Lentera Pendidikan.Com https://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Thu, 30 Mar 2023 12:12:19 +0000 Buron Lima Bulan, Warga BTN Air Paku Dibekuk Hukum & Kriminal https://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/buron-lima-bulan-warga-btn-air-paku-dibekuk.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Setelah kabur hampir lima bulan, Erwin (37) warga BTN Air Paku Blok U No 55, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim ini, berhasil dibekuk Tim Lakid Polsek Lawang Kidul. Pelaku dibekuk ditempat persembunyiannya di kawasan Talang Jawa Kelurahan Pasar III Muara Enim, Kamis (30/3/2023).

Selain mengamankan pelaku, Tim Lakid juga berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Vega R warna hijau Nopol BG 3141 DW milik Husni (49) warga BTN Mandala No 21 Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

"Benar Pelaku sudah kita diamankan setelah menjadi buronan sekitar lima bulan," ujar Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi SH SIK MH melalui Kapolsek Lawang Kidul Iptu Yogie Sugama Hasyim STK SIK didampingi Kasi Humas AKP RTM Situmorang.

Menurut Kapolsek Lawang Kidul Iptu Yogie Sugama Hasyim, bahwa aksi Curanmor yang dilakukan pelaku ini, terjadi pad bulan Okktober 2022 lalu. Pelaku berhasil mencuri satu unit sepeda motor Yamaha Vega R warna hijau dengan BG 3141 DW yang diparkirkan korban didepan rumah dengan kondisi stang sepeda motor dalam keadaan terkunci. Akibat dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 20 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lawang Kidul untuk ditindak lanjuti.

Usai mendapatkan laporan, kata dia, langsung ditidak lanjuti Tim Lakid dan melakukan pengejaraan terhadap pelaku untuk melakukan penangkapan, namum pelaku berhasil kabur dari sergapan polisi. Setelah menjadi buronan sekitar lima bulan, akhirnya tempat persembunyiannya diketahui yang masih berada di wilayah hukum Polres Muara Enim. Kemudian ia memerintahkan Tim Lakid dipimpin Kanit Reskrim Ipda Zakwan Rifqi untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan pelaku yang diketahui tengah bersembunyi dalam gudang rumah di Talang Jawa Kelurahan Pasar III Muara Enim. Dan pada saat ditangkap pelaku pasrah dan tidak melakukan perlawanan.

"Saat diinterogasi, Pelaku mengakui perbuatannya. Dan atas perbuatannya Pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHP," ujarnya.

]]>
Thu, 30 Mar 2023 18:10:00 +0000
Siapkan 15,000 Bibit Tanaman, LG Dukung Lingkungan Berkelanjutan di Sumsel Ekonomi & Bisnis https://www.lenterapendidikan.com/berita/ekonomi-bisnis/view/siapkan-15000-bibit-tanaman-lg-dukung-lingkungan-berkelanjutan-di-sumsel.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Perhatian PT. LG Electronics Indonesia (LG) dalam aspek lingkungan hidup tak hanya ditunjukkan melalui penyediaan produk elektronik inovatif yang ramah lingkungan. Sepanjang perjalanannya di Indonesia, perusahaan elektronik konsumer asal Korea Selatan ini bahkan memiliki rekam jejak nyata melalui berbagai aksinya yang terkait dengan perhatiannya pada lingkungan hidup. Di Palembang penanaman bibit tanaman dilaksanakan di Punti Kayu, Kamis (30/3/2023).

Terbaru, perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah menyiapkan 15,000 bibit tanaman dengan jenis bibit pohon rambutan, bibit pohon jambu air, bibit pohon matoa, bibit pohon tembesu, bibit pohon durian, bibit pohon petai, bibit pohon jengkol, bibit pohon alpukat, bibit pohon pinang dan bibit pohon nangka bagi dukungannya pada penciptaan lingkungan yang berkelanjutan di area Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya. Diserahkan pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, dukungan LG bagi lingkungan ini diterima oleh Ujang Wisnu Barata, S.Hut, M.Sc., M.Si. selaku Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan

“Kami berharap dukungan ini dapat berkontribusi dalam upaya besar yang digagas dan dilakukan seluruh elemen terkait pada pemerintah daerah Sumatera Selatan dalam penciptaan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” ujar Lee, Tae-Jin, President of LG Electronics Indonesia.

Dikatakannya pula, aksi nyata perusahaan dalam penyerahan bibit tanaman ini merupakan perwujudan dari salahsatu pilar tanggung jawab sosial perusahaan yang memang didesain sebagai dukungan bagi lingkungan hidup yaitu LG Loves Green.

Lebih lanjut ia menyatakan, penyerahan bibit ini sebenarnya merupakan bagian dari rangkaian komitmen besar LG untuk melakukan aksi penanaman 32 ribu pohon sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari peringatan 32 tahun beroperasinya LG di Indonesia yang jatuh pada November lalu.

Memperkuat komitmennya untuk mendukung penanaman kembali ini, LG bahkan telah mengikatnya dalam nota kesepahaman antara perusahaan dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Republik Indonesia. Sesuai rekomendasi BKSDA dalam nota kesepahaman tersebut, kegiatan penanaman kembali ini menyentuh area Jakarta, Sumatera Selatan dan area Samarinda.

“Ikatan bagi komitmen ini menjadi wujud nyata perhatian besar kami untuk dapat lebih berkontribusi bagi penjagaan dan peningkatan lingkungan hidup Indonesia sejalan dengan visi kami melalui kehadiran produk-produk ramah lingkungan,” ujar Ewan, Branch Manager Palembang Area for LG Electronics Indonesia.

Terkait dengan pengembangan produk ramah lingkungan ini, menurutnya lagi, LG bahkan terus berupaya untuk memperluas ketersediaannya di Indonesia.  Diantara upaya tersebut yaitu perluasan sematan teknologi inverter yang diakui oleh industri sebagai teknologi yang lebih hemat listrik pada berbagai produk elektronik rumah tangga. Termasuk didalam produk LG berbasis inverter yaitu kulkas, mesin cuci, microwave hingga ragam penyejuk ruangan (air conditioner – AC).

Bersisian dengannya, LG pun terus memperluas ketersediaan perangkat elektroniknya di Indonesia yang dilengkapi fitur LG ThinQ. Berwujud sebuah aplikasi yang berjalan melalui keterhubungan WiFi, perangkat elektronik LG ThinQ memungkinkan pengguna melakukan berbagai penyesuaian pengoperasian produk termasuk untuk penghematan energi setiap saat tanpa batasan ruang dan jarak.

“Visi intervensi teknologi untuk kehidupan yang lebih baik dalam penciptaan produk LG inilah yang kami bawa pula dalam semangat aksi hari ini untuk dapat lebih berkontribusi pada keberlangsungan lingkungan hidup di Indonesia. Bagi kehidupan masyarakat lebih baik bahkan untuk generasi mendatang,” tandas Lee-Tae,Jin.

]]>
Thu, 30 Mar 2023 17:05:00 +0000
Disdukcapil Gaet Polres Muara Enim Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/disdukcapil-gaet-polres-muara-enim-sosialisasikan-identitas-kependudukan-digital.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk mensosialisasikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) lebih luas dan cepat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muara Enim, menggandeng Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran mensosialisasikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Polres Muara Enim dan Polsek jajarannya, Kamis (30/3/2023).

Kadisdukcapil Kabupaten Muara Enim Drs H Risman Effendi MSi, mengatakan bahwa IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui handphone android yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. Nantinya, identitas warga akan mengalami perubahan data dari yang semula bentuk fisiknya berupa kartu kini menjadi digital.

Kedepannya KTP elektronik (e-KTP) yang saat ini sebagai kartu identitas resmi, akan digantikan dengan IKD. Dengan IKD, data masyarakat Indonesia akan terintegrasi. Pada tahap awal, lanjut Risman, sosialisasi pihak Disdukcapil berupaya menyasar mendekatkan dan memudahkan para petugas pelayanan masyarakat. Sehingga dalam keberlanjutannya mereka dapat menjadi corong sosialisasi yang lebih luas lagi ke masyarakat, terkait kepemilikan identitas kependudukan digital di Kabupaten Muara Enim. Untuk dapat menikmati layanan identitas digital, pertama kali perlu mengakses aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui aplikasi Playstore.

Setelah aplikasi tersebut diunduh, pengguna aplikasi terlebih dahulu melakukan verifikasi data. Nantinya, selama proses verifikasi data kependudukan digital, masyarkat akan mendapat pendampingan dari petugas Disdukcapil. Hal itu karena pada prosesnya membutuhkan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang mengatakan dengan adanya IKD ini akan dapat dengan mudah mengakses apapun yang memerlukan data diri kependudukannya kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Untuk itu Polres Muara Enim akan besinergi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muara Enim untuk membantu mensosialisasikan program identitas kependudukan digital sampai ke masyarakat.

"Program IKD jika telah tersosialisasi akan sangat bermanfaat baik bagi masyarakat maupun pemerintah dan instansi yang memerlukannya," ujarnya.

]]>
Thu, 30 Mar 2023 16:20:00 +0000
Polda Sumsel Launching Aplikasi Pak Kepo Buatan UBD PALEMBANG https://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/polda-sumsel-launching-aplikasi-pak-kepo-buatan-ubd.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Polda Sumsel bekerjasama dengan universitas Bina Darma melaunching aplikasi Pak Kepo, kamis (30/3/2023). Peluncuran aplikasi tersebut berlangsung  di Ruang Auditorium Lantai 7 Gedung Presisi Polda Sumsel. 

Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K dalam sambutannya mengungkapkan, melalui aplikasi ini diharpkan membantu dalam proses rekrutmen Polisi terutama di Polda Sumsel.

“Sebelumnya pada proses rekuitmen Polri terlalu banyak calon Polri yang mendaftar sehingga kami kesulitan, melalui aplikasi Pak Kepo ini diharapkan dapat membantu proses Polri terutama di Polda Sumsel,” terang Rachmad Wibowo. 

Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Haribowo, S.I.K., M.S.i. menambahkan, Aplikasi Pak Kepo berbasis mobile dapat diunduh di IOS dan Playstore

"Semoga aplikasi Pak Kepo dapat memudahkan masyarakat atau calon Polri untuk mendapat informasi dan mendaftar melalui aplikasi ini," kata dia. 

Dia menambahkan, Kapolda berharap di tahun-tahun berikut makin banyak warga yang mendaftarkan diri sebagai Polisi, hingga Polri semakin unggul, berkualitas, inovatif, dan berintergritas tinggi.

Launching itu turut dihadiri Rektor Universitas Bina Darma, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M, Ria Andryani, M.M. M. Kom. selaku Wakil Rektor Bidang SDM, dan M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., P.hD. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik.

Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi dan Inovasi, Dr. Edi Surya Negara, M.Kom mengatakan, Tim DSTI Universitas Bina Darma berhasil menyelesaikan project pembuatan aplikasi Pak Kepo. Tim itu terdiri dari 6 orang yaitu, Dr. Edi Surya Negara, M.Kom, Ahmad Sazili, Riski Saputra, Iqbal Wahyudi, Dedek Julian, dan Padel M Agam.

“Kami sangat senang bisa bermitra dan membantu Polda Sumsel dalam pengembangan Teknologi Informasi, semoga kami dapat bersinergi dalam kerjasama lainya,” ujar dia,

Dia menambahkan  ada beberapa tahap yang dilalui saat membuat aplikasi Pak Kepo tersebut, pertama perancangan dan analisis system yang mendetail sesuai dengan kebutuhan Polda Sumsel, dilanjutkan dengan proses pengcodingan dilakukan secara pararel dan langsung di Puhs ke Google dan IOS.

"Kelebihan aplikasi Pak Kepo antara lain, user friendly, praktis dan memudahkan pengecekan umur, persyaratan dan pengumuman pendaftaran calon Polri terutama di Polda Sumsel sehingga informasi yang diterima masyakat cepat dan update," pungkas dia.(https://www.binadarma.ac.id)

]]>
Thu, 30 Mar 2023 15:20:00 +0000
Polres Muara Enim Gelar Kegiatan SPBE dan SI ABK 2023 Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polres-muara-enim-gelar-kegiatan-spbe-dan-si-abk-2023.html Lentera-PENDIDIKAN.com, MUARA ENIM-Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, Polres Muara Enim adakan kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Sistem Analisis Beban Kerja (SI-ABK) tahun 2023 di Ruangan Rupatama Mapolres Muara Enim, Kamis (30/3/2023).

Kegiatan dibuka oleh Wakapolres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan, SE, M.Si yang didampangi oleh Kabag Ren Polres Muara Enim Kompol A. Roni Romli dan diikuti dari Operator Bag, Sat, Si dan Polsek Jajaran Polres Muara Enim Polda Sumsel.

Wakapolres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan mengatakan bahwa tujuan SPBE dan SI-ABK ini adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. SPBE dan SIABK adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah.

" Saya berharap kegiatan ini merupakan momen yang tepat untuk bisa belajar dengan sebaik-baiknya," ucap Wakapolres.

Ditambahkan Kabag Ren Polres Muara Enim Kompol A. Roni Romli menyampaikan bahwa SPBE dan SI-ABK sebagai pendukung pelaksanaan transformasi digital pemerintahan dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Oleh karena itu, kegiatan ini agar betul-betul dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga SPBE dan SI-ABK dapat berjalan dengan baik.

]]>
Thu, 30 Mar 2023 14:35:00 +0000
Polres Muara Enim Bagikan Paket Sembako Peristiwa https://www.lenterapendidikan.com/berita/peristiwa/view/polres-muara-enim-bagikan-paket-sembako.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Polres Muara Enim membagikan paket sembako kepada warga masyarakat di daerah Talang Jawa Kelurahan Pasar III, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Kamis (30/3/2023).

"Bantuan paket Sembako tersebut bentuk kehadiran serta kepedulian Polri saat ada kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” ucap Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang.

Menurut Situmorang, pembagian paket Sembako hari ini sudah yang ketiga kalinya di wilayah kabupaten Muara Enim dengan sasaran masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan pokok penting. Dan kegiatan ini salah satu kepedulian Polri kepada masyarakat yang bertema Bantuan Kemanusiaan untuk Negeri. Semoga melalui kegiatan pemberian bansos ini bisa sedikit bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan pokok.

Sementara itu menurut salah seorang penerima Pian, bahwa kami hanya mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi atas pemberian bantuan Sembako ini. Semoga apa yang diberikan mendapat imbalan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Bantuan ini akan benar-benar bermanfaat untuk kami, hanya Allah SWT yang bisa membalasnya," ujarnya yang berprofesi serabutan ini.

]]>
Thu, 30 Mar 2023 13:20:00 +0000
Polres Muara Enim Rekayasa Pengalihan Arus Lalulintas Peristiwa https://www.lenterapendidikan.com/berita/peristiwa/view/polres-muara-enim-rekayasa-pengalihan-arus-lalulintas.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk antisipasi kemacetan dan laka lantas serta gangguan Kamtibmas saat menjelang berbuka puasa, personil Gabungan terdiri dari Polres Muara Enim, Dishub dan Pol-PP melaksanakan Strong Point pengaturan lalulintas di jalan yang berpotensi rawan macet, lakalantas dan Kamtibmasndi dalam kota Muara Enim, Kamis (30/3/2023).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang mengatakan bahwa pihaknya bersama Instansi terkait antisipasi kemacetan untuk melakukan Strong point atau pengaturan lalu lintas di titik titik rawan kemacetan dan publik adress, mengingat di bulan puasa mobilitas masyarakat menjelang buka puasa meningkat.

"Sibuknya arus lalu lintas ini puncaknya akan terlihat dari pukul 16.00 - 17.00, maka perlu adanya rekayasa lalulintas tersebut," ujarnya.

Dikatakan RTM Situmorang, pengalihan arus lalu lintas sengaja dilakukan untuk antisipasi kemacetan arus Lalu lintas dalam berlalu lintas, khusus dibulan Ramadhan terutama pada jam-jam sibuk sewaktu masyarakat akan berbelanja Takjil menjelang berbuka Puasa.

]]>
Thu, 30 Mar 2023 12:20:00 +0000
Kabar Gembira, Sertifikasi Dosen PTS Sebagian Sudah Dibayarkan dan Sisanya Akan Dicairkan Besok Universitas https://www.lenterapendidikan.com/berita/universitas/view/kabar-gembira-sertifikasi-dosen-pts-sebagian-sudah-dibayarkan-dan-sisanya-akan-dicairkan-besok.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Kabar gembira bagi dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pasalnya, sertifikasi dosen dibawah dilingkungan LL Dikti Wilayah II sudah sebagian dibayarkan. Dan untuk yang belum dibayarkan akan dicairkan pada 30 Maret 2023. Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar M. Sc mengatakan, wilayah kerjanya LL Dikti Wilayah II meliputi provinsi Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Babel. Untuk sertifikasi dosen itu sudah ada yang dibayarkan.

"Alhamdulillah sudah mulai cair. Untuk Lampung dan Bengkulu sudah selesai," ujarnya saat diwawancarai via Whats Apps, Rabu (29/3/2023).

"Sementara itu, untuk Babel sudah hampir cair semua dan untuk Palembang insyaa Allah mulai besok sudah akan cair," tambah Iskhaq.

Lebih lanjut dia menuturkan, kendala yang muncul karena di awal tahun Kementerian menggunakan aplikasi baru untuk proses pencairannya.

"Jadi ada beberapa hambatan. Tetapi insyaa Allah secara bertahap kita selesaikan," bebernya.

Menurutnya, kendala ini tidak hanya di LL Dikti Wilayah II saja tetapi di seluruh LL Dikti. "Kita berharap dosen bersabar. Karena kendala ini terjadi di seluruh LL Dikti," tandasnya.

]]>
Wed, 29 Mar 2023 20:20:00 +0000
Dinkes Muara Enim Targetkan Zero Malaria Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/dinkes-muara-enim-targetkan-zero-malaria.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dinas Kesehatan ( Dinkes) Muara Enim, menargetkan Bumi Serasan Sekundang zero kasus malaria. Hal tersebut terungkap pada rapat pertemuan penguatan perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah dalam upaya dan pencegahan penyakit AIDS, TBC, Malaria Kabupaten Muara Enim 2023 di ruang Pangripta Sriwijaya, Rabu (29/3/2023).

"Mohon doa dan dukungannya. Semoga Kabupaten Muara Enim zero malaria," ujar Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila usai menghadiri rapat. 

Eni menjelaskan, bahwa dalam rapat tersebut membahas tiga penyakit HIV/AIDS, TBC, Malaria memang perlu integrasi, dan bukan hanya Dinas Kesehatan tetapi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait termasuk program CSR. Kalau hanya mengandalkan Dinas Kesehatan maka tidak akan selesai seperti menyelesaikan masalah stunting, masalah jamban dan sebagainya.

"Seluruh permasalahan kesehatan ini kita harapkan seluruh OPD yang terkait saling sinergi seperti contoh untuk apa tuberkulosis ada tiga penyebab, ada tiga lingkaran, ada tiga sisi. Namun yang harus kita intervensi yaitu dari agent-nya sendiri karena agent-agent-nya itu adalah kumannya," jelasnya.

Eni menerangkan bahwa proses penyebab penyakit tersebut adalah kuman penyebabnya. Untuk mengatasinya pasiennya harus diobati dan lingkungan harus diintervensi seperti tempat tinggalnya jika tidak layak maka bisa direhab melalui program bedah rumah, jika jamban atau sanitasi tidak higienis dan layak maka bisa juga dibangunkan atau diintervensi oleh Dinas Perkim. Semuanya diserahkan tanggungjawab sesuai tupoksi masing-masing sehingga penanganannya benar-benar bisa komprehensif. 

]]>
Wed, 29 Mar 2023 19:10:00 +0000
Mulai Buka Pendaftaran PPDB, Kuota SMKN 5 Palembang Tahun Ini 468 Orang Sekolah https://www.lenterapendidikan.com/berita/sekolah/view/mulai-buka-pendaftaran-ppdb-kuota-smkn-5-palembang-tahun-ini-468-orang.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-SMKN 5 Palembang tahun ini membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui dua jalur yakni PMPA dan Jalur Tes Mandiri. Kuota PPDB SMKN 5 Palembang tahun ini berjumlah 468 orang. Kepsek SMK Negeri 5 Palembang Zulkarnain, M.Pd mengatakan, tahun ini penerimaan peserta didik baru (PPDB) sudah dimulai pakai dua jalur yang pertama jalur PMPA itu sudah berjalan sekarang sudah mulai jadwalnya.

"Bagi yang punya prestasi apakah di bidang akademik, rohis, olahraga atau seni silahkan mendaftar ke sini melalui website SMKN5 Palembang," ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu (29/3/2023).

"Untuk jalur PMPA itu tanggal 10 sampai 31 Maret 2023 pendaftarannya. Seleksi berkasnya 1 sampai 3 April. Kemudian 6 April ada wawancara dan 10 April pengumuman itu untuk PMPA," tambahnya.

Kemudian, sambung Zulkarnain, untuk jalur kedua adalah jalur tes Mandiri. Untuk jalur tes Mandiri dilaksanakan di bulan Mei.

"Jalur tes Mandiri pendaftaran online tanggal 2 sampai 10 Mei. Kemudian seleksi berkas. 22-25 Mei seleksi tes potensi akademik, dan 29 Mei pengumuman. Untuk daftar ulang 5-16 Juni," katanya.

Zulkarnain menuturkan, di SMKN 5 Palembang ada jurusan multimedia, animasi dan produksi siaran dan program televisi.

"Jadi kita yang punya hubungan IT. Disamping memang ada bisnis manajemen dan akuntansi dan ada tata kelola perkantoran dan pemasaran," katanya.

Ketika ditanya kuota PPBD tahun ini, Zulkarnain mengungkapkan, tahun ini kuota sebanyak 13 rombel dikali 36 siswa.

"Karena kita sekolah reguler jadi kita terima 468 peserta didik baru untuk tahun ini dan tetap kita masih mengutamakan kalau ada tetangga di sini radius 300 meter itu kami utamakan. Karena sekolah ini milik masyarakat di sini," pungkasnya.

]]>
Wed, 29 Mar 2023 18:25:00 +0000
Satlantas Polres Muara Enim Tambal Jalan Berlobang Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/satlantas-polres-muara-enim-tambal-jalan-berlobang.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk minimalisir angka kecelakaan dan memberikan kenyamanan dalam berkendaraan, anggota Satlantas Polres Muara Enim melakukan penambalan jalan berlobang di Desa Lais, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim. Pasalnya, lobang tersebut sering menjadi penyebab kecelakaan khususnya kendaraan roda dua.

"Penambalan ini sifatnya urgen untuk mengantisipasi kecelakaan. Karena lobang ini sering menjadi penyebab terjadi kecelakaan bagi pengendara kendaraan roda dua," ujar Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi SH SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Suwandi SH MSi, Rabu (29/3/2023).

Menurut AKP Suwandi, bahwa status jalan tersebut jalan nasional yang berarti tanggungjawab pemerintah pusat. Namun jika menunggu diperbaiki oleh pihak berwenang tentu akan memakan waktu yang lama sedangkan kondisi jalan ini sudah rusak dan berlobang dan jika tidak segera dilakukan penambalan maka akan menjadi pemicu kecelakaan lainnya terutama jika digenangi air sebab tidak terlihat sehingga banyak kendaraan roda dua terjebak.

"Sebelum kita tambal, kita lakukan inventarisir dilokasi yang benar-benar parah dan membahayakan pengguna jalan," ujarnya.

Selain menambal jalan berlubang, lanjut Suwandi, pihaknya juga melaksanakan giat pemasangan spanduk imbauan keselamatan berlalu lintas pada titik-titik rawan macet dan rawan laka. Dalam himbauan tersebut kita menghimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati. Sebab kondisi jalan rusak salah satu faktor penyebab kecelakaan

Sementara itu, Ozie (40) salah satu pengguna jalan sangat mengapresiasi langkah jajaran Satlantas Polres Muara Enim, melakukan penambalan jalan berlobang dengan acara di semen. Sebab jika menunggu perbaikan dari pemerintah pusat tentu harus menunggu lama dan birokrasinya panjang. Sedangkan kebutuhan akan kenyamanan dan keselamatan butuh segera dan tidak bisa ditunda-tunda terutama jalan yang rusak parah.

"Pemerintah harusnya secara rutin melakukan pengecekan ruas jalan, jika ada jalan yang rusak untuk segera ditangani, jangan sampai sudah ada korban jiwa baru mau diperbaiki. Sepengetahuan saya lobang ini sudah dua kali yang celaka," pungkasnya sambil menunjuk lobang yang ditambal Satlantas Polres Muara Enim.

]]>
Wed, 29 Mar 2023 17:25:00 +0000
Gubernur Lantik Pj Bupati Apriyadi Jadi Sekda Muba Definitif Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/gubernur-lantik-pj-bupati-apriyadi-jadi-sekda-muba-definitif.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru secara resmi melakukan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan kepada Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Muba, Rabu (29/3/2023) di Griya Agung.

Pelantikan ini merujuk kepada Keputusan Gubernur Sumsel Nomor : 1765/KPTS/BKD.II/2023 Tanggal 28 Maret 2023 Tentang Perpanjangan Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin

"Saya percaya saudara Apriyadi bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya," ucap Gubernur Sumsel H Herman Deru saat Pengambilan Sumpah dan Pelantikan kepada Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Muba.

Ia mengatakan, ini proses berkesinambungan JPT Pratama dan Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud yang jabatan definitifnya Sekretaris Daerah harus dilakukan perpanjangan setelah menjabat lima tahun.

"Karena pak Apriyadi ini menjabat Pj Bupati Muba jadi tidak mungkin melantik diri sendiri, jadi ini diambil alih Gubernur untuk dilakukan pelantikan yang telah disetujui Kemendagri," terangnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengatakan agar Apriyadi yang menjabat Pj Bupati Muba juga Sekda Muba definitif untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya.

"Selamat kepada pak Apriyadi, saya berharap dapat memberikan kontribusi positif serta terus melakukan percepatan-percepatan pembangunan di daerah," ulasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud yang juga Sekda Muba definitif mengatakan akan melaksanakan tugas sebaik mungkin sesuai tugas pokok dan tanggung jawab.

"Terima kasih pak Gubernur Herman Deru atas arahan yang diberikan, jajaran Pemkab Muba akan terus bersinergi untuk menjalankan roda Pemerintahan dengan maksimal," tandasnya.

Diketahui, Pj Bupati Apriyadi Mahmud menjabat Sekda Muba definitif sejak Tahun 2017 dan sudah tercatat selama lima tahun, oleh sebab itu Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Sumsel Herman Deru melakukan perpanjangan jabatan JPT Pratama.

]]>
Wed, 29 Mar 2023 16:05:00 +0000
Ini Para Pemenang Lomba Video dan Poster Universitas Bina Darma PALEMBANG https://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/ini-para-pemenang-lomba-video-dan-poster-universitas-bina-darma.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Universitas Bina Darma sukses menggelar lomba video dan poster. Kegiatan yang mengusung dua tema yakni Menuju Dies Natalis 30th UBD dan UBD PTS Terbaik di Sumsel itu, mendapat sambutan antusias dari para peserta. Sebanyak 44 peserta mengirimkan hasil karyanya di media sosial masing-masing. Karya-karya tersebut mendapat apresiasi langsung oleh Rektor Universitas Bina Darma, Dr. Sunda Ariana. 

Hal itu terungkap dalam kata sambutannya saat mengumumkan pemenang di Ruang Aula Prof. Ir. Bochari Rachman, M.Sc. Gedung Prof. Bochari Rachman 1 pada Rabu,(29/3/2023)..

“Saya turut mengapresiasi para peserta yang telah ikut meramaikan kegiatan ini,” ujar Dr. Sunda Ariana, M.Pd. M.M.

Rektor Universitas Bina Darma juga mengaku terkejut karena para peserta tidak hanya berasal dari Sumatera Selatan saja, tapi ada juga yang dari luar Sumatera Selatan. Seperti Surabaya, Bandung, dan ada juga yang berasal dari luar Kota Palembang. 

“Saya dengar lomba ini juga diikuti oleh beberapa peserta dari luar kota, seperti Banjarmasin dan Bali,”  kata dia. 

Pada kesempatan yang sama, ketua pelaksana juga turut menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang turut meramaikan lomba ini, meskipun tidak semuanya yang hadir pada ruangan ini, tapi saya tahu mereka turut menyaksikan pengumuman ini dari live streaming Instagram @ubd_unggul,” ujar Mitrya, S. I. Kom. selaku ketua pelaksana lomba video dan poster UBD. 

Puncak acara, dua juri yakni Deni Erlansyah, M.M., M.Kom. dan Dimas Umboro, S.I.Kom., M.I.Kom tampil untuk mengumumkan nama-nama pemenang lomba video dan poster UBD. 

"Kami kesulitan untuk memilih siapa yang menjadi pemenang karena semua karya peserta bagus-bagus semua," ujar Deni Erlansyah, M.M., M.Kom.

Menurut dia, pemenang dibagi jadi dua kategori lomba, video dan poster. video durasi 1-3mnit, poster harus asli dan belum pernah di lombakan. Materi lomba juga wajib di uploadi di sosial media, seperti instagram, facebook dan tiktok. Diharapkan melalui lomba ini, kata dia, UBD menjadi lebih dikenal luas lagi dan sukses mencapai ubd unggul 2025.(https://www.binadarma.ac.id)

Berikut daftar pemenang lomba:

Lomba Video Pendek
Juara 1 : Regita Cahyani
Juara 2 : Asep Nurohim
Juara 3 : Tabroni

Lomba Poster
Juara 1 : Dwi Reynaldi
Juara 2 : Putri Cahya Maharani
Juara 3 : Mawaddah Rizki

]]>
Wed, 29 Mar 2023 15:20:00 +0000
Polsek Tanjung Agung Salurkan Bansos Kepada Warga Desa Pandan Dulang Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polsek-tanjung-agung-salurkan-bansos-kepada-warga-desa-pandan-dulang.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan pokok penting menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polsek Tanjung Agung, Polres Muara Enim, Polda Sumsel, menyalurkan Sembako di Desa Pandan Dulang Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, Rabu (29/3/2023).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui AKP M. Heri Irawan, SE mengatakan bahwa Bansos yang dilaksanakan oleh pihaknya merupakan salah satu program Polri selain itu sebagai bentuk kepedulian Polri kepada warga yang terdampak kenaikan harga bahan pokok penting.

“Ya, Mudah-mudahan apa yang kami berikan ini bisa meringankan beban masyarakat di Desa Pandan Dulang, dimana dampak harga bahan pokok mempengaruhi terhadap masyarakat kita,” kata AKP M. Heri Irawan.

]]>
Wed, 29 Mar 2023 14:50:00 +0000
Kanim Muara Enim dan Kadiv Imigrasi Resmikan Gedung Baru Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/kanim-muara-enim-dan-kadiv-imigrasi-resmikan-gedung-baru.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LUBUK LINGGAU-Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Misnan beserta Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sumatera Selatan, diwakili Kepala Devisi keimigrasian Sumatera Selatan, Herdaus dan Herawan Sukoaji selaku Koordinator Kerjasama Keimigrasian bersama Walikota H.SN.Prana Putra Sohe hadiri acara  peletakan batu pertama secara langsung pembangunan gedung kantor Imigrasi yang berada di kelurahan Airkuti Kecamatan Lubuklinggau timur1 kota Lubuklinggau.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Lubuklinggau, Kadis PUPR kota Lubuklinggau, Kabid PUPR Lubuklinggau, PLT Kadis Perkim kota Lubuklinggau, Kadis Kominfo kota Lubuklinggau, Danramil 0406 kota Lubuklinggau, Kapolsek, Camat Timur1, Lurah Airkuti dan RT Air kuti serta  perawakilan dari Propinsi Bengkulu.

“Apresiasi dan salut atas pencapaian tercepat oleh walikota Lubuklinggau”, Ujar Kadiv keimigrasian Sumatera Selatan. Rabu, (29/3/2023).

Walikota Lubuklinggau dalam sambutannya, menyampaikan “Pembangunan Kantor Imigrasi Kota Lubuklinggau ini sesuai dengan motto dan slogan Kota Lubuklinggau yaitu BISA, terwujudnya gedung Kantor Imigrasi merupakan cita-cita yang akhirnya dapat direalisasikan.”

“Selamat atas akan dibangunnya Kantor Imigrasi Kota Lubuklinggau, Ini adalah kantor yang paling pas dan sesuai standar di wilayah Sumatera Selatan,” ucap Koordinator Kerjasama Keimigrasian.

Usai peletakan batu pertama secara resmi, Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, berharap dengan kehadiran Kantor Imigrasi di Kota Lubuklinggau dapat membantu masyarakat dan mendorong majunya sektor lain serta peningkatan layanan kesejahteraan semakin baik.

]]>
Wed, 29 Mar 2023 13:10:00 +0000