Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Sun, 19 Jan 2020 08:59:56 +0000 Ayo ke Muba, Saksikan Kejurda Grass Track Bupati DRA Cup Open 2020 Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/ayo-ke-muba-saksikan-kejurda-grass-track-bupati-dra-cup-open-2020.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA - Kabar gembira bagi pecinta otomotif di Sumsel dan Musi Banyuasin (Muba) pada khususnya. Ya, bakal hadir kejuaraan bergengsi Grass Track Bupati Musi Banyuasin, H Dodi Reza Alex (DRA) Cup 2020.

Pacuan kuda besi di venue tanah ini bakal digelar di Sirkuit Non Permanen, Desa Mekar Jaya (A3), Kecamatan Keluang, Muba, 29 Februari - 1 Maret 2020 mendatang untuk itu segera mendaftarkan bagi peserta yang ingin ikut ke Panpel Grassa Track DRA Cup 2020

Penunjukan Keluang sebagai tuan rumah tidak terlepas dari keberhasilannya menyelenggarakan Turnamen Sepak Bola Bupati DRA Cup 2019 di Lapangan Sepak Bola Putra Jaya, Desa Tegal Mulyo, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin pada Desember 2019 kemarin.

Camat Keluang, Debby Heryanto mengatakan, pihaknya merasa sangat bangga karena kambali dipercaya untuk menggelar event olahraga berkelas. Apa lagi kali ini giliran grass track. 

"Berkaca dari kesuksessan pada penyelenggaraan turnamen sepak bola Bupati DRA Cup 2019 kemarin, kami siap untuk melaksanakan Kejuaraan Grass Track Bupati Muba Cup," kata dia. 

Debby yakin event ini akan banyak peminat. Mengingat olahraga motor trail ini digandrungi masyarakatnya. Apalagi para tracker dari seluruh Indonesia pun boleh ikut berpartisipasi. 

"Tentunya animo masyarakat pun akan semakin besar tidak kalah dengan Sepak bola Bupati Cup yang berakhir kemarin," kata dia.

Senada dengan yang disampaikan camat Keluang, Kadispopar Muba selaku penyelenggara, Muhammad Fariz juga sangat optimis terhadap kekompakan jajaran Pemkab Muba selama ini yang selalu bersinergi dalam hal kegiatan apapun sehingga kegiatan-kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

"Seperti biasanya, kami mohon dukungan dan supportnya dari seluruh stakeholder yang terkait sehingga acara ini dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan kita bersama berjalan sukses,"pungkasnya.

 Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan, bahwa dengan adanya event grass track tersebut merupakan jawaban upaya untuk menggelorakan olahraga hingga ke pedesaan. 

"Jadi event-event level nasional dan internasional tetap terselenggara di Muba ini, sebagai bagian sebagai gerakan sport tourism dan sekaligus untuk pembinaan bibit-bibit berpotensi di pedesaan dapat berjalan dengan adanya event tersebut," ungkap Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik Indonesia itu. 

Lanjutnya, event tersebut nantinya harus meriah dan semarak, dan Keluang sukses menjadi tuan rumah yang baik. "Terpenting jaga sportivitas dan jadikan ajang Grass Track nanti sebagai ajang mengasah skill," dan ajang silaturahmi bagi pencinta otomotif grass track  pungkasnya.

]]>
Sun, 19 Jan 2020 06:00:00 +0000
Dirut PTBA Secara Resmi Buka Rangkaian Acara HUT Ke-39 Bukit Asam Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/dirut-ptba-secara-resmi-buka-rangkaian-acara-hut-ke-39-bukit-asam.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Direktur Utama Bukit Asam, Arviyan Arifin, secara resmi membuka rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-39 PT Bukit Asam Tbk di Kantor Besar PT Bukit Asam Tbk Tanjungenim, Muaraenim, Sabtu (18/1/2020).

Dalam Opening Ceremony HUT Bukit Asam tersebut dihadiri oleh jajaran komisaris dan direksi Bukit Asam serta kepala daerah, kepala instansi, dan tokoh masyarakat  Muaraenim serta ribuan masyarakat Kabupaten Muaraenim dan Kabupaten Lahat. Sebelum Opening Ceremony dilakukan, jajaran Karyawan PT Bukit Asam dan Sub Kontraktornya melakukan upacara di lapangan Upacara Kuntor Besar Lama (KBL) Bukit Asam, Tanjungenim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim. Setelah upacara, diawali dengan kegiatan Fun Walk dan Fun Run 5K dengan peserta sekitar lima ribu peserta yang berasal dari Muaraenim, Lahat, Palembang dan sekitarnya.

"Peringatan PT Bukit Asam, jatuh pada tanggal 2 Maret 2020. Jadi ini adalah awal rangkaian kegiatan," ujar Dirut PTBA Arviyan Arifin didampingi jajaran Komisaris dan Direksi PTBA dan Sekper PTBA Hadis Surya Palapa.

Menurut Arifin, dalam kegiatan ini HUT PTBA yang digelar dari Januari hingga Maret ini, akan digelar berbagai macam perlombaan olahraga seperti lomba Voli, Sepak Bola, Tenis, Bulutangkis, Wushu, Bidar, Pencak silat, Biliar, Panjat Dinding, Kempo, Sepeda, Bowling, Basket, Futsal, Grasxtrach, dan sebagainya. Tak hanya dibidang olahraga juga diadakan berbagai perlombaan di bidang Seni seperti Pemilihan Bujang Gadis Tanjungenim, Menggambar, Mewarnai, Vocal Group, Fashion Show, Video, Band, Melukis, Fotografi, Tari Kreasi Daerah, Nasyid dan Marawis.

Sebagai bentuk syukur dan mempererat silaturahmi dengan masyarakat sekitar, lanjut Arviyan, juga ada kegiatan lingkungan dan sosial kemanusiaan seperti melakukan Penghijauan dan Penebaran Benih Ikan, Bedah Rumah, Pasar Murah, Donor Darah, Khitanan dan Pengobatan Gratis bagi masyarakat Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muaraenim, Merapi Barat dan Merapi Timur. Selain itu, akan melakukan penghijauan dan penebaran benih ikan, bedah rumah, pasar murah, donor darah, khitanan dan pengobatan gratis bagi masyarakat Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muaraenim, Merapi Barat, dan Merapi Timur.

Tidak hanya di Tanjungenim, sambung Arviyan, perayaan HUT ke-39 Bukit Asam juga dilaksanakan di unit usaha lainnya seperti di Palembang, Lampung Sawahlunto dan Jakarta. Kendati demikian, untuk puncak kegiatan akan dipusatkan di Tanjungenim pada tanggal 2 Maret 2020 nanti. PT Bukit Asam Tbk, berharap dapat terus menjalin hubungan baik dengan seluruh stakeholder perusahaan serta mengembangkan talenta dan potensi yang dimiliki daerah untuk terus berkarya dan berkreativitas.

]]>
Sun, 19 Jan 2020 05:05:00 +0000
Igo Alamsyah Akan Tampil Memukau dengan “Gambo Muba “di Liga Dangdut (LIDA) 2020 Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/igo-alamsyah-akan-tampil-memukau-dengan-gambo-muba-di-liga-dangdut-lida-2020.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA - Produk unggulan kain khas Kabupaten Musi Banyuasin Gambo Muba akan ditampilkan dalam ajang bergengsi Liga Dangdut (LIDA)2020 yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Hal ini terkait dengan lolosnya seorang putra Musi Banyuasin Igo Alamsyah dalam ajang pencarian bakat penyanyi profesional yang dilaksanakan salah satu televisi swasta baru-baru ini.

Igo akan tampil dalam ajang Liga Dangdut 2020 mewakili Sumatera Selatan setelah berhasil menampilkan performa terbaiknya dalam serangkaian audisi dan mengungguli lebih dari 3000 orang peserta se-Sumbagsel. Ketua TP-PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga atas prestasi pemuda tampan dan berkulit putih ini.

"Kita patut berbangga dan memberikan apresiasi kepada Igo yang telah berhasil masuk menjadi kandidat Liga Dangdut  2020 yang merupakan anak muda asli dari Muba," kata Thia Yufada Dodi Reza saat hadir dalam acara Pertemuan Rutin Bulanan DWP Kabupaten Muba, Rabu (15/1/2020). Dimana dalam acara tersebut Igo hadir dan memberikan tampilan yang meyakinkan serta menghibur ibu-ibu DWP Muba dengan melantunkan beberapa lagu andalannya.

Selanjutnya Thia Yufada mengatakan bahwa Pemkab Muba siap mendukung setiap bentuk kreativitas dan prestasi anak muda di Bumi Serasan Sekate. 

"Kepada seluruh ibu-ibu DWP dan masyarakat Muba mari kita dukung Igo dengan memberikan SMS ketik LIDA IGO kirim ke 97288 yang sebanyak-banyaknya. Untuk Igo harus tampil maksimal, jaga kesehatan, jaga nama baik Muba dan lakukan yang terbaik, urusan dukungan biar ibu-ibu DWP yang handle," pesannya.

Sementara itu Igo menuturkan selama mengikuti ajang Liga Dangdut Indosiar, ia akan mempromosikan kain khas Musi Banyuasin Gambo Muba. Dengan mengenakan pakaian baik kemeja, jas ataupun syal dan boomber khas Gambo Muba yang nantinya akan disupport oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba. 

"Alhamdulillah, saya sangat berterimakasih kepada Bupati Muba Bapak H Dodi Reza Alex dan Ibu Thia Yufada yang telah memberi support luar biasa. Kepada masyarakat Muba saya mohon doa dan dukungannya, Insyaa Allah Igo akan melakukan yang terbaik dan membawa nama harum Kabupaten Muba yang kita cintai," pungkasnya.

]]>
Sun, 19 Jan 2020 03:55:00 +0000
Mursalin Tertangkap Edarkan Narkoba di Desa Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/mursalin-tertangkap-edarkan-narkoba-di-desa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Mursalin alias Muk (37) warga Desa Darmo Kasih, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, dibekuk Satresnarkoba Polres Muaraenim, karena mengedarkan narkoba didesanya, Sabtu (18/1/2020).

Bahwa penangkapan terhadap pelaku tersebut berasal informasi dari masyarakat bahwa di Desa Darmo Kasih  sering terjadi transaksi narkotika di Desa Darmo Kasih dirumah milik pelaku Mursalin. Kemudian dilakukan penyelidikan, dan ternyata benar jika pelaku seorang pengedar narkoba. Kemudian dilakukan pengintaian ketika pelaku sedang bertransaksi langsung dilakukan penangkapan.

Kapolres Muaraenim, AKBP Afner Juwono melalui Kasat Res Narkoba Polres Muaraenim AKP I Putu Suryawan mengatakan bahwa tersangka sudah diamankan bersama barang bukti

berupa enam paket jenis Shabu seberat 20,45 gram, dua bal plastik klip bening, satu unit timbangan digital, satu unit handphone merk Samsung dari tangan tersangka, untuk keterangan lebih lanjut.

]]>
Sun, 19 Jan 2020 02:25:00 +0000
Pemegang Saham Terbesar Kedua BSB, DRA Diminta Masukan Terkait Rencana Perubahan Sistem UUS Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pemegang-saham-terbesar-kedua-bsb-dra-diminta-masukan-terkait-rencana-perubahan-sistem-uus.html Lentera-PENDIDIKAN.com,JAKARTA- Sebagai pemegang saham tertinggi kedua Bank Sumsel Babel (BSB), Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang dinahkodai oleh Bupati Dodi Reza Alex diminta untuk memberikan masukan terkait rencana konversi atau spin off UUS Bank Sumsel Babel. 

Dalam kesempatan Depth Interview Konsultan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Dengan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza terkait rencana Konversi / Spin Off UUS Bank Sumsel Babel di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Jum'at (17/1/2020).

"Saya setuju dengan rencana spin off tersebut, ini juga memikirkan perbankan Syariah," ujar Dodi Reza yang Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sumsel ini. 

Menurut Dodi, sistem opsi spin off atapun konversi tentunya kebijakan manajemen, tetapi seandainya unit syariah dikonversi dengan konvensional jangan sampai merugikan perbankan dan nasabah. “Kaji benar-benar dan sesuai aturan," tegasnya.

Sementara itu, Staf ahli Direksi LPPI, Edy Setiadi mengatakan, sesuai undang-undang nomor 21 tahun 2008, tentang perbankan Syariah yang mengharuskan Bank Umum Konvensional yang memiliki Unit Usaha Syariah dengan nilai aset telah mencapai 50 persen dari total nilai aset bank induknya atau paling lambat Juli 2023 melakukan pemisahan dari Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi Badan Usaha Syariah (BUS).

Menindaklanjuti itu, kata dia, berdasarkan hasil kerjasama Bank Sumsel Babel dengan LPPI akan melakukan kajian, dengan beberapa stakeholder baik pemegang saham, Pemerintah Provinsi Pemerintah Kabupaten/kota, DPRD, manajemen Direksi, Komisaris, Karyawan.

"Kajian ini dilakukan untuk menentukan opsi pilihan, apakah spin off atau pemisahan ataupun konversi," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, turut dihadiri Kepala Divisi Program Keuangan Syariah LPPI Helda Rahmi Sina, Pemimpin Bank Sumsel Babel Cabang Jakarta Mochammad Robi Hakim dan Plt Kepala Bagian Humas Setda Muba, Yettria SKM MSi.

]]>
Sun, 19 Jan 2020 00:15:00 +0000
DRA Ajak Semua Warga Muba Dukung Igo Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/dra-ajak-semua-warga-muba-dukung-igo.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Setelah berhasil menyisihkan ratusan peserta asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Igo Alamsyah yang akrab dipanggil Igo, asal Kampung 1 Kota Sekayu terpilih mewakili Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada ajang Liga Dangdut Indonesia (Lida). Demikian disampaikan Ketua Forum Komunikasi Muda-Mudi Muba (FKM3), Ivan Armidani SE dampingi Igo saat Audiensi dengan Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin.

"Tujuan kami beraudiensi pada hari ini yaitu mengharapkan dukungan dari pihak pemerintah baik eksekutif dan legislatif, untuk mendukung Igo pada ajang Liga Dangdut Indonesia yang akan tayang live di salah satu televisi swasta pada 20 Januari 2020 mendatang, "jelasnya.

Sementara itu Igo mengungkapkan rasa bahagia dan bangga bisa bertemu langsung dengan Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin. Dirinya mengharapkan betul dukungan penuh dari Pemkab Muba melalui komando Bupati Muba. 

"InshaAllah nanti saya akan tampil memberikan yang terbaik, dengan harapan terus bisa membanggakan nama baik Kabupaten Muba. Mohon do'a dan dukungannya. Saya berdua utusan dari Sumsel, satunya lagi perwakikan Kabupaten Muara Enim,"ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Dodi menyambut baik dan mengapresiasi atas keberhasilan putra Kabupaten Muba, Igo terpilih menjadi utusan Sumsel di Lida Dangdut  2020.

"Ternyata talenta di Kabupaten Muba ini banyak, para official agar persiapkan Igo dengan maksimal, apa yang bisa dilakukan bentuk dukungan Pemkab Muba akan kita akan suport penuh,"pungkas Dodi.

Dikatakan Dodi, walaupun skill menyanyi yang utama, namun dukungan dalam bentuk sms juga menentukan kemenangan, kalau sms kurang ganas maka bisa saja dikalahkan utusan daerah lain.

"Karena kontes ini diikuti seluruh provinsi di Indonesia, maka dukungan sangat penting. Kita yakin skill dan kapasitas Igo di atas rata-rata. Maka dari itu saya mengajak seluruh warga Muba khususnya dan Jajaran Pemkab Muba untuk dukung Igo dengan cara mengirimkan sms sebanyak-banyaknya,"imbuhnya.

]]>
Sat, 18 Jan 2020 06:00:00 +0000
Hati-Hati, Angin Badai Selimuti Puncak Gunung Dempo Pagar Alam http://www.lenterapendidikan.com/berita/pagar-alam/view/hati-hati-angin-badai-selimuti-puncak-gunung-dempo.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PAGARALAM- PAGARALAM – Terjangan badai disertai angin kencang berkabut selama sepekan, tengah melanda puncak, serta sekitar kawasan Gunung Api Dempo, Pagaralam. Hal ini ditunjukkan melalui hasil rekaman alat seismograf sering terjadi kemunculan noise.

Menurut Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Dempo Megian Nugraha, berdasarkan hasil laporan pengamatan yang diterima, data selama kurun waktu satu pekan lalu, sementara waktu ini pihaknya menyimpulkan kondisi gunung terpantau aman berada di level I aktif normal.

Meski demikian, pihaknya tetap merekomendasi sekaligus mengimbau jarak aman tidak mendekat ke kawah radius satu kilometer. “Jarak aman mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,” terangnya, Jum’at (17/1/2020).

Dia menjelaskan, hasil rekaman seismograf mencatat ada beberapa kegempan berupa tektonik, low frekuensi kemudian sering terekam noise menunjukkan puncak dempo tengah dilanda angin badai. “Pengamatan secara visual gunung terlihat jelas tekadang berkabut,” ucapnya.

Dia mengimbau untuk masyarakat yang melakukan aktifitas di kawasan Gunung Dempo tetap menjaga lingkungan dan alat pemantau, serta diingatkan tidak mendekati kawah. “Karena sifatnya freatik gejalanya atau fenomena alam tidak bisa diprediski sebelumnya,” katanya.

Lebih jauh Megian menjelaskan, bagi instansi maupun para komunitas pecinta alam yang akan melakukan aktifitas di kawasan gunung api dempo hendaknya terlebih dahulu berkordinasi dengan pihak terkait. (LP/Intens.news)

]]>
Sat, 18 Jan 2020 05:05:00 +0000
Disdik Pastikan Persiapan UN di Sumsel Sudah Mencapai 80 Persen Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/disdik-pastikan-persiapan-un-di-sumsel-sudah-mencapai-80-persen.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk pelajar SMA/SMK dijadwalkan akan dilaksanakan pada Maret mendatang. Sejauh ini berbagai persiapanpun telah dilakukan Dinas Pendidikan Sumsel.

“Persiapan kita untuk menghadapi UN di Sumsel sudah mencapai sekitar 80 persen. Kita optimis saat pelaksanaan nanti semuanya sudah berjalan hingga 100 persen untuk semua kesiapan. Mulai dari data peserta, kesiapan sekolah, sarana dan prasarana dan lain sebagainya,” ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Pahlevi, Jumat (17/01/2019).

Hingga saat ini, pihaknya terus mengupdate data-data peserta dari setiap kabupaten/kota yang ada di Sumsel. “Insya Allah data bulan depan kita targetkan 95 persen karena itu saya tidak bisa sebutkan karena belum final,” terangnya.

Karena itu, pihaknya mendorong kepala sekolah untuk cepat menguptude data para peserta ini agar dapat didata dan segera dilampirkan.

“Insya Allah untuk tahun ini kita upayakan 100 persen untuk UNBK. Sebenarnya sudah hampir tinggal beberapa persen saja tapi kita usahakan,” tandasnya.

Mengenai biaya, lanjut Riza, semua bersumber dari pusat yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing sekolah. “Kalau biaya kan tidak terlalu besar hanya untuk teknisi, proktor dan lain sebagainya saja,” bebernya.

Pihaknya juga mengimbau kepada siswa agar belajar dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapman diri menghadapi UN. “Belajarlah untuk mempersiapkan diri menghadapi UN sehingga saat UN bisa siap dengan semua soal-soal. Dan yang terpenting setelah tamat bisa menembus perguruan tinggi sesuai jurusan,” katanya.

Sementara itu, Kabid SMA Provinsi Sumsel Boni Syafrian mengatakan, untuk persiapan UN hingga saat ini sudah dilakukan hampir 100 persen.

“Semua sudah kita persiapan termasuk data peserta namun masih sedikit lagi, Kalau untuk sekarang yang update yakni 64399 masih ada 4 sekolah SMA  lagi yang belum, Sedangkan untuk SMK yakni total peserta 36.067 peserta dengan rincian laki-laki 20.619 dan perempuan 15.448 peserta ” jelasnya.

Dikatakan Bonny, untuk data peserta beberapa sekolah belum melampirkan untuk segera melaporkan. “Selain itu kita masih mengusahakan untuk sekolah yang melaksanakan UNBK karena masih tiga persen lagi yang belum kelaksanakan UNBK,” tukasnya.

]]>
Sat, 18 Jan 2020 04:05:00 +0000
Bantu Korban Banjir dan Longsor, Pemprov Sumsel Siapkan Posko dan Faskes Layanan Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/bantu-korban-banjir-dan-longsor-pemprov-sumsel-siapkan-posko-dan-faskes-layanan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG – Dalam menanggulangi korban terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Lahat dan Pagaralam, Pemerintah Provinsi Sumsel melalui dinas terkait telah mendirikan posko-posko di titik-titik terdampak banjir. Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Lesty Nuraini, Jumat (17/01/2020) mengatakan, semua fasilitas tersebut gratis tanpa dipungut biaya apapun dan tidak di persulit dengan administrasi.

Selain mendirikan posko, pihaknya juga telah menggerakkan PSC 119 untuk gawat darurat, dan meminta Dinkes Kabupaten menerjunkan tim di wilayah terdampak banjir.

“Karena di Kabupaten kota masing-masing sudah punya tim yang siap untuk kesehatan, dari Dinkes Provinsi kalau di minta baru kesana dan menghubungi yang lain. Tapi kita sudah membantu biscuit makanan tambahan untuk bayi maupun masyarakat terdampak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin mengungkapkan, bahwa Dinsos Sumsel telah menyiapkan bahan makan dan dana rehabilitasi rumah warga terdampak banjir di Kabupaten Lahat tersebut.

“Masyarakat yang terdampak akan diberikan bantuan tanggap darurat jika sampai berpotensi menimbulkan masalah sosial, seperti kekurangan bahan makanan dan tidak mampu memperbaiki rumah mereka yang rusak,” ungkapnya.

“Dan, tidak semua korban bencana di berikan bantuan tanggap darurat, karena bantuan ini sifatnya cuma perlindungan sosial kepada masyarakat yang benar-benar layak menerimanya,” jelasnya.(LP/Intens.news)

]]>
Sat, 18 Jan 2020 03:25:00 +0000
Pro Kontra Penilaian Masyarakat Terhadap BPJS Kesehatan Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/pro-kontra-penilaian-masyarakat-terhadap-bpjs-kesehatan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Banyaknya permasalahan yang menyangkut dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menuai pro dan kontra hingga dikeluhkan para pengguna. Keluhan ini dimulai dari buruknya pelayanan hingga menimbulkan kritikan dari berbagai golongan masyarakat, karena lambatnya penanganan, serta kebijakan berobat dengan syarat.

Asisten I Sumsel, Achmad Najib mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tetap normatif mengacu kepada peraturan perundang-undangan. Pasalnya, sesuai dengan Perpres nomor 82 tahun 2018 bahwa Jamkesda tersebut merupakan produk hukum Nasional yang wajib di ikuti oleh setiap Pemerintah Daerah.

“Jadi apa yang kita lihat sekarang tentang kenaikan iuran BPJS kesehatan itu ada dampak pembiayaan dan beban anggarannya, dan itu juga yang menjadi bahan pertimbangan kita,” katanya saat menghadiri FGD potret buram BPJS Kesehatan, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Jum’at (17/01/2020).

“Saya berharap hal tersebut jangan di masukkan dalam ranah politik, karena berobat dan pendidikan itu murni kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Sementara itu, ketum Serikat Rakyat Miskin Indonesia, Wahida Baharuddin Ufa menuturkan, problem BPJS tersebut diketahui sejak terjadinya defisit dan defisit tersebut terjadi sejak tahun 2014 sampai 2019.

“Jadi setiap tahun itu terjadi peningkatan defisit yang sangat besar, yang terahir jumlah defisit mencapai angka Rp32,8 triliun, sehingga pemerintah pusat memberikan dana talangan,” ujarnya.

Sambungnya, setelah mengeluarkan anggaran layanan kesehatan sebesar Rp 26,7 trilyun tersebut, kemudian pemerintah pusat harus mengeluarkan lagi dana talangan.

“Jika kita kalkulasi dana talangan dari tahun 2014-2019 mencapai Rp40 triliun. Artinya dalam BPJS ada problem besar, masalah ini harus kita cari apakah sistemnya yang salah atau sebatas kesalahan manajemen yang ada dalam tubuh BPJS,” sambungnya.

Dan, dirinya menilai dalam hal tersebut adalah sistem BPJS yang mengalami kesalahan, karena BPJS tidak merubah konsep. “Jadi konsepnya tetap dalam jaminan sosial, tapi tidak dalam bentuk asuransi sosial. Selain itu juga yang menjadi problem infrastrukturnya tidak memadai sehingga pesertanya membludak,” tuturnya.

Hal senada di utarakan oleh, Pemerhati Sosial dan Politik Sumsel, Bagindo Togar, bahwa tidak semudah itu untuk membubarkan BPJS. Dan seharusnya masyarakat harus memberikan masukan kepada pemerintah melalui DPR untuk merevisi undang-undang tersebut.

“Tidak semerta-merta usulan dari masyarakat ini harus membubarkan BPJS, karena itu akan mengandung utopis atau sia-sia belaka. Kalau pemerintah menerima aspirasi masyarakat supaya kembali turunkan tarif, maka akan terjadi defisit anggaran, ketika defisit anggaran terjadi, maka akan terjadi tekanan terhadap pembiayaan yang harus diberikan pemerintah terhadap layanan masyarakat, selain itu politik anggaran pemerintah juga terganggu,” jelasnya.

Lain halnya dengan Wahidin, Presiden PPMI juga menilai, bahwa kenaikkan iuran itu adalah langkah keliru dari pemerintah. “Sebenarnya sebelum muncul Perpres nomor 82 tahun 2018 yang menjadikan program integral program pemerintah kepada layanan BPJS, inilah yang menjadi biang kerok permasalahanya, sehingga di situ mewajibkan orang untuk membayar iuran,” katanya.

Karena, sesuai dengan amanat konstitusi, bahwa kesehatan itu adalah hak dari pada warga negara, jadi sudah menjadi tugas negara untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima sebagai amanat undang-undang. “PPMI meminta presiden mencabut Perpres nomor 32 tahun 2013 supaya BPJS lebih baik,” terangnya. (LP/Intens.news)

]]>
Sat, 18 Jan 2020 02:35:00 +0000
Cegah DBD, Puskesmas Sidomulyo Lakukan Pengasapan di Tiga Desa Nasional dan Internasional http://www.lenterapendidikan.com/berita/nasional-dan-internasional/view/cegah-dbd-puskesmas-sidomulyo-lakukan-pengasapan-di-tiga-desa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LAMPUNG-Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan bergerak cepat melakukan pengasapan atau fogging di tiga desa yang disinyalir sebagai daerah endemik demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Kepala Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, Rocky Sihombing, mengatakan setelah adanya laporan dari warga, pihaknya langsung melakukan pengasapan dan sejak dua hari dilakukan pengasapan di lokasi yang disinyalir endemik demam berdarah dengue (DBD).

“Begitu ada laporan masuk, kami langsung gerak cepat melakukan pengasapan,” ujarnya, Jumat (17/1/220).

Rocky mengutarakan, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit DBD meluas ke wilayah lainnya. Meskipun menurutnya, pengasapan tidak bisa memutus mata rantai nyamuk Aedes Aegypti penyebar DBD, karena hanya membunuh nyamuk dewasa.

“Pelaksanaan fogging ini, sudah dilakukan di rumah warga di tiga desa yakni Desa Sidodadi, Budidaya dan Sidorejo. Selain itu juga, di ruang kelas SMPN 1 Sidomulyo. Kita berharap, ini bisa meminimalkan penyebaran DBD,”ungkapnya.

Rocky mengutarakan,pengasapan dilakukan di beberapa rumah warga yang terserang DBD sampai dengan radius 100 meter, karena merupakan wilayah yang disinyalir endemik penyebaran.

“Jadi tidak hanya rumah warga yang dilaporkan terserang DBD, tetapi pengasapan juga dilakukan di sejumlah wilayah endemik lainnya,”bebernya.

Di wilayah Kecamatan Sidomulyo, kata Rocky, terdapat empat kasus yang positif terserang DBD. Keempatnya itu adalah, satu orang warga Desa Budidaya, satu warga Desa Sidodadi dan dua orang warga Desa Sidorejo.

“Di Desa Sidorejo sendiri, ada beberapa warga yang sakit dan di rawat yang diduga terserang DBD. Setelah dilakukan uji lab dan hasil tes labnya keluar, ternyata mereka mengidap penyakit tipes (demam tipoid),”terangnya.

Dikatakannya, nyamuk Aedes Aegypti, merupakan nyamuk pembawa virus dengue penyebab penyakit DBD yang muncul musiman, khususnya saat memasuki musim penghujan.

“Curah hujan yang tinggi, menyebabkan genangan di beberapa titik dan mengakibatkan penyakit. Genangan-genangan tersebut mengundang nyamuk demam berdarah untuk tinggal. Oleh karena itu, kerap penyakit demam berdarah menghantui masyarakat terutama ketika di musim penghujan,”kata dia.

Rocky menambahkan, agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ia meminta masyarakat juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal itu dimulai dari tempat tinggalnya sendiri dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya dengan menerapkan 3M (Menguras, Menutup dan Menyingkirkan) objek-objek yang mendukung siklus hidup nyamuk.

“Agar terhindar dari penyakit seperti DBD dan lainnya, maka lingkungan harus bersih dan sehat. Masyarakat, harus rutin menguras dan menyikat bersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali terutama ketika musim penghujan datang. Kemudian menutup penampungan air dan memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas,” katanya. (LP/Teraslampung)

]]>
Sat, 18 Jan 2020 01:10:00 +0000
Polri Berhasil Jika Bisa Memberikan Rasa Aman dan Tertib Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polri-berhasil-jika-bisa-memberikan-rasa-aman-dan-tertib.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Tugas Polri dikatakan berhasil apabila kehadiran Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman, nyaman dan tenteram serta dapat menciptakan suasana tertib dan teratur.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono pada upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) di lapangan Polres Muaraenim, Jumat (17/1/2020). Upacara HKN tersebut, diikuti oleh satu pleton Perwira, satu pleton Sabhara, satu pleton gabungan Staf Polres dan Polsek, satu pleton Bhabinkamtibmas, satu pleton Intelkam, satu pleton Reskrim dan satu pleton ASN Polres Muaraenim.

"HKN ini, selalu diperingati setiap bulannya pada tanggal 17," ujar Afner.

Menurut Afner, seluruh personel Polres Muaraenim terkait dinamika atau perkembangan situasi Kamtibmas yang terjadi perlu kita sadari bersama bahwa Tugas Polri dikatakan berhasil apabila kehadiran Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan tenteram serta dapat menciptakan suasana tertib dan teratur. Rasa aman dan tenteram ini relatif subyektif sifatnya, sehingga walaupun melibatkan lembaga survey untuk mengukurnya belumlah mampu memberikan nilai yang mendekati obyektif, karena masing-masing individu masyarakat mempunyai persepsi dan kriteria tertentu tentang rasa aman dan tenteram tersebut.

Demikian juga halnya dengan suasana tertib dan teratur di tengah masyarakat tidak dapat sepenuhnya dibebankan kepada Polri, sebab ketertiban dan keteraturan itu harus ditumbuhkan dalam sikap dan kebiasaan hidup masyarakat itu sendiri, sedangkan Polri bertugas memberi bimbingan, pengawasan dan bila dipandang perlu memberikan penindakan. Itulah sebabnya sampai kapanpun tugas Polri akan berhadapan dengan kelompok masyarakat yang merasa puas dengan kinerja Polri dan juga kelompok masyarakat yang tidak puas. Oleh karena itu Polri dituntut untuk mampu meningkatkan kinerjanya secara efektif dan berkesinambungan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melibatkan peran serta masyarakat itu sendiri untuk menyelesaikan masalah-masalah keamanan yang potensial maupun yang telah nyata terjadi di lingkungan mereka.

Dikatakan Afner, khusus di wilayah hukum Polres Muaraenim akan menghadapi berbagai macam agenda prioritas diantaranya situasi gangguan Kamtibmas secara umum terbilang aman dan kondusif. Secara kuantitas tergambarkan dari jumlah Tindak Pidana selama periode Januari hingga Minggu kedua jumlah Tindak Pidana sebanyak 18 kasus dan yang sudah Terungkap sebanyak 11 kasus, Kejahatan yang terjadi ini merupakan kejahatan yang meresahkan masyarakat atau kejahatan jalanan seperti Curat, Curas, Curanmor dan juga Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika.

Saat ini, lanjut Afner cuaca ekstrem sedang terjadi di wilayah Kabupaten Muaraenim, hal tersebut perlu perhatian untuk mengantisipasi bencana yang terjadi seperti banjir yang terjadi saat hujan turun, kemungkinan tanah longsor di daerah bukit atau lereng, angin kencang dan pohon tumbang sehingga berdampak pada terganggunya arus lalu lintas yang berakibat terjadinya laka lantas dan kemacetan pada ruas-ruas jalan protokol. Guna mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut perlu dilakukan upaya dengan memberdayakan personel Polri dijajaran Polres Muaraenim dan bekerjasama dengan stakeholder, baik BPBD, TNI dan seluruh eleman masyarakat untuk bersama mengambil langkah yang cepat dan komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan hingga tuntas, serta lakukan koordinasi sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

]]>
Fri, 17 Jan 2020 18:15:00 +0000
Reformasi Birokrasi Langkah Penting Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/reformasi-birokrasi-langkah-penting-tingkatkan-pelayanan-kepada-masyarakat.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melakukan Apel Rutin Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri) di Halaman Kantor Bupati Muba, Jumat (17/1/2020). Apel yang dipimpin oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum H Ibnu Sa'ad SSos MSi, mengangkat tema 'Ciptakan birokrasi yang efektif dan efisien untuk pelayanan masyarakat secara tepat, cepat, profesional dan bersih.

Dalam pidatonya Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba mengatakan reformasi birokrasi merupakan langkah terpenting untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan menjadi lebih efektif, efisien dan melayani. Yang nantinya akan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, profesional, dan bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Pemerintah Kabupaten Muba dalam beberapa tahun ini, telah melakukan banyak perubahan besar dalam birokrasi. hal ini dilihat dari indeks reformasi birokrasi dan nilai akuntabilitas kinerja yang terus meningkat, perkembangan nilai ini menunjukkan bahwa birokrasi di Pemkab Muba semakin efektif, efisien dan berintegritas.

"Hasil survei reformasi birokrasi terhadap masyarakat juga menunjukkan bahwa pelayanan dan integritas semakin membaik dari tahun ke tahun dan semakin diakui oleh masyarakat. Hal ini juga dibuktikan dengan diterimanya penghargaan laporan keuangan Kabupaten Muba dengan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh BPK RI selama lima tahun berturut-turut dari tahun 2014, 2015, 2017, 2018, dan 2019, meraih nilai sangat baik pada penilaian penyelenggaraan pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI," ungkapnya.

Lanjut Ibnu, keseriusan Pemerintah Kabupaten Muba menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) merupakan langkah besar bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan reformasi birokrasi di Muba.

"Pada akhirnya kami berharap kepada seluruh pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba agar secara bersama-sama membangun integritas individu dan integritas organisasi di lingkungan kerja sehingga menjadi organisasi yang bersih dan bebas dari KKN. Tanpa komitmen dan keinginan yang kuat dari semua elemen yang ada, semua ini tidak akan tercapai kita harus bahu-membahu untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan meningkatkan kinerja kita," tutupnya.

Pada apel ini juga dilakukan penyerahan SK Pensiun kepada Senoaji SPdI Pengawas SD, Arsad Guru SD Negeri Tanjung Durian dan Nima Zaleha SPd Guru SD Negeri 3 Lumpatan.

]]>
Fri, 17 Jan 2020 16:45:00 +0000
HD Ingin Rendahnya Angka Kemiskinan di OKU Timur Menular ke Kabupaten Lain Ogan Komering Ulu Timur http://www.lenterapendidikan.com/berita/ogan-komering-ulu-timur/view/hd-ingin-rendahnya-angka-kemiskinan-di-oku-timur-menular-ke-kabupaten-lain.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG - Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri langsung HUT ke 16 Kabupaten OKU Timur, Jum'at (17/1/2020). Didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel HD mengatakan, OKU Timur saat ini sudah menjadi Kabupaten yang maju pesat. Hal itu terjadi karena Pemerintah Kabupaten OKU Timur dan masyarakatnya saling membantu mewujudkan Kabupaten OKU Timur yang sejahtera.

"OKU Timur merupakan Kabupaten pemekaran yang maju dan sejahtera di Sumsel ini. Itu karena masyarakat dan pemerintah saling mendukung untuk mewujudkannya," kata HD dalam sambutannya saat Rapat Paripurna HUT ke 16 Kabupaten OKU Timur.

Bahkan, kata HD, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Kabupaten OKU Timur adalah kabupaten dengan tingkat kemiskinan terendah di Sumsel.

"Kemiskinan disini rendah. Kita juga pernah menduduki posisi sebagai kabupaten yang tingkat kemiskinannya terendah. Artinya Masyarakat disini sudah hidup sejahtera," tuturnya.

Pencapaian tersebut, lanjutnya, harus terus ditingkatkan sehingga OKU Timur bisa menjadi contoh untuk kabupaten lainnya.

"Pencapaian itu tidak mudah dan tidak akan tercapai jika kita salah pilih pemimpin. Hal itu tidak akan tercapai jika pemimpinnya tidak bekerja maksimal dan ikhlas," tegasnya.

Selain itu, HD juga mengungkapkan, saat ini masyarakat OKU Timur juga sudah merasakan kemajuan infrastruktur. Diman jalan yang dulunya berlubang kini tidak ada lagi di OKU Timur.

"Kami juga yang ada di provinsi akan berupaya membantu memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur. Bukan hanya di OKU Timur namun semua kabupaten di Sumsel ini. Saat ini seluruh jalan rusak di Sumsel ini hampir selesai dikerjakan," papar pria yang juga pernah dua priode menjabat sebagai Bupati OKU Timur itu.

Sementara itu, Bupati OKU Timur H.M. Kholid Mawardi mengatakan, kemajuan yang dicapai OKU saat ini tak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya soal kemajuan, bahkan masyarakat berperan aktif menjaga keamanan dan kenyamanan.

"Kami juga berharap kami bisa menjadi bagian dalam mendukung Sumsel sebagai Provinsi utama pengekspor pangan. Sehingga Sumsel kembali sebagai lumbung pangan nasional. Termasuk juga ekspor daging dan sebagainya," imbuhnya.

]]>
Fri, 17 Jan 2020 15:20:00 +0000
Dinkes Bentuk Posko Dititik Kawasan Dampak Terkena Banjir Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/dinkes-bentuk-posko-dititik-kawasan-dampak-terkena-banjir.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pembacaan yasinan di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel bertujuan sebagai  introspeksi diri juga mawas diri. Dimana, semua berkumpul bersama-sama untuk saling mengingatkan di dalam bekerja guna mencari barokah bukan saja untuk dunia tapi akhirat.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes, usai acara Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan penceramah KH Al Ustadz Solihin Hasibuan, di Gedung Aula Kantor Dinkes Pemprov Sumsel, Jumat (17/1/2020).

"Kita mempunyai target kedepan, bukan saja mengejar untuk dunia tapi meraih keberkahan Allah SWT di akhirat untuk saling muhasabah diri dalam mengingatkan ketika bekerja," ujarnya.

Di samping itu, dalam pencapaian target di awal tahun 2020, Dinkes Provinsi Sumsel selama ini belum begitu terganggu, karena masih memiliki target unggulan seperti cegah stanting, Sumsel UHC, Sumsel have torizm, Sumsel bahagia, Sumsel tabungan kesehatan PNS serta pemeriksaan dini penyakit tidak menular.

"Kita utamakan supaya masyarakat sadar untuk mengimplementasikan hidup sehat dengan tujuan agar masyarakat hidup sehat dan bahagia," jelasnya

Terkait Bencana di Lahat, Lesty menuturkan,  Dinkes telah membentuk posko-posko di titik kawasan dampak terkena banjir dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan secara gratis, sekaligus tidak mempersulit urusan soal administrasi.

" Kita juga menggerakkan PSC 119 untuk gawat darurat, semua tempat yang terkena dampak banjir telah di turunkan untuk tempat kesehatan. Dinkes provinsi hanya memantau,  kalaupun diminta siap untuk terjun membantu di lokasi banjir," bebernya.

" Kita hanya memberikan bantuan makanan berupa biskuit kepada anak-anak di lokasi yang terkena dampak banjir. Berharap supaya dampak seperti ini cepat berakhir di Sumsel guna mewujudkan Sumsel Maju dan Unggul," pungkasnya.

]]>
Fri, 17 Jan 2020 13:20:00 +0000