dengan adanya gerakan pangan murah ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau dan efisien," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba H Ali Badri ST MT mengatakan, melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah masyarakat bisa memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja barang kebutuhan yang dapat terserap di masyarakat.

"Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin tidak hanya di kota Sekayu juga dilaksanakan di setiap kecamatan dalam Kabupaten Muba," tandasnya.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 16:15:00 +0000
Pimpin Rakor FORSESDASI Sumsel, Apriyadi Sampaikan Hal Ini Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pimpin-rakor-forsesdasi-sumsel-apriyadi-sampaikan-hal-ini.html Lentera-PENDIDIKAN.com,OGAN ILIR- Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud yang juga menjabat Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Sumsel, Senin (25/9/2023) memimpin sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi Komwil FORSESDASI Sumsel di Gedung Pendopoan Komplek Perkantoran Tanjung Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

"Rakor FORSESDASI Sumsel ini menjadi wadah bertukar informasi dan koordinasi Tupoksi Sekretaris Daerah," ungkap Ketua Komwil FORSESDASI Sumsel, Drs Apriyadi Mahmud MSi.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus butuh penegasan segera dalam kaitan kebijakan terutama menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

"Utamanya soal kepastian jadwal sharing anggaran, ini menjadi penting mengingat wacana pergeseran jadwal Pilkada 2024 akan dipercepat pada September 2024 yang semula direncanakan November 2024.

"Kemudian penyusunan RPJD dan RPJMD yang harus dikebut mengingat akan turut menjadi bagian dari visi dan misi dari para kandidat calon kepala daerah," tuturnya.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini juga dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada para Sekda di Sumsel yang mendapatkan amanah dan tugas tambahan menjadi Penjabat Bupati/Walikota.

"Selamat menjalankan amanah tambahan dan melaksanakan tugas semakin lebih baik," ucapnya.

Ia juga mengingatkan, agar menjelang kontestasi Pemilu Pileg dan Pilpres 2024 kepada seluruh ASN untuk mengedepankan netralitas. "Netralitas ASN menjadi penting dan selalu dikedepankan," paparnya.

Sementara itu, Sekda Pemprov Sumsel yang juga Pembina FORSESDASI Sumsel Ir SA Supriono menegaskan, netralitas ASN saat Pemilu dan Pilkada 2024 harus terus dikedepankan. "Netralitas saat pemilu dan pilkada nanti harus terus dijaga," ujarnya.

Supriono menambahkan, kepada para Sekda yang kini menjalankan amanah menjadi Penjabat Bupati/Walikota agar terus maksimal dalam bekerja. "Tugas yang sangat kompleks, harus tetap maksimal dan selalu berkoordinasi," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Muba yang juga Ketua Komwil FORSESDASI Sumsel Apriyadi Mahmud turut didampingi Pj Sekda Musni Wijaya SSos MSi, Kepala BKPSDM Drs RE Aidil Fitri MSi, Kabag Organisasi Achmad Kundari, Kabag Perekonomian Muhamad Aswin, Plt Kabag Prokopim Agung Perdana SSTP MSi, dan Kasi Kominfo Muba Slamet Riyanto SE MSi.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 15:35:00 +0000
Dispustaka Muara Enim Musnahkan Arsip Retensi di Bawah 10 Tahun Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/dispustaka-muara-enim-musnahkan-arsip-retensi-di-bawah-10-tahun.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Muara Enim, secara perdana melakukan pemusnahan arsip dari tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Muara Enim dengan cara menggunakan metode Musnah Tanpa Asap (Mutas) dihalaman gedung Depot Kearsipan Muara Enim, Senin (25/9/2023).

Kegiatan Pemusnahan Arsip dengan Retensi di Bawah 10 Tahun di Lingkungan Pemkab Muara Enim tersebut dihadiri oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Muara Enim Drs H Emran Thabrani MSi, didampingi Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta SH MH, Kabid Pengelolaan Kearsipan Dinas Perpustakaan Provinsi Anny Murdayani SE MSi, Kabid Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Meggi Handayani, SSTP MSi, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Muara Enim, dan para undangan. Selain kegiatan pemusnahan, juga bagi OPD yang terbaik dalam pengelolaan kearsipan dilingkungan OPD masing-masing diberikan penghargaan berupa hadiah dan reward oleh Disputaka Muara Enim.

"Pemusnahan arsip ini bertujuan untuk efisiensi dan efektivitas kerja dalam penyelengaraan arsip. Sebagian besar arsip yang dimusnahkan adalah arsip administrasi undangan di bawah 10 tahun. Penyusutan arsip dalam bentuk pemusnahan ini dilakukan dengan cara Mutas menggunakan mesin Penghancur Kertas atau yang biasa disebut paper shredder," ujar Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta.

Menurut Panca, tujuan pemusnahan ini adalah bagaimana mengurangi tumpukan arsip yang nilainya retensi kurang 10 tahun. Sebelumnya kegiatan pemusnahan Arsip ini tentu telah mendapatkan persetujuan Bupati melalui Sekda. Sementara proses pemusnahan arsip disaksikan langsung oleh para pimpinan Dispustaka Sumsel dan Muara Enim, arsiparis, staf pengawas dari Inspektorat dan staf bagian hukum Setda Kabupaten Muara Enim dan Kepolisian.

Pemusnahan arsip ini, lanjut Panca adalah yang perdana, dimana arsipnya berasal dari tiga OPD yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Kedepan, diharapkan akan diikuti oleh OPD lainnya dalam Kabupaten Muara Enim. Penyusutan arsip dalam bentuk pemusnahan merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan. Bukan sekedar untuk mewujudkan efisiensi dan efektifitas, tetapi pemusnahan arsip merupakan upaya untuk menjaga keamanan informasi yang terkandung dalam arsip dari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab sekaligus menyelamatkan arsip yang bernilai guna yaitu arsip yang mengandung nilai guna kebuktian dan informasional.

"Biasanya kalau pemusnahan dengan cara dibakar, tapi kita dengan Mutas," ujarnya.

Sementara itu Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Muara Enim Emran Thabrani, bahwa setiap pemerintah daerah, khususnya OPD tentu berurusan dengan arsip dalam menjalankan kegiatannya. Pentingnya penyimpanan arsip bertujuan untuk bukti, memori maupun sebagai bahan dalam pengambilan keputusan, sehingga diperlukan pengelolaan arsip dengan baik. Namun tidak berarti arsip akan dipertahankan selamanya sebagai arsip statis. Karena bila arsip sudah tidak memiliki nilai guna, telah habis retensinya maka dapat dimusnahkan, sebagaimana tercantum dalam UU No 43 Tahun 2008 Tentang Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip (JRA). Namun dalam pemusnahan arsip haruslah mengikuti prosedur yang benar sesuai Perka ANRI No 25 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pemusnahan Arsip.

Untuk itu, lanjut Emran, kepad seluruh OPD untuk segera melakukan pengelompokan arsip mana yang aktif, dinamis dan sebagainya. Jika tidak berguna secepatnya dimusnahkan. Kearsipan ini jangan dianggap sepele dan enteng, jika salah penempatan atau penyimpanan bisa memakan waktu sangat lama mencarinya jika diperlukan . Kedepan kearsipan harus rapi dan bersih jangan sampai rusak, apalagi dimakan rayap.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 15:10:00 +0000
Senam Jantung Sehat dan Senam Lansia Bugar Bersama PKK Muba Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/senam-jantung-sehat-dan-senam-lansia-bugar-bersama-pkk-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Menjaga tubuh dan jantung untuk tetap sehat tentunya menjadi prioritas utama. Mengingat jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muba melalui Pengurus TP. PKK Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan Senam Jantung Sehat dan Senam Lansia Bugar serta sosialisasi AIDS, TBC dan Malaria, Senin (25/9/2023) di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.

Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi melalui Wakil Ketua TP PKK Muba Anies Endang mengatakan, senam jantung sehat dan senam lansia bugar yang dilaksanakan tim penggerak PKK Kabupaten Muba dan di ikuti oleh semua organisasi wanita Kabupaten Muba. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal.

"Mempunyai jantung yang sehat tentunya menjadi impian setiap orang karena dengan jantung sehat akan terhindar dari penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk memelihara kesehatan jantung, salah satu yang dapat dilakukan senam jantung sehat. Senam jantung sehat juga merupakan olahraga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh," ulasnya.

Lanjutnya, menjadi lanjut usia (LANSIA) merupakan salah satu fase hidup yang akan dialami oleh setiap manusia, dan tidak bisa dihindari. Meski demikian, lansia harus tetap berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat meskipun usia menua.

Dikatakannya, senam sehat bersama ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) khususnya bagi Kader PKK dan organisasi wanita yang lainnya, hidup sehat dengan cara berolahraga dengan senam agar tercipta pola hidup yang sehat, serta memperhatikan makanan yang di konsumsi dengan mengutamakan makanan yang baik untuk kesehatan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para kader PKK dan seluruh gabungan organisasi wanita akan pentingnya hidup sehat," ucapnya.

Sementara, Ketua pelaksana Ani Hidayati juga menyebutkan senam jantung sehat ini tentunya bertujuan untuk mewujudkan masyarakat di Kabupaten Muba yang sehat, karena sekarang penyakit jantung tidak lagi memandang usia, baik tua dan muda sekarang sudah banyak yang terkena penyakit jantung.

"Selain kegiatan senam jantung sehat juga ada senam lansia yang kemudian akan ada sosialisasi terkait AIDS, TBC dan Malaria. Semoga kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kita semua," tandasnya.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 14:05:00 +0000
Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan UMK Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/tekan-angka-kemiskinan-pemkab-muara-enim-gelar-pelatihan-umk.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk menekan angka kemiskinan, Pemkab Muara Enim melalui Dinas Koperasi dan Usah Kecil Mikro (UMK) Kabupaten Muara Enim menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2023 di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (25/9/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH, dan dihadiri oleh PJ Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dr dr Hj Rose Mafliana SPA, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi SE MM, para perwakilan OPD terkait dan para peserta. Sedangkan Narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Balai Besat Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jakarta, Syamdidi MAppSc dan Hasta Octavini STP.

Menurut Riswandar, bahwa Pemkab Muara Enim sangat mendukung adanya kegiatan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Berbasis Kompetensi di Bidang Pelatihan Keterampilan Teknis Olahan Ikan dan Olahan Kentang kepada para pelaku UKM di Kabupaten Muara Enim, melalui Pelatihan dan transfer ilmu yang dilakukan ini dapat memberikan motivasi dan menjadi penggerak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dengan memberikan ketrampilan, wadah bagi pelaku UMK berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk membangun, mengembangkan bisnis dengan bantuan teknologi. Pemberdayaan dan pengembangan UMKM merupakan salah satu upaya percepatan penurunan angka kemiskinan, di Kabupaten Muara Enim angka kemiskinan masih diangka 11,12 persen, untuk itu diperlukan sinergi dan kerjasama dari semua pihak.

Tentunya hal ini tidak mudah untuk diimplimentasikan namun apabila kita bersungguh sungguh bukan suatu yang mustahil dapat tercapai, melalui pelatihan ini dapat tumbuh wirausaha yang handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan masyarakat serta akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah yang kita harapkan mampu menjadi pemicu akselerasi (percepatan) target pengentasan kemiskinan, dan pengendalian Inflasi di Kabupaten Muara Enim.

"Saya minta kepada seluruh peserta pelatihan, dengan pelatihan ini agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan kreatifitas para pelaku UMK, kedepannya dapat lebih mengembangkan diri guna meningkatkan nilai produksi yang akan berdampak pada peningkatan nilai jual sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku UMK di Kabupaten Muara Enim dapat tercapai," pungkasnya.

Salah satu Prinsip pemberdayaan UMKM antara lain, lanjut Riswandar, penumbuhan kemandirian, kebersamaan, dan kewirausahaan UMKM untuk berkarya dengan prakarsa sendiri, pengembangan usaha berbasis potensi daerah/sumber daya alam dan berorientasi pasar sesuai dengan kompetensi UMKM serta peningkatan daya membangun, mengembangkan bisnis dengan bantuan teknologi, karena itu peran penting UMKM ini perlu mendapat perhatian serius dengan meningkatkan kapasitas SDM sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap PDRB. Peran penting UMKM ini tentunya tidak luput dari permasalahan yakni pemasaran atau promosi dimana UMK selain memproduksi UMK harus dapat mempromosi produk yang menjadi salah satu unsur penting dalam meningkatkan angka penjualan.

Tentunya hal ini tidak mudah untuk diimplimentasikan, namun dia yakin dengan segala potensi yang ada, ditambah dukungan semua pihak, termasuk pendampingan badan usaha sebagai mitra UMKM maupun dukungan perbankan melalui penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang inklusif, maka saya yakin akan bermunculan para pelaku usaha, khususnya generasi muda yang handal dan produktif sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, menyediakan lapangan pekerjaan, mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan daya saing daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan para pelaku Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu PJ Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafliana, berpesan kepada seluruh peserta pelatihan, kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan ini, pelatihan ini sangatlah penting untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro dalam tata kelola usaha sekaligus menghasilkan produk usaha mikro yang kreatif dan berkualitas sehingga dapat memberikan peluang kewirausahaan masyarakat. Dan kepada Dinas Koperasi, UKM saya tekankan terus lakukan pembinaan dan pendampingan secara terpadu, baik melalui pendataan/ inventarisasi, pelatihan/pendidikan, fasilitasi, serta monitoring karena dengan pembinaan dan pendampingan UMKM merupakan salah satu kunci sukses menjadikan UMKM dapat tumbuh dan berkembang serta berdaya saing.

Lanjut HK Rose, bahwa ada tiga mata rantai dalam melaksanakan pembinaan/pendampingan UMK yakni Mendidik bukan mengajari, tapi mengayomi dan mengarahkan. Lalu Memfasilitasi, kita berikan pertolongan dan pendampingan secara nyata sesuai dengan apa yang menjadi keperluan UMK. Dan terakhir, Mengawasi dan evaluasi karena hal-hal yang diarahkan, dibantu atau difasilitasi dapat hilang begitu saja jika tidak dilakukan pengawasan dan evaluasi baik fungsi maupun pemanfaatannya.

Kedepan, kata Hj Rose, pelatihan seperti ini untuk lebih ditingkatkan lagi dan lebih luas bukan saja untuk olahan bahan ikan dan olahan bahan kentang, tapi kesemua bahan yang dapat diolah dan bernilai ekonomis. Selain itu juga, bukan saja dilatih cara pengolahannya tetapi untuk pangsa pasarnya dan inovasi lainnya sehingga kedepan UMK ini benar-,benar bisa bersaing dan berkelanjutan.

"Saya ingin di Muara Enim ada semacam Dekranasda yang bisa menampung kerajinan dan olahan ciri khas untuk oleh-oleh dari Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 13:45:00 +0000
Pemkab Muba Mantapkan Persiapan Sambut HUT Muba ke 67 Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pemkab-muba-mantapkan-persiapan-sambut-hut-muba-ke-67.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Pemkab Musi Banyuasin kembali menggelar rapat Pemantapan Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Kabupaten Muba yang jatuh pada 28 September mendatang. Rapat yang berlangsung di ruang rapat Serasan Sekate gedung Pemkab Muba, Senin (25/09/2023) ini dipimpin langsung oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum dan diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkab Muba.

Peringatan Hari jadi Kabupaten Muba tahun ini mengangkat tema " Bersinergi untuk Muba lebih Maju". Dan akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan serta disemarakkan oleh berbagai kegiatan menarik untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Muba.

Dalam arahannya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan selaku pemimpin rapat kali ini minta OPD terkait untuk bekerjasama dan bertanggung jawab dengan tugas yang telah diberikan sehingga acara tersebut bisa berjalan lancar dan sukses.

"Mari kita bersama sama bekerja dengan maksimal untuk mensukseskan kegiatan ini, karena ini adalah moment yang sangat penting. Kiranya bisa sukses terlaksana dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, kepada panitia diharapkan bisa mempersiapkan dengan maksimal segala kebutuhannya sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik,"ungkapnya.

Menanggapi arahan tersebut, seluruh OPD terkait menyatakan siap menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing dan siap mensukseskan kegiatan tersebut.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 13:20:00 +0000
Pemkab Muba Mendukung Zona Integritas WBBM Polres Muba Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pemkab-muba-mendukung-zona-integritas-wbbm-polres-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Drs H Tabrani Rizki bersama Kapolres Muba AKBP Imam Safii SIK MSi., dan Forkopimda menandatangani Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)Tahun 2023 di halaman Mapolres Muba, Senin (25/09/2023).

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Muba Sugondo, Dandim 0401/Muba Letkol Inf. Erry Dwianto S.PSI. M.HAN, dan pejabat lainnya, serta tokoh masyarakat yang turut mensuport niat Polres Muba untuk menuju WBBM. Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Drs H Tabrani Rizki dalam kesempatan ini, menyampaikan apresiasi dan mendukung jajaran Polres Muba yang telah besungguh-sungguh dan bekerja sama mewujudkan perubahan serta perbaikan birokrasi.

"Pencanangan ini merupakan langkah awal dari pembangunan zona integritas pada suatu lembaga atau instansi yang diusulkan menuju WBK ataupun WBBM. Dikemukakannya, pelaksanaan pembangunan zona integritas ini merupakan pelaksanaan reformasi birokrasi yang terus menerus dilaksanakan secara konsisten, berkelanjutan. Dimana birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, Dapat berjalan efektif dan efisien serta memiliki layanan publik yang berkualitas,"tandasnya.

Sementara, Kapolres Muba AKBP Imam Safii SIK MSi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada forkopimda dan tokoh masyarakat yang hadir untuk mensuport Polres Muba menuju WBBM, dan menjelaskan tugas untuk mencapai WBBM adalah tugas bersama personil Polres Muba.

"Pada prosesnya diwajibkan seluruh personil Polres Muba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tidak pungli, tidak korupsi dan tidak menerima gratifikasi dan lebih utama jangan sekali-kali menyakiti hati Masyarakat,"ungkapnya.

Sertifikat atau predikat WBBM, lanjutnya memang kita harapkan tetapi bukanlah satu-satunya tujuan, tujuan utamanya adalah bagaimana kita dapat menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang lebih baik lagi atau memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. "Khayrunnaas anfa'uhum Linnaas, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia,"pungkasnya

]]>
Mon, 25 Sep 2023 12:20:00 +0000
Muara Enim Janjikan Bonus Atlit Rp 1 Miliar Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/muara-enim-janjikan-bonus-atlit-rp-1-miliar.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Kabupaten Muara Enim bertekad dan menargetkan untuk menjadi juara umum pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumatera Selatan IV Tahun 2023 di Kabupaten Lahat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Muara Enim Iwan Setiawan pada saat kegiatan Pengukuhan Pelepasan Atlet, Pelatih, Panitia NPC Kabupaten Muara Enim pada Perpraprov ke-IV di Kabupaten Lahat di halaman Kantor Pemkab Muara Enim, Senin (25/9/2023). Kegiatan tersebut dihadiri dan dilepas langsung oleh PJ Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A, yang didampingi Sekda Muara Enim Ir Yulius MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs H Emran Thabrani MSi, Kadispora Drs Syarifudin, para pejabat terkait dan ratusan atlet, pelatihan dan official Kontingen Peparprov Muara Enim.

"Tahun ini, kita disupport penuh Pemkab Muara Enim mulai dari akomodasi hingga bonus. Jadi sewajarnya kita persembahkan yang terbaik bagi Muara Enim dengan meraih juara umum," tegas Iwan berapi-api sambil mengepalkan tangan.

Menurut Iwan, pada Peparprov ke-III di OKU, Kontingen Muara Enim berhasil menduduki juara II dengan segala keterbatasan. Namun pada Peparprov ke-IV di Lahat, persiapan kita sudah lebih matang baik pelatihan atlet maupun dukungan akomodasi dan dana melalui dan hibah dari Pemkab Muara Enim. Bahkan bonus bagi atlet juga sudah dianggarkan layaknya kegiatan Porprov Sumsel ke-IV di Lahat.

Pada Peparprov ke-IV ini, lanjut Iwan, kontingen Kabupaten Muara Enim, mengirimkan 120 orang yang terdiri dari 73 atlet, 19 pelatih dan 28 panitia (officials). Adapun pelaksanaan Peparprov ke-IV berlangsung dari tanggal 25 September - 2 Oktober Tahun 2023. Saat ini, kita mempunyai dua atlet tingkat dunia yang sedang di mengikuti Pemusatan Asian Paragames di Solo yang akan bertanding di Ghuangzhou, China yakni atas nama Jendi Pangabean dari Cabor renang dan Prasetyo Cabor Catur.

"Doakan agar dua atlet andalan Indonesia asli putra Muara Enim tersebut bisa mengharumkan nama baik Indonesia dan Muara Enim khususnya di Anjang internasional," harapnya.

Menurut Kadispora Muara Enim Syarifudin bahwa pihaknya optimis kontingen Muara Enim akan meraih juara umum jika berkaca dari hasil sebelumnya, apalagi saat ini kontingen Muara Enim didukung penuh oleh Pemkab Muara Enim baik akomodasi, pelatihan dan bonus atlit. Untuk bonus sama dengan bonus atlit Porprov baik itu peraih medali emas, perak dan perunggu dengan harapan bisa memotivasi para atlit untuk tampal maksimal tanpa beban. Memang ada dua atlet andalan kita yang sedang mengikuti pemusatan Asian Paragames, namun tidak diperbolehkan lagi mengikuti ajang dibawahnya.

"Kita berikan hibah dan bonus sekitar Rp 1 Miliar. Jika kurang akan kita tambah. Jadi para atlit benar-benar berkonsentrasilah dan gapai prestasi maksimal," pungkasnya.

Sementara itu Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, mengatakan bahwa pelepasan ini menandakan atlet Paralimpik ataupun kontingen Kabupaten Muara Enim telah siap berlaga mengikuti Peparprov Sumsel IV Tahun 2023 di Lahat. Pemkab Muara Enim tidak membeda-bedakan dengan atlet Porprov sebelumnya. Untuk itu, maka kami menitipkan amanah dan kepercayaan dari seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim kepada para atlet untuk meraih prestasi, jaga nama baik Kabupaten Muara Enim dan tetap menjunjung tinggi sportivitas serta mengedepankan semangat saling serasan dan saling sekundang.

"Saya tidak ingin mendengar ada utusan dari Kabupaten Muara Enim yang terlibat kecurangan ataupun tindakan anarkis. Jika nantinya ada hal-hal yang dianggap tidak benar, maka silakan sampaikan secara baik melalui prosedur yang tepat sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Disamping itu, lanjut Bupati, agar selalu menjaga kekompakan tim, sebelum bertanding tetap fokus latihan dan istirahat yang cukup, jaga kesehatan, jaga sikap dan patuhi aturan maupun norma-norma setempat. Jika pada Peparprov Sumsel III di Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2021 kemarin kita berhasil menduduki peringkat II, maka pada Peparprov IV ini dengan mengukur kekuatan atlet yang diturunkan, maka tidak berlebihan kiranya kita menargetkan meraih Juara Umum atau Peringkat I dari 17 kabupaten/kota. Dan bBlagi para atlet, termasuk juga pelatih yang beprestasi tentunya Pemkab. Muara Enim telah menyiapkan bonus sebagai bentuk apresiasi.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 12:05:00 +0000
Muba Raih Juara II Porprov Sumsel XIV di Kabupaten Lahat Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/muba-raih-juara-ii-porprov-sumsel-xiv-di-kabupaten-lahat.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LAHATSelamat, Kontingen Kabupaten Muba sukses meraih prestasi luar biasa dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XIV 2023 yang berlangsung di Kabupaten Lahat. Di mana, Kabupaten Muba berhasil menempati posisi runner up alias Juara kedua dalam ajang tersebut, Minggu (24/9/2023).

Kontingen Muba berhasil memboyong sebanyak 126 medali emas, 113 medali perak, dan 143 medali perunggu. Keberhasilan kontingen Muba dalam Porprov Sumsel 2023 yang meraih juara II ini disambut sangat gembira oleh masyarakat Muba. Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas semua prestasi yang telah diperoleh kontingen Kabupaten Muba.

"Saya atas nama pribadi, Pemerintah Kabupaten Muba dan masyarakat mengapresiasi capaian atlet, pelatih dan official yang berhasil meraih juara II di ajang Porprov Sumsel XIV 2023 di lahat. Apa yang dicapai kontingen Muba dalam ajang Porprov Sumsel XIV 2023 ini sangat membanggakan, terutama di bidang olahraga," katanya.

Apriyadi mengaku bangga dan memuji permainan yang ditunjukan para atlet Muba. "Ini berkat kerjasama yang baik antara pengurus KONI, official, pelatih dan terutama para atlet yang dengan semangat tinggi bisa meraih prestasi yang maksimal. Harapan kedepannya di Porprov Sumsel selanjutnya Muba bisa menjadi juara umum atau peringkat 1,” tandasnya.

Senada, Pj Sekda Muba Musni Wijaya selaku ketua Kontingen Kabupaten Muba juga menyampaikan ucapan selamat kepada atlet Muba. Ia berharap prestasi membanggakan ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi kedepannya.

"Saya sebagai Ketua Kontingen Muba pada Porprov Sumsel 2023 menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat memenuhi target sebagai Juara Umum. Selanjutnya saya juga mengucapkan terimakasih Kepada semua Atlit, Pelatih, Official, Pengurus Cabor dan Pendamping Cabor atas partisipasi dan upaya maksimal serta bantuan dan dukungan dari semuanya sehingga Atlit Kontingen Muba dapat berlaga dengan maksimal pada Porprov 23 Ini,"ungkapnya.

Kepada Kadinkes Muba, lanjutnya "Saya ucapkan terimakasih atas kontribusi TIM PSC 119 dalam merawat dan memberikan pelayanan Kesehatan kepada Kontingen Muba,"pungkasnya.

]]>
Mon, 25 Sep 2023 11:50:00 +0000
Komunitas di Muba Gelar Bersihkan 1,5 Ton Sampah di Sekayu Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/komunitas-di-muba-gelar-bersihkan-15-ton-sampah-di-sekayu.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Euforia peringatan World Cleanup Day atau hari bersih-bersih sedunia yang jatuh pada setiap 16 September rupanya juga disemarakkan di Bumi Serasan Sekate. Sabtu (23/9/2023), Pusat Unggulan Komoditi Lestari (PUKL) bersama beberapa komonitas di Sekayu yakni Relawan Ksatria Musi Banyuasin, Sentra Ekonomi Lestari Serasan Sekate (Selaras), Komunitas Motor MCI, Anggota Pramuka SMK Muhammadiyah Sekayu, dan warga sekitar membersihkan sampah di sepanjang jalan GBL menuju SMKN 3 Sekayu.

"Alhasil dari giat bersih-bersih tersebut telah berhasil mengumpulkan sekitar 1.5 ton sampah. Aksi nyata ini menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan terutama di Muba," ungkap Asisten II Setda Muba, Andi Wijaya Busro SH MHum. Dikatakan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bukti konkret semangat gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konservasi lingkungan.

"Terima kasih kepada PUKL dan komunitas serta warga yang terlibat di kegiatan world cleanup day tersebut, semoga Muba selalu bersih dan memberikan dampak sehat kepada masyarakat," ujarnya.

Perwakilan PUKL, Noviyanti menyebutkan awalnya, kegiatan ini direncanakan di pantai Bongen Sekayu. Namun, karena pengaruh air pasang akibat hujan, lokasi kegiatan dipindahkan ke sepanjang jalan GBL menuju SMKN 3 Sekayu.

"Hal ini menunjukkan adaptabilitas dan semangat untuk terus berbuat baik meskipun dihadapkan pada tantangan tak terduga," urainya.

Ia menambahkan, PUKL dan semua mitra yang terlibat mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang berjumlah 40 orang, serta kepada masyarakat yang turut aktif dalam kegiatan ini. Semua ini tidak akan tercapai tanpa dedikasi dan semangat gotong royong dari seluruh pihak yang terlibat.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk terus memelihara kebersihan lingkungan dan merangkul semangat gotong royong dalam menjaga kelestarian alam," tukasnya.

Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengucapkan, terima kasih atas partisipasi warga dan pihak PUKL yang melibatkan komunitas melaksanakan world cleanup day.

"Ini kegiatan positif dan selalu mengajak masyarakat untuk peka terhadap kesadaran menjaga lingkungab untuk tetap bersih," pungkasnya.

Heri Saputra Selaku Ketua Pelaksana (Relawan Ksatria Muba) bersama perwakilan pukl dan leader wcd muba Eka Prihandana sependapat bahwa kegiatan kedpan nanti bisa rutin dilaksanakan demi menjaga hidup bersih sehat berkelanjutan.

]]>
Sun, 24 Sep 2023 22:35:00 +0000
Pj Bupati Apriyadi Buka Turnamen Sepakbola Hindoli Cup Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pj-bupati-apriyadi-buka-turnamen-sepakbola-hindoli-cup.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Penjabat Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi Mahmud MSi secara resmi membuka turnamen sepak bola Hindoli Cup 2023, di Lapangan Sepakbola Gelora Hindoli Kecamatan Sungai Lilin, Minggu (24/9/2023). Kurang lebih sebanyak 32 tim sepakbola turut berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

Turnamen ini diawali dengan Pertandingan Fourfeo antara Tim Old Star Kecamatan Tungkal Jaya, Old Star Kecamatan Keluang, Old Star Kecamatan Sungai Lilin, dan Tim Hindoli FC. Pada pertandingan fourfeo, Pj Bupati Muba turut bermain bergabung dengan Tim Hindoli FC melawan Tim Old Star Kecamatan Sungai Lilin. Tampak permainan berjalan dengan seru dan penuh keakraban, alhasil laga ini dimenangkan oleh Tim Hindoli FC dengan skor 1-0, di cetak oleh Kepala Bappeda Muba Sunaryo SSTP MM. Sebelumnya, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi mengatakan Pemkab Muba menyambut baik kegiatan olahraga yang digagas oleh PT Hindoli tersebut.

"Kehadiran PT Hindoli yang berinvestasi di Muba sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik dari sisi ekonomi, sosial dan juga kali ini menggagas turnamen sepakbola juga telah membangun lapangan sepakbola. Oleh karena itu kita sangat menyambut baik pertandingan ini," ujarnya.

Kepada para peserta dia berpesan agar menampilkan kemampuan terbaik serta bermain secara sportif dan menjadikan turnamen itu sebagai ajang silaturahmi.

"Tujuan kita lakukan pertandingan ini adalah untuk bersilaturahim dengan sesama pecinta olahraga sepakbola. Pesan saya junjung tinggi sportifitas, manfaat kesempatan ini untuk meningkatkan prestasi olahraga," imbuhnya.

Sementara itu Presiden Direktur PT Hindoli M Anton Bagus Asmara berharap dengan diadakannya turnamen tersebut dapat terjalinnya keakraban baik dengan jajaran Pemerintah Kabupaten dan juga masyarakat di Kabupaten Muba.

"Terimakasih banyak bagi semua pihak yang menghadiri pembukaan turnamen ini, terutama pada Pak Pj Bupati Muba yang telah menyempatkan diri untuk hadir di tengah kesibukannya. Semoga kegiatan yang kita lakukan ini dapat mempererat silaturahmi dan memajukan olahraga di Muba," pungkasnya.

]]>
Sun, 24 Sep 2023 21:05:00 +0000
Berantas Narkoba, Bentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/berantas-narkoba-bentuk-kampung-tangguh-anti-narkoba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Salah satu upaya untuk menyelamatkan generasi muda dari ancaman narkoba, Satuan Reskrim Narkoba Polres Muara Enim membentuk kampung tangguh anti narkoba di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Minggu (24/9/2023).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Resnakorba AKP Darmanson didampingi Kanit I Aiptu Firmansyah SH mengatakan bahwa Kampung Tangguh Anti Narkoba tersebut bertujuan dimana masyarakat secara aktif bekerja sama untuk mencegah dan mengatasi penyalahgunaan dan kecanduan narkoba. Kampung Tangguh Anti Narkoba merupakan bukti bahwa Polres Muara Enim peduli terhadap segala tindakan pencegahan narkoba. Tak hanya jajaran pemerintah dan Polres Muara Enim namun masyarakat akan terus diikutsertakan.

Dipilihnya Desa Karang Raja dipilih sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba, lanjutnya, berdasarkan hasil koordinasi dengan Kades dan perangkat desa serta tokoh masyarakat. Tujuan dari pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba ini memiliki peran penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat, aman, dan produktif serta memutus rantai peredaran narkoba dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Untuk itu dirinya berharap program ini mampu mengurangi kasus penyalahgunaan narkoba, merawat dan memperkuat ikatan sosial di antara masyarakat, serta menciptakan generasi muda yang kuat, mandiri, dan terbebas dari pengaruh buruk narkoba. Upaya lain juga dilakukan penyuluhan, talk show dan pemasangan baliho serta sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika baik itu kemasyarakat maupun sekolah-sekolah.

Sementara itu, Kanit I Firmansyah SH menambahkan peredaran narkoba ini semakin masif, bukan saja meliputi jaringan regional, nasional, trans nasional atau antar negara. Tetapi peredaran narkoba telah menjadi sindikat dan jaringan sampai ke tingkat desa-desa. Begitu pula, pelakunya bukan hanya dari kalangan orang dewasa, tetapi telah menyentuh usia yang masih belia, dan terdiri dari berbagai latar belakang status sosial maupun ekonomi. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan. Dan banyak faktor yang menyebabkan banyaknya pengguna narkoba, salah satunya adalah faktor pergaulan. Apalagi diantara para pengguna narkoba, sebagian berstatus sebagai pelajar yang masih berusia remaja. Karakter remaja yang masih dalam proses pencarian jati diri merupakan faktor yang memudahkan terjadinya tindakan penyalahgunaan narkoba. Namun demikian, hal tersebut bukanlah faktor utama. Masih ada faktor lain yang memainkan peranan penting dalam mempengaruhi remaja untuk menggunakan narkoba yaitu faktor lingkungan remaja itu sendiri.

Faktor lingkungan imbuhnya banyak memberikan pengaruh pada remaja dan memberikan timbulnya motivasi untuk penyalahgunaan narkoba. Remaja sangat rentan terhadap pengaruh lingkungannya terutama teman mainnya. Perhatian dari keluarga sangatlah penting bagi perkembangan remaja, agar terbebas dari pengaruh narkoba.

"Oleh sebab itu, saya mengajak kepada seluruh orang tua agar di tengah kesibukannya masing-masing tetaplah dapat meluangkan waktu untuk memperhatikan anak-anaknya," ujarnya.

]]>
Sun, 24 Sep 2023 20:20:00 +0000
Latih Balakar Desa Atasi Penanganan Kebakaran Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/latih-balakar-desa-atasi-penanganan-kebakaran.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Guna meningkatkan penanganan dan pengendalian kebakaran secara dini terutama di desa, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim melatih Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa di Bantaran Sungai Lematang Desa Tanjung, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (23/9/2023).

"Balakar jangan kalah cepat dengan api. Petugas pemadam dan alat pemadam kebakaran sebagai penunjang dalam upaya penanggulangan kebakaran harus cepat tiba diokasi kejadian,” jelas Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim Drs Saprioma MSi pada saat simulasi dan edukasi terkait penanganan kebakaran.

Menurut Saprioma, simulasi tersebut untuk melatih kepekaan dan respon time serta didukung alat perlengkapan pemadaman. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan seluruh Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa dapat mengikuti rangkaian pelatihan uji coba unit dengan baik, agar jika dikemudian hari dalam upaya penanggulangan kebakaran sudah dapat mengoperasionalkan alat dengan baik dan benar.

“Mungkin tidak hanya di Desa Tanjung, dalam beberapa waktu kedepan kami akan melaksanakan hal yang sama dengan Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa lainnya,” jelasnya

Kegiatan pertama, kata Saprioma, dilakukan sesi simulasi penggunaan unit sarana pemadaman kebakaran pompa air dan pemasangan selang, baik penggunaan maupun selesai penggunaan. Selanjutnya anggota Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) desa melakukan uji coba lapangan sarana dipinggiran bantaran Sungai Lematang yang merupakan titik sumber air di desa tersebut.

]]>
Sun, 24 Sep 2023 19:05:00 +0000