Lentera Pendidikan.Com https://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Sun, 24 Oct 2021 03:39:51 +0000 Nihil Penambahan Kasus Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/nihil-penambahan-kasus.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Sabtu (23/10/2021) mengkonfirmasi nihil penambahan kasus.

"Tidak ada penambahan kasus per 23 Oktober 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Herryandi Sinulingga AP.

Kadin Kominfo Muba menyebutkan, hingga 23 Oktober 2021 ada sebanyak 2932 kasus. "Diantaranya 2770 kasus sembuh, 12 kasus dirawat, dan 150 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 23 Oktober 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 0 proses pengawasan 191 selesai pengawasan.

]]>
Sat, 23 Oct 2021 22:10:00 +0000
PBSI Sumsel Minta Pengurus Kabupaten dan Kota Gandeng Komunitas Bulutangkis Untuk Pengembangan Atlit Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/pbsi-sumsel-minta-pengurus-kabupaten-dan-kota-gandeng-komunitas-bulutangkis-untuk-pengembangan-atlit.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Ketum Persatuan Bukutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Sumsel Amrullah SH MM melantik pengurus PBSI kabupaten dan kota bertempat di Gedung Diklat Pusri,  Sabtu (23/10/2021). Ada enam pengurus PBSI kabupaten dan kota yang dilantik yakni Muara Enim,  Lahat,  Lubuklinggau,  Muratara,  OKU dan Empat Lawang.

Ketum PBSI Provinsi Sumsel Amrullah SH MM mengatakan,  pelantikan ini sudah dirancang beberapa waktu lalu,  tapi karena pandemi terpaksa tertunda.  "Hari ini dilaksanakan pelantikan PBSI kabupaten dan kota  karena tidak lama lagi porprov di OKU dan  seluruh kabupaten dan kota harus ikut," ujarnya.

Untuk persiapan Porprov,  Amrullah menuturkan diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota.  Dalam penyelenggaraannya PBSI Sumsel dan Koni Sumsel terus berkoordinasi.  "Walaupun ada kendala dipersiapan tapi saya yakin Koni Sumsel dan PBSI Sumsel bisa menyelesaikannya, " bebernya.

Amrullah berharap setelah pelantikan ini,  yang dilantik,  membina atlit di daerahnya masing masing.  Bahkan bisa menggaet pecinta atau komunitas bulutangkis didaerah masing-masing dalam mengembangkan potensi atlit bulutangkis. 

"Kita bersyukur atlet bultangkis Indonesia berhasil merebut piala Thomas beberapa waktu lalu. Kita berharap,  pengurus PBSI kabupaten dan kota terus menggali potensi atlit bulutangkis agar dapat bersaing di kancah nasional bahkan dunia, " pungkasnya.   

]]>
Sat, 23 Oct 2021 20:45:00 +0000
Pemkot Siap Bantu Pembangunan Ruang Kelas PC Muhammadiyah IT 2 Sekolah https://www.lenterapendidikan.com/berita/sekolah/view/pemkot-siap-bantu-pembangunan-ruang-kelas-pc-muhammadiyah-it-2.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Amal Usaha Muhammadiyah Ilir Timur Dua Palembang , dilaksanakan dihalaman gedung perguruan muhammadyah Sekojo, Sabtu (23/10/2021).

Peletakan batu pertama ini dihadiri Wakil Wali Kota Palembang FitriantI Agustinda yang diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang Ibu dr. Hj. Letizia, M.Kes, Ketua PWM Sumsel Prof. Dr. H. Romli SA, M.Ag.

Ketua PWM Sumsel Prof. Dr. H. Romli SA, M.Ag mengatakan,  pihaknya sangat senang Pimpinan Cabang Muhammadiyah IT 2 bisa melengkapi sarana dan prasarana.  "Mereka ini kekurangan ruang kelas. Jadi akan membangun 45 ruang kelas.  Membangun ini sesuai kemampuan yang ada dan mengharapkan sumbangan para dermawan, " ujarnya.

Lebih lanjut Romli mengungkapkan,  pihaknya memberikan dukungan semangat dan partisipasi semampunya. "Dengan adanya penambahan ruang kelas nanti,  diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas.  Selain itu,  keberadaan Muhammadiyah bisa dirasakan masyarakat, " bebernya.

Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang Ibu dr. Hj. Letizia, M.Kes mengungkapkan,  adanya penambahan ruang kelas belajar siswa ini tentu banyak sekali manfaatnya.  Karena pandemi akan berakhir,  maka pembelajaran tatap muka akan semakin dimaksimalkan.

"Jadi memang butuh ruang belajar.  Pemkot berterima kasih dengan bertambahnya ruang kelas baru ini karena membantu Pemkot menciptakan anak-anak yang terdidik," katanya.

Ketika ditanya berapa bantuan dari Pemkot Palembang untuk pembangunan ruang kelas, Letizia mengatakan,  akan melapor dulu dengan Bapak Walikota dan Ibu Wawako. "Saya laporkan dulu, " ucapnya.

"Harapan kita dengan adanya penambahan ruang kelas baru ini,  akan meningkatkan pendidikan,  serta memberikan tempat yang nyaman untuk anak-anak, serta dapat meningkatkan SDM yang berkualitas, " tambah Letizia.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah IT 2 H Arifin Nuh  mengatakan, Alhamdulillah dalam masa pandemi ini sekolah lain muridnya berkurang tetapi di sekolah Muhammadiyah baik SD,  SMP  dan SMA  Muhammadiyah justru bertambah.

"Dengan penambahan banyak siswa baru, maka kekurangan lokal atau ruangan. Jadi kami bertekad akan membangun 45 ruang kelas baru. Dan ini akan kami lakukan secara bertahap, " bebernya.

Direktur Bank Muamalat Helmi  menuturkan, kalau untuk Muhammadiyah In Sha Allah tidak ada yang tidak mungkin pasti kita bantu. Karena Muhammadiyah memiliki struktur dengan baik, sangat berbeda dengan nasabah nasabah yang lain.

” Kami berharap dan mohon doa untuk semua berbau Muhammadiyah kita siap membantu, juga untuk warga Muhammadiyah lainnya, muamalat untuk Muhammadyah itu sangat kuat,”jelas Helmi.

Wakil Ketua PC Muhammadiyah IT 2 Afandi Ridwan menuturkan,  karena bertambah murid,  dan kekurangan ruang kelas.  Maka ditambahlah ruang kelas sebanyak 45 ruangan.

"Kita disini ada TK,  SD,  SMP dan SMA.  Dengan adanya penambahan ruang kelas baru,  diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran,  karena nanti kami juga akan membangun laboratorium, " tandasnya.

]]>
Sat, 23 Oct 2021 17:50:00 +0000
Toko Anti Covid-19, Design Unggulan Mahasiswa UBD PALEMBANG https://www.lenterapendidikan.com/berita/palembang/view/toko-anti-covid-19-design-unggulan-mahasiswa-ubd.html Lentera-PENDIDIKAN.com, PALEMBANG-Pandemi Covid-19 hingga kini belum juga berakhir. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penularan, baik dengan suntik vaksin atau dengan menggunakan masker yang aman. Salah satunya inovasi yang dilakukan oleh mahasiswi Bina Darma dari Fakultas Tekhnik Prodi Tekhnik Industri, Shafa Tri Prihartini. Dia merancang design toko yang aman dari penularan covid-19.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Podcast Riset & Inovasi, kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Riset & Inovasi Expo UBD, sabtu (23/10/2021), yang ditayangkan lewat youtube. Dalam podcast yang dipandu oleh Wiroza Aulia tersebut, Shafa mengungkapkan, design toko anti covid-19 terinspirasi keadaan pandemi yang hingga kini terus terjadi.

“Jadi konsepnya bangunan toko-toko dalam pasar tersebut, dibangun secara khusus. Hingga dapat meminimalisir kontak antara penjual dan pembeli,” kata Shafa.

Dalam video pembukaan, dapat dipahami bahwa rancangan bangunan pasar dan toko anti covid-19 yang dikonsep oleh Shafa, lebih pada pembangunan sekat-sekat. Sekat tersebut berupa kaca atau fiber, yang memungkinkan terjadi jarak aman dan tidak terjadi kontak secara langsung.

“Intinya meminimalisir kontak antara pembeli dan penjual,” jelas dia.

Rektor Universitas Bina Darma Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M mendukung penuh kegiatan Podcast ini karena bisa dijadikan sarana untuk menambah pengetahuan khususnya bidang pendidikan bagi masyarakat luas.

]]>
Sat, 23 Oct 2021 16:45:00 +0000
Pemprov Kaji Peluang Kerjasama Kelola Dana Haji Antara BPKH RI dan Bank Sumsel Babel Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/pemprov-kaji-peluang-kerjasama-kelola-dana-haji-antara-bpkh-ri-dan-bank-sumsel-babel.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Mawardi Yahya menerima Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI, dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi program kerjasama pengelolaan dana haji bertempat di ruang tamu Wakil Gubernur,   Jum’at (22/10/2021).

Wagub Mawardi Yahya dikesempatan itu menegaskan, Pemprov akan   mendukung  upaya Dewan Pengawas BPKH RI yang hendak menjalin kerjasama  dalam pengelolaan dana haji melalui Bank Sumsel Babel.

“Terkait dengan rencana kerjasama ini, Pemprov Sumsel akan mengkaji terlebih dahulu bentuk kerjasama yang akan dilakukan, serta dibuat dengan regulasi yang baik agar sesuai dengan batasan-batasan dan ketentuan hukum yang berlaku,” kata Mawardi.

Menurutnya, selama  kerjasama   bertujuan  untuk   kesejahteraan masyarakat  maka Pemprov Sumsel akan mendukung penuh.

“Selama tidak melanggar peraturan OJK. Kami mendukung akan kerja sama yang akan dijalani,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan agar lebih berhati hati  dalam menjalankan kerjasama ini nantinya. Jangan sampai ada peluang disalah gunakan  karena terkait dengan  pengelolaan  dana haji    masyarakat.

"Perhitungan yang cermat dan matang perlu dilakukan. Ingin berhasil, ingin maju, kehati-hatian itu tetap", tegasnya

Selain itu pula Mawardi,  meminta agar BPKH dapat melakukan sosialisasi tentang pengelolaan dan penggunaan dana haji kepada masyarakat, agar mereka memahami tentang alur penggunaan dana haji tersebut dan manfaat yang didapatkan dari kerjasama yang dilakukan.

"Saya harap ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka setuju tentang kerjasama yang akan dilakukan sekaligus menepis isu negatif tentang pengelolaan dana haji dan menjawab pertanyaan mereka tentang manfaat yang didapatkan", pungkasnya

Sementara Anggota Dewan Pengawas BPKH RI, Ir. Suhaji Lestiadi, ME menyampaikan bahwa dirinya beserta anggota lain sebelumnya telah membahas sebuah skema kerjasama bersama Bank Sumsel Babel yang tentunya akan melibatkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam menjalankannya.

Ia juga menjelaskan bahwa bentuk kerjasama yang ditawarkan merupakan dengan mengelolah dana haji yang dimiliki oleh BPKH melalui Bank Sumsel Babel dan dana tersebut nantinya akan digunakan dalam pembiayaan pembangunan daerah dengan bentuk kerjasama telah dilakukan dengan Bank yang ada di Indonesia dalam bentuk 3 kerjasama yaitu Bank penerima, Bank penempatan dan Bank Fungsi Mitra Investasi.

"Bank Sumsel Babel sendiri saat ini berperan sebagai Bank Penempatan dan kami berharap kedepannya Bank Sumsel Babel dapat mengambil perannya pada Bank Fungsi Mitra Investasi dibawah underlyingnya Projek Pembangunan Daerah,” tandasnya.

]]>
Sat, 23 Oct 2021 10:15:00 +0000
Sandiaga Uno Minta Lulusan PTNP Turut Berkontribusi Buka Peluang Lapangan Pekerjaan Universitas https://www.lenterapendidikan.com/berita/universitas/view/sandiaga-uno-minta-lulusan-ptnp-turut-berkontribusi-buka-peluang-lapangan-pekerjaan.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf- Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mewisuda 2.696 orang mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dihalaman Poltekpar Palembang, Jumat (22/10/2021).

Sandiaga Solahuddin Uno menuturkan, PTNP turut berkontribusi mendukung program pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya menyelenggarakan program-program untuk menciptakan mahasiswa dan lulusan di bidang wirausaha.

"Program wirausaha yang telah dilakukan PTNP memasukan mata kuliah Wirausaha ke dalam kurikulum, membangun Inkubator Bisnis, menyelenggarakan workshop atau seminar kewirausahaan, mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi wirausaha,” ujarnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengungkapkan, ada enam ?6? PTNP di bawah Kemenparekraf- Baparekraf seperti STP NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok, berkolaborasi dan membangun kerja sama dengan beberapa mitra baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi, dan industri untuk mengembangkan program wirausaha. Kolaborasi dengan STED, SBM ITB, Universitas Ciputra, Gojek, Inkubator Usaha Lestari (INKURI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), para UKM, dan Himpunan Bisnis atau Himpunan Bisnis Inkubasi Perguruan Tinggi lain.

Sandiaga menuturkan, wirausaha yang tercipta dari mahasiswa lulusan PTNP, turut berkontribusi membuka peluang lapangan pekerjaan baru bagi generasi milenial di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif."Lulusan PTNP tetap memiliki peluang cukup besar untuk mendapatkan  pekerjaan dimasa pendemi ini, " bebernya.

Menurutnya,  meski pariwisata menjadi salah satu industri yang terdampak pandemik Covid-19, namun jiwa wirausaha dianggap masih penting untuk ditanamkan bagi generasi muda. Pasca lulus dari kampus PTNP, Sandiaga mendorong mahasiswa selalu memberi yang terbaik.

"Wirausaha bukanlah sebuah profesi, melainkan mindset untuk selalu bekerja keras, optimis, inovatif, kreatif, dan memiliki leadership. Jadilah agen perubahan, " tandasnya. 

Wisuda PTNP di bawah Kemenparekraf-?Baparekraf digelar secara hybrid di Poltekpar Palembang. Sebanyak 12 wisudawan terbaik mengikuti prosesi wisuda secara offline, sedangkan sisanya mengikuti kegiatan melalui virtual.

]]>
Sat, 23 Oct 2021 08:05:00 +0000
Resmikan Sarana Prasarana Air Limbah Ponpes Rawdhotut Taufiq Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/resmikan-sarana-prasarana-air-limbah-ponpes-rawdhotut-taufiq.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap keberadaan Pondok Pensantren (Ponpes), Pemkab Muara Enim bersama stake holder lainnya bangun Sarana dan Prasarana Air Limbah di Ponpes Rawdhotut Taufiq.

Hal tersebut terungkap pada saat  Peresmian Sarana Prasarana Air Limbah Ponpes Rawdhotut Taufiq, Peresmian Masjid Thoha Kamali, Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H dan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 di Ponpes Rawdhotut Taufiq, Desa Kepur, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Jumat (22/10/2021).

Kegiatan peresmian tersebut dihadiri oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Muara Enim H Riswandar SH MH, didampingi Ketua Ponpes Rawdhotut Taufiq Muara Enim H Mahmud Fauzi Fita, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muara Enim Dra H Azhari Rahardi MSi, Kadin Perkim Ir H Amhad Yani MM, Anggota DPRD Muara Enim H Aziz Rahman SE dan Kasman BA, SM CSR PTBA Hartono, Ketua Baznas Muara Enim Drs H Fajeri Erham MSi, Ketua FKUB H Syachan Lubis, Polres Muara Enim diwakili AKP Aziz, Syahrul Humas dan CSR PT SBS, dan puluhan santri Ponpes Raudhatut Taufiq.

Dalam sambutan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) H Riswandar SH MH,  memgatakan bahwa pihaknya mengapresiasi serta mendukung atas keberadaan Pondok Pesantren sebagai wadah pendidikan agama Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para santri yang merupakan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Semoga dengan terpenuhinya fasilitas sanitasi yang baik dan layak dapat menumbuhkan rasa semangat bagi para santri dalam menuntut ilmu.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan melalui momentum peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 ini, para santri di Indonesia khususnya santri Rawdhotut Taufiq dapat kita wujudkan sebagai santri siaga jiwa raga dengan tetap meneladani sifat Rasulullah SAW.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Ponpes Rawdhotut Taufiq H. Mahmud Fauzi Fita, menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur, dunia usaha dan terkhusus kepada Pemkab Muara Enim yang telah banyak membantu baik moril maupun materil bagi kemajuan dunia pendidikan hususnya Pondok Pesantren di Kabupaten Muara Enim. Semoga kebaikan yang kita lakukan akan menjadi catatan amal ibadah disisi-Nya dan dibalas sebagai amal kebaikan serta dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat banyak.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 19:10:00 +0000
Peringati Hari Santri Nasional ,Forum Ponpes Apresiasi Kepedulian Pemkab Muba untuk Santri Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/peringati-hari-santri-nasional-forum-ponpes-apresiasi-kepedulian-pemkab-muba-untuk-santri.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Kebijakan yang diluncurkan  Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam memberikan perhatian dari berbagai sektor kemasyarakatan terkhusus pada sektor keagamaan mendapat apresiasi dari Forum Pondok Pesantren Kabupaten Muba.

Apresiasi yang diungkapkan itu memang sangat berasalan, sebab selama beberapa tahun terakhir ini Pemkab Muba telah memperlihatkan bukti ril di bidang keagamaan. Diantaranya bantuan sembako berupa beras, bantuan langsung tunai dan bantuan dana hibah untuk seluruh pondok pesantren di Kabupaten Muba.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Ponpes Kabupaten Muba KH Asep Nur M Hidayat pada acara peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Muba Zona 1, yang dihadiri Pelaksana Tugas Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP diwakili Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Muba H Yudi Herzandi, di Lapangan Sport City Kantor Lurah Babat Kecamatan Babat Toman, Jumat (22/10/2021).

"Kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan, perhatian, dan kepedulian, Pemkab Muba kepada ponpes-ponpes yang ada di daerah Muba," ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa kepedulian Pemkab Muba untuk ponpes sebenarnya sudah lama namun mulai dari tahun 2019 lebih menonjol, dengan digelontorkannya dana untuk pesantren sebesar Rp. 5 Miliar.

Kemudian tahun 2020 pesantren dibantu beras 50 ton, dan bantuan langsung tunai sebesar Rp. 1,8 Miliar kepada seluruh ustadz/ustadzah pengasuh ponpes karena adanya pandemi COVID-19.

"Tahap kedua 2021 ini beras 60,5 ton untuk santriwan/santriwati , yang lebih mengagumkan lagi bantuan dana hibah kepada ponpes sebesar Rp.10 Miliar. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya betapa Pemkab Muba sangat perhatian kepada kita," imbuhnya.

Lanjutnya, karena masih dalam masa pandemi COVID-19, maka peringatan hari santri nasional di Muba dilaksanakan pada empat zona, yakni Zona 1, terdiri dari Kecamatan Sungai Keruh, Sekayu, Babat Toman, dan Lawang Wetan Sanga Desa, yang dipusatkan di Kecamatan Babat Toman.

Zona 2 (dua) di Kecamatan Lalan, Zona 3 pusatkan di Kecamatan Tungkal Jaya, yang diperingati bersama, Kecamatan Bayung Lencir dan Batang Hari Leko, dan Zona 4 (empat) di pusatkan di Kecamatan Sungai Lilin, diikuti Kecamatan Keluang dan Lais.

"Tema hari santri nasional tahun 2021 ini yaitu 'Santri Siaga Jiwa Raga'. Artinya kita sebagai santri harus siap jiwa raga demi kesatuan dan keutuhan Negara Republik Indonesia," tandasnya.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda H Yudi Herzandi SH MH mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Muba menyambut baik atas terselenggaranya acara tersebut, dan merupakan hari yang istimewa bersama para satri yang merupakan sumber generasi Islam serta penerus Sunnah Nabi Muhammad SAW.

"Santri kami harapkan tidak hanya menguasai ilmu agama, namun lebih dari itu juga harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus sebagai insan yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Untuk itu kepada para santri marilah menuntut ilmu baik itu Agama maupun yang berkaitan dengan teknologi serta hormati para ustadz-ustadzah di ponpes kalian agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sehingga pada waktunya nanti kalianlah yang akan meneruskan estafet pembangunan, ditangan kalianlah maju atau mundurnya NKRI ini," ujarnya.

Melalui momentum kegiatan itu Yudi berharap dapat menumbuhkembangkan sikap percaya diri dan bangga sebagai santri. Serta Meningkatkan silaturahmi, patriotisme, juga berwawasan kebangsaan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

"Anak-anakku (para santri/santriwati) tolong jauhi dan jangan sampai tercemar narkoba, bentengi diri dengan iman, karena narkoba bisa masuk ke semua lapisan masyarakat," pungkasnya.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 17:30:00 +0000
Jumat Barokah, Kerja Bakti Bersama Gerakan 1000 Masjid Bersih Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/jumat-barokah-kerja-bakti-bersama-gerakan-1000-masjid-bersih.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dalam rangka meriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad  SAW 1443 H atau 2021 M, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H Emran Tabrani bersama seluruh jajaran ASN Pemkab Muara Enim melaksanakan Kerja Bakti Bersama Gerakan 1000 Masjid Bersih yang dilaksanakan serentak mulai dari tingkat kecamatan serta lingkungan perkantoran di Masjid Agung di Kelurahan Pasar I Muara Enim, Jumat (22/10/2021).

Pj. Sekda Muara Enim Drs H Emran Thabrani MSi yang didampingi Kepala Bagian Kesra H Zulfikar SAg MM, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari surat edaran Bupati Muara Enim Nomor : 842.2 /1107/II/2021 tanggal 18 Okt 2021 yang intinya untuk melaksanakan Kerja Bakti Bersama Gerakan 1000 Masjid Bersih. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya ditempat ibadah, terlebih lagi kegiatan ini bertujuan dalam mencapai visi kabupaten Muara Enim yang Agamis dalam menciptakan kenyamanan saat beribadah.

Lebih lanjut Emran menegaskan bahwa kebersihan Masjid juga harus menjadi prioritas yang diperhatikan, dengan secara konsisten untuk menjaga higienitas Masjid di tengah pandemi, sehingga masyarakat dapat meraih ketenangan pikiran dan lebih khusyuk dalam beribadah. Dirinya mengharapkan semoga melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian kita dalam menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan dan juga tempat ibadah dimanapun berada.

"Kita ingin kegiatan ini akan menjadi kebiasaan kita sehari-hari," harapnya.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 15:35:00 +0000
Muba Bakal Miliki Jalur dan Parkir Khusus Sepeda Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/muba-bakal-miliki-jalur-dan-parkir-khusus-sepeda.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Animo dan peminat olahraga sepeda yang makin bertambah di Kabupaten Musi Banyuasin, membuat Pemkab Muba bakal menyediakan Jalur dan parkir khusus pengguna sepeda. Hal ini pula mendukung penekanan emisi dan membuat pengguna sepeda lebih safety ketika berkendara di jalan raya.

"Pemkab Muba melalui Dishub Muba telah mendapatkan reward Wahana Tata Nugraha, dan reward nya akan diberikan penyiapan marka Jalur sepeda," ungkap Kepala Dishub Muba, Pathi Riduan SE ATD MM.

Pathi mengaku, pihaknya mengusulkan untuk pembuatan marka Jalur sepeda yakni dimulai dari Simpang Tugu Bintang-Simpang Balai Agung-Simpang JM. "Jalur ini yang kita usulkan, untuk rencana pasti realisasinya kita masih menunggu," bebernya.

Kemudian, rencananya juga akan disediakan tempat parkir khusus sepeda sebanyak 10 buah di 8 titik.

"Rencananya di Lapangan STIER Sekayu 2 buah, Taman Air Serasan Sekate 2 buah, GOR Ranggonang 1 buah, Stadion Serasan Sekate 1 buah, Kantor Pemkab Muba 1 buah, Kantor Dinas Perhubungan 1 buah, Kantor UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor 1 buah, dan Kodim 0401 Muba 1 buah," urainya.

Kasi LLAJ BPTD Sumsel, Mulki mengaku seharusnya pembuatan marka Jalur sepeda di Muba dilakukan pada 2021 ini. "Namun karena ada refocusing di tingkat pusat, sepertinya realisasinya akan dimulai pada tahun 2022," ungkapnya.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP mengaku, tentu warga Muba akan menyambut positif dengan memiliki Jalur dan parkir khusus sepeda.

"Sekarang kan peminat olahraga sepeda ini terus bertambah khususnya di Muba, dengan adanya Jalur dan parkir khusus sepeda ini akan lebih menunjang kebutuhan pesepeda di Muba dan lebih safety lagi ketika berkendara di jalan raya," tandasnya.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 13:55:00 +0000
Nihil Penambahan Kasus Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/nihil-penambahan-kasus.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Kamis (21/10/2021) mengkonfirmasi nihil penambahan kasus.

"Tidak ada penambahan kasus per 21 Oktober 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Herryandi Sinulingga AP.

Kadin Kominfo Muba menyebutkan, hingga 21 Oktober 2021 ada sebanyak 2928 kasus. "Diantaranya 2770 kasus sembuh, 8 kasus dirawat, dan 150 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 21 Oktober 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 0 proses pengawasan 191 selesai pengawasan.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 09:05:00 +0000
Pj Sekda Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Tahap 2 di GOR Pancasila Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/pj-sekda-tinjau-pelaksanaan-vaksinasi-massal-tahap-2-di-gor-pancasila.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARAENIM-Sebagi bentuk Komitmen pemerintah daerah dalam mengawal suksesnya program vaksinasi masal bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim, Kamis pagi (21/10/2021).

Pj. Sekretaris Daerah Drs. Emran Tabrani, M.Si., bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumatera Selatan Dr. H. Rosidin Hasan, meninjau sekaligus memastikan pelaksanaan kegiatan vaksinasi masal  Tahap II serta pemberian bantuan sembako kepada masyarakat miskin dan lansia sebanyak 100 orang yang diselenggarakan oleh Gabungan Lembaga Organisasi Masyarakat dan Wartawan (Glow) Kab. Muara Enim berjalan lancar.

Dalam sambutannya Pj. Sekda mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan sosial yang dilakukan Glow sebagai contoh yang baik bagi organisasi lainnya di Kab. Muara Enim, dimana setelah sebelumnya sukses melakukan kegiatan yang sama  pada 16 September 2021 yang lalu.

Dirinya menilai bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah penyebaran dan menekan angka paparan Covid-19 yang kini terus mengalami penurunan, tidak lupa dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu serta hawatir bahwa vaksin yang diberikan dipastikan aman bagi tubuh.

Lebih lanjut Pj. Sekda melaporkan bahwa ketersediaan vaksin yang sudah dialokasikan pada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan di Kab. Muara Enim sejumlah 26.758 dosis, dengan sasaran seluruh masyarakat Kab. Muara Enim yang berjumlah 450.276 jiwa, untuk itu dirinya memohonkan kepada Gubernur melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumatera Selatan untuk dapat segera memenuhi kekurangan dosis vaksin bagi Kab. Muara Enim.

Menyambut baik hal tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Prov. Sumsel memastikan bahwa program vaksinasi ini dapat terus dilakukan sampai ditingkat kabupaten, dirinya pula akan segera mengupayakan pemenuhan dosis vaksin yang dibutuhkan oleh Kab. Muara Enim.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 07:10:00 +0000
Legislatif dan Eksekutif Tandatangani Persetujuan Bersama Raperda APBD Muba TA 2022 Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/legislatif-dan-eksekutif-tandatangani-persetujuan-bersama-raperda-apbd-muba-ta-2022.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Bupati Musi Banyuasin (Muba) dan DPRD Kabupaten Muba melakukan Penandatanganan Persetujuan Keputusan Bersama terhadap Raperda Tentang APBD (R-APBD) Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2022 dan Dua Raperda Prakarsa DPRD Kabupaten Muba Tahun 2021.

Penandatangan dilakukan oleh Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP dan Ketua DPRD Muba Sugondo SH serta Wakil Ketua DPRD Muba Jon Kenedi SIP MSi, Irwin Zulyani SH dan H Rabik SE disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi, Sekretaris DPRD dan segenap yang hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Masa Persidangan I Rapat ke-28 bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Kamis (21/10/2021).

Dalam sambutan pengantarnya, Sugondo mengatakan bahwa Bupati Muba telah menyampaikan Nota Keuangan R-APBD Kabupaten Muba TA 2022 dalam rapat paripurna DPRD tanggal 4 Oktober 2021, dan telah dilakukan pembahasan di masing-masing fraksi.

“Selanjutnya telah dilaksanakan rapat paripurna untuk menyampaikan Pandangan Umum Fraksi , maka hari ini akan dilaksanakan Penandatanganan Persetujuan Bersama terhadap R-APBD Kabupaten Muba TA 2022," ujar Sugondo.

Pada kesempatan yang sama juru bicara panitia khusus DPRD Kabupaten Muba menyampaikan laporan terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) prakarsa DPRD Muba tentang Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dan Raperda tentang Perlindungan Kekayaan Intelektual.

Dalam sambutannya Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Muba yang telah bekerjasama dalam membahas RAPBD Kabupaten Muba TA 2022 ini baik di tingkat fraksi,komisi maupun dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Muba.

“Selanjutnya Raperda RAPBD Kabupaten Muba TA 2022 akan segera dibawa ke tingkat provinsi untuk dievaluasi hingga akhirnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD 2022,” Ucap Beni

Lanjut Beni, "Semoga APBD Kabupaten Muba TA 2022 yang  telah disetujui bersama, dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan dan dapat mendukung suksesnya pelaksanaan menuju Muba Maju Berjaya 2022 ,"pungkasnya.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 05:10:00 +0000
DPRD Setujui Perubahan RPJMD Provinsi Sumsel 2019-2023 Pemerintahan https://www.lenterapendidikan.com/berita/pemerintahan/view/dprd-setujui-perubahan-rpjmd-provinsi-sumsel-2019-2023.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyetujui perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Sumsel tahun 2019-2023. 

Dalam Paripurna ke 39 yang membahas laporan hasil pembahasan dan penelitian pansus Raperda tentang perubahan RPJMD Sumsel 2019-2023 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumsel, Hj. R.A Anita Noeringhati, S.H., M.H dan dihadiri Gubernur Sumsel, Herman Deru. 

Sebelumnya, Perubahan RPJMD ini telah dibahas dan diteliti Panitia khusus (Pansus) 4 DPRD Sumsel. Dalam laporannya, Pansus 4 menyatakan dapat memahami dan menerima perubahan RPJMD Provinsi Sumatera Selatan 2019-2023. 

"Setelah dilakukan pembahasan dan penelitian, Pansus 4 DPRD Sumsel menyatakan dapat memahami dan menerima rancangan perubahan RPJMD Sumsel tahun 2019-2023," ungkap Juru bicara Pansus 4 DPRD Sumsel  2019-2023, Hasbi Asadiki, S.Sos., M.M. 

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, RPJMD merupakan arah pedoman dan kebijakan visi misi Gubernur dan wakil gubernur.

"Harus dilakukan perubahan sebagai akibat adanya pandemi Covid-19. Perubahan ini dilalukan berdasarkan berbagai regulasi, dan dapat dilakukan karena telah terpenuhi syarat yang telah diatur seperti adanya bencana alam dan kebijakan nasional," ungkapnya.

Dijelaskannya Herman Deru, adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi perubahan RPJMD Provinsi Sumsel. Tujuannya agar program yang dicanangkan mampu mengurangi angka kemiskinan. 

"Perubahan ini telah melalui berbagai tahapan sebelumnya dan telah disetujui DPRD serta ditetapka perubahan RPJMD ini menjadi Perda," tegasnya. 

Kendati demikian, orang nomor satu di Sumsel ini berkomitmen untuk menjadikan Perubahan RPJMD sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan di provinsi Sumsel. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja hingga perubahan RPJMD tahun 2019-2023 ini disetujui melalui keputusan bersama," ucapnya. 

Selain menyepakati Perda Perubahan RPJMD Sumsel 2019-2023, Pemerintah Provinsi Sumsel dan DPRD Sumsel turut menyepakati Perubahan Tatib DPRD Sumsel  dan Penetapan rencana kerja DPRD Sumsel tahun 2022.

]]>
Fri, 22 Oct 2021 03:35:00 +0000
Sisir Pelosok, Papa Darling Muba Disambut Antusias Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/sisir-pelosok-papa-darling-muba-disambut-antusias.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melulai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Banyuasin terus berusaha meningkatkan realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah terutama dari sektor pajak daerah.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan terjun langsung ke masyarakat atau yang dikenal dengan Pelayanan Pajak Daerah Keliling (Papa Darling) yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mempermudah Wajib Pajak dalam mengurus administrasi perpajakan dan membayar pajak daerah.

Selain itu, pada kegiatan Papa Darling ini, juga dilakukan sosialisasi pajak daerah agar masyarakat mengetahui dan memahami pajak daerah.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Riki Junaidi AP MSi mengatakan, bahwa meskipun kondisi di masa Pandemi Covid-19 ini, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya yaitu dengan melakukan penagihan dan menyampaikan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada masyarakat secara langsung atau dari rumah ke rumah (door to door).

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah membayar pajak tepat waktu, karena dengan membayar pajak berarti kita ikut serta dalam membangun Kabupaten Musi Banyuasin," ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa, Pemkab Muba melalui BPPRD Muba harus terus berusaha menggali potensi pajak daerah yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin guna mengurangi ketergantungan dari dana transfer Pusat.

"Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk menggerakkan masyarakat agar sadar dan taat membayar pajak," ujarnya.

Diketahui, dalam kegiatan Papa Darling tersebut, diperoleh realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp. 94.166.103,00 dan Pajak Sarang Burung Walet sebesar Rp. 1.400.000,00.

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi SIP mengatakan, Pemkab Muba akan terus berupaya optimal dalam hal pelayanan publik. "Termasuk dalam implementasi Papa Darling ini guna memudahkan publik atau masyarakat dalam kepentingan administrasi pajak," ungkapnya.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Tenggaro Kecamatan Keluang ini juga dihadiri Camat Keluang Debby H yang diwakili oleh Kasie Kesos Darwin dan Pjs Kades Deni Firmansyah, SE serta Ka. UPT BPPRD Zarnubi dan Kasubbag TU Suyono, Staf BPPRD dan Duta Pajak Daerah pada hari Kamis (21/10/2021).

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Pemerintah Desa sangat antuasias menyambut kegiatan Papa Darling ini. Seperti diungkapkan oleh Pjs Kades Deni Firmansyah, SE, mengatakan dengan adanya Pelayanan Pajak Daerah Keliling (Papa Darling) ini sangat membantu masyarakat dalam mengurus dan membayar pajak terutama PBB.

"Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan  di masa yang akan datang," tutupnya.

]]>
Thu, 21 Oct 2021 23:55:00 +0000