Lentera Pendidikan.Com https://www.lenterapendidikan.com/ Lentera Pendidikan id 2017 Lentera Pendidikan.Com www.desa-coding.com Fri, 19 Jul 2024 15:49:13 +0000 Hani S Rustam: Tahun Baru Islam Momen Hijrah Menjadi Lebih Baik Guna Perkuat Hubungan Dengan Allah S Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/banyuasin/view/hani-s-rustam-tahun-baru-islam-momen-hijrah-menjadi-lebih-baik-guna-perkuat-hubungan-dengan-allah-swt.html Lentera-PENDIDIKAN.com,BANYUASIN-Tahun baru Islam 1446 H/2024 M, bukan hanya sekadar pergantian kalender, tetapi merupakan momen Hijrah menjadi lebih baik untuk memperkuat hubungan kita sebagai manusia atau hamba dengan Allah SWT.

Hal ini disampaikan Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH pada peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M, di Masjid Al-Amir Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Jumat (19/7/2024). Hani S. Rustam mengatakan salah satu makna penting dari Hijrah itu adalah bagaimana kita dapat memaknai Hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mengimplementasikan nya dengan menebar rahmat bagi semesta alam, berhijrah, memang tidak selamanya bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru. Namun, hijrah memiliki banyak makna, untuk itu dalam setiap langkah kehidupan hendaknya kita senantiasa menghadirkan Allah SWT dalam hati dan pikiran.

”Berhijrah bisa bermakna bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhoan Allah SWT. Selain itu, hijrah juga dapat diartikan sebagai salah satu prinsip hidup. seseorang dapat dikatakan hijrah jika telah memenuhi dua unsur, yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang ditujunya. Dengan mengimani kebesaran Allah SWT, kita dapat mengatasi setiap rintangan dan cobaan yang mungkin dihadapi di masa depan,” ungkapnya.

Pj. Bupati Hani menambahkan peringatan Tahun Baru Islam ini, kami mengajak kita semua untuk selalu berdo’a dan berusaha menuju kebaikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat, untuk dapat hidup aman, damai, sejahtera di bawah ridho Illahi.
Tahun baru Islam juga merupakan momen untuk merenungkan dan meningkatkan kehidupan spiritual kita.

”Kami juga sangat berharap melalui kegiatan ini akan tercipta generasi muda islam yang tangguh, berakhlak mulia serta tunduk dan patuh pada ajaran islam. pemuda atau yang saat ini disebut generasi milenial berperan untuk Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Yang Berkebhinekaan. Sebagaimana yang kita ketahui nahwa tidak lama lagi akan dilaksanakan pemilihan Kepala Daerah. Pilihan boleh berbeda tapi kerukunan dan persatuan wajib diutamakan, hindari politik aang dan jangan terprovokasi ujaran kebencian dan isu sara sehingga terciptanya rasa aman dan kondusif,” tandasnya.

Dalam peringatan tahun baru islam kali ini diisi tausyiah agama oleh ustad kondang Muhammad Nur Maulana yang lebih dikenal dengan Ustad Maulana.

Ustad Maulana dalam Tausyiahnya mengingatkan kepada para jemaah agar jangan puas dengan 3 hal yaitu :

  1. Jangan puas dengan Ilmu yang kita miliki
  2. Jangan puas dengan Ibadah yang sudah dilakukan
  3. Jangan puas dengan Sedekah yang sudah diberikan
    Artinya teruslah menambah ilmu, teruslah perbanyak ibadah dan sedekah, ditambahkan lagi dalam tausyiah nya agar masyarakat puaslah dan bersyukurlah dengan 3 hal yaitu :
  4. Puaslah dengan makanan, apapun makanan yg ada disyukuri
  5. Puaslah dengan rezekimu
  6. Puaslah dengan Pasanganmu
    Masih dalam tausyiahnya
    7 amalan menuju hijrah Yang lebih baik yaitu
  7. Muhasabah
  8. Do’a
  9. Ibadah
  10. Puasa
  11. Sedekah
  12. Silaturahmi
  13. Ingat Mati

Acara ini juga diakhiri dengan Zikir dan Do’a Bersama serta muhasabah diri. Dan dilaksanakan penyerahan Bantuan sembako dan santunan untuk anak yatim, fakir miskin, dan Kamu Duafa. Turut Hadir Dandim 0430/Banyuasin Waka Polres Banyuasin, Kajari Banyuasin, Sekda Kabupaten Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA IPU ASEAN ENG, Pj. Ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Merry Hani Rustam, Para Kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Banyuasin, serta Ibu-Ibu BKMT Kabupaten Banyuasin.

]]>
Fri, 19 Jul 2024 19:05:00 +0000
Antisipasi Kejahatan, Warga Minta Petugas Rutin Patroli Malam di Jembatan Enim III Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/antisipasi-kejahatan-warga-minta-petugas-rutin-patroli-malam-di-jembatan-enim-iii.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Warga Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, dan sekitarnya meminta kepada aparat kepolisian untuk rutin melakukan patroli malam di Jembatan Enim III Muara Enim. Pasalnya, selain gelap dan sepi juga rawan dengan aksi kejahatan.

"Tolong pak, untuk di daerah tersebut dilakukan patroli rutin sebab rawan," ujar Andi (40) warga Desa Karang Raja pada saat sesi tanya jawab dalam kegiatan Program Jumat Curhat yang digelar oleh Polres Muara Enim di Kantor Desa Karang Raja, Jumat (19/7/2024).

Menurut Andi, bahwa di daerah Jembatan Enim III tersebut kalau pada malam hari kondisinya sepi dan agak gelap sebab pemukiman masih jarang. Untuk antisipasi akan aksi kejahatan kirany ada peningkatan kehadiran polisi pada malam hari.

Sementara itu Kapolres Muara Enim yang diwakili Kasat Binmas Polres Muara Enim AKP Heri Jon Pajri didampingi Kanit Bhabinkamtibmas IPDA Edi Pranolo mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini salah satunya adalah untuk  mendengarkan keluhan dan masukan dari masyarakat guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan desa.

Dan pihaknya sangat apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan Jumat Curhat ini dan berjanji akan menindaklanjuti permintaan tersebut dengan koordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait guna meningkatkan patroli di area yang dimaksud.

"Kami sangat menghargai masukan dari masyarakat. Permintaan Bapak Andi akan menjadi perhatian kami, dan kami akan berupaya meningkatkan keamanan di Jembatan Enim 3 dengan memperbanyak patroli di malam hari," ujar Kasat Binmas.

Kegiatan Jumat Curhat ini, lanjut AKP Heri diharapkan dapat terus menjadi wadah yang efektif bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan aspirasi mereka, serta memperkuat sinergi antara kepolisian dan warga dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

]]>
Fri, 19 Jul 2024 18:45:00 +0000
Tertangkap Angkut 10 Ribu Liter BBM Solar Ilegal Hukum & Kriminal https://www.lenterapendidikan.com/berita/hukum/view/tertangkap-angkut-10-ribu-liter-bbm-solar-ilegal.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Diduga menyalahgunakan BBM jenis solar, tersangka SE (44) warga Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, ditangkap Satreskrim Polres Muara Enim, Polda Sumsel, di Jl. Lintas Muara Enim – Pali Desa Darmo Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Jumat (19/7/2024).

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi melalui Kasat Reskrim AKP Darmanson, SH, MH didampingi oleh Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang mengatakan bahwa terungkapnya aksi tersebut berawal ketika petugas melaksanakan kegiatan patroli dan pengecekan terhadap mobil-mobil tangki pengangkut bahan bakar minyak yang melintasi Jl. Lintas Muara Enim – Pali. Ketika sedang melakukan pemeriksaan tiba-tiba melintaslah satu unit mobil berwarna Biru Putih yang dikendarai oleh tersangka. Kemudian petugas menyetop kendaraan tersebut dan melakukan pemeriksaan surat-menyurat dan dokumen angkutan kendaraan. Karena mencurigakan akhirnya melakukan pemeriksaan mendalam dan ternyata kecurigaan tersebut benar petugas berhasil menemukan muatan sekitar 10 ribu liter bahan bakar minyak jenis Solar olahan.

"Sopir mobil tersebut mengangkut BBM tanpa dilengkapi dokumen yang sah dan mengaku bahwa BBM tersebut dimuat dari tempat pengelolaan BBM di Palapan Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Pelaku dan barang bukti kita amankan di Polres Muara Enim," ujar AKP Darmanson.

Saat ini, lanjut AKP Darmanson, pihaknya selain mengamankan pelaku, juga barang bukti yakni satu unit mobil truk tangki merk Toyota Dyna berwarna Biru Putih dengan Nopol BD 8362 CU termasuk Satu lembar STNK mobil truk tangki merk Toyota Dyna dan sekitar 10 ribu liter bahan bakar minyak jenis Solar olahan yang berada di dalam tangki mobil. Atas perbuatannya tersangka akan dijerat dengan Pasal 54 Undang-undang RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 480 KUH Pidana. 

]]>
Fri, 19 Jul 2024 17:25:00 +0000
BPS Kabupaten Bekasi Apresiasi Pelaksanaan Program Desa Cantik Di Kabupaten Muba Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/bps-kabupaten-bekasi-apresiasi-pelaksanaan-program-desa-cantik-di-kabupaten-muba.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin dengan bangga mengadakan acara sharing knowledge mengenai pelaksanaan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) kepada BPS Kabupaten Bekasi.

Acara ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam meningkatkan kapasitas desa dalam pengelolaan data statistik, sehingga dapat mendukung perencanaan dan pembangunan desa yang lebih baik dan berbasis data, Selasa (17/7/2024).

Program Desa Cantik adalah inisiatif BPS yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan desa dalam mengumpulkan, mengelola, dan menggunakan data statistik secara efektif. Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan bagi aparatur desa serta pengenalan teknologi dan aplikasi yang mempermudah pengelolaan data.

Kegiatan ini dilakukan secara zoom dibuka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Bekasi Krido Saptono SSi MSi dan dilanjutkan dengan sambutan kepala BPS Kabupaten Musi Banyuasin Trio Wira Dharma SST MM.

Dalam kegiatan ini hadir juga kepala Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Statistisi Ahli Muda Mustito SPd sebagai narasumber.

Dalam kesempatan berbagi pengalaman ini, Herryandi Sinulingga AP mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin memaparkan, inovasi-inovasi yang telah dilakukan seperti E-Office Desa dan Aplikasi Muba Survei yang digunakan untuk mempermudah operator desa dalam melakukan pendataan data tematik desa yang berkolaborasi dengan BPS kabupaten Muba.

"Munculnya berbagai inovasi ini tentunya untuk mempermudah kinerja serta pelayanan kepada masyarakat, dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini,"ungkapnya

Sementara, kepala BPS Kabupaten Muba Trio Wira Dharma SST MM memaparkan, tantangan dan solusi dalam pengelolaan data statistik di desa dan berbagi strategi program dan kiat kiat sehingga selama 2 tahun berturut turut Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan penghargaan predikat Desa Cantik Nasional.

Senada, Rodiah SST selaku Ketua Tim Desa Cantik Kabupaten Muba juga menyampaikan, timeline pelaksanaan pembinaan di Kabupaten Musi Banyuasin. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Meningkatkan pemahaman dan keterampilan aparatur desa di Kabupaten Muba dalam pengelolaan data statistik.

"Sala satunya mendorong kolaborasi dan sinergi antara BPS Kabupaten Musi Banyuasin dan BPS Kabupaten Bekasi. Dan Berbagi pengalaman, tantangan, dan solusi dalam pelaksanaan program Desa Cantik untuk menciptakan desa yang lebih mandiri dan berbasis data, "tutup Rodiyah

Dengan adanya acara ini, diharapkan desa-desa di Kabupaten Bekasi dapat mengadopsi praktik-praktik terbaik yang telah dijalankan oleh Kabupaten Musi Banyuasin, sehingga mampu meningkatkan kualitas pengelolaan data statistik di desa mereka.

"Langkah ini diharapkan dapat mendukung perencanaan pembangunan desa yang lebih tepat sasaran dan efektif,"tandasnya.

]]>
Fri, 19 Jul 2024 16:20:00 +0000
Sambut HBA Ke-64 Dan HUT XXIV Tahun 2024, Kejari Muara Enim Gelar Bakti Sosial Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/sambut-hba-ke-64-dan-hut-xxiv-tahun-2024-kejari-muara-enim-gelar-bakti-sosial.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-64 sekaligus menyambut HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke XXIV, Kejari Muara Enim menggelar bakti sosial (Baksos) di panti asuhan Darussa'adah Muara Enim, Jumat (19/7/2024).

Acara bakti sosial tersebut dihadiri langsung oleh Kajari Muara Enim Rudi Iskandar SH MH dan istri serta karyawan Kejari Muara Enim dan disambut langsung oleh pimpinan Pantai Asuhan Assa'adah Muara Enim Hamidi bersama pengurus dan anak-anak panti. 

Menurut Kajari Muara Enim Rudi Iskandar bahwa kegiatan bhakti sosial ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kejari Muara Enim, dan akan menyusul kegiatan yang lainnya seperti anjangsana
ke pegawai Kejaksaan yang purnabakti di Muara Enim, donor darah dan kegiatan lainnya. Lanjut Rudi, kegiatan ini merupakan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan juga sebagai bentuk hadirnya Kejaksaaan di tengah-tengah masyarakat.

"Kunjungan ke panti asuhan ini merupakan pembelajaran diri dan tanggung jawab kita sebagai orangtua terhadap anak Yatim dan tidak mampu," ujar Rudi yang merupakan asli putra daerah Kabupaten Ogan Ilir ini.

Sementara itu pimpinan Pantai Asuhan Assa'adah Muara Enim Hamidi mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih sekali dan mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan oleh Kejari Muara Enim, karena telah peduli dan perhatian terhadap anak-anak Yatim dan tidak mampu. Sebab bantuan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak minimal untuk dua bulan kedepan kebutuhan anak-anak untuk pangan bisa tercukupi.

"Panti Asuhan yang kita kelola semuanya gratis seperti untuk pemondokan, makan dan minum dan sebagainya. Namun untuk sekolah seperti SPP, perlengkapan sekolah dan lain-lain itu kita tetap bayar namun merupakan tanggungjawab kita membayarnya menyekolahkannya. Bahkan bagi yang berprestasi kita sampai kuliahkan ke Perguruan Tinggi dengan gratis," ujarnya.

Dan untuk menutupi kekurangan-kekurangan tersebut, lanjut Hamidi, tentu kita butuh uluran tangan seluruh stake holder, masyarakat dan pemerintah sebab hal tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Selain itu, kita berupaya membuka unit-unit usaha untuk menambah pemasukan bagi panti asuhan.

"Sebenarnya anak-anak yang tidak beruntung tersebut banyak tetapi karena keterbatasan kemampuan finansial terpaksa kita membatasi penghuni panti. Kita tidak mau ada anak panti yang malah terlantar atau tidak terurus setelah masuk panti," ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

]]>
Fri, 19 Jul 2024 14:35:00 +0000
Polantas Kunjungi Sekolah Tingkatkan Kesadaran Tertib Berlalu Lintas Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/polantas-kunjungi-sekolah-tingkatkan-kesadaran-tertib-berlalu-lintas.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas, Sat Lantas Polres Muara Enim Polda Sumsel mengadakan program "Police Goes to School" di SMK Negeri 2 Muara Enim hari ini, Kamis (18/7/2024).

Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Trifonia Situmorang SIK MSI yang diwakili Kanit Kamsel Ipda Dedi Halim mengatakaIpda Dedin bahwa Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar tentang aturan dan etika berlalu lintas yang baik dan benar Program ini merupakan salah satu upaya polisi untuk menanamkan kesadaran sejak dini kepada generasi muda tentang pentingnya keselamatan di jalan raya terkhususnya pada Operasi Patuh Musi 2024.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, para pelajar dapat memahami dan menerapkan aturan berlalu lintas yang benar, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di masa depan," ujar Kanit Kamsel.

Dalam kegiatan ini, lanjut Ipda Dedi, para pelajar diberikan penjelasan mengenai berbagai rambu lalu lintas, aturan berkendara, serta pentingnya penggunaan helm SNI, penggunaan sabuk pengaman, tidak melawan arus, tidak menggunakan HP saat mengemudi, berboncengan tidak lebih dari satu orang sebagai target Operasi Patuh 2024.

Reza, salah satu pelajar mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan ini. Sebab dahulunya ia yang kurang tahu tentang rambu-rambu lalu lintas dan bagaimana cara berkendara yang aman, namun setelah mendengar dan tanya jawab serta dijelaskan langsung oleh Polantas sekarang lebih paham dengan tata cara beralulintas di jalan raya. Semoga teman-teman juga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Kepala SMK Negeri 2 Muara Enim Ahmad Jon Areli, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasinya kepada pihak kepolisian yang telah menyelenggarakan kegiatan edukatif ini. Sebab kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelajar kami. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini. Dengan adanya program ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas dapat meningkat di kalangan generasi muda, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.

"Program "Police Goes to School" ini sangat baik dan sangat tepat sasaran sebab petugas jemput bola ke sekolah-sekolah melakukan sosialisasi, sebab pelanggar lalulintas salah satunya para pelajar, maka perlu dilakukan sosialisasi secara dini," ujarnya.

]]>
Fri, 19 Jul 2024 09:20:00 +0000
Dinkes Muba Berbagi Sembako di Peringatan Hari Asyura Tahun Baru Islam Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/dinkes-muba-berbagi-sembako-di-peringatan-hari-asyura-tahun-baru-islam.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Peringati Hari Asyura Tahun Baru Islam 1446 H, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dengan penuh kasih sayang berbagi sembako kepada Panti Asuhan El-Nusa Sekayu, Kamis (18/7/2024).

Santunan yang diterima langsung oleh Ketua panti asuhan El Nusa Sekayu Hj Nurdjanah disambut antusias dan gembira oleh anak anak yang berada di panti tersebut. Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr H Azmi Dariusmansyah mengatakan bahwa kegiatan ini selain sebagai sarana syiar Islam, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi. Ia pun mengaku sangat bersyukur keluarga besar Dinkes bisa berbagi ke anak-anak di Panti Asuhan El Nusa.

"Ini adalah bentuk kepedulian dan rasa sayang kami kepada anak-anak yang ada di Panti asuhan El Nusa. Semoga ini menjadi rutinitas kita untuk mulai ingat dengan orang orang disekitar kita yang sangat membutuhkannya,"katanya.

"Dan mudah-mudahan ini menambah berkah bagi kita semua, kami juga berharap kepada seluruh keluarga di Panti Asuhan El Nusa untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi anak anak yang berada di panti,"tandasnya.

Sementara, Ketua Panti Asuhan El Nusa Sekayu Hj Nurdjanah menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan bantuan yang diberikan.

"Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Dinkes Muba. Bantuan ini sangat berarti bagi anak-anak kami dan semoga menjadi amal jariyah bagi jajaran Dinkes Muba,"pungkasnya. 

Bantuan yang diberikan berupa sembako diantaranya beras, gula pasir, minyak goreng, telur, susu, makanan ringan, roti kalengan, uang santunan.

]]>
Fri, 19 Jul 2024 08:40:00 +0000
Kominfo Muba Lakukan Pengamanan Data Hingga Usulkan Pembangunan BTS Baru k Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/kominfo-muba-lakukan-pengamanan-data-hingga-usulkan-pembangunan-bts-baru-k.html Lentera-PENDIDIKAN.com,JAKARTA-Setelah sebelumnya melakukan Kordinasi Dan Konsutasi kekantor Badan Siber dan Sandi Negara, dan dilanjutkan pada hari ini Untuk Pastikan data pemerintahan Pemkab Muba aman, kini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP bersama TIM IT melakukan kunjungan kerja ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo), Kamis (18/07/2024).

Rombongan Kunker yang dikomandoi langsung Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP ini disambut hangat oleh Tim Penyelenggaraan Layanan PDNS dan Konsolidasi Data Center Instansi Ke PDNS pada Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo,Taufiq Dinianto, Account Support dan Servis Manajemen Wukir Nur Seto Kuncoro dan Pengelolan Sistem Informasi dan Keamanan Cloud.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menyampaikan bahwa kedatangan pihaknya ke PDNS Kemenkominfo tersebut adalah untuk memastikan data pemerintahan Kabupaten Muba yang ditempatkan di PDNS aman.

"Dimana mulai tanggal 20 Juni 2024 telah terjadi peretasan sistem elektronik di PDNS 2 berlokasi di Surabaya. Sehingga sejumlah layanan publik secara elekteonik di Indonesia yang ditempatkan di PDNS 2, termasuk layanan imigrasi dan layanan pemerintahan pusat dan daerah seperti persuratan Srikandi mengalami gangguan. Hal ini yang menjadi salah satu latar belakang kami mengunjungi PDNS," ungkapnya.

Dimana, lanjut Sinulingga sebagian aplikasi elektronik Pemerintah Kabupaten Muba ditempatkan di PDNS Kementerian Kominfo.

"Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah menempatkan bekap data dan aplikasi di PDNS Kementerian kominfo, Untuk itu, kami ingin mengetahui keamanan operasional aplikasi tersebut sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, Aplikasi ini adalah aplikasi penting, terutama aplikasi E- Office yang digunakan setiap hari oleh seluruh ASN yang berjumlah ribuan yang dipergunakan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Selain itu, pihaknya juga menanyakan tentang langkah langkah kongkret yang harus dikolaborasikan untuk peningkatan keamanan sistem elektronik Pemkab Muba bisa berjalan dengan baik di kemudian hari sehingga kemungkinan dan akibat dari bahaya peretasan ini bisa diminimalisir.

"Selain kemananan IT pada kesempatan ini kami juga membawa usulan secara lengkap lokasi secara lengkap termasuk titik kordinat untuk pembangunan BTS diwilayah Musi Banyuasin yang masih ada 56 Desa yang blankspot, Data dan Lokasi Blanks spot secara lengkap kami laporkan untuk dapat segera ditindaklanjuti oleh Kementerian Kominfo dan BAKTI," ulasnya.

Sementara perwakilan dari PDNS Taufiq Dinianto menjelaskan bahwa aplikasi yang ditempatkan dan dioperasionalkan di PDNS 1 termasuk aplikasi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin saat ini berjalan dengan normal seperti biasa.

"Untuk keamanan data apabila terjadi akibat dari peretasan, maka beliau menawarkan layanan backup data dari PDNS ini. Jadi semua data terutama data yang penting dan urgen yang di tempatkan di PDNS dapat dibackup juga di PDNS dengan cara mengajukan surat permohonan untuk backup datanya ke PDNS," tandasnya.

Diketahui, sebelumnya bahwa Dinas Kominfo telah memiliki backup data di kementerian kominfo untuk aplikasi yang servernya berlokasinya di Dinas Kominfo. Dengan adanya layanan backup data di PDNS ini, akan menambah maksimalnya keamanan data elektronik pemerintah Kabupaten Muba, kedepanya " pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga, diserahkan surat Pj Bupati Musi Banyuasin Nomor B-000.1.1/230/KOMINFO/2024 tanggal 8 Mei 2024 mengenai Daftar Wilayah Blank Spot Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2024 untuk Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dimana sejak tahun 2019 ada 103 desa di Musi Banyuasib masih blankspot dan sampai saat sudah terbangun 47 BTS berdasarkan usulan telah ditindaklanjuti sesuai usulan setiap tahun sampai tahun 2023 dan di tahun 2024 ini masih tersisa 56 Desa masuk wilayah blankspot yang kita usulkan kembali untuk menjadi prioritas kementerian kominfo dan BAKTI.

]]>
Thu, 18 Jul 2024 19:10:00 +0000
SMAN 3 Gelar MPLS, Kepsek Motivasi Siswa Untuk Terus Meraih Prestasi Sekolah https://www.lenterapendidikan.com/berita/sekolah/view/sman-3-gelar-mpls-kepsek-motivasi-siswa-untuk-terus-meraih-prestasi.html Lentera-PENDIDIKAN.com,PALEMBANG-SMA Negeri 3 Palembang melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada tanggal 15 sampai 17 Juli 2024. Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Palembang Drs Sugiyono MM mengatakan, pihaknya sebagai kepala sekolah serta seluruh para wakil dan guru dan pegawai tentunya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para orang tua menganggap bahwa SMA Negeri 3 Palembang ini adalah sekolah favorit.

"Kami sampaikan kepada orang tua bagi anak-anaknya yang sudah diterima di SMA Negeri 3 Palembang tentunya kami ucapkan selamat. Kemudian kami menghimbau kita harapkan dukungan dari para orang tua siswa. Jika orang tua memang memiliki kemampuan, maka tidak ada salahnya memberikan daya dukung baik secara moril spiritual, maupun finansial. Kami mengharapkan suport dan dukungan dari orang tua untuk kami lebih meningkatkan mutu terhadap prestasi kepada anak-anak kita ini," ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (18/7/2024).

Untuk itu, sambung Sugiyono, kiranya nanti mungkin akan ada pertemuan dengan orang tua siswa.

"Diharapkan orang tua bisa menghadiri pertemuan itu, untuk membahas agar kita dapat terus melanjutkan program-program unggulan uang sudah kami rencanakan. Kita akan tetap berusaha untuk mempertahankan prestasi, bahwa SMA Negeri 3 Palembang itu sebagai salah satu favorit salah satu SMA yang memberikan kontribusi yang membanggakan lagi orang tua bagi masyarakat Sumsel maupun bagi bangsa dan negara," bebernya.

"Untuk mempertahankan itu kualitas terbaik SMA Negeri 3 Palembang para orang tua masyarakat itu pasti tahu bahwa tidak ada sesuatu itu yang diperjuangkan tanpa usaha dan tanpa biaya. Perjuangkan sesuatu untuk lebih baik untuk bermutu untuk berkualitas untuk berprestasi dan untuk sukses itu pasti butuh usaha dan butuh biaya. Dua hal itulah yang sinkron, dan mudah-mudahan para orang tua bisa membantu demi mensukseskan program sekolah SMA Negeri 3 Palembang menjadi sekolah favorit dan sekolah berkualitas," tambah Sugiyono.

Untuk kegiatan MPLS siswa baru, Sugiyono menjelaskan, hari pertama tanggal 15 Juli adalah pemberian materi tentang pengenalan lingkungan sekolah termasuk tata tertib sekolah, dijelaskan jam masuk sekolah, jam pulang sekolah, termasuk SMA Negeri 3 Palembang adalah sekolah Adiwiyata. Kemudian hari kedua MPLS adalah latihan kedisiplinan dengan kerjasama dengan TNI. Sugiyono menerangkan, hari ketiga adalah kegiatan pengenalan ekstrakulikuler dan pengembangan potensi siswa.

"Jadi pada hari ketiga, kakak kelasnya memperkenalkan dan menampilkan ekstrakulikuler dan komunitas di SMA 3. Siangnya ada penampilan unjuk kemampuan siswa baru sesuai kurikulum merdeka, sesuai dengan projek penguatan profil pelajar pancasila untuk mengali potensi siswa. Siswa baru juga kita beri ruang untuk menampilkan kemampuannya. Jadi kita bisa mengetahui bakat minat siswa baru ini," tandasnya.

Sementara itu, Waka Bidang Kesiswaan, Drs Aqlani menuturkan, yang mengikuti MPLS di SMA Negeri 3 Palembang sebanyak 432 siswa. MpLS hari pertama adalah tentang kegiatan belajar seperti pengenalan lingkungan, tata krama, tata tertib sekolah, kegiatan Adiwiyata Mandala, bagaimana kehidupan sekolah di sini kemudian baris-berbaris, upacara hari pertama.

Selanjutnya hari kedua latihan kedisiplinan yang mengisi materi dari TNI. Jadi siswa harus berbaris dan upacara dan hari ketiga adalah pengenalan ekstrakulikuler dan organisasi kesiswaan.

"Disini ada 22 ekstrakurikuler. Jadi kakak kelasnya menampilkan ekstrakulikuler yang ada disini, tujuannya untuk menarik minat siswa baru untuk mengikuti ekskul tersebut," katanya.

]]>
Thu, 18 Jul 2024 17:50:00 +0000
Hj. Merry Hani Ajak Rombongan Dekranasda Jalin Kerja sama Dengan BB Kerajinan dan Batik Jogjakarta Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/banyuasin/view/hj-merry-hani-ajak-rombongan-dekranasda-jalin-kerja-sama-dengan-bb-kerajinan-dan-batik-jogjakarta.html Lentera-PENDIDIKAN.com,JOGYAKARTA- Eceng Gondok dan Akar Keladi merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Banyuasin. Potensi ini menjadi perhatian Dekranasda Kabupaten Banyuasin untuk dikembangkan. Karenanya Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin, Hj. Marry Hani didampingi Ketua Harian, Marisa Erwin Ibrdan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuasin, Ir. Alpian, MM berkunjung ke Balai Besar Kerajinan dan Batik di Yogyakarta, Kamis (17/7/24).

Diterima Aan Eddy Antana, Ketua Tim Pengembangan Jasa Industri Balai Besar Kerajinan Dan Batik, Hj.Merry Hani melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Balai Besar Kerajinan dan Batik dengan Dekranasda Kabupaten Banyuasin untuk nantinya menyelenggarakan pelatihan di Kecamatan Air Salek yang direncanakan akan digekar pada 24 Juli mendatang.

Hj. Merry Hani menjelaskan tujuan dari diadakannya pelatihan adalah untuk mengembangkan potensi industri kerajinan yang ada di Kabupaten Banyuasin sehingga dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemampuan pengrajin serta memfasilitasi pengrajin untuk mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan.

“Di Kabupaten Banyuasin ada potensi alam berupa eceng gondok dan akar keladi yang berasal dari Kecamatan Banyuasin I Dan Kecamatan Air Saleh, pengrajin di ke 2 kecamatan tersebut sudah berhasil membuat aneka produk seperti tudung saji, tempat buah, tempat payung, gantungan kunci, hiasan dinding. Kedepan saya berharap dapat mengembangkan produk lainnya seperti tas, dompet dan lain-lain,” tutupnya. (Diskominfo.SP /IKP)

]]>
Thu, 18 Jul 2024 16:35:00 +0000
Baznas Muara Enim Santuni 150 Anak Yatim Dhuafa Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/baznas-muara-enim-santuni-150-anak-yatim-dhuafa.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1446 H dengan tema Berbagi Cinta Berlimpah Berkah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muara Enim berkolaborasi dengan Kemenag Muara Enim menyelenggarakan kegiatan penyaluran kepada 150 anak yatim dhuafa yang berasal dari 7 pondok pesantren/panti asuhan yang ada di Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul di Masjid Babbusalam Islamic Centre Muara Enim, Kamis (18/7/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten Pemerintahan & Kesra Muara Enim Ir Mat Kasrun MSi, Ketua Baznas Muara Enim Drs H Fajeri Erham MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim H Haris Putra, Kepala BP4ABI Kabupaten Muara Enim H Khairohman, Forkompinda, Pimpinan BUMD/ BUMN, Ketua MUI, Forum Komunitas Islam, Alim ulama, Muzakki maupun Munfik.

Ketua Baznas Muara Enim H Fajeri Erham, mengatakan bahwa menindaklanjuti surat dari Kementerian Agama Kanwil Provinsi Sumatera Selatan per tanggal 3 Juli 2024 perihal pemberitahuan pelaksanaan Lebaran Yatim Berbagai Cinta Berlimpah Berkah dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriyah, Baznas Kabupaten Muara Enim berkolaborasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim menyelenggarakan kegiatan penyaluran kepada 150 anak yatim dhuafa yang berasal dari 7 pondok pesantren atau panti asuhan yang ada di Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul.

"Dalam hadis Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan hari Asyura sebagaimana artinya barangsiapa berpuasa pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram) niscaya Allah akan memberikan 1000 pahala malaikat 10.000 pahala syuhada. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap helai rambut yang diusap," ujar Fajeri.

Lanjut Fajeri, bahwa negara wajib hadir sebagai orang tua asuh bagi anak-anak yang telah kehilangan orang tuanya untuk memastikan bahwa setiap hak dan kebutuhan tetap harus mampu terpenuhi dengan baik sebagaimana anak-anak yang lain. Oleh karena itu Baznas Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu lembaga umat selalu berusaha untuk hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Muara Enim baik dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dakwah maupun sosial kemanusiaan dengan menyalurkan zakat dan infaq yang telah ditunaikan para Muzakki dan munfik dengan tepat sasaran dengan menjunjung prinsip 3A (Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI).

Untuk itu, pihaknya terus menghimbau dan mengajak kepada semua pihak untuk membayar zakat dan infak yang merupakan rukun Islam sebagai bentuk kewajiban dan rasa syukur kita atas segala rahmat dan berkah yang telah Allah SWT berikan pada kita selama hidup. Mari kita semua merasakan nikmatnya berzakat untuk mencapai ketentraman sebagai Muzakki dan memberikan kebahagiaan bagi mustahik.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Muzakki yang telah menunaikan zakat dan infaknya melalui baznas Kabupaten Muara Enim baik ASN dinas instansi UPTD Kementerian Agama PDAM Muara Enim karyawan-karyawati bank syariah maupun konvensional perusahaan-perusahaan Muzakki perseorangan/swasta. Semoga Allah memberi balasan yang baik dan memberkahi rezeki semua dan mencatat kebaikan kita sebagai amal jariyah," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten Pemerintahan & Kesra Muara Enim Mat Kasrun mengatakan bahwa Tahun baru Islam yang bertepatan dengan 1 Muharam bukanlah sekadar pergantian tanggal dan tahun dalam kalender hijriah. Perayaan yang diadakan setiap tahun pada tanggal ini bertujuan mengingatkan kita akan peristiwa penting dalam sejarah umat Islam. Pada tanggal 1 Muharam terjadi peristiwa penting
yakni hijrah atau berpindahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Perjalanan panjang yang ditempuh Rasulullah SAW tidak hanya menandai awal dari sebuah peradaban baru, melainkan juga semangat untuk mencari kebebasan, keadilan, dan kehidupan yang lebih baik.

Hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta para Sahabat ini menunjukkan kepada kita arti dari pengorbanan, ketabahan, dan keberanian, dalam menghadapi kehidupan dan tantangannya. Rasulullah SAW dan para Sahabat mengajarkan kita untuk tidak hanya merayakan kehidupan baru, melainkan juga menjadikannya sebagai momentum memperbaiki diri, melayani masyarakat dengan lebih baik, serta mempererat ukhuwah Islamiyah.

"Dengan beralih tahun 1445 hijriah menuju 1446 hijriah, Saya mengajak kepada semua yang hadir disini, melalui peringatan 1 Muharram 1446 H ini, marilah kita jadikan tahun baru Islam ini sebagai titik mula untuk memperbaiki hablum minallah atau hubungan kita dengan Allah SWT. Namun, hubungan kita dengan manusia juga penting untuk diperkuat. Mari kita berkomitmen untuk lebih mendalami ajaran Islam, mengerjakan amal sholeh, meningkatkan ibadah, dan menjaga nilai-nilai keislaman," ajaknya.

Pada peringatan 1 Muharram 1446 H ini mengangkat tema Berbagi Cinta Berlimpah Berkah. Acara ini merupakan wujud nyata dari semangat berbagi dan peduli terhadap anak-anak yatim yang membutuhkan uluran tangan kita. Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Muara Enim memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Muara Enim yang telah menggagas kegiatan pada hari ini. Semoga kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak yatim yang menerima santunan, namun dapat membawa berkah kepada semua pihak yang terlibat, tutupnya.

]]>
Thu, 18 Jul 2024 16:05:00 +0000
Fasilitas dan Pelayanan RSUD Sekayu Dilirik Banyak Daerah Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/fasilitas-dan-pelayanan-rsud-sekayu-dilirik-banyak-daerah.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUBA-Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Muba, baik dari segi layanan kesehatan dan pelayanan lainnya. Bahkan, komitmen untuk terus meningkatkan kapasitas pelayanan dan fasilitas kesehatan pun masih terus berlanjut. Selain UHC yang sudah tercover, RSUD Sekayu juga telah menjadi Rumah Sakit Rujukan Regional Provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan hal tersebut, tentunya membuat beberapa daerah tertarik atas kemajuan Kabupaten Muba dan berniat untuk mempelajari layanan-layanan dan cara pengelolaan RSUD Sekayu di bidang kesehatan. Sehingga banyak kabupaten/kota dari berbagai daerah melakukan studi tiru ke Pemkab Muba.

Seperti halnya, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Muba menerima kunjungan dari jajaran Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam Rangka Studi Tiru Pengembangan Fasilitas RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat. Kunjungan tersebut di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat Bong Ming Ming SE, didampingi Direktur RSUD Sejiran Setason Kab.Bangka Barat dr Ratnosoppi MM dan Kepala BPKAD Kab.Bangka Barat Abimanyu SE MEc Dev Ak, Kamis (18/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Jajaran dari Kabupaten Bangka Barat di sambut oleh Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi melalui Sekretaris Daerah Muba H Apriyadi Mahmud bersama dengan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi, Direktur RSUD Sekayu dr Sharlie Esakenedy MARS, Kepala Dinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah Mars, beserta Kepala Perangkat Daerah Muba dan jajaran RSUD Sekayu.

Sekretaris Daerah Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan, "hari ini kita mendapat kunjungan studi tiru dari Pemkab Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung dalam Pengembangan Fasilitas RSUD. Untuk itu, kita ucapkan selamat datang di Kabupaten Musi Banyuasin. Kita tentunya menyambut baik dan semoga kunjungan hari ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua," kata Apriyadi.

Sekda Muba juga menyampaikan, luas Kabupaten Muba ± 14.266 km² dengan 15 kecamatan. Kabupaten Muba memiliki 3 Rumah Sakit diantaranya, ada di Kecamatan Sekayu, Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Bayung Lincir. Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu adalah salah satu dari rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Muba, yang terhitung sejak tahun 2017 sudah kelas B.

"Kedepannya kita akan terus mengoptimalkan RSUD yang ada di Muba, baik dari segi pelayanan dan lainnya. Seperti yang telah diketahui, masyarakat Muba sudah tercover UHC, bahkan juga dana pendamping untuk masyarakat Muba yang sakit tapi tidak bisa tercover oleh BPJS,"tuturnya.

Direktur RSUD Sekayu dr Sharlie Esa Kenedy MARS menyampaikan,
RSUD Sekayu memiliki banyak layanan unggulan diantaranya, Integrated heart care, minimal invsif surgery, hemodialisa, chemoterapi, dan Medical check up. RSUD Sekayu telah mempunyai fasilitas gedung MCU tersendiri dan konsepnya one stop service.

"Berbagai capaian terbaik yang ada di rumah sakit tentunya merupakan dukungan Pemkab Muba dalam hal ini Pj Bupati, Sekda Muba dan jajarannya untuk kemajuan RS sangat besar. Beberapa langkah ditempuh seperti meningkatkan SDM RSUD Sekayu, melalui peningkatan kompetensi, hingga terwujudnya akreditasi paripurna dan Rumah Sakit kelas B. RSUD Sekayu pun tampil sebagai rumah sakit rujukan regional bertaraf internasional melalui unggulan pelayanan kesehatan,"bebernya.

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat Bong Ming Ming SE menyampaikan, terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa oleh jajaran Pemkab dalam menyambut kedatangan kami. "Kemajuan dari RSUD Sekayu ini begitu menarik bagi kami untuk melakukan studi tiru dalam rangka untuk pengembangan fasilitas RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat.

"Benar saja bahwasanya RSUD Sekayu telah menjadi pusat perhatian banyak daerah tentang fasilitas, pengelolaan dan sistemnya. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih telah disambut dengan sangat baik oleh Pemkab Muba. Memilih Kabupaten Muba untuk kami menimba ilmu menjadi pilihan yang sangat tepat. Semoga dari pertemuan ini tali silahturahmi ini dapat terus terjalin. Kami juga berharap untuk kedepannya agar bisa mempererat silahturahmi, semoga bisa menjalin Mou dapat bekerjasama dalam hal apapun terutama tentang kesehatan,"tandasnya.

]]>
Thu, 18 Jul 2024 15:35:00 +0000
Pemkab Muara Enim Sabet 3 Penghargaan di Harganas Sumsel Muara Enim https://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/pemkab-muara-enim-sabet-3-penghargaan-di-harganas-sumsel.html Lentera-PENDIDIKAN.com,MUARA ENIM-Pemerintah Kabupaten Muara Enim berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan.

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K)., pada Malam Gala Dinner Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Muara Enim Ir. Yulius, M.Si., di Halaman Taman Olahraga Megang, Kota Lubuk Linggau, Rabu (17/7/2024) malam.

Adapun ketiga penghargaan tersebut yakni Indeks Pembangunan Keluarga atau Bangga Award Tahun 2024, Juara I Total Capaian Pelayanan KB Tingkat Provinsi Sumsel kategori target total lebih dari 1.300 Akseptor dan Peringkat I BKB Terbaik (BKB HI Tulip).

Sekda Muara Enim Yulius didampingi Kepala DPPKB Kabupaten Muara Enim H. Rinaldo, S.STP., M.Si., mengatakan bahwa pencapaian tersebut merupakan bentuk keseriusan Kabupaten Muara Enim dalam membangun kualitas ketahanan keluarga yang diharapkan menjadi akselerator mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di Bumi Serasan Sekundang.

Lebih lanjut, Sekda mengucapkan terima kasih dan selamat atas capaian luar biasa DPPKB Kabupaten Muara Enim yang sangat aktif berinovasi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Sekda berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi OPD lain dan sebagai akselarasi untuk mewujudkan keluarga berkualitas menuju generasi emas dimasa mendatang.

]]>
Thu, 18 Jul 2024 14:15:00 +0000
H Sandi Fahlepi dan Hj Triana Minarni Didaulat sebagai Ayah dan Bunda Genre Musi Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/musi-banyuasin/view/h-sandi-fahlepi-dan-hj-triana-minarni-didaulat-sebagai-ayah-dan-bunda-genre.html Lentera-PENDIDIKAN.com,LUBUKLINGGAU, - Keluarga merupakan salah satu sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara, untuk itu dilaksanakan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) sebagai upaya mengingatkan masyarakat akan pentingnya keluarga.

Kali ini Peringatan HARGANAS ke XXXI Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan di Taman Olahraga Megang (TOM), Kota Lubuk Linggau, Kamis (18/7/2024). Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi didampingi Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi berkesempatan hadir dalam acara yang juga dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo tersebut, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi serta para kepala daerah dalam 17 kabupaten kota se Provinsi Sumsel.

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi bersama istri Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi dilantik sebagai Ayah Bunda Genre oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo.

"Selamat dan sukses atas penyelenggaraan Harganas ke-31 Tingkat Provinsi Sumsel. Semoga melalui peringatan HARGANAS ini dapat menjadi pemicu untuk untuk kita semua dalam mewujudkan keluarga berkualitas menuju Indonesia emas, sesuai tema peringatan HARGANAS di tahun 2024," ucapnya disela kegiatan tersebut.

Lanjutnya, Kabupaten Muba melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) turut memeriahkan rangkaian Peringatan HARGANAS di Kota Lubuklinggau dengan mengikuti Pameran dan Gelar Gadang di pelataran Taman Olahraga Megang.

Sebelumnya Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, memaparkan berdasarkan rilis yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinan di Sumatera Selatan menurun sebesar 0,81 persen year on year, menjadi peringkat tiga nasional provinsi yang dapat menurunkan angka kemiskinan.

"Dan yang membuat kami lebih bangga lagi tingkat kemiskinan ekstrem sangat jauh turun yakni 0,70 persen, sehingga tingkat kemiskinan ekstrem Sumsel berada dibawah nasional dengan 0,59 persen, sedangkan nasional 0,83 persen. Insyaallah Sumsel bisa menuju 0 persen tingkat kemiskinan ekstrem. Tentu ini perjuangan para Bupati walikota se Provinsi Sumatera Selatan serta seluruh OPD," tuturnya.

Sejalan dengan hal tersebut lanjutnya, arah dan kebijakan penurunan stunting setidaknya akan dilakukan melalui tiga pendekatan yakni pendekatan intervensi gizi, pendekatan multi sektor, dan pendekatan keluarga berisiko stunting.

"Dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 31 ini semoga keluarga Sumatera Selatan bersatu dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT, majulah keluarga Indonesia dan majulah keluarga Sumatera Selatan," kata Elen Setiadi.

Sementara Pj Walikota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa, mengucapkan terimakasih telah menunjuk Kota Lubuklinggau sebagai tuan rumah Peringatan HARGANAS ke 31 Tingkat Provinsi Sumsel. Ia juga menyatakan akan terus meningkatkan kinerja pembangunan dibidang kependudukan dan keluarga berencana.

"Melalui momentum ini insyaallah kami akan meningkatkan dan memaksimalkan kinerja pembangunan dibidang keluarga berencana dan kependudukan. Tapi walaupun kami sudah melakukannya dengan maksimal tanpa dukungan dari Pemerintah Pusat tak akan optimal untuk itu kiranya di tahun 2025 ini dana alokasi khusus di bidang pembangunan keluarga berencana dan kependudukan dapat lebih ditingkatkan," pungkasnya.

]]>
Thu, 18 Jul 2024 13:35:00 +0000
Pj. Bupati Banyuasin Pimpin Apel Gabungan Dan Ikrar Netralitas Pegawai Pemkab Banyuasin Banyuasin https://www.lenterapendidikan.com/berita/banyuasin/view/pj-bupati-banyuasin-pimpin-apel-gabungan-dan-ikrar-netralitas-pegawai-pemkab-banyuasin.html Lentera-PENDIDIKAN.com,BANYUASIN-Guna menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN, Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH Pimpin Apel Gabungan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Bupati Banyuasin, Rabu (17/7/2024).

Apel gabungan dilaksanakan dengan membacakan ikrar netralitas pegawai ASN juga Non ASN, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati November tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam. Untuk itu, kegiatan apel netralitas ASN dan Non ASN ini tidak sekedar dipandang sebagai kegiatan seremonial saja. Namun untuk mengingatkan kembali dan sebagai bentuk wujud nyata komitmen serta integritas ASN dan Non ASN dalam menegakan asas netralitas.

Adapun isi ikrar netralitas pegawai ASN dan Non ASN dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilu dan pemilihan tahun 2024 yaitu kami berikrar :

  1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN dan Non ASN dilingkungan kerja masing-masing, dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum selama maupun sesudah pelaksanaan pemilu dan pemilihan tahun 2024.
  2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN, dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.
  3. Menggunakan media sosial secara bijak, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong (hoax)
  4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Demikian ikrar ini kami buat dan dilaksanakan dengan penuh integritas rasa tanggung jawab, dalam rangka mewujudkan netralitas pegawai ASN dan Non ASN yang bermartabat, beretika, dan demokratis demi terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI.

“Melalui kesempatan ini perlu saya tegaskan kembali agar pegawai ASN dan Non ASN tidak mudah terpengaruh ujaran kebencian dan berita bohong (hoax) yang sering kali terjadi dan menjadi permasalahan termasuk di dalam pemilihan kepala daerah yang akan datang, netralitas ASN dan Non ASN ini berarti bahwa setiap ASN tidak berpihak atau pun memihak kepada kepentingan siapapun,” kata Hani S Rustam.(Diskominfo SP.IKP).

]]>
Thu, 18 Jul 2024 12:20:00 +0000