Lentera Pendidikan.Com https://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Sun, 14 Apr 2024 02:26:31 +0000 Pemudik Pilih Istirahat di Masjid Polres Muara Enim Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/pemudik-pilih-istirahat-di-masjid-polres-muara-enim.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM- Setelah menempuh perjalanan panjang, pemudik asal Kota Palembang memilih istirahat di masjid Mapolres Muara Enim. Selain bisa beristirahat untuk menghilangan rasa capek, pemudik juga bisa melaksanakan ibadah, dan lebih aman karena berada di dalam komplek Mapolres Muara Enim, Sabtu (13/4/2024).

Kedatangan dua mobil rombongan pemudik tersebut disambut hangat oleh anggota Satlantas Aiptu Leonardo. Pemudik juga diberitahu fasilitas Masjid untuk sholat, mengambil wudhu dan toilet serta tampat istirahat. Ia juga mengingatkan bahwa pilihan pemudik memilih untuk beristirahat di kantor Polisi terdekat selain Pos Pelayanan sudah tepat dan lebih aman ketimbang memilih istirahat dibahu jalan.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang, mengatakan bahwa Muara Enim adalah wilayah jalan lintas sumatera (Jalinsum)
menjadi salah satu pilihan jalur lintas tujuan pemudik menuju kota-kota besar di Sumatera. Oleh karena itu Polres Muara Enim membuka ruang bagi pemudik yang mau beristirahat di setiap Polsek dan Mapolres Muara Enim

"Dipersilahkan bagi pemudik jika ingin beristirahat di Polsek maupun di Polres. Kita siap menerima pemudik jika ingin beristirahat. Ketimbang beristirahat di bahu jalan yang resikonya sangat besar karena arus balik mudik mulai padat kendaraan," ujarnya.

Selain aman, lanjut AKP Situmorang, tersedianya fasilitas umum seperti tempat ibadah, toilet dan colokan listrik yang semuanya gratis. Kami berusaha untuk melayani masyarakat dengan sebaik mungkin. Sambil istirahat, pemudik juga bisa sharing, bertanya soal jalur mudik yang akan ditempuh atau tempat wisata yang paling efisien kepada anggota Polsek yang berjaga sehingga memudahkan para pemudik. Dirinya juga mengingatkan kepada sopir setelah 4-5 jam berkendara diwajibkan untuk beristirahat bisa di rest area, pos pelayanan dan kantor Polisi.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah tempat yang tepat untuk beristirahat setelah menempuh pejalanan selama 4-5 jam dan patuhi rambu-rambu lalulintas serta utamakan keselamatan selama dalam perjalanan," pesannya.

]]>
Sat, 13 Apr 2024 17:20:00 +0000
Ingatkan Sopir Bus Utamakan Keselamatan Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/ingatkan-sopir-bus-utamakan-keselamatan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk mengantispasi potensi kecelakaan dalam berlalu lintas, Satlantas Polres Muara Enim mengingatkan para sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan travel, agar saat mengendarai kendaraan selalu mengutamakan keselamatan di Terminal Regional Kota Samping Kodim 0404 Muara Enim, Sabtu (13/4/2024).

"Sebab dalam berkendara khususnya sopir angkutan umum adalah ujung tombak keselamatan penumpang dan crew serta pengguna jalan lainnya. Jangan ugal-ugalan apalagi mabuk, sebab nyawa orang taruhannya," tegas Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasat Lantas AKP Suwandi SH MSi

Menurut AKP Suwandi, yang harus menjadi perhatian dan ditaati oleh sopir adalah mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, mengutamakan keselamatan saat berkendara dan memperhatikan kondisi kendaraan. Apalagi suasana arus mudik sang sopir harus kerja ekstra melayani penumpang sampai tujuan. Sebab modatranportasi darat seperti kendaraan umum masih banyak diminati masyarakat, oleh karena itu sopir diharapkan dapat mengendarai kendaraan dengan baik sehingga penumpang merasa nyaman dan selamat sampai tujuan.

Selain itu, lanjutnya, anggota Satlantas Polres Muara Enim juga mengingatkan kepada sopir jika Surat Izin Mengemudi (SIM) telah mati agar dapat segera diperpanjang. Sebab SIM salah satu syarat dalam berkendaraan.
Sementara itu, Haryono (52) sopir Epa Star mengatakah dirinya bersama krew selalu memberikan pelayanan nyaman, aman dan selamat sampai tujuan serta selalu berhati-hati berkendara. Sebab kita sadar yang dibawa ini (Penumpang, red) nyawa dan keselamatan utama menjadi prioritas.

]]>
Sat, 13 Apr 2024 15:35:00 +0000
Arus Balik Muara Enim Kian Padat Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/arus-balik-muara-enim-kian-padat.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Memasuki H+2 Pasca Lebaran Idul Fitri 1445 H, arus mudik balik mulai terlihat padat dan merayap. Bahkan di dua pintu perlintasan KA yakni di Belimbing dan Gunung Megang sering terjadi kemacetan cukup panjang.

Dari pantauan dilapangan, Sabtu (13/4/2024), pada umumnya Jalinsum di wilayah Kabupaten Muara Enim mulai padat namun tetap lancar. Namun setidaknya ada dua titik perlintasan KA yang sering membuat kemacetan  yakni di pintu perlintasan Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing dan Pintu Perlintasan KA Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang.

Adapun penyebab kemacetan tersebut, selain volume kendaraan tinggi, juga kereta api yang melintas rentangnya terlalu dekat sehingga belum tuntas antrian kendaraan melintas pintu perlintasan KA sudah ditutup kembali sehingga kemacetan semakin lama semakin panjang. Ditambah juga budaya Sopir yang tidak sabaran sehingga banyak yang nekat menyerobot antrian sehingga memperparah kemacetan.

"Ini Sopirnya banyak yang susah diatur. Sudah dihimbau petugas untuk ngantri tapi masih ada aja yang nyerobot," ujar supir salah satu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Sopian (50) warga Medan.

Menurut Sopian, bahwa dirinya bawa penumpang dari Medan - Jakarta. Dan mudah-mudahan besok (Minggu) paling telat sudah tiba di Jakarta. Rencananya ia akan melalui tol Indralaya langsung ke Lampung, tapi akibat kemacetan di pintu perlintasan KA setidaknya telah menghabiskan waktu berjam-jam yang berakibat molornya juga waktu tiba di tujuan.

"Kami minta pintu perlintasan KA terutama di Belimbing dan Gunung Megang jangan hanya sebentar bukanya, kalau macet panjang tolong dilihat dan disesuaikan, agak lama sedikit dibukanya," tegasnya.

Hal senada dikatakan salah satu pemudik Ridwan (35) warga Muara Enim, katanya jika dilapangan antrian panjang di pintu perlintasan KA, pihak PT KAI akan memberikan spare waktu kepada pengguna jalan untuk melintas lebih lama, ini kenyataannya dilapangan sepertinya berbeda. Sebab dirinya sudah hampir satu jam terjebak kemacetan di pintu perlintasan KA Gunung Megang. Belum nanti di pintu perlintasan KA Belimbing, biasanya macet juga.

"Kalau mau cepat semuanya ingin cepat. Ini sudah sekitar satu jam mengantri disini, belum ditambah banyak kendaraan yang menyerobot. Tolong ditilang saja kendaraan yang menyerobot sebab menambah kemacetan lebih panjang," ujarnya kesal yang telah ikut antrian sekitar 2 km.

]]>
Sat, 13 Apr 2024 13:50:00 +0000
Pj Bupati Banyuasin: Hadist Rasulullah Perintahkan Kita Berbagai Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/banyuasin/view/pj-bupati-banyuasin-hadist-rasulullah-perintahkan-kita-berbagai.html Lentera-PENDIDIKAN.com,BANYUASIN- Sebanyak 110 Warga tidak mampu di Lima Kelurahan dalam Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumsel. Mendapatkan tali asih dari Pj Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH. Sekeluarga.

Pj Bupati Banyuasin, membagikan Amplop untuk warga di Guest house Rumah Dinas Bupati Banyuasin, dengan didampingi oleh Camat Banyuasin III, Santo. S. Sos. M. Si. Serta Empat Lurah diantaranya, Lurah Kedondong Raye, Imam Ghozali. Lurah Seterio, Karya Musmulyadi, Lurah Mulia Agung, Robin Cahyadi. Dan Lurah Kayu Are Kuning. dan Perwakilan Lurah Pangkalan Balai.

“Kegiatan sore ini saya menyampaikan zakat Pribadi dan Zakat Malu  di Masjid Jumhuriyah dan Salmania, itu setelah kegiatan sidak pasar pagi tadi”Kata, Pj Bupati Banyuasin. H. Hani Syopiar Rustam, ketika dibincangi. Selasa, (9/4/2024).

Ditambahkannya, Rejeki yang dimiliki olehnya pada dasarnya adalah sebagian milik orang lain, maka dari itu dirinya menyerahkan bagian Fakir Miskin, Yatim-piatu tersebut bersama Keluarganya.

“Sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad SAW, sebagian dari rejeki kita ada hak orang lain, maka dari itu kita serahkan hak orang-orang yang membutuhkan agar dapat membantu kebutuhan mereka,”Ujarnya.

Masih dikatakannya, Pemkab Banyuasin bakal menggelar Open House di Rumah Dinas Bupati Banyuasin setelah menggelar Sholat Id di Halaman Kantor Bupati Banyuasin.

“Besok setelah sholat id, kami akan menggelar open house, kita persilakan kepada seluruh masyarakat Banyuasin untuk datang ke Rumah Dinas, “Imbuhnya.

Ditegaskannya, Open House yang mereka gelar berbatas waktu karena pihaknya juga akan melakukan sambang silaturahmi ke Sekda, Kapolres, Kejari, Dandim, Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Pj Gubernur Sumsel dan menyambangi kediaman orang tuanya.

“Open house kita berbatas waktu, Pukul 12.00 Wib, kita tutup, sebab kami juga akan melakukan kunjungan ke Kapolres, Dandim, Kejari, Sekda, dan Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, kemudian kita akan bersilaturahmi ke Pj Gubernur Sumsel, dan orang tua kita di Palembang,”Tukasnya.

]]>
Sat, 13 Apr 2024 06:50:00 +0000
Jubah Milik SMB II Jadi Koleksi Kuno Kesultanan Palembang Darussalam Pernik https://www.lenterapendidikan.com/berita/pernik/view/jubah-milik-smb-ii-jadi-koleksi-kuno-kesultanan-palembang-darussalam.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Kesultanan Palembang Darussalam memiliki koleksi kuno yaitu sebuah jubah milik Sultan Mahmud Badaruddin II yang kini di simpan oleh Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn.

Jubah yang panjangnya diperkirakan 1, 5 meter, warna kuning oranye, motip bunga bunga, berlengan panjang ada sedikit koyak di leher kanan , kini menjadi salah satu koleksi kuno yang di miliki Kesultanan Palembang Darussalam.

“Jubah ini milik SMB II jadi kita perlihatkan bahwa SMB II memiliki motip baju yang berbeda dan cukup indah pada masanya sehingga bisa dijadikan salah satu contoh atau salah satu warisan budaya yang kita miliki dari Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya, Jumat (12/4).

Umur jubah tersebut menurut SMB IV diperkirakan antara 200 sampai 300 tahun. Mengenai bagaimana ceritanya sehingga jubah ini bisa sampai di Kesultanan Palembang Darussalam , menurut SMB IV mengaku tidak tahu dan tahunya mendapat warisan dari orangtuanya.

“Kalau dari motipnya jubah itu adalah jubah pada acara-acara tertentu, sebab kalau jubah itu tidak setiap hari di pakai sultan, “ katanya.

SMB IV mengaku kalau jubah milik SMB IV ini belum ada kajian akademiknya.

“Belum ada kajian, nanti akan kita kaji fungsinya seperti apa,” katanya.

Sebelumnya Sultan Mahmud Badaruddin (SMB ) II (23 November 1767 - 26 September 1852) adalah Sultan Palembang yang berkuasa dari 12 April 1804; sepuluh hari setelah Ayahnya wafat, hingga diasingkan Belanda pada 1 Juli 1821. Nama lahirnya sebelum berkuasa adalah Raden Muhammad Hasan Pangeran Ratu.

Dalam masa pemerintahannya, ia beberapa kali memimpin pertempuran melawan Inggris dan Belanda, di antaranya yang disebut Perang Menteng. Pada tangga 14 Juli 1821, ketika Belanda berhasil menguasai Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin II dan keluarga diasingkan kebatavia lalu 1822 ke Ternate.

Namanya kini diabadikan sebagai nama bandara internasional di Palembang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan Mata uang rupiah pecahan 10.000-an yang dikeluarkan oleh bank Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2005.

]]>
Fri, 12 Apr 2024 21:20:00 +0000
Serobot Antrian Diperlintasan KA, Polantas Tegur Pengemudi Innova Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/serobot-antrian-diperlintasan-ka-polantas-tegur-pengemudi-innova.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Menghindari terjebak dalam antrian perlintasan kereta api (KA), sebuah mobil Toyota Innova warna Hitam BG 1645 HN nekat serobot mengambil jalur kanan disaat pintu diperlintasan kereta api Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim. Aksi nekat pengemudi ini langsung mendapat teguran keras dari Polantas karena bisa membahayakan dan membuat kemacetan menjadi crowdit.

"Dari hasil pantauan di perlintasan kereta api Gunung Megang, masih saja ada kendaraan mendahului diperlintasan kereta api saat pintu rel ditutup," ujar Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasat Lantas AKP Suwandi SH MSi, Jumat (12/4/2024).

Menurut AKP Suwandi, pihaknya telah menempatkan para personil di setiap pintu perlintasan KA terutama yang rawan macet yang tujuannya untuk menjaga supaya jangan terjadi kemacetan. Dan ketika petugas kita sedang sibuk mengatur tiba-tiba datang sebuah mobil Toyota Innova warna Hitam BG 1645 HN menyerobot bukan pada jalurnya saat pintu perlintasan kereta api ditutup. Melihat halnl tersebut petugasnya langsung memberikan teguran keras kepada pengemudi mobil Toyota Innova warna hitam BG 1645 HN tersebut

"Kami akan selalu memberikan pelayanan dan himbauan agar pengguna jalan yang mau mudik tetap berhati-hati, mematuhi peraturan lalu lintas, dan tidak saling mendahului pada perlintasan sebidang rel KA karena bisa membahayakan orang lain," tegasnya.

Dikatakannya situasi arus mudik Muara Enim - Palembang, lanjut AKP Suwandi bahwa arus lalu lintas selama lebaran pertama aman dan lancar. Dirinya, menghimbau kepada pengendara agar pengguna jalan yang ingin mudik agar selalu berhati-hati saat melintasi jalan raya, patuhi peraturan laulintas dan utamakan keselamatan serta jangan menyetir ugal-ugalan karena bisa membahayakan orang lain seperti yang terjadi pada hari pertama lebaran yang menyebabkan satu anak luka berat karena ditabrak L300.

]]>
Fri, 12 Apr 2024 17:25:00 +0000
Kenalkan Batik Motif Ambung Khaman Khas Muara Enim Saat Halal Bilhalal Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/kenalkan-batik-motif-ambung-khaman-khas-muara-enim-saat-halal-bilhalal.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dalam kunjungan kekediaman Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr A Fatoni di Griya Agung, Palembang, Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali (HAR) beserta Forkopimda kenalkan pakaian batik serasan khas Muara Enim bermotif Ambung dikolaborasikan buah Khaman di Griya Agung, Palembang, Kamis (11/4/2024).

Pj Bupati didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana, Sekretaris Daerah Ir Yulius MSi dan Jajaran OPD dengan kompak mengenakan pakaian batik serasan khas Muara Enim bermotif Ambung dikolaborasikan buah Khaman. Ketika bersalaman dengan Pj Gubernur beserta keluarga menyampaikan mohon maaf lahir dan batin di hari yang fitri, tak ayal rombongan Pj Bupati Muara Enim menarik perhatian Gubernur serta para tamu lainnya termasuk para kepala daerah lainnya, membuat Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Tyas Fatoni berdecak kagum memuji keindahan Batik Serasan dan kesungguhan Pemkab Muara Enim memperkenalkan wastra lokal asal Bumi Serasan Sekundang.

Dalam silaturahmi itu, Pj Bupati diterima Pj Gubernur beserta keluarga dengan suasana akrab dan santai. Tak hanya itu momen ini juga dimanfaatkan Pj.Bupati untuk juga bersilaturahmi dengan para kepala daerah lainnya di Sumatera Selatan yang sempat hadir.

"Tentunya kita berharap keeratan dan kekompakan, baik antara Pemkab Muara Enim dengan Pemprov Sumatera Selatan, maupun dengan pemerintah daerah lainnya se-Sumatera Selatan dapat terus terjaga dan terjalin dengan baik," harap Rizali.

]]>
Fri, 12 Apr 2024 14:25:00 +0000
Arus Balik Mudik di Muara Enim Mulai Padat Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/arus-balik-mudik-di-muara-enim-mulai-padat.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Memasuki H+3 pasca lebaran Idul Fitri 1445 H, kendaraan yang melintasi jalan raya lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Kabupaten Muara Enim terurama di lokasi rawan kemacetan mulai terlihat ramai namun masih lancar terutama di salah satu pos pelayanan yang langanan kemacetan di Pos Pelayanan Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Jum'at (12/4/2024).

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra SH SIK MSI melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang mengatakan bahwa pada saat ini arus lalu lintas terurama di Pos Pelayanan Cinta Kasih yang sering terjadi kemacetan mulai padat. Kendaraan mobil pribadi berplat luar Sumsel dominan dalam arus balik ini. Meskipun demikian, titik positif yang bisa dicatat adalah arus lalu lintas masih dalam keadaan aman dan lancar. Hal ini tidak terlepas atas kepatuhan para pengguna jalan untuk selalu mengantri dan tidak saling serobot sehingga memudahkan dalam penguraian jika terjadi kemacetan lalulintas.

Untuk itu, lanjut Kasi Humas mengajak semua pengguna jalan, untuk bersama-sama bisa memainkan peran penting dalam mengoptimalkan situasi arus lalu lintas selama mudik lebaran. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas, melengkapi kelengkapan kendaraan dan surat-surat penting, serta mematuhi aturan yang berlaku saat berkendara menjadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir risiko kemacetan.

"Kita sudah mengantisipasi sedini mungkin dengan PT KAI selain ada petugasnya, juga jika ada kemacetan terutama di perlintasan KA, maka PT KAI akan memberikan rentang waktu kelonggaran lebih lama untuk tidak menutup pintu KA sehingga kendaraan bisa melintasi rel KA lebih lama lagi," jelasnya.

Sementara itu menurut salah satu pemudik Toni (40) warga Tangerang, bahwa pihaknya merasa terbantu dengan adanya petugas yang menjaga di setiap pintu perlintasan KA terutama di perlintasan Belimbing karena sering menjadi langganan kemacetan. Dan minta kepada pihak terkait terutama PT KAI berikan kesempatan kepada pemudik dahulu sebab ini cuma setahun sekali,

"Kalau tidak ada petugas biasanya saling serobot, itu malah membuat kemacetan lebih lama. Kalau ada petugas meski macet tetapi tetap teratur," pungkasnya.

]]>
Fri, 12 Apr 2024 12:25:00 +0000
Polisi Perketat Keamanan Destinasi Wisata Air Terjun Bedegung Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polisi-perketat-keamanan-destinasi-wisata-air-terjun-bedegung.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat membludaknya pengunjung wisata Air Terjun Bedegung di Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, Polres Muara Enim perketat keamanan dikawasan Air Terjun Bedegung, Kamis (11/4/2024).

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra SH SIK MSI melalui Kasat Samapta AKP Heri Irawan SH mengatakan memasukinl hari kedua lebaran idul fitri 1445 H, pengamanan dikawasan wisata air terjun bedegung setiap hari libur apalagi lebaran itu selalu ramai. Untuk itu kita selalu melakukan pengamanan ekstra ketat dalam mengawasi dan menjaga keamanan pengunjung. Pos pengamanan ekstra ketat dipasang di seluruh area objek wisata untuk memastikan keamanan wisatawan yang berkunjung. Selain itu, anggota Satuan Samapta Polres Muara Enim juga berpatroli jalan kaki untuk memastikan keamanan wisatawan.

"Terkait dengan kondisi yang semakin ramai dan berkembangnya destinasi Air Terjun Bedegung, pihak kepolisian menghimbau para pengunjung untuk selalu waspada dan berhati-hati," ujarnya.

Lanjut AKP Heri Irawan meminta wisatawan di area tersebut untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan keluarga. Sebagai pengunjung yang bijak, kita harus taat pada aturan yang berlaku selama berada di area wisata agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu menurut Rika (25) warga Palembang, bahwa ia baru kali ini mengunjungi air terjun bedegung, dan itupun atas rekomendasi teman-temannya yang lebih dahulu kesini. Dan kesan pertama, pelayanan lumayan mungkin perlu penataan yang lebih rapih dan cantik lagi untuk penjual kaki lima dan cindera mata khas Bedegung untuk diperbanyak seperti baju, celana, dan pernak-pernik lainnya. Selain itu, jalan masuk keluar ke wisata air terjun untuk diperlebar sehingga tidak menimbulkan kemacetan, bila perlu dibangunkan jalan khusus ke bedegung sehingga tidak menganggu masyarakat maupun pengunjung. Dan yang terpenting internet karena sebagai pengunjung ingin juga live atau berbagai dengan teman-teman, selebihnya fasilitas yang ada ditingkatkan bila perlu ditambah arena permainan sehingga pengunjung menjadi betah berlama-lama.

]]>
Thu, 11 Apr 2024 18:10:00 +0000
Gelar Open House, Sultan Palembang Ingatkan Arti Penting Silaturahmi Pernik https://www.lenterapendidikan.com/berita/pernik/view/gelar-open-house-sultan-palembang-ingatkan-arti-penting-silaturahmi.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn menggelar open house dan halal bi halal di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang, Kamis (11/4/2024).

Berbagai makanan khas Palembang diantaranya pempek, kue-kue khas Palembang, lontong yang dipadu rendang dan opor ayam serta telur bulat lalu berbagai macam jenis minuman. Nampak berbagai kalangan seperti dari perkumpulan orang-orang Palembang, Kerabat Kesultanan Palembang Darussalam, Global Ikhwan dan masyarakat umum silih berganti bersilaturahmi dengan SMB IV yang dimulai pukul .09.00 WIB.  Menurut SMB IV , open house ini dilaksanakan selama empat hari. Malahan dari kemarin, Rabu (10/4) SMB IV mengaku telah membuka open house di Istana Adat ini.

“Tadi hadir dari Zuriat Bangsawan Palembang Darusssalam ( ZBPD) datang juga , dari Kerabat Kesultanan Palembang Darussalam datang juga , ada juga dari Global Ikhwan datang juga kesini , untuk merayakan dan bersilaturahmi di hari raya Idul Fitri ini,” katanya.

SMB IV juga menambahkan pihak ZBPD tadi meminta dirinya juga supaya dirinya menjadi bagian dari mereka yaitu penjadi penasehatnya dimana mereka memerlukan sekali support dari Kesultanan Palembang Darussalam untuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kedepannya, karena banyak sekali yang bisa di sinergikan ZBPD dengan Kesultanan Palembang Darussalam.

“ Harapannya mudah-mudahan perkumpulan orang-orang Palembang bisa kompak dan bisa memajukan kota Palembang,” katanya.

Apalagi menurutnya open house dan halal bi halal ini merupakan tradis tahunan dari Kesultanan Palembang Darussalam.

“ Bahwa kita bersilaturahmi dengan orang-orang yang ada sekitar kita ,” katanya.

Ketua Zuriat Bangsawan Palembang Darusssalam ( ZBPD) Sumsel RM Sulaiman SE Mpd usia bersilaturahmi dengan SMB IV mengaku selain berhalal bi halal juga meminta arahan kepada SMB IV.

“Dan mungkin ada rencana berkerjasama juga dengan Kesultanan, di struktur ZBPD Sumsel Sultan masuk sebagai pelindung nanti ada kegiatan-kegiatan mungkin minta bantuan apapun dari Kesultanan nanti kalau turun ke masyarakat kita minta bantu dari berbagai segi mungkin yang bisa Sultan bantu,” katanya.

Hingga saat ini menurutnya anggota ZBPD Sumsel berjumlah 700 orang yang semuanya berada di kota Palembang.

“ Di kabupaten kota nanti kita ada korwil-korwilnya,” katanya.

]]>
Thu, 11 Apr 2024 16:05:00 +0000
Situasi Arus Mudik di Muara Enim Lancar dan Aman Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/situasi-arus-mudik-di-muara-enim-lancar-dan-aman.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Situasi arus mudik Lebaran pertama dan kedua di wilayah Muara Enim - Palembang aman dan lancar yang didominasi oleh kendaraan pribadi.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra SH SIK MSI melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang mengatakan, Kamis (11/4/2024), hingga lebaran hari kedua situasi lalu lintas di jalan Muara Enim - Palembang arus lalu lintas selama Lebaran pertama dan kedua sangat aman dan lancar. Kendaraan pemudik yang bergerak ke Palembang dan sebaliknya didominasi oleh kendaraan pribadi.

Meskipun situasi lalu lintas Lebaran pertama dan kedua di Muara Enim terpantau aman dan lancar, lanjut Situmorang, tetap memberikan himbauan agar pengguna jalan yang ingin mudik agar selalu berhati-hati saat melintasi jalan raya. Selain itu, pengguna jalan juga diimbau untuk patuh pada peraturan lalu lintas dan tidak mendahului kendaraan lain pada perlintasan sebidang rel KA. Bila ada keadaan luar biasa yang terjadi bisa menghubungi
Pos Pelayanan tersebut juga memberikan nomor Bantuan Polisi Polres Muara Enim 0811 7854 110 atau http://www.sumsel.polri.go.id/banp.

Himbauan yang cukup penting dan patut dipatuhi oleh para pemudik yang akan melintasi area Muara Enim. Pada situasi arus mudik seperti ini, kita harus selalu memperhatikan situasi dan kondisi sekitar kita. Selalu melindungi diri dan para pemudik yang lain agar tetap merasa nyaman dan aman saat perjalanan. Ingat bahwa keselamatan dalam berkendara menjadi hal utama yang harus dikedepankan agar perjalanan kita berkesan dan menyenangkan tutupnya.

]]>
Thu, 11 Apr 2024 15:35:00 +0000
Kompak Pakai Gambo Muba, Pj Bupati Apriyadi Boyong Kepala OPD Halal Bihalal ke Forkopimda Sumsel Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/kompak-pakai-gambo-muba-pj-bupati-apriyadi-boyong-kepala-opd-halal-bihalal-ke-forkopimda-sumsel.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Pj Bupati Apriyadi Mahmud bersama Pj Ketua TP PKK Asna Aini Apriyadi, Kapolres Muba AKBP Imam Safii SIK MSi beserta istri, Dandim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwianto SPsi MHan dan istri, Ketua Pengadilan Agama Syarifah Aini SAg MHi serta Pj Sekda Musni Wijaya SSos MSi dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Muba menghadiri Halal Bihalal di Kediaman Dinas Gubernur Sumsel dan Ketua DPRD Sumsel, Kamis (11/4/2024).

Pantauan di lokasi tampak OPD dan Forkopimda Muba kompak memakai baju jumputan Gambo Muba yang merupakan produk eco fashion dari limbah getah gambir.

"Alhamdulillah hari ini jajaran Pemkab Muba beserta Forkopimda pak Dandim 0401 dan Pak Kapolres berkesempatan halal bihalal dengan pak Pj Gubernur Agus Fatoni dan Ibu Ketua DPRD Sumsel Dr RA Anita Noeringhati," ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Mantan Kadinsos Pemprov Sumsel itu mengatakan, momentum perayaan Idul Fitri 1445 H menjadi momen untuk mempererat silaturahmi.

"Terima kasih pak Pj Gubernur Agus Fatoni dan Ibu Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati telah menerima jajaran Pemkab Muba beserta Forkopimda Muba," ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Dr Agus Fatoni MSi mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Apriyadi bersama Forkopimda dan OPD Pemkab Muba yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri halal bihalal dan open house ke Griya Agung.

"Terima kasih pak Pj Bupati Apriyadi telah menyempatkan waktu hadir open house dan halal bihalal ke Griya Agung," tuturnya.

Senada diungkapkan Ketua DPRD Sumsel Dr RA Anita Noeringhati SH MH. Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkan Muba dan Forkopimda telah hadir ke open house serta halal bihalal ke kediamannya.

"Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Muba, momentum Idul Fitri ini kita pererat silaturahmi dan saling memaafkan," pungkasnya.

]]>
Thu, 11 Apr 2024 10:55:00 +0000
Ugal-ugalan, Sopir L300 Tabrak Pejalan Kaki dan Lebaran Di Sel Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/ugal-ugalan-sopir-l300-tabrak-pejalan-kaki-dan-lebaran-di-sel.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Diduga menyetir ugal-ugalan, Mobil Mitsubishi L300 BA 8018 EG yang dikemudikan Antoni (53) bersama kernetnya Satria warga Desa Penyandingan, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir, menabrak pejalan kaki bernama Nadia Anggraini (13) warga Desa Muara Gula Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim di Jalan Lintas Muara Enim -Prabumulih Desa Muara Gula Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Rabu (10/4/2024) sekitar pukul 08.00 WIB. 

Akibat kejadian lakalantas tersebut, pengemudi mobil mengalami luka robek pada kepala, sedangkan korban pejalan kaki mengalami patah tertutup pada kaki bagian kanan, pada tulang pinggul dan tulang rusuk, lecet pada muka dan tangan serta pendarahan dalam perut dibawa ke RSUD HM Rabain Muara Enim dirujuk ke RSUP M. Hoesin Palembang.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian tersebut berawal ketika mobil Mitsubsihi L300 BA 8018 EG yang dikemudikan oleh Antoni berjalan dari arah Muara Enim menuju ke arah Prabumulih sarat dengan muatan buah durian yang baru diambilnya di Lubuk Linggau dan akan dijual di Palembang. Namun ketika dilokasi kejadian, diduga sopir menyetir mobil ugal-ugalan dan sempat ditegor warga yang baru pulang sholat Id. Dan tidak lama kemudian, benar ternyata mobil tersebut menabrak pejalan kaki atas nama Nadia Anggraini sehingga mengakibatkan luka-luka berat dibawa ke RSUD HM Rabain dan dirujuk ke RSUP Moh. Hoesin Palembang.

Melihat hal tersebut sopir bukannya mau bertanggungnjawab malah ingin melarikan diri sehingga warga menjadi marah dan sempat memukul kaca mobil korban sehingga pecah dan membuat korban menderita luka-luka dikepala. Namun bukannya menyerah tetapi sopir tersebut malah melarikan diri tancap gas dan sempat terjadi aksi kejar-kejaran sejauh sekitar 12 km ke arah Prabumulih dan sopir mobil tertangkap ketika mobil tergelincir tepat didepan Polsek Gunung Megang yang kebetulan sebelumnya memang telah dihadang anggota Polsek Gunung Megang setelah ditelepon warga setempat perihal lakalantas tersebut.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasatlantas AKP Suwandi, membenarkan adanya kejadian tersebut dan pihaknya telah berhasil mengamankan sopir mobil dan telah diobat di puskesmas Gunung Megang karena menderita luka-luka ringan dikepala, dan saat ini telah diamankan bersama barang bukti 1 unit mobil Mitsubishi L300 BA 8018 EG, 1lembar stnk asli mobil Mitsubsihi L300 BA 8018 EG dan 1 lembar SIM A an. Antoni di Mapolsek Gunung Megang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan korban pejalan kaki telah dibawa ke RSUD HM Rabain Muara Enim dan dirujuk RSUP M. Hoesin Palembang karena menderita luka-luka berat.

"Untuk sopir untuk saat ini kita amankan dahulu di sel untuk memudahkan penyelidikan," tegasnya.

]]>
Thu, 11 Apr 2024 09:05:00 +0000
PJ Gubernur Sumsel dan Jajaran FORKOMPINDA dan OPD Laksanakan Sholat Idul Fitri Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/pj-gubernur-sumsel-dan-jajaran-forkompinda-dan-opd-laksanakan-sholat-idul-fitri.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriyah/2024 Masehi bertempat di halaman Griya Agung Palembang, Rabu (10/4/2024).

Adapun didalam rangkaian perayaan tersebut didahului dengan sholat Idul Fitri 1 Syawal 144 Hijriyah/2024 Masehi secara berjamaah dan mendengarkan ceramah yang dibawakan oleh Khotib didalam khotbahnya, dan ditutup dengan ramah tamah antar pejabat yang ada lingkungan pemprov Sumsel. Sebagai Khotib dan Imam didalam peringatan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi yakni Ustad H Solihin Hasibuan.

Didalam kegiatan ini sendiri dihadiri oleh Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si., GRCE, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel, Sekda Provinsi Sumsel beserta Ibu Ketua DWP Provinsi Sumsel, Para Asisten beserta Istri,Para Staf Ahli beserta Istri, Para Kepala OPD dan Kepala Biro beserta Istri, Para Pejabat Administrator (Eselon III) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) berserta Staf masing masing OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.

Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si., GRCE dalam sambutannya mengucap syukur serta berbahagia karena telah bisa melewati bulan suci ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi 1 bulan penuh dengan berbagai godaan hawa nafsu yang membayangi kita selama kita melaksanakan puasa.

"Kita telah melaksanakan ibadah ramadhan, ibadah puasa dengan seluruh amalannya, dan semoga seluruh amalannya kita dapat diterima oleh Allah SWT," ujarnya.

"Semoga seluruh amal ibadah kita dilipatgandakan pahalanya, dan semoga kita semua akan dipertemukan dengan bulan suci ramadhan yang akan datang. Dimana bulan suci ramadhan adalah salah satu bulan yang sangat istimewa dan spesial bagi ummat islam.Kita bersyukur telah melewati perjalanan 1 bulan penuh dengan meningkatkan ibadah dan terus kita melaksanakan aktifitas kita. Dan mudah-mudahan semua ini akan menjadi amal ibadah kita, dan menjadi amal jariyah kita. Ini semua menjadi bekal untuk kita, kemudian akan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," ungkapnya.

Menurut Khotib Sholat Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi Ustad H Solihin Hasibuan didalam ceramahnya mengatakan, kita selama di bulan suci ramadhan yang baru saja kita tinggalkan, dimana di bulan tersebut terasa nikmat beribadah, nikmat berbuat baik, dan di bulan Suci ramadhan kita sibuk beramal Sholeh.

"Semoga Ya Allah jadikan kami hamba-hamba-Mu yang hadir dalam sholat idul Fitri pada hari ini selalu Istiqomah untuk selalu berbuat baik didalam kehidupan kami yang sementara ini untuk kedepannya walaupun sudah tidak lagi bulan suci ramadhan," katanya.

Dilanjutkannya, tiga pelajaran yang dapat kita ambil diantaranya ramadhan adalah bulan latihan, suka tidak suka kita sepakat di bulan suci ramadhan ini baru berapa hari kita lewati, semangat beribadah tidak ada rasa capek, tidak ada rasa bosan dan bersedekah kita semangat.

Mudah-mudahan ini berlanjut, ketika kita bulan masuk ke bulan suci ramadhan, habis bulan suci ramadhan ini, setelah kita berlatih sebulan, mudah-mudahan bulan-bulan berikutnya terus bertahan.

"Ramadhan adalah bulan latihan, jadi jangan terbalik di bulan suci ramadhan semangat beribadah, habis bulan suci ramadhan pada minggat semua ibadahnya," tandasnya.

]]>
Wed, 10 Apr 2024 17:25:00 +0000
Agus Fatoni Tinjau Lokasi dan Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/agus-fatoni-tinjau-lokasi-dan-berikan-bantuan-kepada-korban-kebakaran.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Pada malam lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau lokasi kebakaran di Jalan Puncak Sekuning, Lorong Pulau, Kecamatan Ilir Barat I. Selain itu, Fatoni juga memberikan bantuan kepada korban kebaran tersebut, Selasa (9/4/2024).

Dalam tinjauannya kali ini, Fatoni didampingi oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) antara lain Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel M. Iqbal Alisyahbana, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumsel Trisnawarman dam Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sumsel Mirwansyah.

Melihat langsung lokasi kebakaran tersebut, Fatoni mengaku prihatin terhadap musibah yang menimpa warga. Oleh karena itu, dia mengajak para korban untuk bersama-sama berdoa dan bangkit atas musibah yang menimpa kali ini.

“Kepada masyarakat yang menjadi korban kami sampaikan untuk bisa bersabar dan mudah-mudahan bantuan bisa semakin banyak. Kita turut berduka cita atas adanya korban jiwa, mudah-mudahan semua ini cepat teratasi,” kata Fatoni.

Fatoni juga mengajak seluruh pihak agar bersama-sama turut berpatisipasi menaruh perhatian terhadap musibah kebakaran ini. Kedepannya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersama pihak terkait akan terus menyalurkan bantuan terhadap para korban.

“Sejak tadi pagi sudah dikunjungi dari BPBD Provinsi, dari Dinas Sosial, dari Dinas Kesehatan dan dari dinas-dinas yang lain, termasuk dari Pemerintah Kota juga memberikan bantuan,” ucap Fatoni.

“Pemprov Sumsel hari ini juga memberikan bantuan dan kita lanjutkan lagi bantuan. Saya berharap masyarakat yang lain bisa membantu karena mereka hanya membawa baju yang ada di badan saja, mereka memang tidak sempat menyelamatkan harta benda yang ada di rumah masing-masing,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu warga yang menjadi korban musibah kebakaran, Zuleha menyampaikan terima kasih dan mengucapkan syukur atas kepedulian dan respon cepat Pj Gubernur Sumsel. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat bergerak cepat memberikan bantuan kepada korban terdampak bencana kebakaran di Jalan Puncak Sekuning Lorong Pulau.

“Terimokasih bapak, cepat nian tanggapannyo, banyak- banyak terimakasih karena sudah membantu kami, alhamdulillah sejak tadi pagi bantuan untuk kami terus berdatangan,” kata Zuleha.

Kebakaran tersebut diketahui terjadi pada Selasa (9/4/2024) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.10 WIB. Sedikitnya, sekitar sembilan rumah milik warga dilalap api pada insiden tersebut. Tercatat akibat dari kebakaran tersebut,hampir 16 KK yang terdiri dari 33 jiwa harus kehilangan tempat tinggal dan saat ini dilarikan ke posko pengungsian yang tak jauh dari lokasi kebakaran tersebut.

]]>
Wed, 10 Apr 2024 14:35:00 +0000