Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Fri, 18 Oct 2019 18:09:49 +0700 Diduga Membakar Lahan, Hermin Ditangkap Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/diduga-membakar-lahan-hermin-ditangkap.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Gara-gara membuka lahan dengan cara dibakar,  Hermin (57) warga Desa Alai, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim, ditangkap dilahan kebunnya di Desa Alai, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim, Rabu (16/10/2019).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Kamis (17/10/2019), Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tersebut diketahui sekita pukul 11.30 WIB. Berawal dari informasi dari masyarakat bahwa ada orang sedang membuka lahan kebun dengan cara membakar, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Nasron Junaidi beserta anggota Reskrim menuju ke lokasi lahan yang terbakar. Ketika tiba dilokasi anggota Polsek Gelumbang menemukan pelaku yang berada dilahan kebun yang sedang membuka lahan kebun seluas sekita 3/4 Hektar dengan cara sengaja membakar lahan.

Melihat hal tersebut anggota Polsek Gelumbang langsung melakukan penangkapan dan berhasil menemukan barang bukti satu buah korek gas warna Merah yang dipakai oleh pelaku untuk melakukan pembakaran lahan tersebut.  Kemudian anggota Polsek Gelumbang melakukan interogasi dan pelaku  mengakui jika ia telah melakukan pembakaran lahan.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Humas Ipda Yarmi, mengatakan bahwa modus pelaku melakukan pembakaran tujuannya untuk membuka dan membersihkan lahan yang rencananya akan ditanam pohon karet. Karena Karhutla tersebut sifatnya pelanggaran, maka pihaknya langsung  mengamankan pelaku dan barang bukti satu korek api gas warna Merah, Tiga  buah batang kayu bekas pembakaran dan satu bilah Parang, untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.Atas perbuatannya tersangka akan dikenakan Pasal 108 Jo Pasal 69 ayat (1) huruf h UU RI No 32 Tahun 2009 Tentang PPLH dan atau Pasal 108 UU RI No 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan dan atau Pasal 187 KUHP.

]]>
Fri, 18 Oct 2019 05:20:00 +0700
Terdakwa Pelaku Pembunuhan "Ita Salon" di Vonis 17 Tahun Penjara Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/terdakwa-pelaku-pembunuhan-ita-salon-di-vonis-17-tahun-penjara.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG - Majelis hakim yang diketuai Ahmad Suel SH menjatuhkan putusan 17 tahun penjara terhadap Muhammad Jagad (30)  pelaku pembunuhan terhadap korban Ismail Efendi alias Ita Salon di sebuah salon kawasan Rumah Susun jalan Radial Palembang. Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Kls 1 A Khusus Palembang, Kamis (17/10/2019).

"Dari saksi saksi dan barang bukti yang dihadirkan di persidangan, terdakwa Muhammad Jagad terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 338 KUHP. Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama 17 tahun dikurangi selama terdakwa menjalani masa tahanan," kata Hakim dalam amar putusannya. 

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sigit Subiantoro SH, menuntut terdakwa Muhammad Jagad selama 15 tahun penjara dan menjerat terdakwa dengan Pasal 338 KUHP. Dimana bermula kejadian pada Sabtu malam (16/2/2019) pukul 21.00 WIB korban ditemukan tewas di dalam rumahnya yang juga dijadikan salon Rusun Blok12 Kelurahan 24 ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang.Dari hasil penyelidikan, pihak kepolisian mengetahui identitas tersangka yakni Muhammad Jagad hingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap saat berada di rumah nya di Propinsi Bengkulu. (LP/intens.news)

]]>
Fri, 18 Oct 2019 04:05:00 +0700
Tekan Stunting, Kodim Berikan Penyuluhan Kesehatan Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/tekan-stunting-kodim-berikan-penyuluhan-kesehatan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Untuk menekan angka penderita Stunting, Satgas Kodim 0404/Muaraenim TMMD ke-106 Tahun 2019 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim, menggelar penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Desa Beringin di Aula Kecamatan Lubai, Kabupaten Muaraenim, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan penyuluhan kesehatan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim  Bambang Sugianto SKM (Kasi Kesga dan Gizi Masyarakat), Marsuan SKM (Kasi P2TM Keswa dan Napza) dan Eva Januarti SKM MM (Kesehatan Masyarakat). Kemudian dihadiri oleh Camat Lubai Edi Suprianto SP MSi, Pasi Ter Dim 0404/Muaraenim diwakili Serda Mat Eni, dan Masyarakat Desa Beringin.

Menurut Bambang Sugianto mengatakan bahwa Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan bisa terlihat anak berusia dua tahun. Adapun ciri-ciri terkena gejala stunting anak seperti badan lebih pendek untuk anak seusianya, proporsi tubuh cenderung normal tetapi anak tampak lebih muda kecil untuk seusianya, dan berat badan rendah untuk anak seusianya.

Untuk itu, kata Bambang, pemberian asi eksklusif sangat penting terutama saat usia bayi dari 0-6 bulan. Kemudian bayi berumur 6-9 bulan diberikan makan yang cair sebagai tambahan dan bayi berusia 9-12 bulan boleh diberikan bubur tim dan asi tetap diberikan kepada bayi. Selanjutnya dibawa ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi agar mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sedangkan Eva Januarti menyampaikan tentang hidup sehat kepada masyarakat supaya untuk membiasakan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, mengkomsumsi buah dan rajin berolah raga agar tubuh kita sehat terhindar dari segala penyakit.

Dilanjutkan Marsuan, bahwa bahaya Narkoba kepada masyarakat untuk tidak menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang yang dapat merusak, terutama pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

]]>
Fri, 18 Oct 2019 03:15:00 +0700
Pengantin Langsung Dapat Buku Nikah dan Kartu Keluarga Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pengantin-langsung-dapat-buku-nikah-dan-kartu-keluarga.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Sebanyak 173 pasang warga Musi Banyuasin dari kalangan keluarga tidak mampu, Kamis (17/10/2019) mengikuti rangkaian Itsbat nikah di Pengadilan Agama Sekayu yang merupakan program Bupati Muba Dodi Reza melalui Kesra Muba bersama Kemenag Muba. 173 pasang tersebut dalam rangkaian mengikuti Itsbat Nikah langsung mendapatkan bukuh nikah sebagai dokumen penting yang diberikan secara gratis tanpa dibebankan biaya administrasi.

"Itsbat Nikah ini tahap kedua yang digelar Pemkab Muba, Alhamdulillah pelaksanannya berjalan lancar," ungkap Kabag Kesra Muba, Opi Palupi.

Opi mengatakan, Pemkab Muba bersama Kemenag Muba sebelumnya juga pada Agustus lalu telah melaksanakan Itsbat Nikah yang diperuntukkan bagi 77 pasang warga Muba yang dilaksanakan di Kecamatan Lawang Wetan.

" Pak Bupati Dodi Reza sangat konsen pada pelayanan masyarakat nya untuk mengikuti Itsbat Nikah dan diperuntukkan bagi keluarga yang tidak mampu," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza mengucapkan selamat kepada peserta Itsbat Nikah di Muba. "Selamat dan sekarang telah tercatat menjadi pasangan resmi secara negara," ungkapnya.

Dodi menargetkan, tahun 2019 ini pihaknya akan memberikan kuota Itsbat Nikah kepada 800 pasang keluarga tidak mampu di Muba. "Ini sebagai komitmen untuk mengedepankan kebutuhan dan kepedulian terhadap warga yang kurang mampu di Kabupaten Muba dan negara harus hadir untuk saudara - saudara kita ini, salah satunya program itsbat nikah ini merupakan bentuk pelayanan Pemkab Muba yang memprioritaskan kebutuhan warganya," pungkasnya.

]]>
Fri, 18 Oct 2019 02:45:00 +0700
Polres Banyuasin Timbun Tiga Titik Jalan Rusak Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/banyuasin/view/polres-banyuasin-timbun-tiga-titik-jalan-rusak.html Lentera-PENDIDIKAN.com,BANYUASIN-Sat lantas Polres Banyuasin, menimbun tiga titik jalan yang rusak. Jalan-jalan tersebut sangat berbahaya untuk dilalui para pengendara. Penimbunan jalan kali ini, dilakukan pada 3 titik yaitu Seputaran depan Polsek Talang Kelapa, Simpang Pasir Putih dan Seputaran SPBU Kelurahan Sukajadi, kamis (17/10/2019).

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar melaui Humas Polres Banyuasin Bripka Ridwan mengatakan tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat tetap nyaman di dalam perjalanan.

"Dengan total 3 titik ruas jalan yang rusak dan berlobang dilaksanakan penimbunan badan jalan yang rusak dan berlobang pada hari ini, diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Jalintim Palembang - Jambi," katanya.(LP/intens.news)

]]>
Fri, 18 Oct 2019 01:20:00 +0700
TNI - Polri Harus Kompak Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/tni-polri-harus-kompak.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Sebagai alat pengamanan negara, TNI - Polri harus selalu kompak sebagai akan menjadi teladan di masyarakat. Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Wasev TMMD Ke-106 Tahun 2019, Brigjen TNI Alamsyah Tarmizi SIP (Kapok Sahli Kasad Bidang Sosbud), saat mengunjungi Kodim 0404/Muaraenim, Kamis (17/10/2019).

Hadir dalam kunjungan tersebut Plt, Bupati Muaraenim H Juarsah SH,  Dandim 0404/Muaraenim Letkol Inf Syafruddin, Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono, Wakil Ketua DPRD Muaraenim Nino, Perwakilan Kejari Muaraenim, pejabat muspida dan muspika Muaraenim serta staf jajaran Kodim 0404/Muaraenim.

Ketua Tim Wasev TMMD Ke-106 Tahun 2019 Brigjen TNI Alamsyah Tarmizi SIP mengatakan bahwa Komandan itu adalah mencarikan solusi bagi anak buahnya bukan menjadi masalah anak buahnya. Dan yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan terutama TNI - Polri harus kompak terus, apalagi di Muaraenim Kapolres dan Dandim satu liting.

Masih dikatakannya, ia meminta seluruh proyek selesai sesuai harapan, sebab semuanya akan dipertanggungjawabkan karena proyek tersebut menggunakan dana anggaran pusat sebesar Rp 480 juta dan dari APBD Muaraenim Rp 3,5 miliar. Mudah-mudahan proyek tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan Kabupaten Muaraenim.

"Saya kesini mengecek baik secara administrasi dan fisik. Insyaallah pada penutupan nanti Wakasad yang akan datang," ujar Mantan Dandim Lahat ini.

Menurut Dandim 0404/Muaraenim Letkol Inf Syarfuddin mengatakan bahwa kedatangan tim tersebut adalah untuk melihat langsung pelaksanaan TMMD ke-106 Tahun 2019 Kodim 0404/Muaraenim. Saat ini, semua pekerjaan proyek TMMD sudah mencapai 75 persen, dan mudah-mudahan sebelum waktu selesai semuanya sudah selesai dan ditempati serta digunakan. Proyek TMMD tersebut sudab memasuki Minggu ketiga, yang penutupan tanggal 31 Oktober 2019 di Desa Beringin.

Dikatakan Syarfuddin, ada beberapa kegiatan program TMMD ke-106 Kodim 0404/Muaraenim secara fisik yakni pembukaan jalan, pembuatan jembatan besi, nedah rumah ringan dan berat, pembuatan pos Kamling, rehab musholah, dan pembuatan plat duiker. Sedangkan non fisik seperti penyuluhan, kegiatan olahraga, kegiatan keagamaan, kegiatan kesehatan dan kegiatan sosial lainnya.

"Tanggal 31 Oktober 2019, seluruhnya harus selesai, namun kita menargetkan tanggal 25 Oktober sudah selesai semuanya sesuai petunjuk bahkan ada yang over target yakni bedah rumah," ujarnya.

Sementara itu Plt Bupati Muaraenim H Juarsah, mrngucapkan banyak terimakasih atas kedatangan dan kerjasamanya, semoga bisa menjadi motivasi didaerah khususnya di Kabupaten Muaraenim. Dan kedepan, kerjasama ini, terus untuk ditingkatkan semoga bisa membawa dampak positif bagi masyarakat. Seperti dahulunya belum ada jalan, ketika dibuat jalan dan jembatan akses mereka akan semakin mudah dan cepat.

]]>
Fri, 18 Oct 2019 00:30:00 +0700
Muba Buka Lowongan 241 Formasi CPNS Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/muba-buka-lowongan-241-formasi-cpns.html Lentera-PENDIDIKAN.com,JAKARTA-Muba akan membuka lowongan  241 formasi CPNS pada tahun 2019. Kepastian jumlah formasi didapat berdasarkan Keputusan Menpan RB, no. 319 tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten  Musi Banyuasin TA 2019. Hal itu dikatakan Kepala BKPSDM Muba, Sunaryo. Menurut dia, formasi CPNS Muba diketahuinya setelah usai mengikuti rapat pemantapan formasi CPNS di Bidakara, Jakarta.

"Ditetapkan dari Kemenpan RB,  kebutuhan PNS di Muba yakni sebanyak 241 formasi terdiri dari Tenaga Pendidik 86, Tenaga Kesehatan 76 dan tenaga teknis 79," jelas dia.

Menurut Sunaryo, ada 20 formasi usulan yg tidak  disetujui dari  261 usulan formasi yang diajukan Pemkab Muba. Penyerahan formasi ini didapatnya pada rakor persiapan pengadaan CPNS 2019 di Hotel  Bidakara Jakarta , Kamis, ( 17 okt 2019) yang diwakili Kepala BKPSDM, Muba Sunaryo . Seiring dengan diterimanya formasi CPNS tersebut, ditambahkan Sunaryo, bahwa pendaftaran diperkirakan dibuka pada bulan Oktober 2019.Selanjutnya pada proses rekrutmen mendatang   BKPSDM Muba selaku panitia instansi siap melaksanakan pengadaan CPNS 2019.

"Untuk tanggal pastinya bisa dicek langsung di situs  SSCAN BKN atau di  bkpsdm.mubakab.go.id atau di medsos  resmi milik BKPSDM Muba," tandasnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex menyambut baik formasi untuk CPNS Muba. Dirinya yang getol melakukan perbaikan mutu dan manajemen ASN berharap masyarakat Muba mampu menangkap peluang ini.

" Mari,  masyarakat Muba  mempersiapkan diri kalian  semaksimal mungkin. saya peringatkan  jangan tergiur oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan menawarkan diri bisa mengakali atau menjanjikan lolos tes dengan segala sama cara tak terpuji.  Seperti tahun 2018 lalu, sistem penerimaan  menggunakan CAT BKN dan dijamin hasilnya cepat, akuntable dan transparan. Jadi jangan coba-coba ada yang memanfaatkan untuk kepentingan tak bertanggung jawab. ASN kekinian adalah yang percaya diri, disiplin, cerdas dan bentanggungjawab," pesan Dodi.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 19:55:00 +0700
Camat Kalidoni Launching Sistem Warsa PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/camat-kalidoni-launching-sistem-warsa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Kecamatan Kalidoni Palembang berhasil mengembangkan suatu sistem bernama Warung Serba Ada (Warsa) yang menawarkan kemudahan berbelanja dengan menggunakan aplikasi yang didownload di playstore.

Camat Kalidoni Ari Wijaya mengatakan,  Warsa merupakan salah satu dari kegiatan satuan kerja (Satker) Kecamatan Kalidoni yang menyiapkan beberapa jenis layanan, yakni pelayanan warung manisan atau sembako, Fresh Food, pelayanan Bank Sampah dan Agen BNI 46.

 “Sistem kita sudah siap. Kami akan memasang sistem ini di 200 warung yang tersebar di kecamatan Kalidoni,” jelas Ari, usai soft launching Warsa di Kantor Camat Kalidoni, Kamis(17/10/19).

Dia menjelaskan,   sistem Warsa ini ada dua Aplikasi yang berjalan, yakni Box Belanja yang digunakan masyarakat untuk belanja, dan Ralali yang digunakan untuk memesan barang dari Suplayer.

"Launching akan dilakukan di akhir November nanti adalah aplikasi yang dari warung kepada Satker dan Satker kepada Suplayer dengan menggunakan aplikasi Ralali.  Aplikasi ini salah satu market place yang sudah bekerjasama dengan pihak kecamatan membidangi kegiatan retail, misalnya Warsa seperti warung maka Ralali ini adalah grosirnya," katanya.

"Soal harga dalam aplikasi Warsa, lebih murah dari harga pasaran, bahkan dengan pedagang sayur keliling pun bisa lebih murah. Pasalnya,  mendapatkan barang memang dari sumbernya," ucapnya.

"Target dapur dari warsa ini adalah Fresh food, sementara ini di ambil dari pasar induk jakabaring, namun pengembangannya nanti seluruh produk yang ada di Warsa ini akan di produksi dan ditanam oleh masyarakat Kalidoni, seperti ikan lele, bawang cabe dan lainnya, atau yang kita sebut Urban Farming ataubkonsepnya mengajak bertani dengan sistem perkotaan," tambahnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, melalui Staff Ahli Walikota Bidang Sosmas, Herly Kurniawan mengungkapkan bahwa Pemerintah kota (Pemkot) Palembang sangat mengapresiakan atas apa yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Kalidoni.

"Warsa ini mengadopsi market online. Jadi masyarakat dapat mudah untuk memenuhi kebutuhannya pokoknya dan lain-lain juga bisa transaksi keuangan," bebernya.

"Kita berharap kedepan tidak hanya Kecamatan Kalidoni saja yang mampu menciptakan sebuah inovasi yang luar biasa, namun hal tersebut juga dapat dilakukan juga untuk seluruh Kecamatan yang ada di kota Palembang. Kami juga akan terus mensuport kegiatan ini sekaligus akan mengajak pelaku-pelaku usaha BUMN, BUMD untuk ikut bekerja sama dalam terciptanya visi dan misi Pemkot Palembang," pungkasnya.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 17:20:00 +0700
Poltek Sekayu Wisuda 72 Mahasiswa Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/poltek-sekayu-wisuda-72-mahasiswa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Sebanyak 72 Mahasiswa-mahasiswi Politeknik Sekayu yang dari 3 (tiga) Program Studi (Prodi) yakni Akuntansi 23 orang, Teknik Informatika 25 orang dan Teknik Pendingin dan Tata Udara 24 orang tahun akademik 2018/2019 secara resmi diwisudakan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda X, di Opp Room Pemkab Muba, Kamis (17/10/2019).

Dari tiga prodi tersebut terdapat mahasiswa lulusan terbaik, yakni Kendedes dengan IPK 3,93 dari Prodi Akuntansi, Abroida IPK 3,89 Prodi Teknik Informatika, Wahyu Aji Pangestu 3, 69 dari Prodi Teknik Pendingin & Tata Udara.

Wisuda ke-10 Politeknik Sekayu ini dihadiri Bupati Muba H Dodi Reza Alex diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba H Ibnu Sa'ad SSos MSi, Kodim 0401 Muba Mayor Inf M Daud, Kejaksaan Negeri, Polres Muba, Ketua Yayasan Muba Sejahtera diwakili H M Umar Nawawi, Direktur Politeknik Sekayu Harianto, perwakilan ConocoPhillips Fajri, Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumsel diwakili Rustina SE MSi, alumni dan para orang tua mahasiswa/mahasiswi.

Pada kesempatan itu Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba H Ibnu Sa'ad SSos MSi mengucapkan selamat kepada kepada civitas akademika Politeknik Sekayu yang telah melaksanakan wisuda untuk yang ke-10 kalinya dan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan studi dengan baik.

Ia juga mengatakan pembangunan sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat strategis dan harus diperhatikan karena dengan sumber daya manusia yang berkualitas, Kabupaten Muba akan mampu merancang, mengembangkan, mengelola, mengawasi dan memelihara pembangunan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di Musi Banyuasin diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peran para lulusan kelak dalam memanfaatkan dan mengolah sektor-sektor potensial yang dimiliki Muba.

"Peningkatan SDM ini juga dimaksudkan untuk memperbaiki indeks pembangunan masyarakat, sesuai dengan harapan Pemkab Muba yang menargetkan pembangunan paling maju dan terdepan dengan cara melakukan terobosan yang membuat Muba unggul dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat mandiri dan pemerataan pembangunan menuju Muba Maju Berjaya 2022," ujarnya.

Lebih lanjut Ibnu mengatakan sebagai bangsa yang sedang membangun pemerintah tidak hanya memfokuskan pembangunan dalam bentuk fisik saja, namun juga membangun non fisik yaitu pembangunan di bidang mental dan spiritual agar terwujudnya keseimbangan dalam pembangunan. Menghadapi tantangan pembangunan tersebut, tentu tidak hanya dibutuhkan tingkat kualitas sdm yang unggul dari sisi akademik, namun juga sikap moral yang terpuji dan keteladanan serta sikap profesional dalam bekerja.

"Kami berharap, saudara-saudara yang diwisuda pada hari ini dapat berperan secara aktif dan bersama-sama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin guna mewujudkan Muba Maju Berjaya untuk Pembangunan Daerah yang kita cintai," tandas Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 16:45:00 +0700
Tim Wasev TMMD ke-106 Kunjungi Kodim 0404/Muaraenim Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/tim-wasev-tmmd-ke-106-kunjungi-kodim-0404muaraenim.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Dalam rangka meninjau langsung pelaksanaan TMMD ke-106 Tahun 2019, Tim Wasev TMMD Ke-106 Tahun 2019, kunjungi Kodim 0404/Muaraenim, Kamis (17/10/2019).

Hadir dalam kunjungan tersebut Ketua Tim Wasev TMMD Ke-106 Tahun 2019, Brigjen TNI Alamsyah Tarmizi SIP. (Kapok Sahli Kasad Bidang Sosbud), dihadiri oleh Dandim 0404/Muaraenim Letkol Inf Syafruddin, Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono, Wakil Ketua DPRD Muaraenim Nino, perwakila. Kejari Muaraenim, pejabat muspida dan muspika Muaraenim serta staf jajaran Kodim 0404/Muaraenim.

Menurut Dandim 0404/Muaraenim Letkol Inf Syarfuddin mengatakan bahwa kedatangan tim tersebut adalah untuk melihat langsung pelaksanaan TMMD ke-106 Tahun 2019 Kodim 0404/Muaraenim. Saat ini, semua pekerjaan proyek TMMD sudah mencapai 75 persen, dan mudah-mudahan sebelum waktu selesai semuanya sudah selesai dan ditempati serta digunakan.

"Tanggal 31 Oktober 2019, seluruhnya harus selesai, namun kita menargetkan tanggal 25 Oktober sudah selesai semuanya," ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Wasev TMMD Ke-106 Tahun 2019, Kodim 0404 Muaraenim Brigjen TNI Alamsyah Tarmizi SIP, yang menjabat Kapok Sahli Kasad Bidang Sosbud ini, meminta seluruh proyek selesai sesuai harapan, sebab semuanya akan dipertanggungjawabkan karena proyek tersebut menggunakan dana anggaran pusat sebesar Rp 480 juta dan dari APBD Muaraenim Rp 3,5 miliar.

"Saya kesini mengecek baik secara administrasi dan fisik. Insyaallah pada penutupan nanti Wakasad yang akan datang," ujar Mantan Dandim Lahat ini.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 15:10:00 +0700
Shabara Polres Muaraenim Genjot Latihan Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/shabara-polres-muaraenim-genjot-latihan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Satuan Shabara Polres Muaraenim menggelar kegiatan pelatihan khusus dalam rangka Siaga 1 menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, dihalaman Mapolres Muaraenim, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan latihan tersebut dipimpin oleh pelatih Kasat Sabhara AKP Toni Arman SH, dengan pelatih Dalmas Polres Muaraenim Ipda Yeri Gunawan Kanit 1 Dalmas, Aipda M Umrah Kasubnit Dalmas 2, Bripka Syaiful W.P Kasubnit Dalmas 1.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner melalui Humas Ipda Yarmi, mengatakan bahwa latihan Dalmas Awal dan Dalmas Inti Polres Muaraenim akan dilakukan secara rutin selama menjelang tahapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Kegiatan latihan Dalmas Awal dan Dalmas Inti merupakan kegiatan khusus dalam rangka Siaga 1 menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, dan akan dilatihkan secara rutin selama menjelang tahapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Latihan Dalmas Polres Muaraenim, diikuti oleh Ton Dalmas Awal Kompi Kerangka Polres Muaraenim,Tim Negosiator, Ton Dalmas Inti Satuan Sabhara Polres Muaraenim.

Dikatakan Ipda Yarmi, Materi latihan yang di sampaikan yaitu Sikap Pokok Dalmas, Sikap Siaga Dalmas, Formasi Tangan Berkait, Formasi Tali Dalmas, Formasi Desak Maju, Formasi Dorong Maju, Sikap Berlindung dan Persiapan Penembakan Gas Air Mata. Adapun alat yang digunakan saat latihan adalah Tali Dalmas, Megaphon (pengeras suara), Apar, Bendera Pelencang, Spanduk himbauan dan Flashball.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 14:35:00 +0700
UIN Raden Fatah Launching Badan Wakaf Pendidikan PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/uin-raden-fatah-launching-badan-wakaf-pendidikan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Sidang senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis merayakan 5 Tahun Transformasi IAIN Raden Fatah Palembang menjadi UIN Raden Fatah Palembang digelar di Gedung Akademik Center Kampus A UIN Raden Fatah, Kamis (17/10/2019).

Acara dihadiri Gubernur Sumsel yang diwakili Asisten 1 Bidang  Pemerintahan dan Kesra H. Ahmad Najib, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Drs Sirozi M. A,  P. HD Ketua Senat UIN Raden Fatah Prof Dr H. Aflatun Muchtar M. A, Anggota Senat dan tamu undangan dan mahasiswa.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Ahmad Najib dalam pidatonya mengatakan, pihaknya mengucapkan puji syukur dalam rangka Sidang Senat Terbuka dan memperingati 5 tahun Transformasi IAIN menjadi UIN Raden Fatah sekaligus Launching Badan Wakaf.

"Semoga ini manjadi tekat yang teguh dalam bersama membangun yang kokoh. Sehingga mampu mengkontribusi nasional sehingga mampu melaksanakan ke masyarakat. Launching Badan Wakaf pendidikan ini dapat mengenalkan kepada mahasiswa sebagai calon pemimpin negeri ini. Pemerintah Provinsi Sumatera selatan mengucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis 5 Tahun Transformasi IAIN menjadi UIN Raden Fatah,"ujarnya.

Sementara itu Ketua Senat Raden Fatah Pelembang Prof Dr H. Aflatun Muchtar M. A menambahkan, ketika ditanya terkait terjemahan Al Quran dalam Bahasa Palembang,   kiranya ini adalah satu langkah agar kita jangan melupakan bahasa daerah karena tidak sedikit masyarakat yang lupa kepada bahasa daerahnya. Karena itu Al-Qur'an itu yang diterjemahkan bahasa Indonesia secara umum dan juga siterjemahkan ke bahasa bahasa daerah. "Kita berharap masyarakat dimanapun berada mampu memahami kandungan Al-Qur'an secara baik. Untuk diterapkan didalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," katanya.

"Untuk di Palembang ini Al-Qur'an yang pertama dalam bahasa Palembang karena Sumatera Selatan jangan sampai ketinggalan dari daerah daerah lain dengan terjemahan Al-Qur'an dalam bahasa palembang," beber Aflatun.

Aflatun mengungkapkan,  untuk prosesnya sendiri cukup lama memakan waktu hingga 2 - 3 tahunan dan itu butuh dana.

"Yang mencetaknya langsung dari Kementerian Agama untuk berapa banyaknya kita belum mengetahui. Kemungkinan bisa ribuan yang akan dicetak dan akan dibagikan keseluruh kabupaten dan kota," paparnya. 

"MUI sekabupaten kota ada tokoh masyarakat semua dibiayai oleh Kementerian agama. Kita berharap kedepanya jika memungkinkan seluruh bahasa daerah di Sumatera Selatan akan kita lakukan juga,"  tutupnya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Drs Sirozi M. A, P HD menuturkan, ini salah satu tugas UIN untuk melakukan Syiar Islam, menjaga nilai nilai budaya. "Pengertian terjemahan  Al-Qur'an ke Bahasa Palembang ini setelah cukup lama sejak Prof Aflatun jadi Rektor, memang banyak sekali liku likunya tetapi berkat perjuangan kerja keras timnya semua bisa dilaksanakan mudah mudah ini bermanfaat," tutur Sirozi

"Tidak hanya untuk orang orang yang ingin membaca tetjemahan Al-Qur'an dengan bahasa Palembang, tetapi menjadi salah satu aset kebudayaan bagi masyarakat Palembang. Karena kita di Kota Palembang kita akan dikirim oleh kementerian agama bahasa lain dan dareah lain juga akan menerima bahasa kita. Sementara ini akan kita pelajari kalau ada bahasa daerah lain yang memang penting akan kita lakukan juga. Karena semua sudah diprogramkan oleh pemerintah," pungkasnya.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 13:50:00 +0700
OPD Diminta Tingkatkan Pengawasan Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/opd-diminta-tingkatkan-pengawasan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi meminta seluruh Perangkat Daerah (PD) di Kabupaten Muba memaksimalkan pengawasan paket program pengerjaan. Berikan sanksi tegas kepada rekanan atau kontraktor yang bekerja tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan.

"Saya minta Kepala PD jangan hanya terima laporan, harus turun ke lapangan. Cek ke lokasi, pastikan pengerjaan selesai tepat waktu dan sudah sesuai," tegasnya di sela Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan untuk Triwulan III Tahun Anggaran 2019, Kamis (17/10/2019). 

Dikatakan Sekda, Organisasi Perangkat Daerah harus melakukan monitoring di lapangan, apakah hasil pekerjaan sudah memuaskan atau belum, perhatikan kualitas , representatif,  serta tenaga kerja dan administratif yang kurang lengkap. Terutama kepala PD terhadap kontraktor yang kualitas pekerjaan kurang baik maka beri tegoran, bila perlu kedepan tidak usah di diberi lagi kepercayaan untuk mendapatkan tender. 

"Tujuan kita mencari kontraktor yang berkualitas dan bertanggung jawab, karena sesuai aturan mereka sudah diberikan keuntungan, dari pajak dan lainnya sudah kita perhitungkan untung. Maka semakin cepat mereka menyelesaikan pekerjaan, tentu profit mereka akan lebih baik, "ujar Sekda.

Sekda juga mengatakan bahwa pengalaman di lapangan untuk pembangunan jalan yang jauh dari lokasi banyak dikerjakan sembrono. Maka dari itu tolong di cek dan benar-benar dipantau. Kalau memang dari sisi isntansi tidak mampu maka bisa pakai konsultan, misalkan personil terbatas.

"Untuk APBD 2019 komitmen kita tetap seperti diawal, saya mengingatkan, pertama kita masih memberikan batasan waktu untuk terakhir kali mencairkan uang di tanggal 21 Desember, di atas tanggal tersebut masih mekanisme lama harus persetujuan Bupati terlebih dahulu, maka dari sekarang cepatlah dikejar agar bisa ditagih,"pungkasnya.

Pada kesempatan Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan untuk Triwulan III Tahun Anggaran 2019 tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Muba Ir Zulfakar juga memaparkan Top 5 realisasi fisik di Tahun Anggaran 2019.

Diantaranya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Inspektorat, Dinas Sosial, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Dinas Perikanan. Adapun Top 5 penyerapan keuangan yaitu Dinas Sosial, Satpol PP, Dinas Koperasi, Inspektorat dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 11:50:00 +0700
Pemkab Muba Siap Realisasi Pemindahan Pasar Talang Jawa Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pemkab-muba-siap-realisasi-pemindahan-pasar-talang-jawa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam waktu dekat akan melakukan pemindahan pedagang di pasar lama Talang Jawa Kelurahan Balai Agung, ke Pasar Randik Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu.

Plt Kepala Dinas Perdagang dan Perindustrian Muba Azizah SSos dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Penertiban dan Pemindahan Pedagang Pasar Talang Jawa mengatakan jumlah pedagang yang akan dipindahkan 356 pedagang yang terdiri dari 141 pedagang sayuran, 25 pedagang buah-buahan, pedagang ikan, ayam dan daging 102, kuliner 26, dan agen 62.

Terkait pemindahan pedagang tersebut, los-los sudah dipersiapkan dan masih ada kelebihan sejumlah 80 los tiap blok untuk mengantisipasi kekurangannya.

"Kita masih kelebihan banyak (los), selain itu untuk mengantisipasi kekurangan lagi kita membuat los lapak disamping blok-blok," kata Azizah dalam rapat yang dipimpin Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba, Rabu (16/10/2019).

Kemudian kata Azizah untuk pedagang buah sudah dibangun lapak dipinggiran jalan, disamping Pasar Randik melalui dana DAK dan APBD-P tahun 2019.

"Instalasi WC umum juga sudah diperbaiki, tempat parkir kita membuat timbunan untuk mengantisipasi kemacetan jalan," tandasnya.

Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi pada kesempatan itu memohon dukungan dari semua pihak, dari Kodim, Polres, Pol PP, dan perangkat daerah lainnya terkait penertiban dan pemindahan pasar.

"Kalau bisa kita gratiskan los atau lapak kepada pedagang untuk tahun ini mulai dari tanggal penempatan, semua jangan dipungut biaya begitu juga parkir," ujarnya.

Kasat Sabara Polres Muba AKP Sigit Purnomo mengatakan pihaknya siap mendukung pelaksanaan pemindahan pasar tersebut.

"Dalam upaya penertiban pasar Talang Jawa ini kami menyarankan kalau bisa tidak terjadi keributan," ucap Sigit.

Rapat juga dihadiri Camat Sekayu Marko Susanto SSTP MSi, Kasat Pol PP Muba Joni Martohonan, dari Kodim 0401 Muba Yamin, dan Kepala Perangkat Daerah Muba.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 08:05:00 +0700
Polres Muaraenim Berikan Pelayanan Kesehatan Secara Door to Door Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polres-muaraenim-berikan-pelayanan-kesehatan-secara-door-to-door.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Dalam rangka membantu dan menjalin tali silaturahim dengan masyarakat, Polres Muaraenim menggelar bhakti sosial dibidang pelayanan kesehatan gratis secara door to door dan memberikan bingkisan untuk warga tidak mampu, di kota Muaraenim, Rabu (16/10/2019). Kegiatan bhakti sosial tersebut dilaksanakan oleh Ipda Agus Sugianto (Paurmin Satbinmas), Aipda Sunarno AM.Kep (Paurkes Bagsumda), Bripka Hardiansyah AM.Kep ( Brig Urkes Bagsumda), Bripka Nopli Wahsila (Babhin Desa Kepur ), dan Johansyah (Sekdes Desa Kepur).

Menurut Kapolres Muaraenim AKBP Afner melalui Humas Ipda Yarmi, bahwa tujuan kegiatan Bhakti Sosial ini adalah untuk merajut Kebhinekaan antara Polri dengan masyarakat berupa pelayanan kesehatan terhadap masyarakat terutama yang kurang mampu dengan cara door tot door. Selain itu, juga diberikan bingkisan Sembako terhadap masyarakat tidak mampu yang sedang mengalami sakit. Kegiatan ini, lanjut Yarmi, dilaksanakan oleh Urkes Bagsumda dan Satbinmas Polres Muaraenim di Kampung III, Desa Kepur, Kecamatan Muaraenim Pengobatan terhadap Lanjut Usia (Lansia yang mengalami sakit secara dor to door sebanyak empat orang lanjut usia yakni Saridah (73) penderita Hypertensi dan mengalami kelumpuhan,Sopiah (70) megalami Sakit infeksi Paru - paru, Mursiu (71) mengalami Stroke dan Yohana (72) mengalami sakit Asthma Khronis. Setelah itu, dilanjutkan pemberian bingkisan sembako sebanyak empat orang Lansia.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan kata Yarmi, antara lain Penyuluhan Kesehatan tentang Prilaku Hidup bersih dan Sehat. Pemeriksaan Kesehatan sebanyak 17 orang. Pengobatan terhadap Lansia yang mengalami sakit secara dor to dor sebanyak empat orang lanjut usia Pemberian bingkisan sembako sebanyak empat orang lansia.

"Alhamdulilah pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan lancar," ujarnya.

]]>
Thu, 17 Oct 2019 07:20:00 +0700