Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Sun, 21 Apr 2019 05:22:55 +0700 Siswa Harus Diberi Ruang Berkreasi PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/siswa-harus-diberi-ruang-berkreasi.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Anak-anak harus diberikan ruang untuk berkreasi diantaranya dengan cara berkompetisi untuk mengaktualisasikan bakat yang dimiliki anak. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Sumsel, Fahlevi Maizano usai membuka lomba ajang Kompetisi Seni dan Sains (Aksi 17) tingkat SMA, SMK, MAN se Sumsel dan SMP se-Kota Palembang, di gedung Aula SMAN Plus 17 Palembang, Sabtu (20/4/2019).

Fahlevi Maizano mengatakan, anak muda itu harus memiliki motivasi dan inovasi. Kalau mereka hanya mempunyai motivasi itu hal biasa, karena tidak ada yang dicapai untuk kedepan.

"Kalau ada inovasi tanpa ada motivasi itu mimpi atau berkhayal," ujarnya.

Dengan kondisi yang ada, lanjut dia, anak muda harus diberikan ruang baik itu kesenian, olahraga, dan sains.

"Anak tidak cukup hanya ilmu akademis, anak harus dibimbing dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakatnya. Saya yakin akan muncul," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN Plus 17 Palembang, Parmin Suwito SP.d, MM menambahkan, kegiatan ini dimulai 20-23 April 2019, dengan di ikuti peserta sebanyak 25 sekolah di Palembang dan 11 sekolah di luar Palembang, serta SMP ada 12 sekolah.Perlombaan ini mempertandingkan 30 cabang lomba sesuai jenisnya dengan 1.500 orang.

"Kegiatan ini sangat penting bagi pelaksanaan anak nantinya untuk jujur dan bertanggung jawab. Peeserta diharapkan dapat menunjukan bakatnya dalam berkompetisi. Selain itu, ini juga sebagai bentuk pembinaan karakter dan pengembangan kemampuan anak, tidak dari sisi akademik namun non akademik," pungkasnya.

]]>
Sun, 21 Apr 2019 05:00:00 +0700
HUT TNI AU, Danlanud SMH Goyang Bareng Zaskia Gotik PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/hut-tni-au-danlanud-smh-goyang-bareng-zaskia-gotik.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Dirgantara 2019 dan Peringatan HUT TNI AU ke 73 tahun 2019 digelar di lapangan  Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH). Gebyar Dirgantara Panggung Prajurit berlangsung dua hari pada 20-21 April 2019 dan dimeriahkan artis ibukota Zaskia Gotik, Kiki Amalia, Indra Bekti dan  Putri Indonesia Sumsel Helvanda Herman.  Bahkan, peringatan puncak HUT TNI AU ini memberikan doorprise dengan hadiah utama rumah dan mobil. Tidak hanya itu, maasih banyak lagi hadiah yang diberikan seperti powerbank, dispenser hingga seterika.
Acara ini pun dihadiri oleh, Kapolda Sumsel, Komandan Korem 044/Garuda Dempo dan ratusan masyarakat yang antusias mengikuti acara ini. Komandan Lanud, Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb.Heri Sutrisno, S.IP, M.Si., menutrukan acara hari ini, masih dalam rangkaian HUT TNI AU ke-73 tahun 2019 diperingati setiap tanggal 9 april dan bertepatan Bulan Dirgantara, Gebyar Panggung Prajurit dan Pesta Rakyat adalah bentuk kemanunggalan TNI khususnya TNI AU dengan rakyat atau masyarakat Palembang.
"Kegiatan ini sesuai dengan tema HUT TNI AU Berlandaskan jiwa profesional, militan, inovatif dan kemanunggalan bersama rakyat, TNI AU siap melaksanakan tugas matra udara dalam mendukung tugas pokok TNI," katanya Sabtu (20/4/2019).
Dia menjelaskan, pihaknya menampilkan kegiatan yang dikemas dari kita untuk kita yang bertujuan untuk menjalin silaturahmu dan menjaga persatuan dan kesatuan.
"Kita ingin memberitahu masyarakat kalau TNI  itu tidak seram, sama dengan rakyat. Dan kita bekerja untuk rakyakt. Pihaknnya, akan terus menjalin sinergisitas dengan Polri dan rakyat. Untuk itu, Pertemuan itu menjalin kita untuk lebih indah. Kita juga terus memodernisasi alutista kita, latihan. Membangun itu, untuk pertahanan yang kuat, agar negara kita kuat," kata dia.
Selain itu, Ketika ditanya kesiapan TNI AU menghadapi Karhutla, Heri menuturkan,  ada satgasnya terdiri dari Danrem, Kapolda, dan Pangdam. 
"Kita saat ini sudah mengantisipasi, Kita mengajak masyarakat untuk siaga masyarakat, agar tidak ada api," ujarnya
Ditempat yang sama, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, mengucapkan Selamat HUT TNI AU. Polisi itu masuk satgas,
"mencegah itu lebih murah daripada melakukan pemadaman karena sangat mahal," ujar Kapolda.
Selain itu, Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Arh Sonny Septiono, S.E menambahkan, Karhutlah pencegahannya dimulai dari sekarang.
 
"Saya di Satgas kahurtla. Kita sudah melakukan pencegahan. Desa rawan karhutla kit sudah melakukan pencegahan kebakaran," bebernya.
Lanjutnya, Tahun ini prediksinya elnino meningkat. Bahkan pada Juni dan Juli akan panas panjang. Kita siap melakukan berbagai pencegahan.
Sedangkan, Ketua tim Event Organizer Langit Biru Tika, dalam Rangka Bulan Dirgantara dan Peringatan HUT TNI yang ke 73, ditunjuk sebagai Event Organizer oleh Pihak AURI (Lanud SMH) untuk Project Management Services Acara.
"Kami terima kasih atas kepercayaannya kepada Komandan Lanud SMH yang telah memfasilitasi tempat acara dan kami menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari perencanaan, persiapan, penyiapan di intern kami maupun dilapangan.  Acara ini dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Militer itu terus melakukan kedekatan dengan masyarakat," tutupnya.
]]>
Sat, 20 Apr 2019 19:55:00 +0700
Bawaslu Rekomendasi Pemungutan Suara Susulan, Lanjutan Ulang PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/bawaslu-rekomendasi-pemungutan-suara-susulan-lanjutan-ulang.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) merekomendasikan agar dilaksanakan Pemungutan Suara Susulan (PSS), Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) dan/atau Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Sumatera Selatan. Rekomendasi tersebut dikeluarkan, menindaklanjuti laporan dan hasil pengawasan di seluruh TPS di Sumatera Selatan (Sumsel), yang didapati warga negara kehilangan hak pilih atau pelanggaran pemilu berupa orang yang tidak berhak memilih melakukan pencoblosan di TPS.

“Untuk menjaga hak pilih warga negara, dan menegakkan prinsip keadilan pemilu, jajaran pengawas pemilu di Sumsel merekomendasikan agar dilakukan Pemilu Susulan, Pemilu lanjutan hingga pemungutan suara ulang,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Iin Irwanto dalam jumpa pers di Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (20/4/2019). Turut hadir dalam kesempatan tersebut, anggota Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi, Iwan Ardiansyah, Syamsul Alwi dan Yenli Elmanoferi, Kasubag hukum, humas dan hubungan antarlembaga Karlisun.

Dari laporan yang diterima Bawaslu Provinsi Sumsel, di provinsi Sumsel terdapat sedikitnya 484 TPS yang berpotensi untuk digelar pemilu lanjutan. Dari jumlah tersebut 445 di antaranya berada di wilayah kabupaten Banyuasin. Sementara sisanya, tersebar di Kota Palembang (25 TPS); Ogan Ilir (12 TPS) OKI (1 TPS); Prabumulih (1 TPS). Sementara untuk PSU digelar di 1 TPS di Banyuasin.

“Salah satu penyebab dilakukannya PSU adalah jika ada orang yang tidak berhak memilih melakukan pencoblosan di TPS,” kata Iin.

Dia menegaskan, pemungutan Suara Susulan (PSS), digelar jika terjadi kerusuhan, gangguan, keamanan, bencana alam atau gangguan lainnya yang mengakitabkan seluruh tahapan penyelenggaran pemilu tidak dapat dilaksanakan. Sementara PSL digelar jika terjadi kerusuhan, gangguan, keamanan, bencana alam atau gangguan lainnya yang mengakibatkan sebagian tahapan penyelenggaran pemilu tidak dapat dilaksanakan.

“Untuk pelaksanaannya dilakukan 10 hari setelah hari pemungutan dan/atau penghitungan suara,” tukasnya.

Pada hari pemungutan suara, Rabu (17/4/2019), Bawaslu Sumsel dan jajaran menemukan sejumlah sejumlah masalah. Dari hasil pengawasan tersebut, Bawaslu Provinsi melakukan sejumlah langkah untuk menjaga hak pilih setiap warga negara yang berhak memilih.

“Selain melakukan pengawasan langsung, kami juga menerima aduan dari masyarakat yang menyampaikan bahwa mereka tidak bisa mencoblos karena masalah-masalah teknis. Menanggapi laporan tersebut, kami langsung meresponsnya dengan melakukan investigasi ke sejumlah TPS bermasalah,” ucap Iin.

Langkah yang dilakukan Bawaslu tersebut, menurut Iin, diikuti oleh jajaran Bawaslu Kabupaten / Kota di Sumsel hingga jajaran di tingkat bawah.

“Kami telah memerintahkan Bawaslu Kabupaten/kota untuk menindaklanjuti aduan masyarakat, dan menjaga hak pilih warga negara,” tutur Iin.

Dari hasil pengawasan, terdapat ratusan permasalahan di TPS. Namun, sebagian di antaranya sudah bisa diselesaikan di tingkat TPS.

“Misalnya jika terjadi kekurangan surat suara, namun bisa diselesaikan dengan mengambil surat suara dari TPS terdekat,” tandas Iin.

]]>
Sat, 20 Apr 2019 19:30:00 +0700
Targetkan Kenaikan Agen BRILink Hingga 300 Orang Pertahun Ekonomi & Bisnis http://www.lenterapendidikan.com/berita/ekonomi-bisnis/view/targetkan-kenaikan-agen-brilink-hingga-300-orang-pertahun.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Penarikan Hadiah Simpedes SMT II (September 2018-Februari 2019) Kanca BRI Palembang Sriwijaya di Hotel Aston, Sabtu (20/4/2019). Dalam acara tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antara BRI dengan agenBRILink. Pimpinan BRI Sriwijaya M Syarif Budiman mengatakan, hari ini kita sudah melaksanakan undian simpedes periode September 2018-Februari 2019. Kegiatan ini rutin setahun dua kali.

"Yang ikut undian ini, penabung simpedes rekeningnya di bri cabang sriwijaya dan unit kerjanya, yakni ada 1 unit cabang 3 kantor cabang dan 18 kantor unit," ujarnya.

Hari ini, lanjut Syarif, juga digelar silaturahmi agen BRILink. BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

"Usaha berkembang, mereka dapat sharing fee," ucapnya.

Lebih lanjut, dia menjekaskan, program BRI ini banyak, pertama khususnya di cabang sriwijaya ada program undian simpedes, britama, meningktkan traksasi dengn mobile Banking.

"Kita ada agen BRILink, dimana nasabah punya usaha, bisa nambah modal juga. Saat ini jumlah agen BRILink di wilayah kita sekitar 988 . Diprediksi akan bertambah sekitae 200-300 naik tiap tahun. Kita ingin BRI makin dekat dengan masyarakat," bebernya.

Sementara itu, Kepala unit BRI Lemabang Indrajaya menuturkan, yang mendapatkan hadiah mobil dalam undian Simpedes ini adalah nasabah BRI unit Lemabang.

"Tahun lalu nasabah kita juga menang. Dengan adanya hadiah mobil, gairah nasabah nabung lebih tinggi," katanya.

Menurutnya, kelebihan dari menabung di BRI adalah keamanan lebih terjamin, atm BRI banyak.

"Nasabah BRI sangat banyak. Kita berharap nasabah bisa mengajak saudara dan temannya untuk menabung di BRI," pungkasnya.

]]>
Sat, 20 Apr 2019 18:10:00 +0700
Surat Suara Mulai Dihitung Di Kecamatan Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/surat-suara-mulai-dihitung-di-kecamatan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Sesuai dengan tahapan Pemilu, surat suara yang ada di PPS mulai bergeser ke PPK dan mulai dilakukan perhitungan ditingkat Kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim, di Aula Kantor Kecamatan Muaraenim, (19/4/2019).

Kegiatan dibuka oleh Ketua PPK Kecamatan Muaraenim Dwi Andi Suliantoro, Camat Muaraenim Arsali Imanudin, Danramil 404-07/ME Kapten Czi Ansori, BKO Sat Sabhara Polres Muaraenim Iptu Situmorang, Ketua Bawaslu Kecamatan Totok, Ketua PPS dan Anggota Se-Kecamatan Muaraenim, Saksi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Kegiatan Rapat Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Muaraenim, berlangsung aman dan tertib.

Menurut Ketua PPK Kecamatan Muaraenim Dwi Andi Suliantoro bahwa  kegiatan Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019 tingkat Kecamatan Muaraenim, sesuai rencana akan dilaksanakan selama lima hari yakni pada hari Jumat (19/4) Rekapitulasi Perolehan Suara Presiden dan Wakil Presiden, pada hari Sabtu (20/4) Rekapitulasi Perolehan Suara DPR RI, hari Minggu (21/4) Rekapitulasi Perolehan Suara DPD RI, hari Senin (22/4) Rekapitulasi Perolehan Suara DPRD Provinsi Sumsel, dan hari Selasa (23/4) Rekapitulasi Perolehan Suara DPRD Kabupaten Muaraenim.

]]>
Fri, 19 Apr 2019 14:10:00 +0700
Kapolda : Jangan Ada Euforia Kemenangan di Sumsel Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/kapolda-jangan-ada-euforia-kemenangan-di-sumsel.html
Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Kapolda Provinsi Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, bahwa ia menekankan jangan ada euforia kemenangan dari kubu 01 atau 02 di Sumsel. Dia mengingatkan, para pendukung tidak menggelar pawai kendaraan. Memperbolehkan masyarakat menggelar syukuran dengan mengaji atau ibadah lainnya.  
"Saya kira angka QC tidak berubah. Tapi jangan euforia agar konduktifitas tetap terjaga," kata Kapolda saat Video conference dilakukan di command center yang ada di Kantor Gubernur, Kamis (18/4/2019).
Ia pun menghimbau, kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang jaga di TPS tolong dibantu dan diawasi pengawalan kotak suara dari PPS ke TPK. 
"Jangan ada coba-coba mengangu. Baik kandidiat legislatif maupun pendukung Paslon 01 dan 02 itu tidak boleh terjadi. Ini penekanan kami betul untuk diawasi. Jadi kami mohon kepada Bupati dan Walikota agar mengawal dengan baik," tutupnya.
]]>
Fri, 19 Apr 2019 05:15:00 +0700
Dodi Reza Launching Inovasi Pelayanan Publik SAJI MUBA Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/dodi-reza-launching-inovasi-pelayanan-publik-saji-muba.html
Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Meski berada di level Kabupaten namun pelayanan dan kecanggihan berbasis digital di Bumi Serasan Sekate tidak bisa disepelehkan, guna memberikan kemudahan terhadap pelayanan ke masyarakat, dengan Komando Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin Pemkab Muba terus berbenah dan meluncurkan berbagai inovasi.Kali ini, Pemkab Muba melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) secara resmi melaunching pelayanan Siap Antar dan Jemput Izin Mudah Berbantuan (SAJI MUBA).
"Saji Muba ini berangkat dari keinginan masyarakat terhadap pelayanan yang tidak berbayar dan tidak menyulitkan, dengan arahan Kemenpan RB terwujudlah inovasi Saji Muba ini," ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin di sela kegiatan Launching Inovasi Pelayanan Publik SAJI MUBA, Kamis (18/4/2019). Menurutnya, Pemkab Muba akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemkab Muba.
"Jadi, konsepnya pelayanan publik yang kekinian dan tidak menyulitkan masyarakat," ulasnya. 
Lanjutnya, ada empat tipe layanan publik yang akan diluncurkan yaitu Halo Saji, langsung direspon Saji-Man (tugas menjemput bola), Saji On Site (Layanan keliling) dan Kantong Saji (disediakan di setiap kecamatan/wadah secara vertikal).
"Haruslah dipahami dan disadari bahwa esensi birokrasi Pemerintah ialah memberikan pelayanan yang cepat, tepat, baik dan paripurna kepada masyarakat, sekarang Pemerintah bukan hanya sebagai pemberi reguler saja tapi sebagai pelayan bagi masyarakat,bahkan Pemkab Muba juga siap menyediakan Mall Pelayanan Publik agar masyarakat dapat lebih mudah dalam berurusan dan mendapatkan pelayanan publik" jelasnya. 
Sementara itu, dalam kesempatan launching tersebut turut dihadiri Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB), Prof Dr Diah Natalisa MBA mengatakan  launching Saji Muba ini merupakan hal yang sangat istimewa, walaupun ini baru dimulai tapi karena ada kolaborasinya jadi tidak hanya kerjasama dari internal tapi juga melibatkan stakeholder yang lain seperti dengan Pengadilan Negeri Sekayu melalui PTSP Sinergi .
"Dari laporan tadi inovasi ini muncul dalam rangka memberikan yang terbaik kepada masyarakat, bermula dari keinginan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat harus secara khusus melihat yang diperlukan, paradigma new publik service sebagai pewujudan Undang Undang terkait pelayanan terpadu satu pintu untuk mempermudah pelayanan publik. Oleh karena itu SAJI dengan sistem online dapat memberikan pelayanan publik yang prima," terangnya.
Dikatakan, Kemenpan RB akan terus mendorong dan berupaya agar Pemerintah Daerah berinovasi dan efektivitas dalam melayani publik. "Kami akan mewajibkan semua pelayanan publik minimal inovasi dalam waktu satu tahun satu inovasi," bebernya.
Sebelumnya, Plt Kepala DPM-PTSP Muba, Erdian Syahri SSos MSi menyebutkan implementasi perizinan secara online ini juga bisa meminimalisir adanya praktik pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. "Kalau semua sudah dilakukan secara online, artinya peluang oknum untuk melakukan pungli sudah tidak ada lagi," urainya.
Ia menambahkan, Pemkab Muba melalui DPM-PTSP akan terus berbenah untuk selalu komitmen mempermudah pelayanan terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin. "DPM-PTSP akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan terkait pelayanan dan kebutuhan masyarakat di Muba," tuturnya.
Pada kesempatan yang sama Pemkab Muba memberikan penghargaan kepatuhan penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), pemasangan Pin Mitra Pengadilan Negeri dan Penyerahan Surat izin yang sudah ditandatangani secara elektronik oleh Bupati Muba.
]]>
Fri, 19 Apr 2019 04:05:00 +0700
Gubernur Harapkan STQ Lahirkan Qori dan Qoriah Terbaik Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/gubernur-harapkan-stq-lahirkan-qori-dan-qoriah-terbaik.html Lentera-PENDIDIKAN. com,PALEMBANG-Kabupaten Muratara diharapkan mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan Hadis ke XXV tingkah Provinsi Sumsel. Kesiapan Muratara menjadi tuan rumah STQ tingkat Provinsi tersebut diungkapkan langsung bupati Muaratara, Syarif Hidayat saat audiensi dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru di ruang tamu Gubernur, Kamis (18/4/2019).

Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan apresiasi atas kesiapan Kabupaten Muratara yang telah mempersiapkan diri demi suksesnya ajang STQ tingkat Provinsi Sumsel yang direncanakan akan dibuka tanggal 25 April 2019 mendatang.

"Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Kabupaten Muratara sebagai tuan rumah STQ tingkat Provinsi tahun 2019 ini," ujarnya.

Dia berharap perhelatan STQ mendatang akan melahirkan Qori dan Qoriah terbaik di Sumsel.

"Saya mengapresiasi kesiapan Muratara sebagai tuan rumah STQ digelar di Muratara. Kita harapkan kegiatan ini akan meriah. Ukuran suksesnya kegiatan ini nanti. Bagaimana Muratara dapat menjadi tuan rumah yang baik mampu melahirkan Qori dan Qoriah yang terbaik. Selain itu dampaknya positifnya dapat menjadi ajang promosi bagi daerah tuan rumah," tambahnya.

Herman Deru mengajak masyarakat Sumsel untuk datang ke Kabupaten Muratara memeriahkan kegiatan STQ XXV mendatang.

"Masyarakat Sumsel baik yang muslim dan non muslim untuk ikut serta mensukseskan kegiatan ini. Terima kasih kepada Kabupaten Muratara yang bersedia dan siap menjadi tuan rumah STQ," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Muratara, Syarif Hidayat mengharapkan Gubernur Sumsel Herman Deru dapat hadir dalam pembukaaan STQ tingkat Provinsi 25 April 2019 mendatang.

"Dalam audensi kali ini saya laporkan pada pak Gubernur progres persiapan yang telah dilakukan. Sekaligus minta pak Gubernur dapat membuka STQ tingkat Provinsi yang akan dilangsungkan di Muratara tanggal 25 April mendatang," pungkasnya. 

]]>
Thu, 18 Apr 2019 22:25:00 +0700
PUBM Lelang 15 Pekerjaan, Mayoritas Jalan Diperbaiki Berada Di Oku Timur PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/pubm-lelang-15-pekerjaan-mayoritas-jalan-diperbaiki-berada-di-oku-timur.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumsel telah melelang 15 pekerjaan proyek perbaikan jalan. Nilai dari keseluruhan proyek sebesar Rp300 miliar.  Plt Kepala Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel Ir Darma Budhy mengatakan kegiatan yang telah dilelang beberapa sudah masuk tanda tangan kontrak. Ia menargetkan dalam sebulan ke depan, seluruh kegiatan sudah masuk proses kontrak. Sehingga, pemenang lelang bisa segera mengerjakan proses perbaikan jalan. 
“Sekitar 15 Mei, semuanya sudah kontrak. Tapi, dari tanggal 10 April lalu, sudah ada beberapa kegiatan yang sudah jalan,” ujar Budhy 
Jalan yang diperbaiki, sambung Budhy, mayoritas berada di Kabupaten OKU Timur. Mulai dari Simpang Penyandingan, Simpang Kebo-Kurungan Nyawa, Gumawang-Kurungan Nyawa-Petanggan.
“Ada satu juga di Kabupaten Muba sampai dengan Batas Kabupaten Muara Enim,” katanya. 
Dijelaskan, perbaikan jalan merupakan salah satu program yang menjadi prioritas Gubernur Sumsel H Herman Deru. Sehingga, pihaknya berusaha untuk mempercepat proses kegiatan. Tidak hanya itu, percepatan perbaikan jalan juga sebagai persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 1400 Hijriah. 
“Lebih cepat diperbaiki, lebih bagus. Sehingga lebaran nanti sudah bisa dilintasi dengan nyaman,” tutupnya.
]]>
Thu, 18 Apr 2019 17:05:00 +0700
LLI Sumsel Berharap Jalin Kerjasama dengan RS Terkait Klinik Lansia PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/lli-sumsel-berharap-jalin-kerjasama-dengan-rs-terkait-klinik-lansia.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Musda I Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumsel digelar di Graha Bina Praja, Kamis (18/4/2019). Sekjen LLI Pusat Rusli Wahid mengatakan, pada 2019 jumlah lansia 27,5 atau 10,5 dari jumlah penduduk.Pada 2045 diperkirakan 57 juta atau 12,9 persen dari jumlah penduduk. Pihaknya berharap dengan telah terpilihnya Ketua LLI Provinsi Sumsel, dapat menjalin terbangunnya jejaring atau kerjasama.

"Melalui musda ini kita berharap dapat menyusun program untuk kesejehteraan," ujarnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel Ahmad Najib mengatakan, lansia ini banyak yang produktif.

"Perhatian ke lansia ini besar, ada Dinas sosial dan Kesbangpol. Tidak banyak organisasi sosial,"ucapnya.

Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumsel H Burlian Bahtiar menambahkan, setelah Musda ini program konsolidasi organisasi.

"Program utama melanjutkan visi dan misi yakni diantaranya meningkatkan kapasitas kerja, serta tetap bugar. Selain itu, pihaknya berharap setiap rs ada klinik lansia. Untuk bidang sosial kita bangun jaringan dengan legiun veteran, serta organisasi lainnya menjalin silaturahmi," bebernya.

Sampai saat ini, lanjut dia, jumlah lansia 691 ribu se Sumsel.Sejauh ini, ada anggaran rutin untuk lansia.

"Kita berharap lansia lebih berjaya, sehat dan berkualitas," pungkasnya. 

]]>
Thu, 18 Apr 2019 14:15:00 +0700
Muba Percepat Pelaksanaan APBD TA 2019 Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/muba-percepat-pelaksanaan-apbd-ta-2019.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi meminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah Muba untuk melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan APBD Tahun Anggaran 2019.
"Kita perlu komitmen, mana yang bisa  dipercepat itu percapat (Program/Kegiatan), jangan menunda-nunda pekerjaan," ujar Sekda Muba saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan untuk Triwulan I (satu) TA 2019 bersama seluruh Perangkat Daerah Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate, Kamis (18/4/2019).
Ia juga menghimbau agar Kepala Perangkat Daerah harus menggunakan anggaran secara efektif dan efisien dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.
"Tolong diperhatikan dan jadikan pembelajaran bagi kawan-kawan Perangkat Daerah yang kegiatannya bermasalah ditahun 2018, jangan sampai terulang kembali di tahun ini," imbuhnya.
Menurut Laporan Kepala Bidang Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappeda Muba Eko Oktavian, penyerapan APBD triwulan I (satu)TA 2019, untuk fisik 12,16% dengan target 12,88%, dan keuangan 6,78% target 10,00%. Sementara untuk evaluasi APBD TA 2018, penyerapan fisik 89,53%, keuangan 80,53%.
"Selanjutnya Kepala Bagian Layanan Pengadaan Eko Kusbantono SHut menyampaikan bahwa Berdasarkan laporan yang diterima di tahun anggaran 2018 ada sekitar 31 paket kegiatan yang tidak terlelangkan, 3 paket putus kontrak dan 2 paket melewati tahun anggaran, ada beberapa penyebab permasalahan diantaranya keterlambatan proses lelang, kesalahan judul, dan ada penganggaran ganda sehingga kegiatan dibatalkan," ungkap Eko.
]]>
Thu, 18 Apr 2019 12:15:00 +0700
Prabowo Sandi Sementara Menang Di Kabupaten Muaraenim Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/prabowo-sandi-sementara-menang-di-kabupaten-muaraenim.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Dari hasil rekapitulasi sementara Posko Tim Desk Pemilu 2019 Kabupaten Muaraenim, pasangan Capres dan Cawapres Prabowo - Sandi, unggul telak, Rabu (17/4/2019) pukul 22.00 WIB.

Dari hasil rekapitulasi sementara Posko Tim Desk Pemilu 2019 Kabupaten Muaraenim, pasangan Capres dan Cawapres Prabowo - Sandi, unggul telak dengan memperoleh suara 80.323 atau 65,39 persen. Sedangkan pasangan Capres dan Cawapres Jokowi - Makruf memperoleh suara 41.857 atau 34,61 persen. Adapun jumlah mata pilih sebanyak 417.526 orang dengan jumlah TPS 1.636.

Sementara itu Wabup Muaraenin H Juarsah SH didampingi Asisten Pemerintahan Pemkab Muaraenim Drs HM Teguh Jaya MM, bahwa hasil rekapitulasi tersebut baru sementara dan hanya untuk data interen, sedangkan untuk resmi tetap harus menunggu dari KPU Muaraenim sebagai lembaga resmi pemerintah.

"Siapapun yang menang, itu merupakan pilihan masyarakat, yang penting jaga situasi tetap kondusif," ujarnya.

]]>
Thu, 18 Apr 2019 06:00:00 +0700
Korsleting Listrik, Satu Rumah di Desa Cinta Karya Dilalap Api Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/korsleting-listrik-satu-rumah-di-desa-cinta-karya-dilalap-api.html

Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Satu unit rumah milik Awon warga Desa Cinta Karya Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Muba, Selasa malam sekitar pukul 23.00 WIB rata dengan tanah dilalap si jago merah.  Rumah semi permanen tersebut baru bisa dipadamkan selama satu jam. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

"Api diduga akibat korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa, pihak warga langsung turun tangan ikut memadamkan api," ungkap Camat Plakat Tinggi, Alpan Husen. 

Lanjutnya, saat ini pihak Forkopimcam dibantu warga setempat telah melakukan urunan untuk meringankan beban korban kebakaran.

"Sudah ada bantuan yang diberikan," ulasnya. 

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menghimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati dan mengecek kondisi kediaman sebelum bepergian.

"Kepada OPD terkait saya instruksikan untuk turun ke lapangan memberikan bantuan ke pihak korban," pungkasnya.

]]>
Thu, 18 Apr 2019 05:10:00 +0700
Gubernur Tergetkan Partisipasi Pemilih di Sumsel Capai 80 Persen PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/gubernur-tergetkan-partisipasi-pemilih-di-sumsel-capai-80-persen.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru beserta istri Hj. Febrita Lustia Deru menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 58 Rt 045 kelurahan 8 ilir, Kecamatan Ilir 3 Palembang, Rabu (17/4/2019). kepada wartawan Gubernur berharap, partisipasi masyarakat Sumsel dalam pemilu bisa mencapai 80 persen.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga dengan partisipasi masyarakat Provinsi Sumsel untuk menyuarakan hak pilihnya di tiap-tiap TPS. Ia berharap seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Sumsel dapat menyalurkan hak pilihnya. Terlebih, berdasarkan pengamatannya tidak ditemui kendala apapun.

“Dari hasil laporan yang saya terima sampai dengan berangkat ke TPS tadi, suasana penuh keriangan juga ditunjang cuaca yang baik. Harapan Saya provinsi Sumsel ini tidak ada keluhan bagi pemilih untuk menyampaikan hak suaranya baik karena jarak, kendala tranportasi. Provinsi Sumsel ini terkenal dengan partisipasi yang tinggi target 80 persen partisipasi,” ujarnya.

Setelah menunaikan hak suaranya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Sumsel antara lain Kapolda provinsi Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dimulai dari TPS 42 Jl. Dr. M. Isa RT 26/27 Kel. Duku Kec. IT III depan Bengkel Subur, kemudian TPS 20 Jl. Sungai Pinang Rt. 20 Dusun I Kec. Rambutan Kabupaten Banyuasin, diteruskan ke TPS 1 Dusun 2 RT 02/03 Desa Pegayut Kabupaten Ogan Ilir, dan sejumlah TPS yang berada di Kota Palembang.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menuturkan, peninjauan TPS dilakukan guna memastikan keamanan dan kelancaran dari penyelenggaraan pesta demokrasi seluruh rakyat Republik Indonesia terkhusus di Provinsi Sumsel. Apalagi Pemilu 2019 merupakan pemilu yang pertama kali negara Indonesia melangsungkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif secara serentak.

Dalam peninjauannya ke tiap-tiap TPS, Herman Deru selalu menyerukan kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya, terlebih untuk masyarakat yang mempunyai kendala seperti tidak menerima undangan C 6. Dijelaskannya, bahwa masyarakat masih tetap bisa menggunakan hak suara nya dengan membawa e-ktp atau surat keterangan.

“Ini Pemilu pertama kali di negara kita yang bersamaan Pilpres dan Pileg. Artinya tentu suasana ini yang ditunggu oleh masyarakat sebagai kanal aspirasi kita. Terimakasih untuk para pejuang demokrasi mudah-mudahan hasilnya segera ditetapkan penyelenggara sesuai harapan kita,” katanya.

]]>
Thu, 18 Apr 2019 04:20:00 +0700
Prabowo-Sandi Menang di TPS 67 PALEMBANG http://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/prabowo-sandi-menang-di-tps-67.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Tempat Pemungutan Suara (TPS) 67 di Kelurahan 8 Ilir Kecamatan III Palembang, yang menjadi lokasi tempat memilih ketua Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Sumsel, Syahrial Oesman dan keluarga mencoblos, pasangan calon presiden dan wapres 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno menang telak atas paslon 01 Jokowi- Ma'aruf Amin.

Ketua KPPS 67 Nurdin didampingi anggota HM Amin mengatakan, hasil rekapitulasi yang telah dilakukan Prabowo- Sandi meraih 156 suara, sementara Jokowi- Amin hanya meraih 77 suara, dari 233 masyarakat yang menggunakan hak suaranya di TPS tersebut.

"Tadi pak Syahrial dan keluarga nyoblos di TPS ini bersama keluarga, dan hasilnya begitu," kata Amin, Rabu (17/4/2019).

Sementara di TPS 33 dan 65 yang berlokasi sebelahan dengan TPS 67 tempat SO mencoblos, hasilnya paslon 02 menang namun selisihnya tidak terlalu jauh. Dimana di TPS 33 terdapat 208 pemilih, paslon 02 menang dengan 105 suara dan paslon 01 hanya meraih 88 suara. Sedangkan di TPS 65, paslon 02 menang 87 suara dan paslon 01 hanya meraih 66 suara.

 

]]>
Wed, 17 Apr 2019 19:00:00 +0700