Lentera Pendidikan.Com http://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Fri, 27 Jan 2023 20:06:03 +0000 Pemprov harapkan IAI Kedepankan Kearifan Lokal Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/pemprov-harapkan-iai-kedepankan-kearifan-lokal.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPERKIM), Ir Basyaruddin Akhmad ST MT MSc mengatakan, pihaknya berharap Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Sumsel berkontribusi dalam mewarnai pembangunan infrastruktur yang ada di Sumatera Selatan dengan tetap mengedepankan kearifan lokal. Selain itu, arsitek juga kedepan harus memiliki lisensi.

"Sesuai Pergub arsitek yang ingin berusaha di Sumsel harus punya lisensi maka tidak bisa mengaku arsitek kalau tidak ada lisesnsi dan IAI yang mempunyai pekerjaan," ujarnya.

Lebih lanjut Basyaruddin bersama IAI Sumsel berharap infrastruktur di Sumsel terdapat sentuhan arsitek yang menggambarkan Sumsel termasuk kota Palembang dengan modern futuristic namun tetap mengutamakan kearifan lokal.

"Jadi tertata dan good looking beretika dan berestetika," ucapnya.

Basyaruddin meminta IAI Sumsel dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah lantaran Pemprov saat ini sedang melakukan percepatan dalam meningkatkan kesejahteraan daerah.

"Maka dari itu butuh sumberdaya manusia yang kompeten," paparnya.

Sementara itu, Ketua IAI Provinsi Sumsel, Ar Ahmad Ardani MT IAI menerangkan bahwa terdapat aturan Undang-Undang arsitek nomor 6 tahun 2017 dengan turunannya PP 15 tahun 2021 dan Peraturan Gubernur nomor 43 tahun 2022 dimana aturan di dalamnya sudah jelas.

"Mahasiswa yang baru lulus belum bisa menjadi arsitek tapi harus sekolah profesi lagi satu tahun, magang dua tahun dan seterusnya hingga akan mendapatkan lisesnsi," tuturnya.

Ardani menernagkan, seorang arsitek wajib punya Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) dan Berlisensi. Tapi karena peraturan berlisensi tersebut baru selesai maka proses berikutnya yang dilakukan yakni penerbitan lisensi untuk arsitek yang sudah mempunyai STRA.

"Sementara di proses, bisa menggunakan stra sehingga pembangunan di sumsel tetap berjalan," ucapnya.

"Selain itu, terdapat Peraturan Daerah tahun 2021 tentang ornamen arsitektur yang berisikan bahwa setiap bangunan yang ada di Sumsel wajib menerapkan arsitektur dengan simbol simbol budaya lokal sebagai jati diri Sumsel," pungkasnya. 

]]>
Fri, 27 Jan 2023 20:05:00 +0000
Pastikan Pelayanan dan Kerja ASN sampai Tegur Berkas Numpuk Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pastikan-pelayanan-dan-kerja-asn-sampai-tegur-berkas-numpuk.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Guna memastikan pelayanan publik berjalan di jelang weekend, Pj Bupati Apriyadi Mahmud usai melaksanakan Sholat Jumat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah instansi di lingkungan Pemkab Muba, Jumat (27/1/2023).

Pantauan di lokasi tampak mantan Kepala Bappeda Muba itu mendatangi kantor BPPRD dan melakukan absensi satu-persatu pegawai hingga menegur sejumlah Bidang di Kantor pelayanan pengelolaan pajak dan retribusi daerah tersebut.

"Kalau Jumat kantor mulai sepi, jangan sampai kalian mengabaikan pelayanan untuk masyarakat. Ini saya lihat tumpukan berkas masih banyak, harusnya kalau sudah selesai dititipkan dan diamankan ke Dinas Arsip jadi tidak menumpuk," tegas Apriyadi.

Menurutnya, di era saat ini berkas tidak wajar lagi apabila menumpuk terlebih sudah menerapkan program aplikasi online dalam pelayanan sehingga bisa paperless.

"Kalau berkas numpuk seperti ini bisa makan tempat, ruangan jadi semerawut, saya minta dirapikan dan diamankan di Dinas Arsip," tegasnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Apriyadi juga mempertanyakan ASN yang tidak berada di tempat yang beralasan sedang Dinas Luar. "Kalau Dinas Luar harus ada keterangan dan Suratnya, jangan dijadikan alasan," ucapnya.

Usai mendatangi BPPRD, Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya itu bertolak ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pantauan di lokasi tampak sejumlah pegawai sepi karena sedang melayat ke kediaman duka salah satu pegawai.

"Kalau sudah melayat kembali lagi ke kantor, ini berkas-berkas yang menumpuk kalau sudah tidak dipergunakan lagi titipkan dan diamankan ke Dinas Arsip. Saya tidak mau lagi lihat berkas-berkas numpuk seperti ini," cetusnya.

Lalu, usai mendatangi Kantor Dikbud, Apriyadi mendatangi Kantor Bappeda Muba dan Kantor Disdukcapil untuk memastikan operasional kantor dan pelayanan publik berjalan meski di penghujung jelang weekend.

]]>
Fri, 27 Jan 2023 19:35:00 +0000
Dudi Oskandar Pimpin Forum Jurnalis Parlemen POLITIK http://www.lenterapendidikan.com/berita/politik/view/dudi-oskandar-pimpin-forum-jurnalis-parlemen.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Dudi Oskandar terpilih sebagai Ketua Forum Jurnalis Parlemen (FJP) periode 2023-2026, mengalahkan Ardhy Fitriansyah dalam Musyawarah FJP yang berlangsung Jumat (27/1/2023) di ruang Media Center DPRD Provinsi Sumsel. Dudi Oskandar mengalahkan Ardhy Fitriansyah dalam voting, dengan selisih dua suara. 

"Dengan ini menetapkan Dudi Oskandar sebagai ketua FJP terpilih periode 2023-2026," kata pimpinan sidang musyawarah FJP, Muhammad Uzair.

Dalam persidangan itu, ketua terpilih akan menetapkan kepengurusan bersama formaturnya. Sesuai tata tertib pemilihan, paling lambat 2x7 hari, pimpinan terpilih harus segera menyerahkan berkas kepengurusan untuk di SK-kan dan membentuk kepanitian acara pelantikan.

Sementara, ketua FJP terpilih, Dudi Oskandar dalam sambutannya mengungkapan, dirinya bersama pengurus FJP nantinya akan bekerja semaksimal mungkin. Dan bersama-sama pengurus lainnya membangun organisasi FJP lewat berbagai program kerja yang akan dibahas dalam rapat kerja usai pelantikan.

"Insya Allah kami akan bekerja semaksimal mungkin, dan terima kasih atas amanah yang diberikan kepada kami," kata Dudi singkat.

]]>
Fri, 27 Jan 2023 18:05:00 +0000
Kaffah Gelar Sholat Berjemaah, Dzikir dan Doa Bersama Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/kaffah-gelar-sholat-berjemaah-dzikir-dan-doa-bersama.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Sebagai wujud syukur terhadap pelantikannya sebagai Wakil Bupati Muara Enim sekaligus Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah SH, LLM (BHAM), LLM (ABDN), PHD, potong tumpeng dan menggelar sholat Isya' berjemaah, Dzikir dan Doa Bersama sekaligus Ramah Tamah di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim, Kamis (26/1/2023) malam.

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh keluarga besar Ahmad Usmarwi Kaffah, Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah H. Riswandar, kepala OPD, santri Yatim Piatu dari Pondok Pesantren Tahfidz Quran dan Dakwah Laa Roiba serta para undangan.

Dalam kegiatan tersebut diawali dengan sholat Isya' berjemaah, dzikir, do'a dan ditutup dengan tausiyah agama yang disampaikan penceramah yaitu Ustadz Baldad MS Fahru Rozi, S.E.I., M.Ag., yang merupakan adik kandung dari Plt. Bupati Muara Enim.

"Kami memohon doa untuk kelancaran dalam memimpin Kabupaten Muara Enim serta diberi kemudahan dalam menjalankan roda pemerintahan yang telah diamanahkan," ujar Kaffah yang didampingi sang istri, Nurul Vita Utami Kaffah.

Menurut Kaffah, bahwa dirinya sangat bersyukur atas bertambahnya umur, terlebih lagi diusia ke-34 tahun ini telah diberikan amanah dan kepercayaan menjadi Wakil Bupati Muara Enim sisa masa jabatan 2018-2023 sekaligus menjabat sebagai Plt. Bupati. Oleh karena itu dirinya mohon doa dan dukungan agar selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat.

"Tolong tegur dan sapa jika bertemu di jalan. Dan ingatkan jika ada yang salah atau keliru sebagai manusia tentu tidak luput dari khilaf dan dosa," ujar Kaffah yang juga membawa anak dan kedua orantuanya.

Lebih lanjut, Kaffah mengatakan sebagai kepala daerah dirinya juga pastikan akan mengawal jalannya pembangunan di Bumi Serasan Sekundang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim 2018-2023.

]]>
Fri, 27 Jan 2023 17:05:00 +0000
Pastikan KBM SD Filial GPI Tetap Berjalan Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/pastikan-kbm-sd-filial-gpi-tetap-berjalan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA- Polemik yang terjadi di SD Filial Talang Piase (Filial PT PGI) Kabupaten langsung direspon Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud. Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan polemik tersebut langsung diselesaikan.

"Hari ini kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak sekolah, Kades, dan PT GPI untuk meminta proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap berjalan," ungkap Kadisdikbud Muba, Drs Iskandar Syahrianto MH, Jumat (27/1/2023).

Lanjutnya, pekan depan pihak Dikbud akan melakukan pertemuan dengan wali siswa, perusahaan, dan pihak terkait lainnya.

"Prinsipnya KBM harus tetap berlangsung jangan sampai merugikan peserta didik, ini juga menjadi atensi pak Bupati Apriyadi," cetusnya.

Sebelumnya, diberitakan bahwa pihak wali siswa keberatan kalau SD Filial GPI akan dibentuk menjadi Yayasan dan di swastakan. Hal ini dinilai akan dilakukan pemungutan bayaran terhadap peserta didik yang akan memberatkan wali siswa.

]]>
Fri, 27 Jan 2023 16:05:00 +0000
Bujangan Tewas Terlindas Dump Truck Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/bujangan-tewas-terlindas-dump-truck.html Lentera-PENDIDIKAN.com, MUARA ENIM-Peristiwa naas dialami seorang bujangan bernama Prayoga Pangestu (22) warga Kelurahan Tungkal, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim ini. Diduga terjatuh saat pergi bekerja mengendarai sepeda motor Yamaha Mio BE 6107 PP, korban tewas terlintas Dump Truck Fusoq BE 9118 AV yang dikemudikan oleh Sidarta Gautama (45) di Jalan Lintas Muara Enim - Tanjung Enim Dusun 6, Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Jumat (27/1/2023).

Menurut Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi didampingi Kasat Lantas AKP Suwandi, membenarkan adanya kejadian Laka Lantas yang melibatkan Mobil Dump Truck fuso BE 9118 AV dengan sepeda motor Yamaha Mio BE 6107 PP di di Jalan Lintas Muara Enim - Tanjung Enim. Sebelumnya kejadian, korban yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan PT. Pelawe Jaye sebagai subkon PT. Bukit Energi Service Terpadu (Best) dengan profesi sebagai Cleaning Service seperti biasa akan bekerja dengan menaiki sepeda motor berjalan dari arah Muara Enim menuju Tanjung Enim.

Saat motor korban berada dilokasi kejadian, diduga sepeda motor yang dikemudikan korban tersebut oleng dan terjatuh sendiri. Dan dalam waktu yang bersamaan dari arah belakang datang mobil dump truck hino BE 9118 AV yang dikemudikan oleh Sidarta Gautama. Karena jaraknya terlalu dekat, sopir Dump Truck kaget dan tidak mampu mengerem atau membuang setir sehingga kendaraan menabrak dan melindas korban hingga meninggal dunia ditempat dengan kondisi kepala pecah. Sedangkan supir Dump Truk selamat dan tidak terluka sedikitpun.

"Anggota telah mengamankan barang bukti mobil dan sopir dump truk. Sedangkan korban sudah dibawa ke rumah sakit dan diserahkan ke pihak keluarga korban untuk dimakamkan," ujarnya.

Sedangkan menurut Dedi (40) salah seorang kerabat korban mengatakan bahwa untuk kronologisnya ia belum tahu namun yang pasti korban akan bekerja dan tahu-tahunya dikabarkan lakalantas dan meninggal dunia dilokasi kejadian.

"Korban ini hanya dua bersaudara dan masih bujangan. Jadi praktis tinggal sama orangtuanya," pungkasnya singkat dengan tegar.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi ke Komisaris PT Pelawe Jaye, Sapril yang didampingi Direktur Utama PT Pelawe Jaya Irawansyah, mengatakan bahwa benar korban adalah karyawannya, dan sampai saat ini korban sudah bekerja di perusahaannya sekitar 6 bulan, sebagai Cleaning Service di PT Best. Korban bekerja setiap pagi, berangkat dari Tungkal (rumah) menuju tempat kerja di Tanjung Enim. Ketika ditengah perjalanan atau tepatnya didekat jembatan Samad Muara Enim tiba-tiba terjadi lakalntas.

"Kami selaku penanggungjawab, manajemen akan bertanggungjawab penuh dan menyelesaikan segala urusan yang berhubungan dengan hak-hak korban sebagai karyawan," pungkasnya.

]]>
Fri, 27 Jan 2023 15:15:00 +0000
Anita Noeringhati: FJP Wajib Bersinergi Membangun Demokrasi POLITIK http://www.lenterapendidikan.com/berita/politik/view/anita-noeringhati-fjp-wajib-bersinergi-membangun-demokrasi.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Anita Noeringhati mengingatkan, agar Forum Jurnalis Parlemen (FJP) mampu berkolaborasi dan bersinergi untuk membangun demokrasi dan pers yang bermartabat. Hingga program-program yang di laksanakan selama ini, dapat memberi kontribusi positif secara luas. 

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Sumsel, Anita Noeringhati saat membuka Musyawarah Forum Jurnalis Parlemen (FJP), jumat (27/1/2023) di MC DPRD Provinsi Sumatera Selatan.  

"Jadi kedepan para pengurus FJP harus mampu membangun program yang bermanfaat, hingga memberi dampak positif secara luas," kata Anita Noeringhati.

Menurut Anita, dalam pelaksanaan dan tata kelola organisasi, sudah seharusnya Ketua FJP menjadi koordinator dan bukan bersikap sebagai seorang pimpinan tunggal. Karena dalam prinsip organisasi, seorang koordinator harus mampu menjalankan roda organisasi bersama para pengurus lainnya.

"Jadi kalau koordinator sifatnya bukan sendiri-sendiri, tapi bersama-sama dengan yang lain. Demikian juga untuk Ketua FJP yang baru,  kami harapkan mampu mengelola FJP lebih baik lagi," terang Anita.

Dia mengingatkan, agar para pengurus FJP yang terdiri dari insan pers yang independen, selayaknya menjaga integritas hingga terbangun demokrasi yang lebih baik lagi. 

]]>
Fri, 27 Jan 2023 14:50:00 +0000
Muara Enim Siapkan 300 Personil Antisipasi Karhutla Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/muara-enim-siapkan-300-personil-antisipasi-karhutla.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim siapkan personil gabungan dan peralatan dalam gelar apel gabungan Karhutla 2023 di halaman Pemkab Muara Enim, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan apel dipimpin oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah dan dihadiri oleh Forkopimda serta peserta apel gabungan. Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah mengatakan bahwa musim kemarau di wilayah kabupaten Muara Enim akan mengalami masanya dimana akan ditandai dengan kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah khususnya yang rawan kebakaran yaitu kecamatan Gelumbang dan Sungai Rotan.

Hal ini perlunya pencegahan dan penanganan yang serius dan segera dari jajaran Polres Muara Enim dan instansi terkait lainnya secara bersama-sama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Muara Enim. Oleh karena itu dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini menandakan bahwa jajaran Kabupaten Muara Enim siap dan siaga dalam menghadapi bahaya dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan.

Pelaksanaan apel ini juga mengandung maksud dan tujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu serta kesiapsiagaan peralatan dan sarana prasarana yang dimiliki dalam rangka menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan yang dimungkinkan akan terjadi di wilayah Kabupaten Muara Enim.

"Polres Muara Enim beserta seluruh instansi terkait harus mampu memberdayakan kekuatan personel dan peralatannya sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

Penanggulan kebakaran hutan dan lahan, lanjut Kaffah tentu memerlukan pemikiran yang matang untuk dapat menentukan langkah-langkah cepat. Sebab langkah cepat tersebut salah satunya adalah dengan kesiapan Polres Muara Enim dan instansi terkait dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Kecepatan dalam pengiriman dan pemberangkatan personel ke lokasi atau wilayah yang membutuhkan penanggulangan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan juga akan menjadi perhatian khusus sehingga akan dengan cepat petugas dapat menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim.

Selain langkah di atas, Polri dalam hal ini Polres Muara Enim beserta instansi terkait juga akan dilibatkan dalam penanggulangan tersebut, diantaranya dengan kegiatan penyebaran maklumat, sosialisasi dan mitigasi bahaya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muara Enim. Kegiatan-kegiatan tersebut akan rutin dilaksanakan oleh satuan kewilayahan khususnya oleh satuan Binmas melalui Bhabinkamtibmas yang bersinergi dengan BPBD Kabupaten, Babinsa, dan masyarakat peduli api di masing-masing wilayah. Walaupun situasi dan kondisi saat ini masih dalam musim penghujan namun dengan kekuatan yang dimiliki Polres Muara Enim dan instansi terkait mudah-mudahan akan mampu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

"Kegiatan ini akan menjadi ladang amal dan keikhlasan bagi kita dalam pelaksanaan tugas. Kita semua berkewajiban menjalankan tugas ini sesuai dengan tanggung jawab dan komitmen sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyakarakat yang siap tidak siap harus segera turun ke lapangan dalam Harkamtibmas," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Muara Enim, Abdurrozieq Putra mengatakan bahwa personil yang terlibat dalam kegiatan apel gabungan ini sekitar 300 orang lengkap dengan peralatan dan perlengkapan. Dan dari prediksi BMKG, kemarau kering akan melanda sekitar bulan April - November 2023 seperti yang pernah terjadi pada tahun 2019.

Di Kabupaten Muara Enim, lanjut Abdurrozoeq, sedikitnya ada delapan kecamatan yang rawan Karhutla diantaranya seperti di wilayah Gelumbang, Sungai Rotan, Muara Belida, Gunung Megang, Lubai, Lubai Ulu, Tanjung Agung dan Rambang. Dan daerah yang rawan Karhutla tersebut akan didirikan Posko Karhutla. Karena menanggulangi kebakaran ini sifatnya preventif (mencegah) proaktif dan reaktif, oleh karena itu masyarakat sebagai garda terdepan dan harus turut aktif.

"Delapan titik tersebut, kami respon dengan delapan titik posko penanganan, dengan satu posko induk di kantor BPBD Muara Enim. Untuk perlengkapan di lapangan sudah cukup namun kalau skalanya besar akan ada bantuan dari provinsi yakni seperti waterbombing menggunakan helikopter," pungkasya.

]]>
Fri, 27 Jan 2023 13:55:00 +0000
Ketua Kwarcab Muba Ajak Kwarran BayLen Dukung Gerakan Tanam Cabai Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/ketua-kwarcab-muba-ajak-kwarran-baylen-dukung-gerakan-tanam-cabai.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Musni Wijaya SSos MSi sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Bayung Lencir masa bakti 2022-2025, bertempat di KKG SD Negeri 1 Bayung Lencir, Kamis (26/1/2023).

Pada kesempatan itu Pj Sekda Muba melantik Camat Bayung Lencir M Imron SSos MSi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Bayung Lencir. Selanjutnya dilakukan pelantikan terhadap Pengurus Kwartir Ranting Bayung Lencir Jushanudin sebagai Ketua, dan Pelantikan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Bayung Lencir.

Dalam arahannya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Muba secara resmi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : B-500/10/V/2023 Tentang Pemanfaatan Lahan Perkarangan Dalam Pelaksanaan Gerakan Tanam Cabai Merah Serta Tanaman Pangan Lainnya. 

Gerakan tersebut dimasifkan Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud dengan menyasar seluruh staf dan pegawai di lingkungan Pemkab Muba, Sekolah jenjang SD-SMP, Dinas PMD melalui TP PKK, Puskemas dan Poskesdes, dan Camat Lurah hingga Kades. 

"Kita harus lebih memasifkan gerakan pemanfaatan lahan di rumah dan mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang di inisiasi pak Gubernur Herman Deru, oleh karena itu kepada seluruh anggota Pramuka untuk mendukung gerakan tanam cabai tersebut," ujar Musni Wijaya. 

Pj Sekda Muba ini juga berharap agar pengurus gerakan kepramukaan tidak ragu untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan UU Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 dan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Nomor 07/MUNAS/2018.

"Kepada kakak-kakak Pengurus Kwartir Ranting Bayung Lencir yang telah menyelesaikan masa baktinya, kami ucapkan terimakasih atas segala usaha dan pengorbanannya kepada gerakan pramuka. Untuk kakak-kakak yang baru dilantik, selamat menjalankan tugas, semoga diberi kemudahan dan kelancaran, serta apa yang kita perbuat saat ini mendapat ridho dari Yang Maha Kuasa," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Bayung Lencir M Imron SSos MSi menyatakan siap mendukung surat edaran Pemkab Muba tentang Pemanfaatan Lahan Perkarangan Dalam Pelaksanaan Gerakan Tanam Cabai Merah Serta Tanaman Pangan Lainnya tersebut.

]]>
Thu, 26 Jan 2023 21:55:00 +0000
Gubernur dan Pj Bupati Muba Meriahkan HUT ke-16 Desa Sido Rejo Musi Banyuasin http://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/gubernur-dan-pj-bupati-muba-meriahkan-hut-ke-16-desa-sido-rejo.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Lantunan Sholawat Nabi bergema seakan menggetarkan suasana di Halaman Kantor Desa Sido Rejo Kecamatan Keluang. Untuk menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dan Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mahmud. Dalam acara Tabligh Akbar Bersama Hj. Kharisma Yogi Noviana Dalam Rangka Menyambut Hari Ulang Tahun Desa Sido Rejo Kecamatan Keluang ke-16 Tahun, Kamis (26/1/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan selamat atas hari jadi Desa Sido Rejo Kecamatan Keluang yang ke-16 Tahun. Menurutnya, di usia ke-16 Tahun ini Desa Sido Rejo sudah menjadi sebuah desa yang cukup maju dan produktif.

"Tentunya kemajuan dari sebuah Desa tidak luput dari dukungan kecamatan dan yang paling penting support dari kabupaten. Artinya perkembangan dan kemajuan desa berkat usaha bersama. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi. Semoga kedepannya setiap desa bisa semakin maju,"ungkapnya.

Sambungnya, melalui kegiatan Tabligh Akbar semoga dapat menambah rasa cinta umat kepada Rasulullah SAW. "Semoga dengan adanya kegiatan Tabligh Akbar ini kita mengharapkan ridho Allah SWT, serta menambah ilmu maupun wawasan dari tausiyah yang disampaikan Ibu Hj Kharisma Yogi Noviana,"tuturnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan, dengan bertambahnya usia diharapkan Desa Sidorejo Kecamatan Keluang semakin maju dan terdepan dengan harapan agar masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera.

"Kita patut bersyukur atas keberhasilan yang telah capai masyarakat sini, apalagi hari ini tabligh akbar langsung dihadiri oleh Gubernur Sumsel dan juga diisi dengan tausiyah dari Ustazah Hj Kharisma Yogi Noviana. Semoga di usia yang ke-16 tahun ini, semua masyarakat dapat menjalin kekeluargaan, baik sesama desa maupun dengan desa sekitarnya. Barangkali bisa berbagi ilmu dan pengalaman,"ucapnya.

Apriyadi juga mengajak seluruh masyarakat kabupaten Muba untuk menyatukan langkah dan pikiran bersama-sama dalam membangun desa khususnya kabupaten Muba ke arah yang lebih maju lagi kedepannya. "Diharapkan dari setiap kegiatan pengajian akbar hendaknya tidak sekedar larut dalam acara seremonial saja, akan tetapi bagaimana kita dapat mengimplementasikan nilai - nilai dan hikmah yang terkandung didalamnya,"tandasnya.

]]>
Thu, 26 Jan 2023 20:40:00 +0000
Polisi Tangkap Tersanngka Pencuri 50 Ekor Ayam Kampung Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/polisi-tangkap-tersanngka-pencuri-50-ekor-ayam-kampung.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Gara-gara ada pasar kalangan, aksi pencurian yang dilakukan oleh dua Bujangan ini yakni Satriya Gusnadi (21) dan Trisno Agustiawan alias Suju dimana keduanya warga Desa Sungai Rotan, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, terungkap. Kedua pelaku diringkus saat dirumahnya, Selasa (24/1/2023).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Kamis (26/1/2023), bahwa kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 sekitar pukul 02.00 di kebun milik korban bernama Apriansyah (30) warga Desa Sungai Rotan, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim. Kejadian tersebut terungkap pada saat korban pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 sekitar pukul 06.30 akan melihat kandang ayam miliknya yang tidak jauh dari rumahnya. Ketika tiba dikandang ayam miliknya betapa kagetnya sebab pintu kadang sudah terbuka dan seluruh ayam kampung miliknya sekitar 50 ekor telah hilang.

Namun korban tidak kehilangan akal, kebetulan pada hari tersebut ada kalangan di desa tetangganya yakni Desa Muara Lematang yang biasanya tempat warga bertransaksi jual beli. Setelah tiba dilokasi kalangan (Pasar.red), iapun mulai mencari para pedagang penjual Ayam karena ia masih mengenali ciri-ciri ayam miliknya. Setelah mencari akhirnya usahanya tidak sia-sia sebab korban berhasil menemukan ayam miliknya yang sudah terjual kepada pedagang ayam di desa Muara Lematang yang bernama Hidayat alias Pak Denis. Kemudian iapun menanyakan darimana dan dengan siapa membeli ayam miliknya. Dan penjual ayam merasa membeli dan tidak mau terjerat dengan hukum iapun memberitahunya bahwa ia mendapatkan ayam dari warga Sungai Rotan yang bernama Satriya dan Trisno. Setelah mengetahui hal tersebut korban langsung melaporkan dan memberitahukan ke Polsek Sungai Rotan. Dan atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 3 juta.

Usai mendapatkan laporan, Kapolsek Sungai Rotan Iptu Syamsuharto mendapatkan informasi dari masyarakat desa Sungai Rotan bahwa kedua pelaku sedang berada dirumah dan ia memerintahkan PS Kanit Reskrim Aipda Jauhari dan Team Suro untuk mengecek informasi tersebut dan ternyata benar. Kemudian dilakukan penangkapan terhadap kedua pelaku dan tidak melakukan perlawanan. Dari hasil interogasi kedua pelaku mengakui semua perbuatanya dan selanjutnya kedua pelaku di amankan di Polsek Sungai Rotan untuk dilakukan penyidikan.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasubag Humas AKP RTM Situmorang, membenarkan pihaknya telah mengamankan dua pelaku pencurian ayam bersama barang bukti 12 ekor ayam kampung dan
satu unit Sepeda Motor Yamaha Mio J. Atas perbuatannya kedua pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Curat dengan ancamannya di atas 5 tahun penjara.

]]>
Thu, 26 Jan 2023 19:25:00 +0000
Kantor Imigrasi Palembang Miliki Pelayanan Mobile Pemerintahan http://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/kantor-imigrasi-palembang-miliki-pelayanan-mobile.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Imigrasi Kelas I TPI Palembang melaksanakan Kegiatan upacara bendera di lapangan kantor imigrasi kelas I TPI Palembang, Kamis (26/1/2023). Kegiatan ini merupakan peringatan hari bhakti imigrasi ke 73 dengan tema "Imigrasi Baru untuk Indonesia Semakin Maju".

Kepala Kantor Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya selaku pembina upacara dimana membacakan amanat dari Menteri KumHam. Imigrasi harus menyesuaikan kemajuan di bidang pelayanan yang saat ini sudah semakin maju. Imigrasi perlu terus penyesuaian menghadapi semua tantangan di tiap zaman.

Sebab imigrasi merupakan pintu pertama masuknya warga negara asing. Juga sebagai pembuka peluang investasi di negara ini.Sebagai pendorong ekomomi kemajuan bangsa. Melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Sehingga masyarakat merasa aman melalui pelayanan yang baik. Sehingga investasi berdatangan ke Indonesia.

“Imigrasi sudah memberikan pelayan terbaik dan dampaknya dirasakan semua pihak. Tapi tak cukup sampai disini imigrasi terus membuktikan diri dengan membuat terobosan terbaru. Seperti melakukan pelayanan secara mobile,” jelas Ilham.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan mengatakan, saat ini untuk meningkatkan pelayaan kepada masyarakat. Maka pihak imigrasi membuat mobil pelayanan. Mobil tersebut diberikan nama Layanan Keimigrasian on the spot (LAKSO). Jadi mobil ini akan langsung datang ke Kbupaten yang belum ada kantor imigrasi di wilayah tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam satu hari kantor imigrasi Palembang melayani sebanyak 200 orang. Dimana saat ini kebanyakan pengurusan pasport untuk masyarakat yang mau perjalanan ibadah atau umroh.

“Kita dalam sehari memberikan pelayanan untuk sebanyak 200 orang,” ucapnya.

Dia menuturkan, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Sumsel. Banyak inovasi baru yang sudah dilakukan oleh pihakny. pasport gratis untuk 10 tahun. Selain itu juga tidak lupa untuk melakukan penegakkan hukum. Bagi ada warga negara asing yang melanggar peraturan. Saat ini ada sebanyak 500 warga negara asing yang terdata di Sumsel. Ada keprluan pelajar,pekerja dan kawin dengan warga Indonesia.

“Jika sudah mengurus pasport dan tidak sempat untuk mengambil langsung. Maka pasport dapat dikirimkan oleh pihak kami melalui Pos. Semua kemudahan untuk pelayanan kepada masyarakat terus kami lakukan,”harapnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumsel Supriono menuturkan, imigrasi saat ini sudah banyak menciptakan berbagai inovasi. Terkait pelayanan kepada masyarakat Sumsel. Seperti salah satunya untuk meningkatkan pelayanan kepada warga. Dibuatlah LAKSO dimana dengan pelayanan mobile ini maka masyarakat yang jauh dapat dijangkau. Serta masyarakat dari Kabupaten lain tak perlu jauh-jauh ke Palembang. Sebab mobil ini sendiri yang akan datang ke Kabupaten tersebut.

]]>
Thu, 26 Jan 2023 18:35:00 +0000
Buron 2 Tahun, Pelaku Pencuri Pendrol Rel Kereta Api Dibekuk Hukum & Kriminal http://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/buron-2-tahun-pelaku-pencuri-pendrol-rel-kereta-api-dibekuk.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Setelah menjadi buronan lebih dari dua tahun, pelaku pencurian besi Pendrol milik PT KAI yakni Budi Wana (45) warga Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, akhirnya berhasil dibekuk dirumahnya Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Rabu (25/1/2023) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB.

Sedangkan keempat rekannya yakni Sumardi (29) warga Dusun IV Desa Lorok, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Farhan Farado (23) warga Desa Bitis, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Rio Widodo (25) warga Dusun I, Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, dan Apriyadi Sanjaya (27) Dusun I, Desa Modong, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, sedang menjalani hukuman.

Menurut Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasubag Humas AKP RTM Situmorang, penangkapan pelaku Budi Wana tersebut berawal dari laporan petugas Polsus PT KAI bahwa telah terjadi pencurian 41 buah Pandrol Rel Jalur Kereta Api Milik PT. KAI di KM 343+7/8 di Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 sekitar pukul 01.00. Atas kejadian tersebut PT KAI mengalami kerugian sekitar Rp 1,5 juta dan melaporkannya ke Polsek Gelumbang.

Dari laporan tersebut, lanjut Situmorang, Polsek Gelumbang langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap empat pelaku dan sedang menjalani hukuman, sedangkan satu pelaku atas nama Budi Wana berhasil melarikan diri. Setelah sekitar 2,8 tahun menghilang, Kapolsek Gelumbang Iptu Rendy Novriady mendapatkan informasi dari warga bahwa pelaku terlihat sedang berada di rumahnya di Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Lalu ia langsung memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Guntur Iswahyudi untuk melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku tersebut sehingga pada hari Rabu tanggal 25 Januari 2023 sekitar pukul 02.00 pelaku yang sempat buron berhasil di tangkap dan diamankan di Polsek Gelumbang Guna Pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, sebelumnya petugas juga telah mengamankan barang bukti satu unit Mobil Toyota Kijang Super warna Biru Metalik BG 2495 FL dan 41 buah Pandrol Rel Kereta Api yang sebelumnya telah disita dalam perkara lain. Atas perbuatannya pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan (Curat).

]]>
Thu, 26 Jan 2023 17:10:00 +0000
Meningkatkan Minat Literasi di SMA 17 Sekolah http://www.lenterapendidikan.com/berita/sekolah/view/meningkatkan-minat-literasi-di-sma-17.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Workshop Duta Literasi Provinsi Sumsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VII , Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel dengan tema"Generasi Penerus Bangsa yang Siap Bersaing" dilaksanakan di SMA Negeri 17 Palembang, Kamis (26/1/2023).

Kepala SMA Negeri 17 Palembang Dra. Purwiastuti Kusumastiwi, M.M mengatakan, pihaknya besryukur dengan kehadiran Duta Literasi Sumsel karena akan menambah wawasan tentang literasi dan numerasi.

"Mereka akan mencari literasi sesuai fashionnya. Mudah-mudahan apa yang sudah diberikan akan diterapkan mereka untuk meningkatkan pengetahuan literasi mereka," ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, untuk sarana dan prasarana SMA Negeri 17 Palembang sudah melampaui.

"Kita menjadi juara harapan 1 untuk perlombaan Perpustakaan tingkat nasional tahun sebelumnya. Dan tahun ini kita targetkan untuk meraih juara 1 perpustakaan tingkat nasional. Kita sudah meraih akreditasi A karena sudah memiliki lebih dari 7.000 koleksi buku. Kedepan kita akan meningkatkan sarana dan prasarana untuk lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Duta Literasi Sumatera Selatan Ratu Tenny Leriva mengatakan, workshop ini dapat terlaksana berkas kerjasama antara Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel dan juga Dinas Dinas Pendidikan dan OJK Regional VII. Seperti biasa melaksanakan workshop mengenai literasi untuk menyiapkan para siswa untuk menjadi pemuda yang siap bersaing di finansial maupun peduli lingkungan.

"Workshop ini meliputi pemaparan mengenai literasi dan mengajak seluruh teman-teman untuk menggunakan platform mereka atau wadah mereka untuk berinteraksi semaksimal mungkin. Karena kita ada literasi digital jadi mengingatkan bagaimana agar mereka lebih bijak lagi menggunakan media sosial," katanya.

]]>
Thu, 26 Jan 2023 16:05:00 +0000
Dewan Usul Pengangkatan dan Pengesahan Kaffa menjadi Bupati Muara Enim Defenitif Muara Enim http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/dewan-usul-pengangkatan-dan-pengesahan-kaffa-menjadi-bupati-muara-enim-defenitif.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Sehari usai dilantik menjadi Wakil Bupati Muara Enim dan Plt Bupati Muara Enim periode sisa jabatan periode 2018-2023, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H.,LLM (Bham).,LL.M (Abdn).,PhD., langsung diusulkan DPRD Kabupaten Muara Enim untuk menjabat sebagai Bupati Muara Enim defenitif.

Hal tersebut terungkap dalam rapat Paripurna ke-I DPRD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 dalam rangka Usul Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Bupati Muara Enim menjadi Bupati Muara Enim Sisa Masa Jabatan 2018-2023 di gedung DPRD Muara Enim, Kamis (26/1/2023).

Dalam rapat Paripurna ke-I DPRD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 dalam rangka Usul Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Bupati Muara Enim menjadi Bupati Muara Enim Sisa Masa Jabatan 2018-2023 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki BSc yang didampingi para pimpinan DPRD Muara Enim dan Sekwan Lido Septontoni SH. Sementara dari eksekutif dihadiri langsung oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H.,LLM (Bham).,LL.M (Abdn).,PhD. didampingi Pj Sekda H Riswandar SH MH, para Forkopimda dan pejabat OPD serta undangan.

"Rapat ini Kourum, dimana dari 45 anggota DPRD Muara Enim yang hadir 35 orang," ujar Liono Basuki.

Menurut Liono Basuki sesuai Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Berdasarkan Pasal 78 ayat (1) huruf c menjelaskan Kepala Daerah berhenti karena diberhentikan, Pasal 78 ayat (1) huruf i menjelaskan Kepala Daerah berhenti karena diberhentikan dan mendapatkan sanksi pemberhentian dan Pasal 83 ayat (4) menjelaskan Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah diberhentikan tanpa melalui usulan DPRD apabila terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Kemudian juga, lanjut Liono Basuki, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian kepala Daerah, pada Pasal 131 ayat (1) menjelaskan Apabila Kepala Daerah diberhentikan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum serta, jabatan Kepala Daerah diganti oleh Wakil Kepala Daerah sampai berakhir masa jabatannya dan proses pelaksanaannya dilakukan berdasarkan Keputusan Rapat Paripurna DPRD. Kemudian, Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 131.16-5151 tanggal 22 Agustus 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.36346 Tahun 2022 Tanggal 27 Desember 2022 Tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023.

Masih dikatakan Kiki panggilan akrabnya, bahwa dengan telah disetujuinya Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim menjadi Bupati Muara Enim Masa Jabatan 2018-2023, maka berdasarkan Ketentuan Pasal 173 ayat (4) UU Nomor 10 Tahun 2016 usul penetapan tersebut dituangkan dalam Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Muara Enim tentang Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Muara Enim menjadi Bupati Muara Enim Masa Jabatan 2018-2023. Selanjutnya sesuai dengan ketentuan Pasal 79 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Keputusan DPRD ini akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan untuk diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri guna mendapatkan Pengesahan Pengangkatan.

]]>
Thu, 26 Jan 2023 15:50:00 +0000